07 November 2013
203 comments

Penerusan L/C kepada Advising Bank

Kamis, November 07, 2013
Setelah letter of credit (L/C) diterbitkan oleh issuing bank atas dasar permintaan Applicant (importir), selanjutnya L/C tersebut diteruskan atau diadviskan oleh issuing bank kepada bank yang berstatus bank koresponden bagi issuing bank. Bank yang menerima penerusan L/C itu disebut Advising Bank. Tugasnya adalah menyampaikan L/C itu kepada Beneficiary (eksportir).

Penunjukan bank koresponden sebagai advising bank dalam rangka penerusan/ advis L/C dibedakan berdasarkan fungsi yang dikehendaki oleh issuing bank, yaitu:

1. Bank koresponden hanya bertindak sebagai bank penerus L/C semata dan tidak mengikatkan diri pada kontrak L/C.

2. Bank koresponden bertindak sebagai advising bank sekaligus sebagai bank tertunjuk (nominated bank), yang diberi kuasa oleh issuing bank untuk melaksanakan kewajiban membayar atau akseptasi dokumen. Bagaimanapun, bank tersebut mempunyai hak untuk menerima atau menolak kuasa itu.

3. Bank koresponden bertindak sebagai advising bank, nominated bank, dan sekaligus sebagai bank pengkonfirmasi (confirming bank). Dalam penunjukan ini, suatu bank koresponden selain diminta untuk menyampaikan L/C kepada Beneficiary dan diberi kuasa untuk membayar atau memberikan akseptasi atas dokumen, juga diminta untuk ikut mengikatkan diri dalam kontrak L/C sebagaimana issuing bank terikat pada kewajibannya.

Bank yang menerima penunjukan sebagai advising bank wajib melakukan verifikasi dan otentikasi terhadap kebenaran dan keabsahan LC yang diterimanya dari issuing bank dengan mengacu kepada aturan internal bank dan standard praktik perbankan.

Verifikasi dan otentikasi tersebut dibedakan menurut jenis L/C yang diterima:
1. L/C melalui sarana SWIFT
L/C yang diterbitkan dengan menggunakan SWIFT telah memiliki format yang secara otomatis telah diotentikasi oleh sistem dengan adanya Bilateral Key Exchange (BKE) antarbank.

2. L/C mail
L/C yang diterbitkan dalam bentuk surat (mail) harus diverifikasi dan diotentikasi pada tanda tangan pejabat bank penerbit L/C itu, sesuai dengan spesimen tanda tangan pejabat bank yang dipertukarkan antarbank.

3. L/C melalui telex
Dilakukan verifikasi dan otentikasi pada kode testkey yang dibubuhkan pada lembar L/C itu. L/C yang diterbitkan menggunakan telex kini sudah jarang dijumpai.

Langkah berikutnya, advising bank melakukan pemeriksaan terhadap instruksi issuing bank yang ada di dalam L/C sebelum meneruskan L/C tersebut kepada Beneficiary (eksportir).




203 comments:

  1. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas apa yg telah disampaikan sangat bagus dan bermanfaat.. ditunggu informasi selanjutnya yang lebih bagus dan lebih menarik lagi. Salam sukses ajah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. info bagus gan.. jadi makin ngerti tentang ekonomi

      Hapus
  2. mau tanya, tapi yang mau ditanyainnya apa?.. ikut nyimak aja deh,, terimakasih atas informasinya bermanfaat . ditunggu yah informasi selanjutnya. sukses semangat !!

    BalasHapus
  3. nice info gan ..
    thanks for sharing :)

    BalasHapus
  4. luar biasa sekali sangat bermanfaat informasinya... terimakasih banyak atas informasinya... semoga suksesnya....

    BalasHapus
  5. sebuah artikel yang menarik dan sangat bermanfaat. lanjutkan terus gan sebuah kreatifmu.. saya tunggu...

    BalasHapus
  6. wah gan ini dia yang ane cari2 ternyata nemu sini, makasih yah
    atas infonya, tambahin terus artikelnya. sukses gan.

    BalasHapus
  7. terima kasih atas info dan informasi yang diberikan

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas informasinya bermanfaat,, gak mau koment panjang lebar, disini saya cuma ikut nyimak apa yang ada diatas. ditunggu terus informasi selanjutnnya yang lebih menarik dan lebih bagus lagi. salam semangat !!

