03 Desember 2013
241 comments

Penanganan Dokumen Ekspor oleh Bank Devisa

Selasa, Desember 03, 2013
Konsultasi Ekspor/ Impor
Oleh: Saul Daniel Rumeser
Pengamat Ekspor Impor

Tanya:
Perusahaan kami adalah perusahaan yang termasuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Walaupun demikian, kami telah mempunyai buyer tetap di luar negeri. Selama ini pembayaran atas transaksi ekspor yang kami lakukan adalah sebagian dengan TT dan sebagian lainnya dengan sight L/C yang diterbitkan oleh buyer kami melalui banknya di luar negeri. Sedangkan yang pembayarannya menggunakan L/C biasanya kami salurkan pengiriman dokumen dan penagihan pembayarannya melalui Bank A dan Bank B di Jakarta.

Pelayanan kedua bank tersebut untuk transaksi ekspor impor kami berbeda satu dengan yang lain. Kalau pada Bank A, begitu dokumen ekspor kami serahkan dan setelah diperiksa dokumen tersebut sesuai dengan syarat L/C, maka rekening pinjaman kami langsung dikredit sejumlah nilai dokumen setelah dipotong dengan biaya bank.

Sedangkan pada Bank B, dokumen ekspor yang kami serahkan dikirimkan terlebih dahulu ke bank penerbit L/C di luar negeri, dan bila Bank B telah menerima pembayaran dari bank penerbit L/C di luar negeri barulah rekening kami dikredit. Sehingga kami terpaksa harus menunggu beberapa hari sebelum dapat menerima pembayaran hasil ekspor kami tersebut.

Kami tidak dapat memindahkan transaksi dari Bank B ke Bank A mengingat L/C-nya kami terima dari bank luar negeri melalui Bank B, sehingga mau tak mau transaksinya harus disalurkan melalui Bank B itu juga.

Sulianto Chandra, Jakarta

Jawab:
Penyelesaian perhitungan dan pembayaran bank atas dokumen ekspor atas dasar L/C sight pada prinsipnya dilakukan dengan dua cara, yaitu: pertama, menegosiasi atau mengambil alih (membeli) dokumen ekspor yaitu dengan membayar atas unjuk kepada eksportir (beneficiary) sebelum diterimanya pembayaran dari bank penerbit di luar negeri.

Kedua, dengan menagih terlebih dahulu kepada bank penerbit L/C dan setelah mendapat pembayaran dari bank penerbit L/C tersebut barulah membayar kepada eksportir.

Bagi eksportir, akan lebih menguntungkan bila dipergunakan cara pertama karena pembayaran diperoleh segera setelah dokumen ekspor diserahkan kepada bank. Sedangkan pada cara kedua, pembayaran baru akan diterima oleh eksportir setelah bank menerima pembayaran dari bank penerbit L/C di luar negeri.

Tetapi bagi bank, cara pertama lebih memiliki risiko karena terjadi tenggang waktu antara pembayaran kepada eksportir sampai dengan diterimanya pembayaran dari bank penerbit L/C di luar negeri.

Belum lagi bila terjadi keterlambatan pembayaran dari bank penerbit L/C di luar negeri atau bahkan penolakan pembayaran karena discrepancy (penyimpangan) pada dokumen ekspor atau sebab lainnya (bangkrut, likuidasi, dsb). Untuk cara yang kedua ini bank akan menetapkan suatu credit line sebagaimana lazimnya suatu fasilitas pembiayaan bank kepada nasabahnya.

Untuk kasus Anda, tampaknya Bank A melakukan cara pertama dan telah diberikan suatu credit line kepada Anda, bahkan Anda menikmati fasilitas pembiayaan karena disebut “rekening pinjaman” (kredit). Selanjutnya, pada Bank B yang menempuh cara kedua dapat Anda mintakan penetapan credit line tertentu berdasarkan kebutuhan Anda dan realisasi ekspor sebelumnya.

