26 Juni 2013
312 comments

Tinja itu Nikmat

Rabu, Juni 26, 2013

Foto: www.lensaindonesia.com
Anda pasti heran melihat judul di atas. Jorok sekali. Tinja kok nikmat? Emang siapa yang mau memakannya? Eits, mohon sabar. Yang saya maksud, tinja nikmat bukan untuk dimakan. Tapi, tinja adalah sebuah nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita.Saya rasa ini penting untuk mengingatkan kita semua, yang sudah pasti menjustifikasi hasil pembuangan tubuh kita itu sebagai sesuatu yang kotor.

Sebagai gambaran nyata, mari kita lihat gambar di atas. Itu adalah seekor harimau Sumatra koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang dalam beberapa hari belakangan disorot media massa. Harimau betina berusia 15 tahun dan bernama Melani itu menderita kerusakan pencernaan akibat diberi makanan yang mengandung formalin yang membuat perutnya tidak bisa mencerna makanan sebagaimana mestinya. Akibatnya, makanan yang dilahap dibuang dalam bentuk yang sama. Makan daging keluar daging. Tubuhnya menjadi kurus kering, tinggal tulang dan kulit saja. Kita tak tahu sampai berapa lama Melani dapat bertahan hidup. Cukup membuat hati miris.

Seandainya terjadi pada manusia, betapa itu akan menjadi hal yang lebih mengiris hati. Tak sanggup rasanya melihat saudara kita sesama manusia membuang hajat dalam bentuk yang sama persis dengan apa yang dia kunyah saat makan. Jika melihat pemandangan seperti itu, saya yakin kita semua akan sepakat bahwa kotoran hasil pembuangan kita yang jorok dan berbau tidak enak yang disebut tinja itu ternyata ”sangat nikmat”.

Jadi, misalnya ada teman kantor yang meledek saat saya hendak masuk ke toilet kantor karena ”panggilan alam”, saya akan membalasnya dengan senyuman. Dia pasti lupa kalau tinja adalah sebuat nikmat.

312 comments:

  1. Artikel yang sangat menginspirasi sob, kita harus tetap bersyukur kepada Tuhan

    BalasHapus
  2. Informasi yang sangat bermanfaat nih gan.

    BalasHapus
  3. Setuju deh sama judul postingannya...
    Ada kenikmatan tersendiri yang terasa...:D

    BalasHapus
  4. saya setuju banget saya opini anda gan

    BalasHapus
  5. saya kira artikelnya tentang apa gan
    btw cukup provokatif juga bikin title'nya saya jadi dipakasa membaca

    BalasHapus
  6. Isi tulisannya sangat menarik banget gan, asik lagi di bacanya, bikin wawasan nambah luas.

    BalasHapus
  7. bener banget,,terkadang kita juga lupa akanhal kecil itu,,bersyukur,,,

    BalasHapus
  8. terimakasih informasi nya ,, ijin menyimak dahulu

    BalasHapus
  9. ijin berbagi kata motivasi yaa
    " janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
    thx :)

    BalasHapus
  10. hehe,,hal spele yang sering dispelekan memang...

    BalasHapus
  11. judul nya aneh, tp isinya membuat kita harus bnyk bersyukur,.
    tks info nya,,.

    BalasHapus
  12. betul gan...kentut juga nikmat gan... sama ngupil.

    BalasHapus
  13. makasih gan buat informasinya semoga bermanfaat baut kita semua salam kenal aja dari saya

    BalasHapus
  14. terimakasih sob buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari saya

    BalasHapus
  15. Benar, nikmat yang sering sekali kita lupakan..
    sesuatu yang mungkin kita anggap sebagai hal sepele, tapi dari hal yang sepele itulah tersimpan sebuah manfaat dan kenikmatan yagn luar biasa..

    BalasHapus
  16. Tulisan yang menarik, ditambah lagi dengan gaya penulisan yang santai menjadikan pembaca betah membaca blog ini. Materi yang disampaikan juga simple dan mudah dimengerti.

    Salam hangat,


    Interesting writing, coupled with a relaxed style of writing makes the reader feel at home reading this blog. Material presented is also simple and easy to understand.

