18 Mei 2009
97 comments

Bagaimana Membedakan L/C Sight dan Usance

Senin, Mei 18, 2009

DALAM artikel sebelumnya, kita sudah mengenal apakah itu letter of credit (L/C). Kini kita akan membahas tentang salah satu jenis L/C, khususnya ditinjau dari jenis tenornya (jangka waktu pembayaran), yaitu L/C sight dan L/C usance.

L/C adalah sebuah bangunan. Suatu L/C termasuk jenis yang mana dapat dilihat dari klausul-klausul yang ada dalam tubuh bangunan L/C itu. Dan “bahan” untuk membangun L/C adalah butir-butir kesepakatan antara penjual dan pembeli yang dituangkan dalam SALES CONTRACT.

Namun perlu digarisbawahi, L/C sama sekali terpisah dari sales contract. UCPDC 600 Pasal 4 sudah menegaskan itu: “A credit by its nature is a separate transaction from the sale or other contract on which it may be based”.



Dilihat dari jenis tenor (jangka waktu pembayarannya), L/C berbentuk L/C sight dan L/C usance. Seperti apakah mereka, let’s check it out


Waktu pembayaran

L/C sight
L/C yang mensyaratkan pembayaran harus dilakukan oleh pembeli (applicant/ importir) –melalui issuing bank- begitu dokumen yang dikirimkan oleh penjual (beneficiary/ eksportir) diunjukkan ke issuing bank. Issuing bank mempunyai waktu maksimal 5 hari kerja setelah dokumen diterima untuk menyatakan dokumen clean (sesuai dengan syarat L/C) atau terdapat discrepancy (penyimpangan). Jika clean atau complying presentation, pembayaran harus dilakukan maksimal 5 hari kerja tersebut.

Indikasi L/C sight dapat dilihat pada Field 42C dalam L/C yang berbunyi: “Draft at sight for 100 percent invoice value”.

L/C usance
L/C yang menyatakan pembayaran dilakukan oleh importir maksimal pada tanggal jatuh tempo, yang ditentukan sekian hari setelah tanggal pengiriman barang oleh eksportir. Tanggal pengiriman dilihat dari tanggal “on board” pada bill of lading (B/L) jika menggunakan kapal, atau airway bill (AWB) jika menggunakan pesawat.

Indikasi L/C usance dapat dilihat pada Field 42C dalam L/C yang berbunyi: ”Draft at usance 60 days after B/L date for 100 percent of invoice value”.

Proses pembukaan L/C

Mari kita mundur ke proses pembukaan L/C. Pada prinsipnya, importir yang hendak membuka L/C harus menyerahkan dana di muka kepada issuing bank sebagai jaminan, sebesar nilai L/C yang dibuka. Mengapa? Karena L/C merupakan instrumen pembayaran yang dijamin oleh bank, maka bank perlu ‘mengamankan’ terlebih dahulu dana dari importir.

L/C sight
Dalam praktik yang umum, importir yang berstatus sebagai nasabah giran pada suatu bank menyerahkan dana sebesar nilai L/C yang ia buka sebagai jaminan atas L/C yang ia buka itu. Dana itu disimpan oleh issuing bank di dalam rekening Marginal Deposit (MD), dan akan didebet untuk dibayarkan kepada eksportir setelah dokumen ia terima dan kondisinya clean (complying presentation).

L/C usance
Umumnya, L/C usance dibuka oleh importir yang berstatus sebagai debitur pada bank dan mendapat fasilitas impor. Fasilitas impor itu bisa berupa pemberian plafond pembukaan L/C, disposisi pembukaan L/C menggunakan kredit modal kerja, dan kewajiban menyetorkan deposit tidak penuh (misalnya hanya 10%, selebihnya dibayar pada tanggal jatuh tempo).

Nasabah seperti ini bisa juga membuka L/C sight. Pada saat pembukaan L/C ia menyetor Marginal Deposit sebesar 10% dari nilai L/C yang dibuka. Yang 90% ia bayarkan setelah dokumen dari eksportir tiba dengan kondisi clean.