Biasanya bank akan dapat mengakomodasi kebutuhan Anda, apalagi bila dilihat aktivitas transaksi ekspor Anda yang disalurkan melalui bank itu. Kalau Bank B tetap menolak permohonan Anda, maka coba cermati syarat L/C yang disalurkan melalui Bank B tersebut, apakah restricted pada Bank B atau unrestricted (freely negotiable). Bila L/C itu restricted pada Bank B, mintakan kepada buyer Anda di luar negeri untuk mengubahnya menjadi unrestricted, sehingga walaupun L/C itu diterima melalui Bank B tapi Anda dapat menegosiasikannya pada Bank A.

Atau Anda dapat juga memintakan kepada buyer di luar negeri untuk menyalurkan L/C ekspornya melalui Bank A, tentunya dengan menginformasikan permasalahan Anda kepada Bank A.

Hal lain yang juga perlu mendapat perhatian Anda bahwa biaya bank untuk penagihan dokumen ekspor dengan cara kedua (sering disebut dengan settlement on collection basis) seyogyanya tidak akan semahal cara pertama, mengingat Bank B yang melakukan hal itu tidak menghadapi risiko dan tidak perlu dana untuk menalangi pembayaran terlebih dahulu kepada Anda karena pembayaran baru dilaksanakan setelah bank tersebut menerima pembayaran dari bank penerbit L/C di luar negeri.


Sumber:
Bisnis Indonesia, 11 Mei 2003

241 comments:

  1. Balasan
    1. Banyak Banget Ternyata Bank Yang Ada di Indonesia

      Hapus
    2. setuju, karena bisnis perbankan sekarang sudah menjamur

      Hapus
  2. Makasih Gan Bemanfaat Bnget Infonya....!!

    BalasHapus
  3. Informasi yang sangat manrik dan teirma kasih atas informasi yang sudah disampaikan salam sukses selalu aja gan !

    BalasHapus
  4. terimakasih banyak atas info nya
    luar biasa ternyata sangat bermanfaat
    dan juga sangatmenarik sekali...
    semoga sukses

    BalasHapus
  5. Selamat pagi ! Semoga aktivitas kita dipagi ini lancar sampai beres, dan semoga hari ini lebih baik daripada hari yang lalu. Mudah-mudahan hari-hari kita kedepannya semakin baik lagi semakin baik lagi dan semaaakin baik lagi ... sukses pokoknya ! :D Berikan yang terbaik untuk pembaca yah mas , semoga postingannya menjadi suatu inspirasi juga informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Posting terus, ditunggu postingan selanjutnya. Salam semangat dari yang paling semangaat !! :)

    BalasHapus
  6. Blognya menarik gan dan banyak memberkan informasi dan motipasi untuk saya simak.

    BalasHapus
  7. Bismillahhirahmanirahhim..
    Terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini,saya sebagai pembaca merasa kagum dengan artikel ini. informasi yang disajikn sangat bagus dan sayang sekali jika di lewatkan begitu saja. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih.
    Selamat siang dan selamat beraktifitas.
    God Job :)

    BalasHapus
  8. informasinya menarik sekali, Terimakasih Gan....

    BalasHapus
  9. sebuah artikel yang menarik dan sangat bermanfaat. lanjutkan terus gan sebuah kreatifmu.. saya tunggu...

    BalasHapus
  10. Selamat pagi !! semoga aktivitas kita di pagi hari yang cerah ini lancar tanpa ada hambatan, dan semoga hari ini lebih baik dari hari-hari yang lalu, juga kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi dan semakin baik lagii.. Buat mas yang punya blog ini, semoga makin lancar dan makin sukses ya,, Terus lanjutkan perjuangan, agar bisa menjadi orang yang berguna untuk sesama agar bisa saling berbagi. Posting terus, saya tunggu postingan selanjutnya yang pastinya isinya itu harus lebih menarik, bermanfaat itu harus dan pokoknya, apalagi berupa informasi sangat saya tunggu. Terimakasih dan salam semangat dari yang paling semangaaaaaat !! :)

