07 November 2013
199 comments

Penerusan L/C kepada Advising Bank

Kamis, November 07, 2013
Setelah letter of credit (L/C) diterbitkan oleh issuing bank atas dasar permintaan Applicant (importir), selanjutnya L/C tersebut diteruskan atau diadviskan oleh issuing bank kepada bank yang berstatus bank koresponden bagi issuing bank. Bank yang menerima penerusan L/C itu disebut Advising Bank. Tugasnya adalah menyampaikan L/C itu kepada Beneficiary (eksportir).

Penunjukan bank koresponden sebagai advising bank dalam rangka penerusan/ advis L/C dibedakan berdasarkan fungsi yang dikehendaki oleh issuing bank, yaitu:

1. Bank koresponden hanya bertindak sebagai bank penerus L/C semata dan tidak mengikatkan diri pada kontrak L/C.

2. Bank koresponden bertindak sebagai advising bank sekaligus sebagai bank tertunjuk (nominated bank), yang diberi kuasa oleh issuing bank untuk melaksanakan kewajiban membayar atau akseptasi dokumen. Bagaimanapun, bank tersebut mempunyai hak untuk menerima atau menolak kuasa itu.

3. Bank koresponden bertindak sebagai advising bank, nominated bank, dan sekaligus sebagai bank pengkonfirmasi (confirming bank). Dalam penunjukan ini, suatu bank koresponden selain diminta untuk menyampaikan L/C kepada Beneficiary dan diberi kuasa untuk membayar atau memberikan akseptasi atas dokumen, juga diminta untuk ikut mengikatkan diri dalam kontrak L/C sebagaimana issuing bank terikat pada kewajibannya.

Bank yang menerima penunjukan sebagai advising bank wajib melakukan verifikasi dan otentikasi terhadap kebenaran dan keabsahan LC yang diterimanya dari issuing bank dengan mengacu kepada aturan internal bank dan standard praktik perbankan.

Verifikasi dan otentikasi tersebut dibedakan menurut jenis L/C yang diterima:
1. L/C melalui sarana SWIFT
L/C yang diterbitkan dengan menggunakan SWIFT telah memiliki format yang secara otomatis telah diotentikasi oleh sistem dengan adanya Bilateral Key Exchange (BKE) antarbank.

2. L/C mail
L/C yang diterbitkan dalam bentuk surat (mail) harus diverifikasi dan diotentikasi pada tanda tangan pejabat bank penerbit L/C itu, sesuai dengan spesimen tanda tangan pejabat bank yang dipertukarkan antarbank.

3. L/C melalui telex
Dilakukan verifikasi dan otentikasi pada kode testkey yang dibubuhkan pada lembar L/C itu. L/C yang diterbitkan menggunakan telex kini sudah jarang dijumpai.

Langkah berikutnya, advising bank melakukan pemeriksaan terhadap instruksi issuing bank yang ada di dalam L/C sebelum meneruskan L/C tersebut kepada Beneficiary (eksportir).




199 comments:

  1. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas apa yg telah disampaikan sangat bagus dan bermanfaat.. ditunggu informasi selanjutnya yang lebih bagus dan lebih menarik lagi. Salam sukses ajah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. info bagus gan.. jadi makin ngerti tentang ekonomi

      Hapus
  2. mau tanya, tapi yang mau ditanyainnya apa?.. ikut nyimak aja deh,, terimakasih atas informasinya bermanfaat . ditunggu yah informasi selanjutnya. sukses semangat !!

    BalasHapus
  3. luar biasa sekali sangat bermanfaat informasinya... terimakasih banyak atas informasinya... semoga suksesnya....

    BalasHapus
  4. sebuah artikel yang menarik dan sangat bermanfaat. lanjutkan terus gan sebuah kreatifmu.. saya tunggu...

    BalasHapus
  5. wah gan ini dia yang ane cari2 ternyata nemu sini, makasih yah
    atas infonya, tambahin terus artikelnya. sukses gan.

