09 Juni 2014
419 comments

Buang Saja SOP Itu!

Senin, Juni 09, 2014
"Mohon maaf, Pak. Pengunjung restoran kami dilarang membawa makanan dari luar.”

"Restoran apa ini? Saya tidak terima! Semua mau makan, istri saya mau makan, anak-anak saya mau makan. Hanya karena anak saya yang paling kecil mau bawa makanan sendiri dari luar, lalu Anda melarang saya makan di sini?”

"Maaf, Pak. Iya, saya melarang anda. Anda tidak bisa makan di sini. Itu merupakan SOP (Standard Operating Procedure) kami."

Percakapan di atas sering terjadi. Seorang manager restoran ngotot bahwa SOP adalah SOP.
Harus ditegakkan. Tidak ada customer yang berada di atas SOP. Semua harus tunduk. Bahkan manager pun boleh berlindung di balik SOP. Customer mau ngamuk, silakan. Yang penting dia sudah menjalankan SOP.

Anda setuju bahwa SOP justru dipakai untuk mengusir customer? Kenapa gara-gara ketidakmampuan kita menulis SOP yang baik, lalu semua customer kita perlakukan seperti kriminal?

Tony Hsieh (CEO Zappos.com) yang legendaris malah meniadakan buku panduan (SOP) untuk setiap petugas customer service-nya. Padahal customer service adalah urat nadinya. Mereka menerima ribuan email dan telepon per harinya.

Customer Service Zappos diminta untuk menggunakan best judgement (penilaian terbaik) mereka. Mereka diminta untuk memberikan pelayanan yang WOW kepada setiap customer tanpa ada standard! Mereka diminta melayani sebaik-baiknya. Gunakan hati, gunakan pikiran. Mereka diminta untuk membuang semua buku pelayanan yang malah akan menghambat mereka memberikan pelayanan terbaik.

Bila standard di perusahaan lain dalam mengangkat telepon adalah 'seberapa cepat Anda bisa menutup telepon', di Zappos mereka tidak mempunyai standard seperti itu. Standard mereka adalah 'berikan pelayanan terbaik'.

Bahkan customer service-nya tidak perlu berjualan. Tidak perlu melakukan upsell. Yang penting bantu customer setulus hati. Berikan bantuan sampai selesai. Salah satu telepon mereka bahkan berlangsung selama 6 jam! Ini dia customer service yang WOW!

Mungkin ini sebabnya begitu banyak perusahaan lain belajar dari Zappos.com.

Mari sebentar saja meletakkan diri kita di sisi customer. Mari kita melihat bahwa ternyata orang yang melayani kita malah 'berlindung' di balik SOP. Seperti apa perasaan kita? Apakah itu terjadi di perusahaan Anda?

Bila itu terjadi, segera perbaiki SOP Anda. Kalau memang sudah tidak cocok dan membuat customer tersinggung, well, buang saja buku SOP itu. Apa gunanya SOP kalau hanya untuk semakin menjauhkan kita dan customer kita? Bukankah mereka yang menggaji kita? Bukankah customer yang memberi makan keluarga kita? Jangan berlindung di balik SOP. Keluar dan sambutlah mereka dengan senyuman kita…

Mari mengingat saat pertama kali kita mulai bekerja. Saat kita mau memberikan yang terbaik untuk customer. Nah, mari berikan semangat dan senyuman itu!


Sumber: TDW Club

419 comments:

  1. saya tidak setuju dengan adanya sop

    BalasHapus
  2. Selamat sore gan, ikut nyimak ni gan artikelnya, terimakasih gan, semoga berada dalam kesuksesan aja.

    BalasHapus
  3. tapi terasa gimana kalau sebuah perushaan atau bisnis tanpa SOP,,

    BalasHapus
  4. Kunjungan Perdana soob. Infonya semoga bermanfaat bagi banyak orang

    BalasHapus
  5. Senangnya baca informasi ini, sangat bermanfaat ..

    BalasHapus
  6. terima kasih, informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. sop itu tidak ada untungnya malah merugikan masa yang mau makan di usir karena membawa makanan dari tempat lain

    BalasHapus
  8. terkadang terllau banyak dan taat pada SOP bisa bkin pusing..

    BalasHapus
  9. Ikutan nyimak gan. Informasinya menarik dan memberikan informasi. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  10. informasi yang baik, kami pun menerimanya,,, makasih atas beritanya

    BalasHapus
  11. maanfaat dari artikel ini sungguh luar biasa sekali.. terimakasih atas penerangan dan informasinya ..