    BalasHapus
  11. sip,,terima kasih atas informasi nya yang sngat bermanfat pak..:)

    BalasHapus
  12. Selamat siang para pembaca semuanya, semoga anda selalu dalam keadaan sehat walafiat. Selanjutnya saya ucapkan terimakasih atas informasi yang sangat bermjanffat ini. Semoga artikel ini dapat memotivasi para blogger blogger pemula untuk memberikan informasi yang tidak hanya sekedar spam saja tanpa ada maknanya. sukses selalu gan untuk anda.
    Selamat siang dan selamat beraktrivitas, semoga hari ini anda selalu bahagia dan sejahtera. Amin

    BalasHapus
  13. mantap brow lanjutjan infonya sangat bermanffat
    visit balik ya gan
    http://thazbhy.blogspot.com/
    http://technogamecyber.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. New Web Auto Follower, dijamin tambah banyak follower mu kunjungin > http://goo.gl/v8P91d, atau cara mudah untuk mendapatkan follower, klik > http://voiceforsgppl.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. kelihatanya kaya ribet banget tuhh

    BalasHapus
  16. apa kabar hari ini ?? mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat lahir maupun batin. amiiin . Ikut menyimak apa yg disampaikan. Terus berkarya, lanjutkan perjuangan. Saya tunggu selalu postingan selanjutnya yang lebih bagus dari ini. Terimakasih. senyum semangaaat !! :D

    BalasHapus
  17. Terima kasih Pak, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi tentang Penanganan Dokumen Ekspor oleh Bank Devisa. ini sungguh sangat membantu saya untuk memecahkan masalah yang sedang saya hadapi. mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru. mungkin anda juga membutuhkan infomasi dari saya Jasa Konveksi Baju

    BalasHapus
  18. Informasi ini telah menarik saya untuk membaca dan menyimaknya, terimaksih bermanfaat. saya tungu terus informasi selanjutnya yang lebh bagus. semangaat !!!

    BalasHapus
  19. Terimakasih atas informasi yang tak henti-hentinya anda berikan, Semoga informasi yang anda berikan ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca yang ada dan menjadi nilai tambah amal baik anda. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak.
    Salam semangat, semoga sukses selalu

    BalasHapus

  20. Informasinya sangat keren....

    BalasHapus
  21. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat, , semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat "

    BalasHapus
  22. infonya bermanfaat gan, buat mulai kalau mau export keluar

    BalasHapus
  23. salam kenal gan, sukses buat usahanya

    BalasHapus
  24. nah ini blog yang bermanfaat, bookmarked dulu

    BalasHapus
  25. salam kenal gan ditunggu kunjungan balik

    BalasHapus
  26. Terimakasih atas sajikan informasi nya sangat bermanfaat, semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat "

    BalasHapus
  27. Apa yang disamapikan sangat lah bermanfaat karna berisi informasi. posting terus yaah.. saya tunggu informasi selanjutnya.

    BalasHapus
  28. bermanfaat sekali gan informasinya

    BalasHapus
  29. ajib ajib nih,,, informasinya sangat menarik sekali sob

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum wr.wb
    selamat siang para pembaca dan khususnya empunya artikel ini,semoga kita semua selalu berada dalam lindungan dan rahmat tuhan sang maha pencupta.
    Saya ucapkan terimakasih banyak untuk informasi yang anda sajikan ini, informasiny asnagat bagus,aktual,tajam dan terpercaya. saya tunggu informasi-informasi yang lain yang tidak kalah menarik lagi. Semoga Sukses selalu gan
    GOD JOB

    BalasHapus
  31. Hai, Selamat siang ! semoga hari ini menyenangkan yah.. disini saya tidak mau berkomentar apa-apa juga tidak akan berpendapat apa-apa. Saya hanya ikut menyimak saja dari isi yang disampaikan, dari sisi baik nya ya saya ambil. Posting terus, ditunggu postingan selanjutnya. Terimakasih :)

    BalasHapus
  32. mau tanya, tapi yang mau ditanyainnya apa?.. ikut nyimak aja deh,, terimakasih atas informasinya bermanfaat . ditunggu yah informasi selanjutnya. sukses semangat !!