    BalasHapus
  6. terima kasih atas info dan informasi yang diberikan

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas informasinya bermanfaat,, gak mau koment panjang lebar, disini saya cuma ikut nyimak apa yang ada diatas. ditunggu terus informasi selanjutnnya yang lebih menarik dan lebih bagus lagi. salam semangat !!

    BalasHapus
  8. Sangat bagus pemikiran pemikiran ini.. terima kasih..

    BalasHapus
  9. kebanyakan orang itu hanya numpang berkomentar saja tanpa membaca postingannya.. padahal jika di baca dan di simak baik-baik artikel ini sangat bagus dan sayang sekali jika hanya di komentari tanpa di baca.

    BalasHapus
  10. wah .. really nice information sharing. Thank you very much ..

    BalasHapus
  11. luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya..
    Banyak pelajaran yang saya dapatkan pada blog ini...
    Makasihnya...Semoga sukses...

    BalasHapus
  12. Terimakasih banyak atas sajian informasi nya sangat bermanfaat semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi

    BalasHapus
  13. Trimakasih sudah memberikan Infonya,yang sangat bagus,moga sukses.

    BalasHapus
  14. . terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

    BalasHapus
  15. Terimakasih gan atas informasi yang akurat, tajam dan terpercaya ini. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk semua pembaca khususnya saya sendiri.. sumpeh dah ane salut sama postingan agan yang satu itu, baguss beneerrr, jadi ngiri
    Sukses selalu dah gan buat ente, berikan terus informasi yang menarik seperti ini

    BalasHapus
  16. Sebelumnya saya ucapkan terimaskasih atas informasinya,, disini saya cuma ikut nyimask ajah lumayan sedikit memberi pengetahuan. terus,, saya juga mau tanya tapi pertanyaannya diluar pembahasan. langsung aja ya . Bagaimana caranya supaya blog saya bisa sama kaya blog agan, bagus, banyak pengunjung, banyak yang koment. apa trik nya?? kasih tau yaah pasti tau laah... soalnya saya masih baru-baru nih blum ngrti apa-apa. ok ok.. mksih :)

    BalasHapus
  17. terimakasih banyak infonya sangat bermanfaat bagi saya sebagai pemula...

    BalasHapus
  18. Informasi yang berguna mas..
    terima kasih telah sharing

    BalasHapus
  19. Mantap ni buat Artikle kuliah.... Makasih gan....!!! :-D

    BalasHapus
  20. makasih sumber informasinya semoga bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  21. lanjutkan artikel nya sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  22. wah wah wah ,, tergagum kagum ane gan liat postingan agan yg satu ini, bahasanya sederhana, ringkas,jelas dan padat. Informasi yang di berikan juga sangat bagus. 6 jempol dah gan buat postingan agan yg ini.. bener2 luar biasa. boleh ni ane belajar sama agan biar bisa posting sebagus ini. :)
    oke dah gan jangan panjang2 komentarnya, pokonya te ope begete dah buat ente gan.. Posting terus dah artikel yang bagus dan berkualitas seperti ini bahkan lebih bagus lagi dari ini..

    BalasHapus
  23. Wah infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

    BalasHapus
  24. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas informasinya. bingung mau koment apa... walaupun disini saya cuma ikut nyimak apa yang ada dalam informasi diatas, sedikitnya pengetahuan brtmbh untuk saya dapatkan, dan saya selalu menanti dan menunggu informasi terbaru yang lebih bagus dan tentunya harus tetap berkualitas. ditunggu selalu informasi berikutnya, dan saya harap apa yg saya tulis ini tidak dianggap spam. salam semangat aja yah..

    BalasHapus
  25. Wah infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

    BalasHapus
  26. Informasinya sanagat menarik dan banyak memberikan manfaat yang saya dapatkan. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  27. Informasi anda sudah bagus dan bisa memuaskan orang banyak, thanks. Kutunggu yang lain.

    BalasHapus
  28. ditunggu postingan selanjutnya gan, terimakasih bermanfaat nih

    BalasHapus
  29. Saya ucapkan terimakasih atas informasi yang anda berikan ini, meskipun singkat tetapi informasi ini sangat bermanfaat untuk semuanya khususnya untuk saya sendiri.
    Sampaikan terus informasi teraktual yang sedang membooming :)

    BalasHapus
  30. selamat pagi menjelang siang,, semoga kita selalu berada dalam lindungannya. sukses semangat !!