    BalasHapus
  9. Sangat bagus pemikiran pemikiran ini.. terima kasih..

    BalasHapus
  10. kebanyakan orang itu hanya numpang berkomentar saja tanpa membaca postingannya.. padahal jika di baca dan di simak baik-baik artikel ini sangat bagus dan sayang sekali jika hanya di komentari tanpa di baca.

    BalasHapus
  11. wah .. really nice information sharing. Thank you very much ..

    BalasHapus
  12. luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya..
    Banyak pelajaran yang saya dapatkan pada blog ini...
    Makasihnya...Semoga sukses...

    BalasHapus
  13. Terimakasih banyak atas sajian informasi nya sangat bermanfaat semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi

    BalasHapus
  14. Trimakasih sudah memberikan Infonya,yang sangat bagus,moga sukses.

    BalasHapus
  15. . terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

    BalasHapus
  16. Terimakasih gan atas informasi yang akurat, tajam dan terpercaya ini. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk semua pembaca khususnya saya sendiri.. sumpeh dah ane salut sama postingan agan yang satu itu, baguss beneerrr, jadi ngiri
    Sukses selalu dah gan buat ente, berikan terus informasi yang menarik seperti ini

    BalasHapus
  17. Sebelumnya saya ucapkan terimaskasih atas informasinya,, disini saya cuma ikut nyimask ajah lumayan sedikit memberi pengetahuan. terus,, saya juga mau tanya tapi pertanyaannya diluar pembahasan. langsung aja ya . Bagaimana caranya supaya blog saya bisa sama kaya blog agan, bagus, banyak pengunjung, banyak yang koment. apa trik nya?? kasih tau yaah pasti tau laah... soalnya saya masih baru-baru nih blum ngrti apa-apa. ok ok.. mksih :)

    BalasHapus
  18. terimakasih banyak infonya sangat bermanfaat bagi saya sebagai pemula...

    BalasHapus
  19. Informasi yang berguna mas..
    terima kasih telah sharing

    BalasHapus
  20. Mantap ni buat Artikle kuliah.... Makasih gan....!!! :-D

    BalasHapus
  21. makasih sumber informasinya semoga bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  22. salam kenal dan semoga tambah sukses

    BalasHapus
  23. lanjutkan artikel nya sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  24. wah wah wah ,, tergagum kagum ane gan liat postingan agan yg satu ini, bahasanya sederhana, ringkas,jelas dan padat. Informasi yang di berikan juga sangat bagus. 6 jempol dah gan buat postingan agan yg ini.. bener2 luar biasa. boleh ni ane belajar sama agan biar bisa posting sebagus ini. :)
    oke dah gan jangan panjang2 komentarnya, pokonya te ope begete dah buat ente gan.. Posting terus dah artikel yang bagus dan berkualitas seperti ini bahkan lebih bagus lagi dari ini..

    BalasHapus
  25. Wah infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

    BalasHapus
  26. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas informasinya. bingung mau koment apa... walaupun disini saya cuma ikut nyimak apa yang ada dalam informasi diatas, sedikitnya pengetahuan brtmbh untuk saya dapatkan, dan saya selalu menanti dan menunggu informasi terbaru yang lebih bagus dan tentunya harus tetap berkualitas. ditunggu selalu informasi berikutnya, dan saya harap apa yg saya tulis ini tidak dianggap spam. salam semangat aja yah..

    BalasHapus
  27. Wah infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

    BalasHapus
  28. Informasinya sanagat menarik dan banyak memberikan manfaat yang saya dapatkan. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  29. Informasi anda sudah bagus dan bisa memuaskan orang banyak, thanks. Kutunggu yang lain.

    BalasHapus
  30. ditunggu postingan selanjutnya gan, terimakasih bermanfaat nih

    BalasHapus
  31. nice info gan !!
    keren blognya gan infonya hamir lengkap artikelnya...
    Recomended pokoknya ! cepat jaya gan !!

    BalasHapus
  32. mantab sekali infonya gan.

