22 November 2013
149 comments

L/C yang Dikonfirmasi (Confirmed L/C)

Jumat, November 22, 2013
Jika pada Field 49 dalam tubuh letter of credit (L/C) dinyatakan bahwa “Confirmation Instruction: CONFIRMED”, maka L/C tersebut Dikonfirmasi (Confirmed L/C). Maksudnya, pembayaran L/C yang semestinya dilakukan oleh bank penerbit L/C (issuing bank) diambil alih oleh bank lain yang statusnya menjadi mengikatkan dirinya untuk ikut menjamin pembayaran L/C tersebut.

Bank itu disebut Confirming Bank. Ia harus merupakan bank koresponden dari Issuing Bank dan selanjutnya berposisi sebagai pihak dalam L/C dan berkewajiban melakukan pembayaran atau akseptasi sepanjang dokumen yang diserahkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh L/C, sebagaimana kewajiban Issuing Bank.

By the way, dalam kondisi seperti apakah suatu L/C di-confirm? Umumnya, karena adanya rasa kurang percaya dari pihak eksportir dan banknya terhadap kapasitas membayar dari pihak importir dan banknya (issuing bank). Krisis moneter yang menyerang Indonesia di akhir dekade 1990-an merupakan periode suram di mana kredibilitas perbankan Indonesia berada di titik terendah. Saat itu, banyak sekali L/C yang diterbitkan dari Indonesia harus di-confirm.

Nah, pada L/C yang di-confirm, mekanisme yang sering digunakan adalah Clean Reimbursement, yaitu Confirming Bank langsung melakukan pembayaran kepada Beneficiary atas presentasi dokumen yang disyaratkan dalam L/C, sebelum dokumen diteruskan ke Issuing Bank.

Setelah itu, Confirming Bank melakukan reimbursement ke Issuing Bank melalui authenticated SWIFT message yang menginstruksikan Issuing Bank melakukan pembayaran kepada Confirming Bank dalam waktu yang telah ditentukan. Di sini, Issuing Bank harus melakukan pembayaran dimaksud meskipun dokumen belum diterimanya dari Confirming Bank.

Agar suatu L/C dapat di-confirm, maka harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
  • Harus berdasarkan kuasa atau penunjukan dari Issuing Bank yang disyaratkan dalam L/C.
  • Biaya konfirmasi L/C (confirming fee) atas beban issuing bank atau sesuai dengan syarat L/C. Besarnya mengacu pada tarif yang berlaku atau kesepakatan dengan Issuing Bank.
  • L/C yang akan di-confirm memuat syarat dan ketentuan: (a) Diterbitkan oleh bank koresponden yang telah diberikan Credit Line; (b) Maksimum nilai L/C yang di-confirm harus mempertimbangkan ketersediaan Credit Line dari Issuing Bank; (c) Restricted kepada bank yang akan menjadi Confirming Bank; (d) Isi L/C tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku; (e) Tunduk pada UCPDC.

Sedangkan L/C yang tidak dapat di-confirm adalah L/C yang tidak tunduk pada UCPDC dan bertentangan dengan ketentuan OFAC (Office for Foreign Assets Control) berdasarkan SDN List (Specially Designated Nations List) yang ditetapkan oleh US Department of Treasury.

Menjadi Confirming Bank tak luput dari risiko. Risiko utama yang dihadapi Confirming Bank adalah bahwa dengan melakukan pembayaran kepada Beneficiary maka Confirming Bank tidak berhak menuntut pembayaran kepada Issuing Bank apabila terjadi penolakan pembayaran karena adanya discrepancy pada dokumen atau terjadi kegagalan pembayaran akibat adanya pembatasan tertentu oleh pemerintah.