    BalasHapus

  31. nice post,thanks for infonya salam kenal gan good luck always

    BalasHapus
  32. Terima kasih untuk posting yang sangat informatif

    BalasHapus
  33. Informasi ini sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi semua pembacanya, terimakasih telah memberikan informasi yang sangat berharga ini. Sukses selalu gan

    BalasHapus
  34. Assalamu;alaikum wr.wb selamat siang, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas informasinya. disini saya gak mau koment panjang lebar karena belum tentu koment panjang lebar jelas akan maksud dan tujuannya. mendingan koment sedikit asal nyambung dengan apa yang ada di dalam informasi yang disampaikan diatas.

    Ikut nyimak ajah gak ada yang saya pertanyakan salnya mau tanya apa juga bingung.

    BalasHapus
  35. menyapa Posting terimaksih ya udah berbagi
    salam keberuntungan selalu

    BalasHapus
  36. thanks for your information....i hope it is can really very useful, hopefully useful good article very helpful at all ..

    BalasHapus
  37. . terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

    BalasHapus
  38. terima kasih banyak untuk informasinya !!!

    BalasHapus
  39. sangat bagus dan bermanfaat.. ditunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus
  40. “Mohon maaf mas … saya kurang mengerti pada bagian Setelah letter of credit (L/C) diterbitkan oleh issuing bank atas dasar permintaan Applicant (importir), selanjutnya L/C tersebut diteruskan atau diadviskan oleh issuing bank kepada bank yang berstatus bank koresponden bagi issuing bank. Bank yang menerima penerusan L/C itu disebut Advising Bank. Tugasnya adalah menyampaikan L/C itu kepada Beneficiary (eksportir)., bisakah dijelaskan ulang agar saya paham apa yang dimaksud? terimakasih”

    BalasHapus
  41. “Mohon maaf mas … saya kurang mengerti Setelah letter of credit (L/C) diterbitkan oleh issuing bank atas dasar permintaan Applicant (importir), selanjutnya L/C tersebut diteruskan atau diadviskan oleh issuing bank kepada bank yang berstatus bank koresponden bagi issuing bank. Bank yang menerima penerusan L/C itu disebut Advising Bank. Tugasnya adalah menyampaikan L/C itu kepada Beneficiary (eksportir). bisakah dijelaskan ulang agar saya paham apa yang dimaksud? terimakasih”

    BalasHapus
  42. Artikel diatas memberikan bnyak informasi yang saya dapatkan. Terimakasih gan. Semoga kita dalam keadaan sehat dan sukses.:)

    BalasHapus
  43. Good Article..i like..this post..keep a happy blogging..

    BalasHapus
  44. Ikut nyimakgan artikelnya di atas sangat menarik dan telah banyak memberikan informasi yang sangat luarbiasa yang saya dapat. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  45. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

    BalasHapus
  46. Saya mau bertanya, tetapi kalo pertanyaanya di luar topik ini boleh?? Pertanyaan saya bagaimana bisa membuat artikel sebagus ini. mhon pencerahannya karena saya pemula :)

    BalasHapus
  47. saya suka, artikel yang baik ..
    terima kasih banyak,

    BalasHapus
  48. I will also try to read the posts of this blog and put comments on them from now on

    BalasHapus
  49. terimakasih banyak atas informasi nya
    luar biasa bermanfaat
    semoga sukses

    BalasHapus
  50. nggak tahu dengan istilah-istilah perbankan. jadi tahu deh... :-)

    BalasHapus
  51. selamat pagi semoga hari hari menjadi semakin baik

    BalasHapus
  52. Modifikasi Motor Indonesia
    Dari Dulu sampai sekarang Saya Ngak pernah Bosan Berkunjung Ke Blog anda,Kontentnya Keren-keren,Mantap gan,,,,
    kalau Minat Visit Back sekali-kali ke Blog kecil Ane ya

    BalasHapus
  53. terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
    semoga semakin sukses nya