    BalasHapus
  33. Apa yang disamapikan diblog ini sangat bermanfaat karna berisi informasi yang bagus.

    BalasHapus
  34. Selamat Pagi ! Apa kabar hari ini ?? Mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat amin. dan jika kurang sehat pun, mudah-mudahan aktivitasnya tetap berjalan dengan lancar seperti biasanya tidak ada halangan. Ayo,, bankit !! tetap lanjutkan perjuangan. :D semangat semangat semangaaat... haha .

    Maaf mas ikut nyimak aja, semoga blognya makin bagus dan tetap banyak yang mengunjunginya. Posting terus yah, saya tunggu postingan selanjutnya.. :) Sukses buat mas yang punya blog ini.

    BalasHapus
  35. Informasi yang anda sajikan kepada kami sangat memberikan motifasi dan dangat menambah wawasan

    BalasHapus
  36. setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  37. ini akan bermanfaat ketika kita akan menggunakannya,,thanks ya pak,,

    BalasHapus
  38. Asyiik nambah ilmu lagi, terima kasih gan.. keep sharing

    BalasHapus
  39. Selamat pagi menjelang siang, terimakasih untuk informasi yang anda berikan ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua pembaca khususnya saya sendiri. saya kagum dengan agan, bisa menyajikan informasi sebagus ini.
    Saya tunggu informasi berikutnya
    sekali lagi terimakasih

    BalasHapus
  40. Informasinya menarik, Terimkasih Gan......

    BalasHapus
  41. Selamat pagi menjelang siang, terimakasih untuk informasi yang anda berikan ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua pembaca khususnya saya sendiri. saya kagum dengan agan, bisa menyajikan informasi sebagus ini.
    Saya tunggu informasi berikutnya
    sekali lagi terimakasih

    BalasHapus
  42. terimakasih banyak sekali informasinya , sangat bermanfaat sekali untuk saya.

    BalasHapus

  43. ikutan nyimak informasinya gan, blog nya keren :)

    BalasHapus
  44. Waaaah artikel yang sangat menarik..!
    salam kenal dan semoga sukses selalu. . .

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum wr.wb
    selamat siang para pembaca dan khususnya empunya artikel ini,semoga kita semua selalu berada dalam lindungan dan rahmat tuhan sang maha pencupta.
    Saya ucapkan terimakasih banyak untuk informasi yang anda sajikan ini, informasiny asnagat bagus,aktual,tajam dan terpercaya. saya tunggu informasi-informasi yang lain yang tidak kalah menarik lagi. Semoga Sukses selalu gan

    BalasHapus
  46. Informasi yang anda sajikan kepada kami sangat memberikan motifasi dan dangat menambah wawasan

    BalasHapus
  47. Ilmu baru buat saya....Thanks infonya...

    BalasHapus
  48. Selamat pagi, salam semangat
    terimakasih untuk informasi yang anda berikan ini, informasi ini sangat bermanfaat unutk semua pembaca khususnya untuk saya sendiri.. sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak. Sayan tunggu lagi informasi yang bagus lainnya.

    BalasHapus
  49. wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

    BalasHapus
  50. belog di atas sangat memberikan informasi yang sangat luar biasa. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  51. terimakasih buat beritanya pak admin , jadi nambah pengetahuaan deh ..:)

    BalasHapus
  52. Makasih banyak untuk wawasannya kak,ini benar” yahuuud sekali informasinya..
    salut… !

    BalasHapus
  53. Di dalam artikel ini banyak wawasan yang bermanfaat sekali..
    pokoknya saluuuuttt deh kak..