    BalasHapus
  12. makasih infonya sangat bermanfaat siapa tau nanti saya ke restoran yang da peraturan sop nya

    BalasHapus
  13. kalau saya lebih setuju SO P tetap dipakai namun dengan aturan-aturan yang baik dan tidak merugikan kedua belah pihak,,karena aturan harus tetap ada

    BalasHapus
  14. SOP memang hrus diperbaiki jika tidak sesuai,,tapi bukan berarti d buang

    BalasHapus
  15. Di tunggu postingan selanjutnya,karena di sini kami sangat tertarik dengan berita anda ..

    BalasHapus
  16. selamat sore, terima kasih informasinya semoga sukses selalu dan ditunggu berita terbarunya lagi. Salam Sehat !

    BalasHapus
  17. Ya gan SOP memang harus di buang :D

    BalasHapus
  18. Thank Ya Atas Informasinya

    http://goo.gl/dYShPj

    BalasHapus
  19. Informasinya bermanfaatgan. Terimakasih, semoga kesuksesan ada bersama kita.

    BalasHapus
  20. orang mau makan malah di usir cuman gara2 aturan sop

    BalasHapus

  21. makasih banyak untuk informasinya,,
    mudah-mudahan berguna bagi orang banyak

    BalasHapus
  22. selamat sore untuk semuanya . . .tetap semangat dalam mencari berkah !!!

    BalasHapus
  23. peristiwa tsbt pernah trjadi di daerah saya( jogja )

    BalasHapus
  24. masa cuma bawa makanan ringan aja atau makanan sedikit dari luar aja gak boleh . terlalu itu mah .

    BalasHapus
  25. Informasi yang sangat menarik, terimakasih sudah berbagi infonya :)

    BalasHapus
  26. Saya banyak belajar dari SOP di sini. Mksh infonya

    BalasHapus
  27. ya saya setuju gan dengan pendapat anda

    BalasHapus
  28. Beritanya sangat menarik terimakasih banyak atas informasinya..

    BalasHapus
  29. Beritanya sangat menarik terimakasih banyak atas informasinya..

    BalasHapus
  30. terimakasih infonya bermanfaat sekali saya sangat suka dan terkesan dengan semua artikelnya.

    BalasHapus
  31. Informasinya bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  32. iya buang saja kalau hanya mnjauhkan dari konsumen..

    BalasHapus
  33. SOP ternyata adalah Standard Operating Procedure saya masih kurang mengerti apa maksudnya

    BalasHapus
  34. terima kasih banyak untuk informasi yang telah disajikan dan semoga bisa leieh baik lagi dan uptudate!!!

    BalasHapus
  35. mengapa kalau membawa makanan dari luar selalu dilarang...???

    BalasHapus

  36. Menarik sekali..
    Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
    salam sehat ..

    BalasHapus
  37. sebuah pelayanan memang sangat penting agar pelanggan kita tidak kapok/tersinggung

    BalasHapus
  38. KERENN

    http://inforemajaku.com/

    http://infoindo.net/

    http://agenalatbantumurah.com/

    http://pelansingbadanfatloss.info/

    BalasHapus
  39. ya gan saya setuju buang saja aturan sop itu karena mengangu

    BalasHapus
  40. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini
    lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung.

    BalasHapus
  41. INFORMASI YANG SANGAT MENARIK, SEMOGA MEMBERIKAN MANFAAT UNTUK PEMBUAT BLOG DAN PEMBACANYA ...

    BalasHapus
  42. bener banget saya sangat setuju dengan adanya ide buang saja sop

    BalasHapus
  43. Untuk admin tetap semangat dalam memberikan informasinya, saya sangat mendukung !! terimakasih..

    BalasHapus
  44. Selamat soregan, ikut nyimak nic, informasinya menarik dan memberikan pengetahuan.

    BalasHapus
  45. terimakasih telah berkenan sharing artikel anda mas admin, sangat menarik dan menambah wawasan..

    BalasHapus
  46. banyak wawasan yg terdapat dalam website ini,,thanks admin..

    BalasHapus


  47. Artikel yang menarik yang anda sampaikan, Terimakasih

    BalasHapus
  48. informasi yang sangat bermanfaat dan sangat menarik gan, terima kasih ..