    BalasHapus
  33. Saya ucapkan terimakasih atas informasi yang anda berikan ini, meskipun singkat tetapi informasi ini sangat bermanfaat untuk semuanya khususnya untuk saya sendiri.
    Sampaikan terus informasi teraktual yang sedang membooming :)

    BalasHapus
  34. selamat pagi menjelang siang,, semoga kita selalu berada dalam lindungannya. sukses semangat !!

    BalasHapus

  35. nice post,thanks for infonya salam kenal gan good luck always

    BalasHapus
  36. Terima kasih untuk posting yang sangat informatif

    BalasHapus
  37. Informasi ini sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi semua pembacanya, terimakasih telah memberikan informasi yang sangat berharga ini. Sukses selalu gan

    BalasHapus
  38. Assalamu;alaikum wr.wb selamat siang, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas informasinya. disini saya gak mau koment panjang lebar karena belum tentu koment panjang lebar jelas akan maksud dan tujuannya. mendingan koment sedikit asal nyambung dengan apa yang ada di dalam informasi yang disampaikan diatas.

    Ikut nyimak ajah gak ada yang saya pertanyakan salnya mau tanya apa juga bingung.

    BalasHapus
  39. menyapa Posting terimaksih ya udah berbagi
    salam keberuntungan selalu

    BalasHapus
  40. thanks for your information....i hope it is can really very useful, hopefully useful good article very helpful at all ..

    BalasHapus
  41. . terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

    BalasHapus
  42. terima kasih banyak untuk informasinya !!!

    BalasHapus
  43. sangat bagus dan bermanfaat.. ditunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus
  44. “Mohon maaf mas … saya kurang mengerti pada bagian Setelah letter of credit (L/C) diterbitkan oleh issuing bank atas dasar permintaan Applicant (importir), selanjutnya L/C tersebut diteruskan atau diadviskan oleh issuing bank kepada bank yang berstatus bank koresponden bagi issuing bank. Bank yang menerima penerusan L/C itu disebut Advising Bank. Tugasnya adalah menyampaikan L/C itu kepada Beneficiary (eksportir)., bisakah dijelaskan ulang agar saya paham apa yang dimaksud? terimakasih”

    BalasHapus
  45. “Mohon maaf mas … saya kurang mengerti Setelah letter of credit (L/C) diterbitkan oleh issuing bank atas dasar permintaan Applicant (importir), selanjutnya L/C tersebut diteruskan atau diadviskan oleh issuing bank kepada bank yang berstatus bank koresponden bagi issuing bank. Bank yang menerima penerusan L/C itu disebut Advising Bank. Tugasnya adalah menyampaikan L/C itu kepada Beneficiary (eksportir). bisakah dijelaskan ulang agar saya paham apa yang dimaksud? terimakasih”

    BalasHapus
  46. Artikel diatas memberikan bnyak informasi yang saya dapatkan. Terimakasih gan. Semoga kita dalam keadaan sehat dan sukses.:)

    BalasHapus
  47. Good Article..i like..this post..keep a happy blogging..

    BalasHapus
  48. Ikut nyimakgan artikelnya di atas sangat menarik dan telah banyak memberikan informasi yang sangat luarbiasa yang saya dapat. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  49. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

    BalasHapus
  50. Saya mau bertanya, tetapi kalo pertanyaanya di luar topik ini boleh?? Pertanyaan saya bagaimana bisa membuat artikel sebagus ini. mhon pencerahannya karena saya pemula :)

    BalasHapus
  51. saya suka, artikel yang baik ..
    terima kasih banyak,

    BalasHapus
  52. I will also try to read the posts of this blog and put comments on them from now on

    BalasHapus
  53. terimakasih banyak atas informasi nya
    luar biasa bermanfaat
    semoga sukses

    BalasHapus
  54. nggak tahu dengan istilah-istilah perbankan. jadi tahu deh... :-)

    BalasHapus
  55. selamat pagi semoga hari hari menjadi semakin baik

    BalasHapus
  56. This is a very well thought out site with very good content, I enjoyed reading it very much indeed. I’m certainly going to check out the sites you recommend.  Online Travel Agencies

