23 April 2013
313 comments

Amalan Penolak Bala

Selasa, April 23, 2013

Hidup ini tidak seindah yang dibayangkan. Banyak hal yang tidak terduga menghampiri hidup kita. Kepahitan dan kegetiran adalah warna yang memoles lembar kehidupan manusia. Meski sesungguhnya bagi orang yang beriman, dunia ini adalah surga tak berperi dengan kenikmatan dan keelokannya yang tidak bertepi.


Untuk kita yang saat ini sedang dalam kubangan musibah, ada baiknya kita mencoba menyisir jalan kebaikan berikut ini. Atau, kita yang sedang dihantui kegagalan, inilah amalan yang menghibur untuk menolak berbagai kemungkinan bala.

Pertama, melazimkan doa. Orang yang terbiasa dengan berdoa akan mengalir sebuah kekuatan yang mampu menjadikan dirinya tegar. Bahkan, doa adalah sebuah proteksi ampuh yang menstabilkan kondisi hati dengan berbagai macam keadaannya. Disebut oleh Nabi Muhammad SAW, “Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali doa." (HR Ahmad). Bahkan, ada doa yang langsung dari Allah SWT untuk menuntun kita terhindar dari berbagai ujian, musibah, dan bala. "Duhai Allah jangan sekali-kali Engkau uji kami di luar batas kemampuan kami." (QS Al-Baqarah: 286)

Kedua, kesungguhan takwa. Banyak disebut oleh berbagai ayat bahwa kesungguhan dan keseriusan dalam ketakwaan mengantarkan ketangguhan spiritual dalam menyelesaikan setiap kesulitan hidup. Ini artinya semangat takwa menghindarkan sebuah peristiwa buruk dalam hidup manusia. "Siapa yang bertakwa maka Allah jadikan baginya jalan kaluar. Dan Allah karuniakan rezeki dari arah tak terduga. Siapa yang menyerahkan urusannya kepada Allah maka akan dicukupkan (nikmat dan kebutuhannya)" (QS Al-Thalaq: 2-3)

Ketiga, ridha orang tua. Setelah kita tegak dengan nilai-nilai Langit seperti disebut pada dua poin di atas, saatnya kita mengumpulkan energi dari bumi. Dan, kita perlu memulainya dari bilik kedua orang tua kita. Doa dan restu mereka yang pada urutannya mengantarkan kepada sejuta kebaikan, yang kita unduh tidak hanya di dunia, tapi juga di akhirat. Keramat terampuh di dunia ini tidak lain adalah doa dan restu orang tua. ”Ridha Allah ada pada ridha orang tua dan murka-Nya ada pada murka kedua orang tua,” Demikian sabda Nabi Muhammad SAW riwayat al-Hakim.

Keempat, sedekah. Keutamaan sedekah sudah banyak yang menyebutkan. Bahkan, secara jelas sebuah hadist mengisyaratkan, ”Sedekah itu benar-benar menolak bala” (HR Thabrani dari Abdullah Ibnu Mas’ud). Karena agama adalah amal, maka nikmat beragama akan terasa jika kita benar-benar mengamalkan. Untuk itu, saatnya kita membuktikan dengan amal nyata. Kita bersedekah pasti ada proteksi bala yang langsung didesain oleh Allah.

Kelima, istighfar. ”Kami tidak akan turunkan azab bencana selama mereka masih beristighfar” (QS Al-Anfal: 33). Berikutnya adalah silaturahim, dzikir, dan shalawat. Terkait dengan dzikir, disebut oleh Rasulullah Muhammad SAW bahwa petir menyambar siapa pun, tetapi tidak akan menyambar orang yang sedang berdzikir.

Last but not least, senantiasa berbuat baik. Kebaikan yang kita tebarkan di bumi adalah kebaikan untuk kita yang Allah curahkan dari langit.



Sumber:
Tausiyah Ust. M. Arifin Ilham
Majalah Yatim, Maret 2013


.

313 comments:

  1. alhmdullih saya mendapat ilmu dari bacaan artikel ini

    BalasHapus
  2. Bener bgt om tapi sayang bnyak orang yg inget ke allah pada waktu susah z, giliran senang mereka pada lupa

    BalasHapus
  3. ridlo orang tua memang mustajab apalagi di tambah dg 5 amalan tersebut akan menjadi sempurna.

    BalasHapus
  4. thank gan atas infonya, sngat pnting skali buat sya.