    Warmest regards,

    http://borobudurrafting.com/, +6281.227744.23(Telkomsel Indonesia)

    BalasHapus
  17. makasih sob buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja

    BalasHapus
  18. Saya baru tahu gan, sekilas membaca judulnya seperti tidak mungkin, tapi isi dari artikel ini menjelaskan semuanya

    BalasHapus
  19. info nya sangat bagus nie gan ,,,,,,,

    BalasHapus
  20. masya Allah.... begitu seriusnya dampak formalin bagi pencernaan...

    kalo dipikir masuk akal sih, kan dilambung semua makanan mengalami proses pembusukan, na kalo kemasukan formalin... bakteri2 pembusuk pada mati... proses pembusukan terhenti...

    kunjung balik ya gan ke blog-ku

    BalasHapus
  21. infonya sangat bagus gan, , ,

    BalasHapus
  22. masa hewan buas itu nikmat ???

    BalasHapus
  23. Terimakasih artikelnya :) Jadi nambah ilmu nih, salam blogwalking :) |

    BalasHapus
  24. gan terus sekarang harimau nya masih hidup nggak...????

    BalasHapus
  25. Saya ingin berlangganan ke blog Anda

    BalasHapus
  26. terima kasih atas informasinya. mampir dan bermain di AgenBola855 ! nikmati berbagai Bonus di Tiap Permainan :) selamat mencoba AgenBola855.Com

    BalasHapus
  27. Tuhan telah merancang hidup kita dengan sempurna, termasuk proses pencernaan kita

    BalasHapus
  28. makasih gan buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

    BalasHapus
  29. makasih atas infonya sangat menarik, dan artikelnya keren keren banget, kunjungi website saya juga ia gan
    http://obatlemahsyahwat.pressku.com/

    BalasHapus
  30. ulasan yang sangat menarik.....
    sukses selalu...

    BalasHapus
  31. Informasi yang sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  32. Mantap informasinya menarik sekali...

    BalasHapus
  33. Terimakasih banyak atas informasinya

    BalasHapus
  34. waduh gambarnya miris banget gan

    BalasHapus
  35. Subhaanallaah..
    Suatu hal yang sering kali kita lupakan, padahal itu adalah kenikamatan yang luar biasa..

    BalasHapus
  36. mungkin kebanyakan dari kita hanya melihat dari penampakannya saja, padahal tinja merupakan salah satu bentuk kenikmatan yang patut untuk disyukuri.

    BalasHapus
  37. terima kasih bro buat infonya?

    BalasHapus
  38. memang tuhan menciptakan kita sangat sempurna...\
    luar biasa....

    BalasHapus
  39. terus itu harimaunya masih hidup gx...????

    BalasHapus
  40. Ane setuju gan.
    kalo buang air besar itu termasuk nikmat.

    BalasHapus
  41. Artikel yang bagus..
    thanks gannnnnn.........

    BalasHapus
  42. Semoga kita semua tidak hanya memandang pada satu sisi jorok nya saja.

    BalasHapus
  43. Kasian banget tuh harimau nya..
    gimana kalo terjadi sama manusia yah??
    pasti akan lebih memprihatinkan.

    BalasHapus
  44. terima kasih banyak nih buat infonya,,,, semoga bermanfaar

    BalasHapus
  45. infprmasi yang sangat bermanfaat skali.... :)

    BalasHapus
  46. makasih gan buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

    BalasHapus
  47. Subhanallah...sepatutnya kita harus tetap selalu bersyukur dg hal" yg kecil & mungkn kita kdang menganggapnya remeh.
    Thnks udah berbagi..
    sangat bermanfaat
    Kumpulan artikel Pendidikan,makalah,Budaya,Gaya hidup

    BalasHapus
  48. makasih ya udah share..sangat bermanfaat

    BalasHapus
  49. thanks for share.. :)

    BalasHapus
  50. artikelnya oke gaan........??? mantaaaaappppp........

    BalasHapus
  51. makasih sob telah berbagi, artikelnya keren

    BalasHapus
  52. artikel yang bagus kawan, semoga bermanfaat bagi yang baca.