    BalasHapus
  54. terimakasih gan sharenya, jadi nambah wawasan nih :)

    BalasHapus
  55. Terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini, artikel yang anda buat ini sangat bagus sekali, tidak saja isinya yang rapih namun isinya juga memuat informasi yang sangat bagus untuk menambah wawasan semua pembaca.
    Selamat sore :)

    BalasHapus
  56. informasi yang di tampilkan sangatlah luaarr biasssa sekali,semoga berguna bagi publik,amin…

    BalasHapus
  57. Terimakasih atas informasinya, salam kenal semoga sukses dan jangan lupa kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  58. jujur ane rada gak paham masalah ekonomi ginian sob, tapi artikel ini sangat bermanfaat sekali bagi mereka yang bergerak di bidang finansial khususnya bank

    BalasHapus
  59. Selamat pagi !

    Apakabarnya hari ini ? Mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat walafiat, amin. Nah, Walaupun cuaca hari ini agak mendung, dan bukan mendung lagi sebenarnya,, tapi udah hujan. :D Semoga tidak menggangu aktivitas kita pada hari ini. syukuri ajah apa yang ada sekarang ini dan tapi kita juga harus terus berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik lagi . Pokoknya semakin kedepan itu semakin baik lagii,, amiiin.

    Terimakasih mas sudah mau berbagi dengan kami (para pembaca). Terus posting, lanjutkan semangatnya. saya selalu menunggu postingan berikutnya yang lebih bagus dari postingan kali ini. salam Sukses yah mas ! :)

    BalasHapus
  60. Selamat pagi, terimakasih untuk infiormasi yang sangat bagus ini, informasi ini sangat bagus dan sayang sekali jika tidak dibaca. Bahasa yang di gunakan sangat baik dan lugas,tidak berbelit belit,rapih. Pokoknya ane acungin jempol buat postingan yang ini. Ditunggu lagi ya postingan yang tidak kalah menarik lainnya.
    Sukses selalu buat agan

    BalasHapus
  61. salam kenal gan, terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  62. Membaca informasi artikel ini memang mudah, tapi membuat informasi artikel tidak mudah pasti butuh proses, saya sangat salut pada anda yang udah ngeshare inormasi ini buat di baca oleh semua orang" semoga maju terus dan tak pernah bosan geshare infonya !!

    BalasHapus
  63. trimakasih banyak atas informasinya semoga bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  64. thak's di tunggu info selanjutnya sob,

    BalasHapus
  65. iya gan trimakasih banyak atas informasinya

    BalasHapus
  66. nice info...jadi bisa nambah pengetahuan

    PSC Indonesia | Jasa Pembuatan Website Murah Jogja
    Telp. 0815 797 4549
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus
  67. mkasih infonya gan.saya tunggu artikel lain

    BalasHapus
  68. Terimakasih untuk informasi yang anda berikan ini, semoga bermanfaat untuk semua oembaca khususnya bagi saya sendiri yang jujur merasa kagum dengan artikel ini. kira-kira saya bisa gak ya belajar buat artikel sama pengelola blog ini. Gimana sih caranya supaya blog kita jadi blog do follow. Bagus banget deh gan postingannya. I LIKE IT :)
    Sekali lagi terimakasih atas penyampaian infromasi ini

    BalasHapus
  69. Selamat pagi kepada semua pembaca dan penulis khususnya. Saya tidak akan berkomentar banyak karena tidak ada yang perlu di komentari untuk artikel ini. apa yang mau di komentari coba? Artikel ini sangat bagus,bermanfaat dan penulisannya juga rapih,bahasa yang di gunakan juga mudah dimengerti. Ane do'ain deh sukses terus gan buat ente. 1000 jempol biat artikel agan yang satu ini

    BalasHapus
  70. selamat pagi, semoga aktivitasnya berjalan dengan lancar. Dan semoga hari-hari kita menjadi lebih baik dan semakin baik lagi.amiin Ditunggu terus postingan selanjutnya. Salam semangat yang paling semangat !!!

    BalasHapus
  71. Menurut apa yang saya baca didalam postingan ini, isinya bagus dan mudah-mudahan postingan kedepannya lebih bertambah bagus lagi. Berikan yang terbaik gan untuk pembaca mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

    BalasHapus
  72. terimakasih gan sudah posting yang sebagus dan menarik ini dan saya sangat senang membaca nya :)

    BalasHapus
  73. makasih infonya pak.semoga bermanfaat pak.