    BalasHapus
  5. info yang bagus nih gan,,
    http://goo.gl/TyU3p

    BalasHapus
  6. terima kasih atas infromasinya semoga ini semua menjadi salah satu catatan kebaikan untuk anda!!!

    salam kenal dan sukses selalu!!

    BalasHapus
  7. informasi pagi, menyejukan hati
    makasih gan...

    BalasHapus
  8. istiqomahkan sholat sunnah juga, untuk menambah ketaqwaan kita :D

    BalasHapus
  9. sangat bermanfaat, terima kasih...

    BalasHapus
  10. bener bang,,,lima hal itu jika dilakukan pasti akan membuat hari tenang sehingga terhindar dari bala..

    BalasHapus
  11. mau memulai pekerjaan bacalah Bismillah biar tenakng dalam bekerja,makasih infonya

    BalasHapus
  12. dengan cara beramal sholeh maka kita akan terhindar dari siksa api Neraka

    BalasHapus
  13. amalan kita yang ikhlas akan membaantu kita dalam melewati jembatan tempat penyebrangan menuju ke Neraka aatau ke Surga....!!!

    BalasHapus
  14. thnks atas pencerahanya mas

    BalasHapus
  15. subhanallah, alkhamsulillah dapet ilmu baru hari ini

    BalasHapus
  16. maaf salah ketik min..
    komen yang atas didelete aja..
    ganti dengan yg ini..^_^
    subhanallah, alkhamdulillah dapet ilmu baru hari ini...

    BalasHapus
  17. makasih banget yan gan infonya

    BalasHapus
  18. mantap,,,bener sekali kang,,,
    kalau semua itu penuh pasti hidup akan terasa nyaman

    BalasHapus
  19. postnya bagus sekali trims atas ilmunya yang bermanfaat....salam kenal aja.

    BalasHapus
  20. informatif, menyejukan hati
    makasih gan... :D

    BalasHapus
  21. mantap doa tolak balanya, terimakasih banyak ya sob, salam sukses selalu dan salam persahabatan dari saya!

    BalasHapus
  22. keren juga ni infonya,aku senang

    BalasHapus
  23. Subhanalloh, artikelnya membuat hati tenang. Dan memberi jalan keluar. Thanks

    BalasHapus
  24. amalan penolak bala kalo saya sih, berdoa kepada Allah, berusaha berbuat baik kepada sesama, dan menata niat kita untuk menjaga hubungan dengan sesama..

    BalasHapus
  25. info yang bagus nih gan,,
    http://goo.gl/rXi25

    BalasHapus
  26. keren tips nya sangat mengispirasi

    BalasHapus
  27. semoga saya bisa mengamalkan tipsnya..amin...

    BalasHapus
  28. bala adalah bagian dari hidup...nice info salam kenal

    BalasHapus
  29. kalau semua lengkap,,insyaAllah hidup terjaimn dunia akhirat....

    BalasHapus
  30. ya kita sebagai manusia tidak ada yang mampu kita kerjakan selain berdoa dan memohon kepada Sang Pencipta untuk kelangsungan hidup kita semua
    Terimaksih artikelnya gan

    BalasHapus
  31. subhanalloh nice info gan, terima kasih banget gan infonya gan,,,, ane jadi inget sama ortu saya nih, pengen minta ridho nya :(

    BalasHapus
  32. perbuatan yang di ridhoi alloh akan bisa menolak bala. aamiin

    BalasHapus
  33. sangat bermanfaat sekali informasinya. ridhonya orang tua itu juga ridonya allah. Unsur unsur yang sangat hebat sekali. Terimakasih atas infonya dan semoga tambah sukses.

    BalasHapus
  34. mantap doa tolak balanya, terimakasih banyak ya sob, salam sukses selalu dan salam persahabatan dari saya!

    BalasHapus
  35. Kadangkala beberapa orang sudah tahu mana itu yang baik dan yang buruk.
    tapi masih saja ada yang sengaja melanggar

    BalasHapus
  36. alhamdulilah dapat ilmu lagi

    BalasHapus
  37. Terimakasih atas infonya,sangat bermanfaat sekali dan semoga menjadi amal baik bagi anda dan orang lain
    Sukses selalu ..............

    BalasHapus
  38. sippp betul banget tuh,, makasih udah share sngat berguna untuk saya khsusnya.