    BalasHapus
  53. sangat bermanfaat sekali gaan, makasih yaa :)

    BalasHapus
  54. masa harima dimakan ???

    adanya kita yang dimakan harimau

    BalasHapus
  55. artikel yang sangat bagus gan makasih atas infonya

    BalasHapus
  56. artikel yang sangat bagus gan makasih atas infonya

    BalasHapus
  57. terimakasih buat informasinya sangat bermanfaat buat kita semua

    BalasHapus
  58. thanks atas infonya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  59. emmh ,, kasian banget ya

    BalasHapus
  60. ia gans sangat bermanpaat sekali

    BalasHapus
  61. Bener banget yang di tulis di atas, itu adalah suatu kenikmatan yang harus di syukuri.

    BalasHapus
  62. Kalau kita baca judulnya doang pasti pikirannya kemana-mana.

    BalasHapus

  63. makasih gan buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

    BalasHapus

  64. thanks for the information may be useful for all of us on I know Greetings

    BalasHapus
  65. Luarbiasa infonyagan, terimakasih gan semoga dalam berpuasanya selalu berada dalam kesehatan dan kekuatan.

    BalasHapus

  66. terimkasih banyak sob buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

    BalasHapus

  67. terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus

  68. makasih banyak sob atas infonya

    BalasHapus
  69. judulnya jrok banget sob, ganti dong..

    BalasHapus
  70. hahaha, admin blog ini ada2 saja, msak bkin judul postingan kaya gitu..

    BalasHapus

  71. terimakasih banyak sob buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

    BalasHapus

  72. artikel yang sangat bagus gan

    BalasHapus
  73. Setuju deh sama judul postingannya...
    Ada kenikmatan tersendiri yang terasa...:D

    BalasHapus
  74. yang bener aja nih...masa tinja nikmat

    BalasHapus
  75. Artikel ini telah banyak membarikan inforamsi yang luarbiasa. Terimakasih gan, semoga di bulan 1000berkah ini diberikan kesumsesan dan keberkahan yang berlimpah ganda.

    BalasHapus
  76. artikelnya sangat bermanfaat sekali.. semoga sukses selalu..

    BalasHapus
  77. wkwkwk :v
    ok deh gan nice artikel :v

    kunjungi balik situs saya^^
    saya tunggu kunjungan dan comment yg relevannya^^

    BalasHapus


  78. terimakasih banyak atas informasinya

    BalasHapus

  79. postingannya keren banget gan

    BalasHapus
  80. Aga Pintr nih nuat Judul .. Jadinya Ane penasaran Baca
    http://rentalmobiljogjamurah.blogdetik.com/

    BalasHapus
  81. wah kirain jorok tadi eh ternyata luar biasa

    BalasHapus
  82. Artikelnya membuat pembaca merasa agak sedih.. salam dari http://penyewaanmobilmurah.blogdetik.com/

    BalasHapus
  83. gimana tadinya tuh bisa kaya gitu...???

    BalasHapus
  84. Terimakasih atas infonya,sangat berguna sekali

    BalasHapus
  85. selamat sianggg Kang, nitip numpang jejak

    BalasHapus
  86. artikel yang sangat menginpirasi,, thanks gan sudah berbagi ilmu,,, update terus ya gan...... salam :)
    http://kaoskhasbatam.com/

    BalasHapus
  87. terimakasih banyak sob atas informasinya sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  88. artikel yang sangat bagus sob sukses selalu ya

    BalasHapus
  89. terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain

    BalasHapus
  90. terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat buat saya pribadi

    BalasHapus
  91. Indahnya berbagi ... Ane suka judulnya Gan ...
    Nice Artikel ..

    BalasHapus
  92. makasih gan infonya sangat berguna

    BalasHapus
  93. kalau boleh tau makanan apa yang di mkan sama harimau itu? apakah daging?

    BalasHapus
  94. Hahaha kirain tinja untuk di em em :D

    BalasHapus
  95. hehee bener juga ya gan... bahaya banget kalau gak bisa ee

    BalasHapus
  96. info sangat menarik banget gan

    BalasHapus
  97. Luar biasa sekali sangat bermanfaat banyak sekali pengetahuan yang saya dapatkan...
    setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  98. panggilan alam sama panggilan suara broo

    BalasHapus
  99. thanks atas informasinya gan.. semoga berguna bagi orang lain juga.