Penyerahan barang

L/C sight
Importir bisa mengambil barang di pelabuhan tujuan setelah dokumen diunjukkan ke issuing bank dengan kondisi clean, sesuai dengan syarat L/C. dalam situasi ini, berarti issuing bank juga telah melaksanakan pembayaran kepada eksportir. Issuing bank menyerahkan B/L untuk menebus barang di pelabuhan dan dokumen original lainnya kepada importir.

L/C usance
Setelah dokumen diterima, issuing bank menunggu persetujuan (akseptasi) dari importir bahwa importir menerima dokumen dengan kondisi yang ada. Jika kondisi clean, akseptasi dari importir harus sudah diperoleh issuing bank untuk ditegaskan kepada nominated bank (bank dari pihak beneficiary/ eksportir) dalam tempo maksimal 5 hari kerja setelah dokumen diterima issuing bank.

Jika dokumen mengandung discrepancy (penyimpangan terhadap syarat L/C), namun importir bersedia menerima kondisi itu, maka akseptasi kepada nominated bank diberikan oleh issuing bank setelah menerima waiver of discrepancy dari importir, yang berarti importir bersedia membayar L/C meskipun dokumen terdapat discrepancy.

Akseptasi yang diberikan issuing bank kepada nominated bank merupakan persetujuan untuk membayar L/C pada saat jatuh tempo, sekaligus sebagai komitmen yang mencerminkan jaminan issuing bank untuk membayar.

Setelah itu, issuing bank melepas B/L dan dokumen original lainnya kepada importir untuk mengambil barang di pelabuhan.


Dari uraian di atas, dapat kita lihat bahwa L/C sight lebih menguntugkan bagi pihak eksportir. Ini karena pembayaran langsung ia terima begitu dokumen yang ia unjukkan ke issuing bank diterima.

Sementara dengan L/C usance, pembayaran baru diterima eksportir pada tanggal jatuh tempo. Bisa 30, 60, 90, 120, 150, 180 hari setelah tanggal B/L, tergantung kesepakatan eksportir dan importir.

Namun pada praktiknya eksportir dapat menerima pembayaran terlebih dahulu sebelum importir melakukan pembayaran, yaitu dengan negosiasi atau pengambilalihan wesel ekspor oleh nominated bank, untuk L/C sight. Sedangkan untuk L/C usance eksportir dapat menerima diskonto. Kompensasinya, tentu saja, eksportir dikenakan biaya transit interest, bunga diskonto, porto, dan telex.


97 comments:

  1. saya juga gak tau gan..
    emang gmn sih ?

    BalasHapus
  2. nice post gan,, berbagi ilmu nya

    BalasHapus
  3. Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that it is really informative. I am gonna watch out for brussels. I will be grateful if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!

    BalasHapus
  4. gan klo boleh tau fungsi dan tujuan adanya pengakseptasian pada usance l/c lebih mendetil apa ya??
    makasih gan d tunggu jawabannya

    BalasHapus
  5. I am writing a paper on romoba vacuum cleaners and I found this post to be very helpful and informative. Thank you.

    BalasHapus
  6. Infonya sangat menarik banget gan untuk gua simak thanks infonya...!

    BalasHapus
  7. infonya sangat menarik gan untuk disimak thanks :)

    BalasHapus
  8. stelah sayan baca artikelnya sangat menarikkk thanks gan

    BalasHapus

  9. stelah saya baca memang artikelnya sangat menarik untuk disimak, sukses terus gan

    BalasHapus
  10. setelah saya menyimak smua isi artikel anda dan saya ucapkan beribu terima kasih, berkat artikel ini, ilmu dan pengetahuan saya jadi bertambuah, semoga bermanfaat. salam kenal gan dari saya.

    BalasHapus
  11. terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

    BalasHapus
  12. artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

    BalasHapus
  13. setelah saya baca seluruh artikel dan akhirnya saya menemukan apa yang saya cari selama ini. saya ucapkan terima kasih ini semua berkat anda. salam kenal dan salam sukses

    BalasHapus
  14. artikel yang patut di acungkan jempol, kata-kata yang tersusun rapi jelas dan mudah di mengerti, banyak di butuhkan orang teruma saya pribadi, terima kasih atas segala kebaikan anda yang anda berikan melalui tulisan ini.