    BalasHapus
  39. makasih banyak Gan artikelnya,,, Nice :)

    BalasHapus
  40. ternyata tidak sulit juga yaaa amalan ang harus kita perbuat... terimakasih banyak. :)

    BalasHapus
  41. Aammiinnn semoga apa yang saya baca ini dpat saya amalkan..hehee

    BalasHapus
  42. ga usah dihapalkan, yang penting berbuat baik aja setiap saat........

    BalasHapus
  43. masih banyak yang saya belum lakukan berdasarkan post diatas mas,terima kasih atas pencerahannya...

    BalasHapus
  44. I am really appreciate this wonderful post that you have provided for us. I assure this would be beneficial for most of the people.

    BalasHapus
  45. CDW Blog Kumpulan Tips Trik Informasi Dan Humor

    Terbaru

    Cara Tes Kemampuan Komputer

    Video Kocak Arya Wiguna vs Eyang Subur
    Cara Mengetahui Password FB Teman

    Teknologi Terbaru PlayStation 4

    Camera CCTV Di Google

    HOT
    Gam Dread Out Buatan Indonesia Laris Di Luar Negri
    Download Game Dread Out Indonesia Gratis

    Tersedia Slot Iklan
    http://christiandwiwijaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  46. terimakasih atas informasi dan saranya,,

    BalasHapus
  47. Sangat memberi masukan kepada saya mas, terimakasih atas tulisannya bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  48. doa tolak balak gitu maksunya,makasih infonya

    BalasHapus
  49. Terimakasih atas infonya,sangat bermanfaat sekali dan semoga menjadi amal baik bagi anda dan orang lain
    Sukses selalu ..............



    BalasHapus
  50. berguna banget bangat nih baca blognya kang edwin.. selamt siang Kang..heheee

    BalasHapus
  51. semoga bisa saya amalkan,,, thank's gan

    BalasHapus
  52. Info yang sangat mencerahkan saya gan..

    BalasHapus
  53. Artikel yang berkualitas. Bisa memberikan pencerahan bagi saya.

    BalasHapus
  54. Intinya adalah selalu mendekatkan diri dengan Tuhan

    BalasHapus
  55. orang solat itu bisa menenangkan pikiran dan berpikir positif pada orang lain ,makasih infonya

    BalasHapus
  56. terimakasih bnyak gan untuk informasinya..

    BalasHapus
  57. artikelnya sangat bermanfaat bnget niihh gan..mksh bnyak yaa gan..

    BalasHapus
  58. siiippp daahh mksh bnyak yaa gan..

    BalasHapus
  59. setuju sekali dengan artikelnya gan..

    BalasHapus
  60. artikel yg sangat menginsfirasi sekali gan..

    BalasHapus
  61. postingan yang sangat bermanfaat sekli..

    BalasHapus
  62. Terimakasih artikelnya menarik bikin nambah ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  63. amal jariyah itu walaupun orangnya sudah meninggal tapi pahalanya mengalir terus sampai hari kiamat, dan yang menolong orang suka beramal jariyah...!!!!

    BalasHapus
  64. hanya amal ibadah kita yang akan menolong kita di hari kiamat nanti...???

    BalasHapus
  65. patut dicoba :D
    http://imamzone.blogspot.com

    BalasHapus
  66. terima kasih banyak sudah mau share.
    Artikel yang luar biasa dan, sangat bermanfaat. makasih infonya
    di tunggu artikel berikutnya.

    BalasHapus
  67. penolak balak yang manjur adalah sedekah

    BalasHapus
  68. ok sangat...
    salam kenal

    BalasHapus
  69. tolak bala juga bisa dengan solat witir sebelum tidur

    BalasHapus
  70. Makasih banyak gan infonya sangta bermanfaat,makasih

    BalasHapus
  71. terima kasih banyak sudah mau share.
    Artikel yang luar biasa dan, sangat bermanfaat. makasih infonya
    di tunggu artikel berikutnya.

    BalasHapus
  72. thank you so much want to share.
    Great article and, very rewarding. thanks for the info
    in wait for the next article.

    BalasHapus
  73. semoga maslah ku yang sekarang menjadi pelajaran yang begitu berharga dan menjadi cermin untuk kehidupan masa depan

    BalasHapus
  74. bener banget doa itu penting banget

    BalasHapus
  75. selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT

    BalasHapus
  76. jika ingin berpergian selalu berdoa, itu juga amalan

    BalasHapus
  77. betul kita juga selalu bersedekah untuk tolak bala

    BalasHapus
  78. terima kasih karena sudah mengingatkan saya untuk selalu ingat Tuhan...