    BalasHapus
  57. Modifikasi Motor Indonesia
    Dari Dulu sampai sekarang Saya Ngak pernah Bosan Berkunjung Ke Blog anda,Kontentnya Keren-keren,Mantap gan,,,,
    kalau Minat Visit Back sekali-kali ke Blog kecil Ane ya

    BalasHapus
  58. terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
    semoga semakin sukses nya

    BalasHapus
  59. Tidak ada komentar untuk artikel ini, karena artikel ini sangat bagus dan bermanfaat karena berisi informasi yang penting dan menarik. Jadi untuk apa saya berkomentar,, cukup acungkan jempol saja untuk artikel ini :)
    Top deh semoga sukses dan posting terus artikel yang bagus dan menarik

    BalasHapus
  60. selamat pagi,, salam sehat . semoga hari-hari kita semakin baik kedepannya. terimakasih atas informasinya mudah"an bermanfaat. amin

    BalasHapus
  61. terima kasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini,di tunggu artikel selanjut nya ya gan,salam bloger

    BalasHapus
  62. nice info,bagus sekali artikel nya.terimakasih

    BalasHapus
  63. nice article, thank you for your posted..

    BalasHapus
  64. airteagal maith.
    Go raibh maith agat as an t-eolas a bhí

    BalasHapus
  65. selamat sore , tetap semangat dalam menjalankan aktivitas ok.

    BalasHapus
  66. Informasi di atas ternyata telah banyak memberikan wawasan yang sangat bermanfaat. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  67. WOW!! That’s pretty great tips... There are some quality points to be noted. Keep up the good work buddy!!!!

    BalasHapus
  68. mantappp
    http://thazbhy.blogspot.com/

    BalasHapus
  69. wah2, sangat bermanfaat. . .
    sangat membantu nih artikel. thanxs infonya sob...

    BalasHapus
  70. nice article, thank you for your posted..

    BalasHapus
  71. tidak ada yang perlu dikomentari untuk artikel ini, karena isinya berisi informasi yang bermanfaat,selain sebagai hiburan untuk pembaca juga bisa menambah wawasan seputar informasi ini. artikel yang bagus dengan konten yang menarik.
    thanks gan :)

    BalasHapus

  72. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semoga kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi, salam sehat

    BalasHapus
  73. Selamat siang, salam semangat ! semoga hari-hari kita kedepannya semakin baik dan lebih baik lagi. terimakasih

    BalasHapus
  74. this article is useful for me
    thank you

    BalasHapus
  75. thank you for a very interesting post its gan ...
    may be useful

    BalasHapus
  76. Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
    semoga sukses

    BalasHapus
  77. Selamat malam gan, artikelnya sangat memberikan informasi yang sangat luarbiasa yang saya dapat.

    BalasHapus
  78. wah2, sangat bermanfaat. . .
    sangat membantu nih artikel. terimakasih.

    BalasHapus
  79. emm gitu yaaa. tambah ilmu donk ,,,

    http://perawatan-wajah.com

    BalasHapus
  80. Nyimak aja Lah gan ,,,,, meskipun sedikit agak kurang begitu tahu :)

    BalasHapus
  81. Selamat pagi!!
    Semoga semua pembaca dan penulis artikel ini selalu dalam lindungan Allah Swt. Saya gak mau banayk komentar gan tapi ane salut sama agan bisa posting sebagus ini, gimana caranya?

    BalasHapus
  82. Mohon maaf sebelumnya disini saya hanya ikut menyimak apa yang ada didalam informasi diatas, bermanfaat. terimakasih sukses semangat !!

    BalasHapus
  83. This is very great post and interesting :)

    BalasHapus
  84. I like your information. I have been looking for this type of information that is interesting and good

    BalasHapus
  85. Ikut simak juga gan. Wah ternyata artikelnya menarik sekali dan banyak memberikan informasi. Terimakasih gan

    BalasHapus
  86. Good information! I personally really appreciate your article. This is an interesting web site

    BalasHapus
  87. Actually it is hard for me to comprehend this article, but it is very useful infromation for the great enterpreuner. Thx friend

    BalasHapus
  88. Selamat siang.. !! Masih pada semangat menjalankan aktivitasnya ?? oh harus donk yah .. hehe jadi ngomong sendiri. salam sukses ajah :D

    BalasHapus
  89. Selamat siang gan.. masih pada semangat gak niih. semangat terus okey!. nah gan ane cuma mau bilang makasih aja buat artikel ini, informasinya sangat bagus dan bermanfaat.
    Terimakasih ya gan :)

    BalasHapus
  90. Infrmasinya menarikgan. Saya simak dan ternyata banyak informasi yang saya dapatkan. Terimakasihgan & selamat beristirahat.