    BalasHapus
  54. Tidak ada komentar untuk artikel ini, karena artikel ini sangat bagus dan bermanfaat karena berisi informasi yang penting dan menarik. Jadi untuk apa saya berkomentar,, cukup acungkan jempol saja untuk artikel ini :)
    Top deh semoga sukses dan posting terus artikel yang bagus dan menarik

    BalasHapus
  55. selamat pagi,, salam sehat . semoga hari-hari kita semakin baik kedepannya. terimakasih atas informasinya mudah"an bermanfaat. amin

    BalasHapus
  56. terima kasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini,di tunggu artikel selanjut nya ya gan,salam bloger

    BalasHapus
  57. nice info,bagus sekali artikel nya.terimakasih

    BalasHapus
  58. nice article, thank you for your posted..

    BalasHapus
  59. airteagal maith.
    Go raibh maith agat as an t-eolas a bhí

    BalasHapus
  60. selamat sore , tetap semangat dalam menjalankan aktivitas ok.

    BalasHapus
  61. Informasi di atas ternyata telah banyak memberikan wawasan yang sangat bermanfaat. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  62. WOW!! That’s pretty great tips... There are some quality points to be noted. Keep up the good work buddy!!!!

    BalasHapus
  63. mantappp
    http://thazbhy.blogspot.com/

    BalasHapus
  64. wah2, sangat bermanfaat. . .
    sangat membantu nih artikel. thanxs infonya sob...

    BalasHapus
  65. nice article, thank you for your posted..

    BalasHapus
  66. tidak ada yang perlu dikomentari untuk artikel ini, karena isinya berisi informasi yang bermanfaat,selain sebagai hiburan untuk pembaca juga bisa menambah wawasan seputar informasi ini. artikel yang bagus dengan konten yang menarik.
    thanks gan :)

    BalasHapus

  67. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semoga kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi, salam sehat

    BalasHapus
  68. Selamat siang, salam semangat ! semoga hari-hari kita kedepannya semakin baik dan lebih baik lagi. terimakasih

    BalasHapus
  69. thank you for a very interesting post its gan ...
    may be useful

    BalasHapus
  70. Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
    semoga sukses

    BalasHapus
  71. Selamat malam gan, artikelnya sangat memberikan informasi yang sangat luarbiasa yang saya dapat.

    BalasHapus
  72. wah2, sangat bermanfaat. . .
    sangat membantu nih artikel. terimakasih.

    BalasHapus
  73. emm gitu yaaa. tambah ilmu donk ,,,

    http://perawatan-wajah.com

    BalasHapus
  74. Nyimak aja Lah gan ,,,,, meskipun sedikit agak kurang begitu tahu :)

    BalasHapus
  75. Selamat pagi!!
    Semoga semua pembaca dan penulis artikel ini selalu dalam lindungan Allah Swt. Saya gak mau banayk komentar gan tapi ane salut sama agan bisa posting sebagus ini, gimana caranya?

    BalasHapus
  76. Mohon maaf sebelumnya disini saya hanya ikut menyimak apa yang ada didalam informasi diatas, bermanfaat. terimakasih sukses semangat !!

    BalasHapus
  77. This is very great post and interesting :)

    BalasHapus
  78. I like your information. I have been looking for this type of information that is interesting and good

    BalasHapus
  79. Ikut simak juga gan. Wah ternyata artikelnya menarik sekali dan banyak memberikan informasi. Terimakasih gan

    BalasHapus
  80. Good information! I personally really appreciate your article. This is an interesting web site

    BalasHapus
  81. Actually it is hard for me to comprehend this article, but it is very useful infromation for the great enterpreuner. Thx friend

    BalasHapus
  82. Selamat siang.. !! Masih pada semangat menjalankan aktivitasnya ?? oh harus donk yah .. hehe jadi ngomong sendiri. salam sukses ajah :D

    BalasHapus
  83. Selamat siang gan.. masih pada semangat gak niih. semangat terus okey!. nah gan ane cuma mau bilang makasih aja buat artikel ini, informasinya sangat bagus dan bermanfaat.
    Terimakasih ya gan :)

    BalasHapus
  84. Infrmasinya menarikgan. Saya simak dan ternyata banyak informasi yang saya dapatkan. Terimakasihgan & selamat beristirahat.