    BalasHapus
  79. bersedekah lah bila ada rezeki lebih, berbagi sesama

    BalasHapus
  80. semoga kita selalu ingat dengan kebaikan, dan selalu beramal saleh. amin

    BalasHapus
  81. Insya Allah bila kita benar-benar mengamalkan nya kita kan selamat amin

    BalasHapus
  82. InsyaALLAH jika kita selalu berusaha menjadi orang baik, maka akan kembali kebaikan bagi diri kita. dan selalu mau bertaubat karena dengan taubat yg sungguh2 akan mendatangkan ridho Allah. amin

    BalasHapus
  83. makasih gan infonya...bermanfaat.. keep posting ^^

    BalasHapus
  84. Amiiinnn semoga ini bermanpaat mas, insyaaloh saya akan mengamalkannya semoga diberikan kekuatan dan semoga admin blog ini juga sukses, terimakasih infonya.

    Salam : Blog Seo Tips http://apifnet.wordpress.com

    BalasHapus
  85. makasih banget dong mas infonya

    BalasHapus
  86. Benar gan. ridho dari orang tua sangat penting, apalagi ridho dari seorang ibu. bukankah surga ada di telapak kaki ibu. dan ridho Allah berdasarkan ridho Ibu. terima kasih

    BalasHapus
  87. Terimakasih atas informasinya ,sangat bermanfaat sekali dan semoga menjadi amal baik bagi anda dan orang lain
    Sukses selalu


    BalasHapus
  88. Insya Allah bila kita benar-benar mengamalkan nya kita kan selamat amin

    BalasHapus
  89. semoga maslah ku yang sekarang menjadi pelajaran yang begitu berharga dan menjadi cermin untuk kehidupan masa depan

    BalasHapus
  90. keren dan sangat mengispirasi. thx agan

    BalasHapus
  91. Subhaanallaah..
    Semuanya memang sangat jarang saya lakukan. Tapi, insya Alloh, saya akan mulai mengamalkannya.

    BalasHapus
  92. sangat menyejukan hati banget nih ,, informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  93. tidak ada yang bisa melawan takdir,makasih infonya

    BalasHapus
  94. terimakasih infonya sangat bermanfaat buat saya :)

    BalasHapus
  95. salam bang,, :)
    subhanaalah,, bagus ni bang,,
    sngat di sayangkan bila orang tidak mengetahi akan hal ini bang :'(
    salam knal yea bang :)

    BalasHapus
  96. Alhamdulillah.. ilmu yang sangat bemanfaat, teruskan :-)

    BalasHapus
  97. tidak ada yang bisa melawan takdir,makasih infonya

    BalasHapus
  98. Terima kasih ya ALLAh karena masih banyak insanMU yang di tunjuk untuk berlomba menyebarkan baikMU, best artikel. Thanks dan sukses.

    BalasHapus
  99. artikel yang luar biasa..
    terimakasih artikel nya sob.

    BalasHapus
  100. Terima kasih ya ALLAh karena masih banyak insanMU yang di tunjuk untuk berlomba menyebarkan baikMU, best artikel. Thanks dan sukses.

    BalasHapus
  101. Syukron gan atas sharenya.... semoga menjadi amal jariah anda.... sukses selalu

    BalasHapus
  102. mantab gan .. terimakasih atas pencerahannya

    BalasHapus
  103. Infonya sangat menarik gan ditunggu info selanjutnya,,
    Terima Kasih & sukses selalu..........



    BalasHapus
  104. moga artikel ini memberi banyak manfaat terutama untuk diri saya sendiri dan penulis

    BalasHapus
  105. trimakasih sedalam-dalamnya http://larevan.blogspot.com/ :)

    BalasHapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  107. bermanfaat banget artikel anda. Ya bener kata -kata yang ada di akhir artikel anda bahwa kita harus senantiasa berbuat baik, tanpa terkecuali.

    BalasHapus
  108. berdoalah sebelum memualai pekerjaan,makasih

    BalasHapus
  109. makasih atas infonya keren banget
    http://wp.me/p357E0-O http://goo.gl/6Sj8G

    BalasHapus
  110. artikel yang bagus dan dapat menambah wawasan saya dalam kehidupan.
    makasih gan

    BalasHapus
  111. Business Phone Service is ideal for small business and entrepreneurs. It gives a professional image and make sure that you don't miss a single call. Few months back, I decided to buy Hosted pbx from Telcan. You can get more information here: IP Pbx

    BalasHapus
  112. Business Phone Service is ideal for small business and entrepreneurs. It gives a professional image and make sure that you don't miss a single call. Few months back, I decided to buy Hosted pbx from Telcan. You can get more information here: IP Pbx

    BalasHapus
  113. oke dech gan trimakasih atas ilmu amalannya...