    BalasHapus
  74. Wah, bagus nih artikelnya sangat membantu sekali

    BalasHapus
  75. Bisillahirahmaanirahiim..
    Selamat pagi semua pembaca artikel ini,s emoga kita semua selalu ada dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani. Amin ya robbal alamin..
    Saya ucapkan terimakasih banyak kepada pemilik artikel ini yang sudah bersedia memberikan informasi sebagus dan sebaik ini,semoga informais ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca dari berbagai kalangan, baik itu muda maupun tua.
    Mohon maaf jika komentar saya ini terlalu panjang lebar. Harapan saya semoga komentar ini bisa menambah motivasi bagi penulis artikel ini
    Selamat beraktifitas
    Nice Monday :)

    BalasHapus
  76. Semoga para pembaca artikel ini mendapatkan manfaat dan informasi yang luar bisa termasuk saya terimasih informasinya yang memuaskan..

    BalasHapus
  77. Mantap kawan,, terima kasih banyak atas informasinya

    BalasHapus
  78. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    BalasHapus
  79. Ditunggu postingan selanjutnya,,, salam sapa sopan santun senyum semangat sukses yakin yakin yakin yakin yakin yakin yakin :D

    BalasHapus
  80. mau tanya, tapi yang mau ditanyainnya apa?.. ikut nyimak aja deh,, terimakasih atas informasinya bermanfaat, di tunggu informasi yang lebih menariknya lagi yah gan ..

    BalasHapus
  81. kebanyakan orang itu hanya numpang berkomentar saja tanpa membaca postingannya.. padahal jika di baca dan di simak baik-baik artikel ini sangat bagus dan sayang sekali jika hanya di komentari tanpa di baca.

    BalasHapus
  82. nie masalah perbankan ea..
    mangking pusing bacanya..
    soal na gx da dasar disini sich..
    tpi thanks bacaan anya.
    biasa jadi bahan refensi lah

    BalasHapus
  83. Selamat pagi, salam semangat
    Terimakasih untuk informasi yang anda berikan ini, semoga bermanfaat. Saya tunggu artikel-artikel lain yang tidak kalah bagusnya dari artikel ini.
    Sukses selalu unutk anda.

    BalasHapus
  84. info yang bermanfaat dapat menambah pengetahuan dan wawasan. terimaksih untuk infonya

    BalasHapus
  85. "Salam Sehat" apa yang anda pikirkan tentang artikel ini ?? Menurut saya artikel ini bermanfaat ketika kita benar-benar membacanya dan lansung di terapkan dalam kehidupan. ok siapapun yang udah share informasi ini saya sangat berterimakasih. lanjutkan membuat artikel baru dan sharekan kembali..

    BalasHapus
  86. Terimakasih atas sajian informasinya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  87. terima kasih banyak karena sudah bersedia berbagi informasi yang sangat menarik.

    BalasHapus
  88. Terima kasih sudah berbagi info yang sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  89. Menarik sekali..
    Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
    salam sehat..

    BalasHapus
  90. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya, terima kasih gan atas informasi yang telah disampaikan

    BalasHapus
  91. Artikel yang menarik gan,,,
    hehhehehe

    BalasHapus
  92. Mantap untuk penjelasan pengurusan administrasi bank untuk keperluan eksport

    BalasHapus
  93. Makasih untuk informasi ini ya bos..