    BalasHapus
  15. infonya sangat menarik banget gan :)

    BalasHapus

  16. informasi yang sangat menarik dan bermanfaat bagi saya thanks gan

    BalasHapus

  17. ditunggu artikel terbarunya gan, sangat menarik untuk dibaca B)

    BalasHapus

  18. infonya sangat menarik gan untuk disimak thanks :)

    BalasHapus
  19. stelah sayan baca artikelnya sangat menarikkk thanks gan

    BalasHapus


  20. stelah saya baca memang artikelnya sangat menarik untuk disimak, sukses terus gan

    BalasHapus

  21. makasih infonya semoga dapat bermanfaat untuk semua orang..

    BalasHapus
  22. artikel yang patut di acungkan jempol, kata-kata yang tersusun rapi jelas dan mudah di mengerti, banyak di butuhkan orang teruma saya pribadi, terima kasih atas segala kebaikan anda yang anda berikan melalui tulisan ini.

    BalasHapus
  23. ditunggu ea gan artikel slanjutnya :)

    BalasHapus
  24. setelah saya baca seluruh artikel dan akhirnya saya menemukan apa yang saya cari selama ini. saya ucapkan terima kasih ini semua berkat anda. salam kenal dan salam sukses

    BalasHapus


  25. ditunggu artikel selanjutnya gan

    BalasHapus
  26. stelah saya baca memang artikelnya sangat menarik untuk disimak, sukses terus gan

    BalasHapus

  27. infonya sangat menarik gan untuk disimak thanks :)

    BalasHapus
  28. stelah sayan baca artikelnya sangat menarikkk thanks gan

    BalasHapus
  29. terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

    BalasHapus
  30. infonya benar-benar sangat menarik gan thanks

    BalasHapus
  31. setelah saya menyimak smua isi artikel anda dan saya ucapkan beribu terima kasih, berkat artikel ini, ilmu dan pengetahuan saya jadi bertambuah, semoga bermanfaat. salam kenal gan dari saya.

    BalasHapus
  32. artikel yang sangat bagus sekali dan tentunya sangat bermanfaat untuk pembaca khususnya saya pribadi, terima kasih salam kenal dan sukses selalu.

    BalasHapus
  33. infonya sangat menariiik banget gan

    BalasHapus


  34. ikut komen gan,, infonya sangat menarik gan... thanks

    BalasHapus
  35. ikut komen artikel nya gan, menurut saya infonya sangat menarik untuk disimak...

    BalasHapus

  36. ikut saran ea gam menurut saya artikelnya sangat berkualitas dan menarik

    BalasHapus

  37. ikut komen ea gan infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  38. artikel yang patut di acungkan jempol, kata-kata yang tersusun rapi jelas dan mudah di mengerti, banyak di butuhkan orang teruma saya pribadi, terima kasih atas segala kebaikan anda yang anda berikan melalui tulisan ini.

    BalasHapus

  39. ikut komentar ea gan infonya sangat bagus

    BalasHapus

  40. wiih menarik gan artikelnya

    BalasHapus

  41. ditunggu gan artikel selanjutnya, nice gan atrikelnya

    BalasHapus

  42. ditunggu gan artikel selanjutnya, nice gan atrikelnya

    BalasHapus

  43. ini baru info yang menarik gan

    BalasHapus

  44. makasih atas infonya semoga dapat bermanfaaat gan dan suksek selalu

    BalasHapus

  45. menarik banget artikelnya ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus

  46. informasinya sangat menarik gan

    BalasHapus

  47. artikelnya sangat bermanfaat gan :)

    BalasHapus

  48. makasih infonya semoga bermanfaat gan

    BalasHapus

  49. sukses terus gan ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus

  50. terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

    BalasHapus
  51. Thanks infonya sangat bermanfaat sekali buat saya, di tunggu ea artikel selanjutnya :D

    BalasHapus

  52. Infonya sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  53. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

    BalasHapus
  54. wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

    BalasHapus
  55. artikel yang sangat informatif, Terima kasih untuk menyediakan informasi penting melalui posting.

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top