149 comments:

  1. segala sesuatu pasti ada resiokonya

    BalasHapus
  2. harus jeli yah dalam memilih sesuatu

    BalasHapus
  3. artikel yang sangat luar biasa, terimaksih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini.
    Selamat pagi dan selamat beraktifitas :)

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salah sehat "

    BalasHapus
  5. Informasi yang sangat menarik, pokonya the best

    BalasHapus
  6. Wah infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

    BalasHapus
  7. ikut nyimak aja gan info yang ini, terimaksih telah berbagi infonya..

    BalasHapus
  8. wah infonya sangat bermanfaat sekali infonya saya tunggu postingan selanjut nya yang pasti lebih bermanfaat

    BalasHapus
  9. ok ..good postingannya sangat bermanfaat .
    thanks buat info dan share nya ..

    BalasHapus
  10. informasi bagus gan, mudah2n info yang diberikan agan kepada saya di beri kemanffaatan :)

    BalasHapus

  11. Terimakasih banyak atas sajian informasi nya sangat bermanfaat semoga kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat "


    BalasHapus
  12. Selama siang, Semoga tetap semangat yah dalam menjalankan aktivitsnya. Terimakasih semoga semuanya bisa bermanfaat untuk semua. Salam sukses !

    BalasHapus
  13. selamat pagi !!
    semoga pagi ini mernjadi awal yang indah untuk para pemmbaca dan penulis artikel ini. Saya tidak akan berkomantar panjang lebar dengan artikel ini, anda pikir saja apa yang mau dikomentari dengan artikel ini? toh artikel ini sangat bagus dan tidak ada yang perlu di komentari. Penulis artikel ini patutu di acungin jempol,. kira-kira bisa gak ya saya buat artikel sebagus ini??
    hmm.. terimakasih aja deh gan buat informasi ini, semoga bermanfaat untuk semuanya dan jangan lupa posting terus artikel yang bagus untuk di baca.
    Sukses selalu gan

    BalasHapus
  14. Artikelnya sangat menarik sekali untuk di simak,terimakasih,,

    BalasHapus
  15. Selamat pagi,, semoga aktivitas hari ini sukses dan menyenangkan yah.. Dan semoga apa yang diberikan bisa berupa informasi yang bermanfaat. Terimakasih dan salam semangat dari yang paling semangat !! :)

    BalasHapus
  16. bagus sobb informasinya, di tunggu informasi yang lainnya

    BalasHapus
  17. Informasi yang ada dalam artikel ini sangatlah bermanfaat untuk menambah wawasan semua pembaca, anda hebat gan bisa membuat artikel yang bermanfaat dan bagus seperti ini. kira-kira bisa gak ya saya belajar sama agan. huh ngiri deh liar postingan agan ini, yah semoga sukses selalu dan gan, update terus informasi yang bisa kami baca.
    Selamat pagi dan selamat beraktifitas.

    BalasHapus
  18. sangat menarik sekali infonya :)

    BalasHapus
  19. artikel yang mengajak kita untuk selalu hidup sehat...
    makasih atas infonya..
    salam kenal dan salam sehat

    BalasHapus
  20. postingan menarik banget nih, salut..
    terimakasih…

    BalasHapus
  21. Maaf sebelumnya karna saya gak sengaja menemukan situs ini.
    Dan saya gak terlalu faham dengan Konfirmasi L/C ini.
    But. thx.

    BalasHapus
  22. Subhanallah artikelnya bagus banget, kapan ya gan ane bisa posting artikel sebagus ini. isinya sih sederhana tapi manfaatnya luar biasa. bisa menambah wawasan semua pembaca. O ya gan bisa ga saya belajar untuk posting sebagus ini sama agan??
    Tolong di jawab ya, soalnya saya blogger pemula
    Thanks. Selamat beraktifitas

    BalasHapus
  23. baru kali ini sata membaca postingan yang menarik sperti ini gan ..