    BalasHapus
  94. Waaahhhhhh artikelnya bagus bangeeettt.. makasih oom atau tante yang udah ngasih infromasi yang bagus ini. aku bisa gak belajar buat bikin artikel sebagus dan serapih ini sama oom/tante ? ajarin akuu yaahhh
    Pleasseeeeee

    BalasHapus
  95. ikut baca gan untuk informasinya, terima kasih gan

    BalasHapus
  96. Komentar aku hari ini,,, gak muluk-muluk... aku cuma mau bilang kalau postingannya itu bagus, dan aku haarap kedepannya semoga bisa posting lebih bagus dan lebih abik lagi dari pada postigan yang ini. ok sudah cukup, ditunggu postingan berikutnya yang lebih bagus. sukses buat mas nya dan terimakasih ! :)

    BalasHapus
  97. banyak banget kelebihan serta kekeuranganya

    BalasHapus
  98. berakit rakit dahulu bersenang senang kemudian .

    BalasHapus
  99. manfaat banget nih infonya , makasih banyak yah udah share ...

    BalasHapus
  100. Agak sedikit ribet kayaknya ngurusu surat izin ekspor

    BalasHapus
  101. terimakasih telah berbagi, informasi yang telah anda berikan sangat bermanfaat dan berguna bagi kita semuanya .....

    BalasHapus
  102. ikut menyimak di postingan agan yang sangat menarik ini dan salam sehat untuk semua nya :)

    BalasHapus
  103. thanks cara penaganan dokumen ekspor oleh bank,...

    BalasHapus
  104. cara penaganan dokumen ekspor oleh bank bermanfaat,...

    BalasHapus
  105. makasih artikel cara penaganan dokumen ekspor oleh bank,...

    BalasHapus
  106. thanks cara penaganan dokumen ekspornya

    BalasHapus
  107. thanks cara penaganannya bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  108. artikel cara penaganan dokumen ekspor oleh bank bermanfaat dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  109. makasih informasi artikelnya

    BalasHapus
  110. sukses terus ea, infonya sangat kerennn...

    BalasHapus
  111. Saya juga setuju dengan yang ini.. Salam sukses ya boss..

    BalasHapus
  112. artikel agan sungguh sangat menarik sekali dan menambah pengetahuan baru.

    BalasHapus
  113. salam sehat dan sukses selalu dan semoga postingan yang agan berikan bermanfaat bagi kita semuanya ....

    BalasHapus
  114. terimakasih buat informasi yang menarik ini ... salam kenal aja yah gan

    BalasHapus
  115. Dari atas sampai bawah dan sampai selesai membaca saya tertarik dengan informasi ini sangat luar biasa isinya yang menarik tidak bosan di di baca sangat jitu bermanfaat.. thanks buat share infonya.. di tunggu informasi lebih kreaktif lanya lagi.. Salam sehat !!

    BalasHapus
  116. bicara soal dokumen memang sangat perlu dirahasiakan keberadaannya.
    harus ditanggani oleh orang yang dapat dipercaya

    BalasHapus
  117. kalau masalah dokumen ekspor saya kurang sedikit mengerti....
    maaf sobat...kujungan balik ya

    BalasHapus
  118. Jelly Gamat Gold-G adalah ramuan obat tradisional yang terbuat dari ekstrak teripang emas atau gamat gold spesies golden stichopus variegerus yang merupakan satu- satunya spesies terbaik yang memiliki kandungan gamapeptide ( tidak dimiliki spesies teripang lain). dimana kanndungan gamapeptide tersebut bermanfaat untuk mencegah inflamasi, mengurangi rasa sakit, 3x lebih cepat dalam menyembuhkan luka, mengaktifkan sel-sel otak, membuat kulit lebih muda dan meningkatkan kecantikan, menstabilkan emosi dan memelihara sirkulasi darah.

    BalasHapus
  119. Info Nya Bagus Banget..