    BalasHapus
  85. Ikut nyimakgan artikelnya di atas sangat menarik dan telah banyak memberikan informasi yang sangat luarbiasa yang saya dapat. Terimakasih

    BalasHapus
  86. Selamat pagi. semoga hari anda selalu dipenuhi rasa bahagia,cinta dan kasih sayang.. Oke gan ane cuma mau bilang artikel ini sangat bagus dan bermanfaat sekali. makasih banget ya gan :)

    BalasHapus

  87. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat "


    BalasHapus
  88. Terimakasih atas informasinya . salam semangat yang paling semangat yah mas :)

    BalasHapus
  89. Semangat pagi!!
    informasi ini sangat bagus gan , dan akan lebih bagus lagi jika agan terus posting informasi-informasi yang bermanfaat utnuk orang banyak seperti artikel ini.. Top dah gan buat ente.
    ane suka banget sama postingan agan ini

    BalasHapus
  90. terimaksih telah memosting postingan yang bagus dan menarik :)

    BalasHapus
  91. koment nya gak bakal panjang, walaupun pendek yg penting mudah dimengerti. suatu hal yang terlalu berlebihan itu biasanya gak baik juga jadi biasa aja lah. Koment apa yah?? Waduh jadi ngposting ini mh. hehe cuma mau ngucapin selamat siang selamat beraktivitas dan untuk kaum adam jangan lupa yah solat juma'at nya :) Salam sukses yang paling sukses !! Semangaaat .................. !!!!!!!!!!! :D

    BalasHapus
  92. Websitenya sungguh bagus sekali,salam semangat….

    BalasHapus
  93. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi orang banyak,,,
    amin…

    BalasHapus
  94. Ijin Copas di http://uniquecardwedding.co.id/
    Sangat Bagus dan Bermanfaat

    BalasHapus
  95. sangat menarik sekali infonya :)

    BalasHapus
  96. infonya bagus, semoga berguna dan sukses ya.,

    BalasHapus
  97. Terimakasih atas semua Info nya,Mantep,banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  98. Terimakasih atas sajian informasi nya semoga bermanfaat " salam sehat "

    BalasHapus
  99. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  100. artikel nya bagus, keren, berkualitas dan bermanfaat banget gan :)

    BalasHapus
  101. Salam kenal agan, artikelnya sangat bagus dan bermanfaat, di tunggu lagi artikel yg lainnya..

    BalasHapus
  102. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  103. terimakasi atas informasinya semgo blognya makin jaya aja deh, :D

    BalasHapus
  104. Thanks infonya sangat bermanfaat sekali buat saya, di tunggu ea artikel selanjutnya :D

    BalasHapus
  105. http://labuan-medicalcenter.blogspot.com/2013/11/obat-herbal-kolesterol-tinggi.html

    BalasHapus
  106. ikut-ikutan baca sambil menyimak boleh-boleh kan.. Semoga share infonya semakin bagus dan bermanfaat buat pengetahuan !! ok

    BalasHapus
  107. Manfaat yang ada dalam share info ini sangat luar biasa, hebat gan..!!! Semoga semakin lebih berkreasi lagi.

    BalasHapus

  108. Informasinya sangat keren....

    BalasHapus
  109. Terimakasih atas segala infonya sangat bermanpaat sekali.

    BalasHapus
  110. isi share informasinya sangat bagus dan sangat bermanfaat terimakasih buat artikelnya..

    BalasHapus
  111. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semoga kedepannya bisa menyajikan informasi ynag lebih membangun lagi " salam sehat "

    BalasHapus
  112. setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  113. wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

    BalasHapus
  114. sukses terus ea, infonya sangat kerennn...