    BalasHapus
  24. waaah ini memang terobosan terbaru yang sangat bermanfaat banget, terimakasih ya atas infonya... semoga kedepanya akun ini menjadi lebih baik.amiin

    BalasHapus
  25. Selamat Pagi !! semoga hari ini lebih baik daripada hari kemaren. sebelumnya saca ucapkan terimaskasih atas apa yang telah disampaikan mengenai ( ) .Ditunggu lagi ajah postingan selanjutnya. tetap posting dan berikan selalu yang terbaik untuk pembaca pastinya. sampaikan walau hanya satu ayat. Salam semangat yang paling semangat ... :)

    BalasHapus
  26. Terimakasih atasa sajian informasi nya semoga bermanfaat " salam sehat "

    BalasHapus
  27. informasi yg diberikan sangat menarik dan bermanfaat. terimakasih atas informasinya, semoga tambah sukses dan maju.

    BalasHapus
  28. artikel ini sungguh menarik,makasih banyak untuk kak admin,

    BalasHapus
  29. terimakasih banyak atas info nya
    semoga sukses

    BalasHapus
  30. Informasi nya sangat bagus dan menarik
    Sangat bermanfaat sekali
    semoga semakin sukses

    BalasHapus
  31. terimakasih banyak atas info nya
    semoga sukses

    BalasHapus
  32. isi dari artikelnya sangat bermanfaat bagi orang banyak, smoga Tuhan membaalas kebaikan anda.

    BalasHapus
  33. thank's gan atas infonya, semga bermanfaat bagi kita semua.

    BalasHapus
  34. Selamat pagi semua, semoga hari ini dan kedepannya kita selalu di berikan kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan. Amin
    Nah gan kali ini saya cuma mau bilang kalo atrikel agan yang satu ini sangat bagus, saya juga sampe ngiri bacanya. Isinya komplit banget bisa tambah wawasan dan infirmasi juga ni. Saya bisa ga ya bikin artikel sebagus ini. Padat jelas dan pasti Beda banget sama artikel-artikel yang lain. yang ini gak bertele-tele langsung ke inti pembahasannya aja.
    Salut saya sama agan ini. Gimana sih caranya biar artikel saya bisa sebagus ini?
    Tolong jawabannya ya gan. :)

    BalasHapus
  35. Terimakasih gan atas informasi yang akurat, tajam dan terpercaya ini. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk semua pembaca khususnya saya sendiri.. sumpeh dah ane salut sama postingan agan yang satu itu, baguss beneerrr, jadi ngiri
    Sukses selalu dah gan buat ente, berikan terus informasi yang menarik seperti ini

    BalasHapus
  36. Salam Super dari yang paling super.. semoga kegiatan di hari ini lebih baik daripada hari kemaren. saya sebagai manusia hanya ingin mengajak atau mengingatkan kepada sesama , ingat diatas langit masih ada langit, menurut apa yang saya baca tentang silaturahmi. umpama kita punya salah sama sang pencipta, masih bisa dimaafkan karena kita bisa bertobat dan meminta maaf kepadanya, sedangkan punya salah atau memutuskan hubungan kepada sesama itu belum tentu sang pencipta bisa memafkan karena ketidakadaan saling meaafkan, maka dari itu jaga terus talisilaturahmi sebgai manusia karena dengan bersilaturahmi akan dipanjangkannya umur kita dan bisa semakin dekat dengannya juga jika meminta mudah-mudahan dapat dikabulkan dengan cepat. Beda halnya dengan orang yang mau memutskan silaturahmi , bisa bisa dilatnat, juga apa yang kita mau sang pencipta tidak mau mengabulkannya. Ayoo.. semangat semangat semangat !!!! .............. SUKSES YAH MAS, MOHON MAAF KOMENTARNYA SEPERTI INI. :) Ditunggu postingan selanjutnya.

    BalasHapus
  37. Informasi yang ada dalam artikel ini sangatlah bermanfaat untuk menambah wawasan semua pembaca, anda hebat gan bisa membuat artikel yang bermanfaat dan bagus seperti ini. kira-kira bisa gak ya saya belajar sama agan. huh ngiri deh liar postingan agan ini, yah semoga sukses selalu dan gan, update terus informasi yang bisa kami baca.