    BalasHapus
  114. terima kasih sob , artikel yang sungguh bermanfaat sekali. salam kenal yah

    BalasHapus
  115. Menurut ane Sob. Doa penolak bala bisa diibaratkan seperti Pedang. Tergantung keahlian pemakainya dan yang lebih penting tergantung kualitas individu pemakainya. kalaupun pintar tapi jahat juga berbahaya. yang bagus dipakai orang yang baik (bersih hati dan otaknya) di dukung oleh high skill

    BalasHapus
  116. makasih artikelnya, Insya Alloh bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  117. makasih buat panduan amalannya, bisa langsung saya praktekkan nih

    BalasHapus
  118. suka nih dengan artikel ini, semoga amalannya bisa digunakan secara positif dan berguna bagi semua umat

    BalasHapus
  119. informasi sangat menarik banget gan, karna do'a itu snjata nya orang islam dan orng beriman

    BalasHapus
  120. Waw sangat bermanfaat sobat ...

    BalasHapus
  121. makasih atas infonya sangat menari dan artikelnya keren banget
    Kunjungi juga ia artkel saya Obat Impotensi

    BalasHapus
  122. subhanallah.....
    bagus mas artikelnya....

    BalasHapus
  123. artikel yang menarik dan menambah wawasan pendewasan kita. amin

    BalasHapus
  124. artikelnya b ermanfaat bgt, makasih gan

    BalasHapus
  125. berkat orang-orang seperti Anda dan artikel bagus yang Anda berikan, Anda hanya memberi saya wawasan pos dan untuk itu, terima kasih

    BalasHapus
  126. Makasih infonya...selalu ingin melakukan amalan2 itu...

    BalasHapus
  127. Infonya sesuai dengan yang saya cari, terima kasih gan…

    BalasHapus
  128. permisi gan , salam kenal buat newbe

    BalasHapus
  129. Artikel yang membawa manpaat buat yang membaca,, mudah-mudahan bisa diamalkan amin,,

    BalasHapus
  130. Betul mas edwin,,, tapi kita harus bedakan Bala sama ujian, karna bedanya tipis sekali

    BalasHapus
  131. mudah-mudahan kita semua tergolong orang yang dapat mengamalkan semua amalan tersebut, supaya senantiasa ada dalam ridhoNya.. amien ya Alloh

    BalasHapus
  132. Salam jumpa kawan, senang bisa berkunjung kesini terima kasih atas info nya berkunjung juga ya ke blog update info terbarunya.

    BalasHapus
  133. Hidup ini adalah ujian, Kaya ujian, miskinpun ujian,,
    sama halnya dengan musibah

    BalasHapus
  134. bermanfaat gan ,, semoga kita termasuk orang yang beriman di sisi Allah sWt . AMin

    BalasHapus
  135. Yang pasti, agar kita terhindar dari bala bencana,.. banyak2 saja beristighfar dan jangan lupa berdo'a dan bersyukur atas segala nikmat-Nya.. :)

    BalasHapus
  136. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  137. terima kasih ilmunya gan...

    BalasHapus
  138. makasih atas postingan yg bermanfaat nya, semoga dosa-dosa kita semua di ampuni oleh ALLAH SWT....
    amiiinnnn.....!!

    BalasHapus
  139. terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, semoga kita semua terhindar dari segala bala

    BalasHapus
  140. jadi bisa nolak bala ya gan

    BalasHapus
  141. Terimakasih atas infonya gan, kita hanya bisa berdoa, tapi Yang Maha Esa lah yang mengizinkannya.

    BalasHapus
  142. aminn,, semoga kita dilindungii dari marabahaya.

    BalasHapus
  143. Thanks gan infonya sangat bagus sekali,, juga sangat bermanfaat, semoga lancar dalam dunia bisnisnya

    BalasHapus
  144. sangat bermanfaat buat saya nih artikelnya

    BalasHapus
  145. terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat...
    saya brkunjung kesini semakin banyak ilmu yang saya dapatkan terimakasih...

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top