    BalasHapus
  100. Terimakasih banyak atas informasinya.,
    Sungguh luar biasa sekali banyak pelajaran yang saya dapatkan.... setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  101. daftar backlinknya bagus sekali, makasih infonya sangat bermanfaat
    semoga sukses saja...

    BalasHapus
  102. makasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  103. informasinya luar biasa sekali sangat menarik dan bermanfaat bagi saya.... semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan...

    BalasHapus
  104. bagus infonya sangat bermanfaat, makasih...
    semoga sukses saja

    BalasHapus
  105. makasih infonya sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  106. xixixixi judulnya lucu bangeet, Artikel yang menarik dan bermanfaat semoga Wisata di Garut bisa mengikuti kepopuleran kota Bandung sehingga bukan hanya Hotel di Bandung yang laku akan tetapi Hotel di Garut

    BalasHapus
  107. Informasinya cukup menarik juga dan berwawasan.

    BalasHapus
  108. Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
    Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

    BalasHapus
  109. Infonya mantap keren...
    Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
    Makasih infonya... Sukses deh...

    BalasHapus
  110. makasih informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  111. bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    BalasHapus

  112. informasi yang sangat menambah wawasan saya makasih ga,.

    BalasHapus
  113. Her posts are very dance gan,,

    BalasHapus
  114. cool article, thanks gan his info .

    BalasHapus
  115. Terimakasih banyak atas sajian Informasinya sangata bermanfaat dan menarik, semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih bermanfaat lagi. God Job

    BalasHapus
  116. makasih banyak atas segala infonya dan mampir juga yah.

    BalasHapus
  117. gan aku suka artikelnya, ngasih aku info yang lagi di butuhin, salam kenal yah, semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  118. Terimakasih banyak atas sajian Informasinya sangata bermanfaat dan menarik, semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih bermanfaat lagi. God Job

    BalasHapus
  119. bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    BalasHapus
  120. bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    BalasHapus

  121. Infonya sangat menarik banget gan untuk gua simak thanks infonya...!

    BalasHapus
  122. infonya sangat menarik gan untuk disimak thanks :)

    BalasHapus
  123. stelah sayan baca artikelnya sangat menarikkk thanks gan

    BalasHapus
  124. Informasinya sangat bermanfaat sekali....
    Terimakasih banyak atas informasinya...
    Semoga semakin sukses...

    BalasHapus

  125. informasi yang sangat menarik dan bermanfaat bagi saya thanks gan

    BalasHapus

  126. ditunggu artikel terbarunya gan, sangat menarik untuk dibaca B)

    BalasHapus

  127. infonya sangat menarik gan untuk disimak thanks :)

    BalasHapus
  128. stelah sayan baca artikelnya sangat menarikkk thanks gan

    BalasHapus


  129. stelah saya baca memang artikelnya sangat menarik untuk disimak, sukses terus gan

    BalasHapus
  130. wah cerita yamg akhirnya sangat lucu.

    BalasHapus
  131. daftar artikelnya sangat bagusa dan sangat bermanfaat, makasih...
    semoga sukses saja

    BalasHapus
  132. makasih atas informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  133. Artikelnya bermanfaat sekali. Pengetahuan yang saya dapatkan juga sangat luar biasa. Terimakasih gan & semoga sukses selalu.

    BalasHapus

  134. makasih infonya semoga dapat bermanfaat untuk semua orang..

    BalasHapus
  135. artikel yang patut di acungkan jempol, kata-kata yang tersusun rapi jelas dan mudah di mengerti, banyak di butuhkan orang teruma saya pribadi, terima kasih atas segala kebaikan anda yang anda berikan melalui tulisan ini.

    BalasHapus
  136. ditunggu ea gan artikel slanjutnya :)

    BalasHapus
  137. setelah saya baca seluruh artikel dan akhirnya saya menemukan apa yang saya cari selama ini. saya ucapkan terima kasih ini semua berkat anda. salam kenal dan salam sukses

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top