    BalasHapus
  38. agan ini sangat luar biasa. infonya sangat menarik.. terimaksih gan

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum wr.wb
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini.meskipun sedikit dan ringkas bagi saya ini tetap ilmu. Semoga anda selalu sukses dan posting terus artikel artikel yang sangat bermanfaat untuk kami ketahui.
    Selamat pagi dan selamat menjalankan aktivitasnya,
    Nice Saturday :)

    BalasHapus
  40. Selamat pagi,, semoga aktivitas hari ini sukses dan menyenangkan yah.. Dan semoga apa yang diberikan bisa berupa informasi yang bermanfaat. Terimakasih dan salam semangat dari yang paling semangat !! :)

    BalasHapus
  41. terimakasih banyak sob atas informasinya

    BalasHapus
  42. terimakasih sebelumnya udah mau baca komentar saya. tak ada kata lain yang saya ingin ucapkan diblog ini . cuma mau bilang, posting terus yah . berikan postingan artikel yang berisi informasi yang bermanfaat untuk pembaca yang kiranya banyak orang itu gak tau gitu. Dan mudah-mudahan blog ini bisa memberikan apa yang saya khususnya inginkan. Mudah-mudahan menarik. Sukses salam semangat yang paling semangat !! :) Mohon maaf yaah.

    BalasHapus
  43. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  44. Wah infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

    BalasHapus
  45. Artikelnya di atas telah memberikan banyak informasi yang saya dapatkan serta menarik. Terimakasih banyak gan & semoga berada dalam keadaan sehat selalu.

    BalasHapus
  46. Artikelnya di atas telah memberikan banyak informasi yang saya dapatkan serta menarik. Terimakasih banyak gan & semoga berada dalam keadaan sehat selalu.

    BalasHapus
  47. luarr biasa ... web kk pnuh dengan inpirasi bagi yamg membaca.. di tunggu kk info barunya!

    BalasHapus
  48. Wah infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

    BalasHapus
  49. kalau masalah L/C dalam bank saya kurang mengerti,...
    tolong penjelasannya. trims

    BalasHapus
  50. saya kira menjadi confirming itu enak dan mudah tapi ternyata resikonya sangat besar sekali.

    BalasHapus
  51. Selamat pagi menjelang siang.
    Saya ucapkan terimaskih untuk informasi yang sangat berharga ini, ini sangat bermanfaat khususnya bagi saya. selain isinya yang sangat bagus dan bermanfaat artikel ini juga sangat rapih sehingga menarik sekali untuk di baca. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih :)
    Salam semangat

    BalasHapus
  52. Hallo,, selamat pagi. Apakabar hari ini ?? mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat . amiin. gak kerasa yah sekarang sudah diakhir bulan tahun 2013. sebentar lagi kita bakalan nginjak ke tahun 2014 . Mudah-mudahan dari sekarang dari detik menit waktu ini juga kita bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik dan menjadi pribadi yang baik untuk kedepannya. Dan semoga di tahun 2014 nanti, blog ini juga bisa memberikan informasi yang lebih menarik, keren, juga harus memberi motivasi yang waah tentunya. Posting terus yah mas, ditunggu postingan yang berisi informasi selanjutnya. Terimaskasih salam semangat yang paaaliing semangat... :)

    BalasHapus
  53. Thanks infonya sangat bermanfaat sekali buat saya, di tunggu ea artikel selanjutnya :D

    BalasHapus
  54. thanks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat dan berguna banget bagi saya thnks yah gan

    BalasHapus
  55. terima kasih artikelnya yang luar biasa ini ..
    sering-sering mas kasih artikel untuk kebaikan situsnya juga..