    BalasHapus
  115. nice info. terimakasih atas infromasinya min, ditunggu postingan selanjutnya dan jangan lupa kunjungan baliknya di blog ane :)

    BalasHapus
  116. selamat sore, ikutan nyimak artikelnya yah: salam blogger

    BalasHapus
  117. informasi yang sangat bermanfaat..
    semoga semakin sukses

    BalasHapus
  118. luar biasa sekali infonya sangat bagus..
    sangat bermanfaat semoga sukses

    BalasHapus
  119. terimakasih infonya sangat bermanfaat semoga semakin sukses

    BalasHapus
  120. makasih infonya saya tunggu info selanjutnya

    BalasHapus
  121. makasih banyak atas infonya sangat menkjubkan..

    BalasHapus
  122. Ehhmmmmmm...... Apa ya.....?
    Sebenarnya saya mau kasih komentar. Tapi saya juga ga' tau mau kasih komentar apa. Jadinya cuma numpang coret - coret saja.
    Boleh ga' boleh terserah, yang terpenting saya sudah melakukanya. Di terima ga' di terima juga ga' apa - apa.
    Sebenarnya saya juga ga' tau kenapa saya bisa melakukanya. Tapi inilah yang ada di kepala saya saat ini. ya walaupun cuma coret - coret bisa juga menjadi sebuah kata - kata.
    Munkin sebaiknya saya jadi penulis aja kali ya. kan lumayan tuh buat tambah - tambah uang bulanan.
    Mungkin saya di takdirkan bukan untuk jadi penulis kali ya, jadi saya hanya bisa menulis di sini. ya walaupun bakat itu ada. Tapi... ya sudahlah, walaupun hanya bisa menulis di sini. Hitung - hitung mengasah bakat yang saya miliki, Siapa tahu dapat inspirasi.
    Kamu pasti berfikir kapan selesainya ni komentar. dari tadi ga' habis - habis. Apa maunya ni orang nulis segitu banyak apa enggak capek.?
    Sebenarnya sih capek tapi mau gimana lagi. saya masih mau numpang coret - coret. Jadinya ya enggak habis - habis.
    Kalau kamu ingin komentar ini cepat selesai. Kamu harus mencoba untuk bersabar. karna dengan bersabar semua masalah akan dapat terselesaikan.
    Setelah membaca ini kamu pasti menggerutu dalam hati, kenapa komntar ini ga abis-abis yach. Trus kamu pasti berkata, ah bodo amat ach, apaan eh tulisannya gw ga peduli.
    Tapi kmu masih terus membacanya dan berkata. Duh kapan abisnya sech ini tulisan.... Pegel tau... Km berniat untuk menyudahi bacaan ini, tapi kmu masih penasaran apa sech isi dari tulisan ini,apa sech maksudnya, apa sech makna yang terkandung di dalamnya.?
    cape juga yach komentar banyak-banayak kaya begini. Ya sudahlah, Setelah membaca tulisan ini kamu pasti berfikir, akhirnya selesai juga nech komentar.
    Udah lah, cape juga ngetiknya..
    HaHahaHa..

    BalasHapus
  123. info bagus gan.. jadi makin ngerti tentang ekonomi seboga bermanfaat,,,

    BalasHapus

  124. obat tradisional yang ampuh dan tanpa operasi,
    informasi lengkap kujungi tautan berikut ini http://goo.gl/e2C6I1

    BalasHapus
  125. terimakasih banyak atas informasinya
    sagat bermanfaat sekali
    saya tunggu informasi selanjutnya
    semoga sukses

    BalasHapus
  126. siap,,terima kasih untuk informasi yang bermanfaat ini :)

    BalasHapus
  127. Informasinya sangat bermanfaat karena memberikan pengetahuan baru. Terima kasih

    BalasHapus
  128. RAJACASINO88 – SITUS LIVE CASINO YANG TERPERCAYA DI SELURUH INDONESIA

    Ayo,Bermain live Casino Online Dengan Uang Asli,Minimal Deposit Hanya 25rb Dan Withdraw 50rb & Nikmati Promonya.

    Untuk Info Lebih Lengkap Silakan Hubungi Kami Di:

    Pin BB : 2BE2B771

    Ym : rajakasino88@yahoo.com

    KUNJUNGI WEBSITE KAMI DI www.rajacasino88.com

    BalasHapus
  129. Semga informasinya bisa bermanfaat ya gan. . terimakasih

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top