    BalasHapus
  91. Ikut nyimakgan artikelnya di atas sangat menarik dan telah banyak memberikan informasi yang sangat luarbiasa yang saya dapat. Terimakasih

    BalasHapus
  92. Selamat pagi. semoga hari anda selalu dipenuhi rasa bahagia,cinta dan kasih sayang.. Oke gan ane cuma mau bilang artikel ini sangat bagus dan bermanfaat sekali. makasih banget ya gan :)

    BalasHapus

  93. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat "


    BalasHapus
  94. Terimakasih atas informasinya . salam semangat yang paling semangat yah mas :)

    BalasHapus
  95. Semangat pagi!!
    informasi ini sangat bagus gan , dan akan lebih bagus lagi jika agan terus posting informasi-informasi yang bermanfaat utnuk orang banyak seperti artikel ini.. Top dah gan buat ente.
    ane suka banget sama postingan agan ini

    BalasHapus
  96. terimaksih telah memosting postingan yang bagus dan menarik :)

    BalasHapus
  97. koment nya gak bakal panjang, walaupun pendek yg penting mudah dimengerti. suatu hal yang terlalu berlebihan itu biasanya gak baik juga jadi biasa aja lah. Koment apa yah?? Waduh jadi ngposting ini mh. hehe cuma mau ngucapin selamat siang selamat beraktivitas dan untuk kaum adam jangan lupa yah solat juma'at nya :) Salam sukses yang paling sukses !! Semangaaat .................. !!!!!!!!!!! :D

    BalasHapus
  98. Websitenya sungguh bagus sekali,salam semangat….

    BalasHapus
  99. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi orang banyak,,,
    amin…

    BalasHapus
  100. Ijin Copas di http://uniquecardwedding.co.id/
    Sangat Bagus dan Bermanfaat

    BalasHapus
  101. luar biasa bermanfaat
    semoga sukses ..

    BalasHapus
  102. sangat menarik sekali infonya :)

    BalasHapus
  103. infonya bagus, semoga berguna dan sukses ya.,

    BalasHapus
  104. ikutan nyimak artikelnya gan, sukses selalu :)

    BalasHapus
  105. Terimakasih atas semua Info nya,Mantep,banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  106. Terimakasih atas sajian informasi nya semoga bermanfaat " salam sehat "

    BalasHapus
  107. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  108. artikel nya bagus, keren, berkualitas dan bermanfaat banget gan :)

    BalasHapus
  109. Salam kenal agan, artikelnya sangat bagus dan bermanfaat, di tunggu lagi artikel yg lainnya..

    BalasHapus
  110. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  111. terimakasi atas informasinya semgo blognya makin jaya aja deh, :D

    BalasHapus
  112. Thanks infonya sangat bermanfaat sekali buat saya, di tunggu ea artikel selanjutnya :D

    BalasHapus
  113. http://labuan-medicalcenter.blogspot.com/2013/11/obat-herbal-kolesterol-tinggi.html

    BalasHapus
  114. ikut-ikutan baca sambil menyimak boleh-boleh kan.. Semoga share infonya semakin bagus dan bermanfaat buat pengetahuan !! ok

    BalasHapus
  115. Manfaat yang ada dalam share info ini sangat luar biasa, hebat gan..!!! Semoga semakin lebih berkreasi lagi.

    BalasHapus

  116. Informasinya sangat keren....

    BalasHapus
  117. Terimakasih atas segala infonya sangat bermanpaat sekali.

    BalasHapus
  118. isi share informasinya sangat bagus dan sangat bermanfaat terimakasih buat artikelnya..

    BalasHapus
  119. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semoga kedepannya bisa menyajikan informasi ynag lebih membangun lagi " salam sehat "

    BalasHapus
  120. setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  121. wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

    BalasHapus
  122. sukses terus ea, infonya sangat kerennn...