    BalasHapus
  56. infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

    BalasHapus
  57. Dari artikel di atas ternyata sangat menarik dan banyak memberikan pengetahuan yang saya dapatkan. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  58. Selamat siang kepada semua pembaca dan penulis khususnya. Saya tidak akan berkomentar banyak karena tidak ada yang perlu di komentari untuk artikel ini. apa yang mau di komentari coba? Artikel ini sangat bagus,bermanfaat dan penulisannya juga rapih,bahasa yang di gunakan juga mudah dimengerti. Ane do'ain deh sukses terus gan buat ente. 1000 jempol biat artikel agan yang satu ini

    BalasHapus
  59. selamat siang, semoga aktivitas hari ini berjalan dengan lancar. Dan semoga hari-hari kita menjadi lebih baik dan semakin baik lagi.amiin Ditunggu terus postingan selanjutnya. Salam semangat yang paling semangat !!!

    BalasHapus
  60. saya engga tau uang kamu maksd di komen itu apa ?

    BalasHapus
  61. informasi yang sangat bermanfaat, terima kasih. . .

    BalasHapus

  62. Informasinya sangat keren....

    BalasHapus
  63. terima kasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers...

    BalasHapus
  64. Selamat malam! Semoga aktivitas kita dipagi ini lancar sampai beres dan semoga di malam ini lebih baik daripada malam yang lalu. Mudah-mudahan kita kedepannya semakin baik lagi semakin baik lagi dan semaaakin baik lagi. sukses pokoknya! Berikan yang terbaik untuk pembaca yah gan, semoga artikelnya menjadi suatu inspirasi juga informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Terimakasihgan semoga berada dalam kesuksesan!

    BalasHapus
  65. setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  66. wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

    BalasHapus
  67. Gimana nee kabar share informasinya masih yang lama yaah ? walaupun informasi nya masih yang lama ikut-ikut ijin nyimak yang ke dua kalinya yaah boleh kan.. :)

    BalasHapus
  68. Harus telitik dalam memilih sesuatu ya gan.... :)

    BalasHapus
  69. sukses terus ea, infonya sangat kerennn...

    BalasHapus
  70. Terimakasih atas sajian informasi nya semoga bermanfaat, dan kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " Good Job



    BalasHapus
  71. Ggkgkgkgkk... ngawur oi.. baca donk artikle nya baca broh...

    BalasHapus
  72. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat " salam Sehat " Good Job


    BalasHapus
  73. informasi yang sangat bermanfaat..
    semoga semakin sukses

    BalasHapus
  74. luar biasa sekali infonya sangat bagus..
    sangat bermanfaat semoga sukses

    BalasHapus
  75. terimakasih infonya sangat bermanfaat semoga semakin sukses

    BalasHapus
  76. makasih infonya saya tunggu info selanjutnya

    BalasHapus
  77. makasih banyak atas infonya sangat menkjubkan..

    BalasHapus
  78. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, semog auntuk kedepan nya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " good Job




    BalasHapus
  79. terimakasih atas informasinya, selamat menjelang siang aja bagi yang kebetulan baca ini artikel. :)

    BalasHapus
  80. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, " salam sehat "



    BalasHapus
  81. terimakasih banyak atas informasinya
    sagat bermanfaat sekali
    saya tunggu informasi selanjutnya
    semoga sukses

    BalasHapus
  82. kunjungan siang blog nya sangat bermanfaat dan menamabah wawasan saya makasih

    BalasHapus
  83. Saya ikut nyimak info yang ini, saya setuju dengan info ini karena dapat memberi informasi dan pengetahuan bagi pembaca, terimakasih telah berbagi informasi.

    BalasHapus
  84. nice post :)
    http://www.bank-indo.com/

    BalasHapus
  85. ane baru tau hal2 kek gini, nice gan infonya :D

    BalasHapus
  86. Informasinya sangat bagus dan bermanfaat. memberikan pengetahuan baru.

    BalasHapus
  87. Semga informasinya bisa bermanfaat ya gan. . terimakasih

    BalasHapus
  88. nitip ya admin, semoga ente tambah banyak blog nya aamiin

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top