    Salam Kenal Jabat Tangan Dari Kami.

    blog KAmi lg Blogwalking Obat Pembesar Penis

    Dan Kalo Ada Yang Mau Cari Pembesar Penis Dan Obat Perangsang Atau Pun Obat Kuat Blog Kami Menyediakannya jika berkenan berkunjung ya.. makacih

    BalasHapus
  120. Hai, Selamat siang !!
    Apakabar hari ini ?? Mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat, dan mudah-mudahan yang sakit, cepat diberikan kesembuhan. supaya bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya, badan sehat, pekerjaan pun bisa brjalan dengan lancar dan menyenangkan. amiin,,, Semangat are you Ok !! :D Buat agan yang punya blog ini salam kenal dari aku, semoga agan selalu diberikan kesehatan lahir dan batin, lanjutkan postignan, dan berikan yang terbaik untuk pembayanya. Buat aku isi postingan yang bagus dan berisi informasi itu sangat bermanfaat. Terimakasih :)

    BalasHapus
  121. Inrormasi yang bagus dan menarik itu tidak mudah untuk di buat dan menurut saya ini informasi yang bagus buat di baca agar pengetahuan umum hususnya untuk para pembaca dapat bertambah-dan semakin bertambah,, ok terimakasih banyak artikelnya good job :)

    BalasHapus
  122. Selamat sore,,
    terimakasih untuk infromasi yang sangat berharga ini, semoga dengan adannya artikel ini bisa membatu dan memotivasi semua pembaca. saya tunggu artikel-artikel yang lainnya.

    BalasHapus
  123. Duh.. ane belum pernah berangkat pake ekspor ekspor gan.. :D

    BalasHapus
  124. Duh baru tahu nih.. tapi tetep aja ga ngerti apa sih DEVISA itu ??

    BalasHapus
  125. ane taunya penanganan dokumen KTP aja gan ixixixix...
    thx dah.. buat info nya..

    BalasHapus
  126. Terimakasih..
    Infonya Sangat Bermanfaat,
    Semoga Sukses Selalu...

    BalasHapus
  127. Trimakasih gan infonya.
    semoga sukses selalu

    BalasHapus
  128. saya ucapkan terimakasih atas bantuannya, terbantu sekali masalah ekspor ini

    BalasHapus
  129. sangat dipaparkan dengan jelas sehingga menambah pengetauan saya terimakasih

    BalasHapus
  130. ikut nyimak gan. Posting terus yang lebih bagus. Salam semangat !! :)

    BalasHapus
  131. Selamat siang saya sampaikan, apa kabar semuanya,.. Terima kasih ya atas informasinya ini sangat bermanfaat bagi saya dan bagi pembaca lain.

    BalasHapus
  132. Ikut nyimak artikelnya gan, :)

    BalasHapus
  133. makasih infonya , blog walking nih gan ..
    salam kenal ya ..

    BalasHapus
  134. selamat sore gan ikutan nyimak artikelnya ya, salam bloger aje :)

    BalasHapus
  135. Share artikelnya menarik, sangat bagus di publickasikan buat pengetahun para pembaca lebih maju dan semakin maju termasuk saya, ok lanjutkan terus postingannya biar tambah semangat terus baca artikelnya.

    BalasHapus
  136. informasi yang sangat bermanfaat..
    semoga semakin sukses

    BalasHapus
  137. Artikelnya bagus dan mantap..
    Semoga bermanfaat..
    Sukses ya..

    BalasHapus
  138. luar biasa sekali infonya sangat bagus..
    sangat bermanfaat semoga sukses

    BalasHapus
  139. terimakasih infonya sangat bermanfaat semoga semakin sukses

    BalasHapus
  140. makasih infonya saya tunggu info selanjutnya

    BalasHapus
  141. makasih banyak atas infonya sangat menkjubkan..

    BalasHapus
  142. Saya mau baca informasi ini karena isi bacaanya menarik membuat saya makin penasaran dan menambah pengetahuan baru saya. ok sukses selalu buat kita semua.

    BalasHapus
  143. lanjutkan terus gan sebuah kreatifmu..

    BalasHapus
  144. makasih infonya saya tunggu info selanjutnya

    BalasHapus
  145. Di tahun baru ini saya seneng masih bisa baca artikel yang bagus dan menarik menurut saya. ok semoga besok-besok postingannya lebih memberikan artikel lebih berkesan.

    BalasHapus
  146. Makasih banyak buat infonya...
    sangat bermanfaat sekali... http://goo.gl/gpxq06

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top