    BalasHapus
  123. nice info. terimakasih atas infromasinya min, ditunggu postingan selanjutnya dan jangan lupa kunjungan baliknya di blog ane :)

    BalasHapus
  124. Ndesooo.. katroo... gkgkgkg...

    Pisss ah..

    BalasHapus
  125. selamat sore, ikutan nyimak artikelnya yah: salam blogger

    BalasHapus
  126. informasi yang sangat bermanfaat..
    semoga semakin sukses

    BalasHapus
  127. luar biasa sekali infonya sangat bagus..
    sangat bermanfaat semoga sukses

    BalasHapus
  128. terimakasih infonya sangat bermanfaat semoga semakin sukses

    BalasHapus
  129. makasih infonya saya tunggu info selanjutnya

    BalasHapus
  130. makasih banyak atas infonya sangat menkjubkan..

    BalasHapus
  131. Ehhmmmmmm...... Apa ya.....?
    Sebenarnya saya mau kasih komentar. Tapi saya juga ga' tau mau kasih komentar apa. Jadinya cuma numpang coret - coret saja.
    Boleh ga' boleh terserah, yang terpenting saya sudah melakukanya. Di terima ga' di terima juga ga' apa - apa.
    Sebenarnya saya juga ga' tau kenapa saya bisa melakukanya. Tapi inilah yang ada di kepala saya saat ini. ya walaupun cuma coret - coret bisa juga menjadi sebuah kata - kata.
    Munkin sebaiknya saya jadi penulis aja kali ya. kan lumayan tuh buat tambah - tambah uang bulanan.
    Mungkin saya di takdirkan bukan untuk jadi penulis kali ya, jadi saya hanya bisa menulis di sini. ya walaupun bakat itu ada. Tapi... ya sudahlah, walaupun hanya bisa menulis di sini. Hitung - hitung mengasah bakat yang saya miliki, Siapa tahu dapat inspirasi.
    Kamu pasti berfikir kapan selesainya ni komentar. dari tadi ga' habis - habis. Apa maunya ni orang nulis segitu banyak apa enggak capek.?
    Sebenarnya sih capek tapi mau gimana lagi. saya masih mau numpang coret - coret. Jadinya ya enggak habis - habis.
    Kalau kamu ingin komentar ini cepat selesai. Kamu harus mencoba untuk bersabar. karna dengan bersabar semua masalah akan dapat terselesaikan.
    Setelah membaca ini kamu pasti menggerutu dalam hati, kenapa komntar ini ga abis-abis yach. Trus kamu pasti berkata, ah bodo amat ach, apaan eh tulisannya gw ga peduli.
    Tapi kmu masih terus membacanya dan berkata. Duh kapan abisnya sech ini tulisan.... Pegel tau... Km berniat untuk menyudahi bacaan ini, tapi kmu masih penasaran apa sech isi dari tulisan ini,apa sech maksudnya, apa sech makna yang terkandung di dalamnya.?
    cape juga yach komentar banyak-banayak kaya begini. Ya sudahlah, Setelah membaca tulisan ini kamu pasti berfikir, akhirnya selesai juga nech komentar.
    Udah lah, cape juga ngetiknya..
    HaHahaHa..

    BalasHapus
  132. info bagus gan.. jadi makin ngerti tentang ekonomi seboga bermanfaat,,,

    BalasHapus

  133. obat tradisional yang ampuh dan tanpa operasi,
    informasi lengkap kujungi tautan berikut ini http://goo.gl/e2C6I1

    BalasHapus
  134. terimakasih banyak atas informasinya
    sagat bermanfaat sekali
    saya tunggu informasi selanjutnya
    semoga sukses

    BalasHapus
  135. terimakasih banyak, informasinya bermanfaat. http://goo.gl/Zqcmzn http://goo.gl/w90qIa http://goo.gl/sOO6Wr http://goo.gl/nhA6w5

    BalasHapus
  136. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  137. siap,,terima kasih untuk informasi yang bermanfaat ini :)

    BalasHapus
  138. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  139. Informasinya sangat bermanfaat karena memberikan pengetahuan baru. Terima kasih

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top