    BalasHapus
  49. Terimakasih informasinya pak membantu sekali ..

    BalasHapus
  50. terima kasih gan, infonya. sukses selalu

    BalasHapus
  51. makasih banyak artieklnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  52. Ikut nymak gan, informasinya menarik dan menambah wawasan untuk saya. Terimakasih gan, semoga kita berada didalam kesuksesan.

    BalasHapus
  53. Artikel yang bagus, kami tunggu artikel berikutnya..

    BalasHapus
  54. terima kasih,infonya sangat bermanfaat
    sukses untuk semuanya..

    BalasHapus
  55. informasi yang sangat bermanfaat, semoga kunjungan kami berkenan

    BalasHapus
  56. semua artikel yang terdapat di web pak admin ini sangat bagus sekali.
    sukses selalu dengan webnya ya pa admin ...

    BalasHapus
  57. terima kasih informasinya :)
    semakin ok dan semakin sukses aja ya :D

    BalasHapus
  58. yang sedikit sedih menjadi customer service jika tiap hari selalu diberikan keluhan

    BalasHapus
  59. Toko jualan obat murah semarang solo jogja

    BalasHapus
  60. kalau terlalu banyak aturan ribet juga,,hehe

    BalasHapus
  61. buang saja kalo tidak bermanfat makasih infonya

    BalasHapus
  62. semua artikel yang terdapat di web ini sangat bagus sekali.
    sukses selalu dengan webnya ya dan salam sehat gan ..

    BalasHapus
  63. terimakasih atas segala informasinya, semoga sukses terus dan selalu di berikan kesehatan.

    BalasHapus
  64. Ulasan yang menarik gan, betul sekali SOP memang di butuh disetiap bidang pekerjaan. Pelaksanaanya dilapangan kadang sering bertentangan dengan hati nurani kita.. Betul kata agan,, mati kita perbaiki SOP di tempat kerja kita atau buang saja buku SOP kita.. Makasih gan dpat pencerahan nih.. salam kenal dan salam sukses

    BalasHapus
  65. terimakasih untuk informasi yang sudah anda berikan,
    salam sehat admin ..

    BalasHapus
  66. selamat sore admin,
    Makasih banyak untuk informasinya.
    Semoga informasinya bermanfaat!

    BalasHapus
  67. Terimakasih atas informasi yang bermanfaat ini, salam blogger....

    BalasHapus
  68. di dalam Website ini terdapat banyak informasinya....
    terimakasih ya

    BalasHapus
  69. artikelnya menambah pengetahuan.
    makasih udh berbagi ya ..

    BalasHapus
  70. bnr bangeet saya sangat setuju sekali

    BalasHapus
  71. Bagi anda yang sedang mengidap penyakit gatal pada selangkangan, kami sajikan kepada anda Obat Untuk Penyakit Gatal Pada Selangkangan pilihan terbaik, aman & telah terbukti ampuhnya. Pemesanan : 081282762080

    BalasHapus
  72. saya sangat setuju dengan postinganya buang sajaa aturan sop itu bikin ribet saja

    BalasHapus
  73. tetap menyajikan informasi yang menarik untuk di simak admin :)

    BalasHapus
  74. terimakasih banyak telah berbagi infonya..sukses selalu untuk info and websitenya always be the best and do the best to the next information..

    BalasHapus
  75. bergantung sama SOP itu boleh saja asal jangan keterlaluan

    BalasHapus
  76. SOP dengan custamer adalah salah satu tidak dipisahkan

    BalasHapus
  77. SOp harus dijalankan sesuai standart

    BalasHapus
  78. iya,,semangat dan senyuman saat kita pertama bekerja

    BalasHapus
  79. Blog yang bermanfaat ini sangat sayang untuk di lewatkan,

    BalasHapus
  80. kunjungan siang saya baca artikelnya saya sangat setuju dengan buang saja aturan sop itu

    BalasHapus


  81. Blog yang bermanfaat ini sangat sayang untuk di lewatkan,

    BalasHapus
  82. Di tunggu mas berita terbarunya http://goo.gl/KMJkr

    BalasHapus
  83. terima kasih atas beritnya pak, ditunggu berita menarik selanjutnya ..

    BalasHapus
  84. makasih banyak buat inofnya, sangat bagus sesuai dengan yang saya cari... :)

    BalasHapus
  85. banyak sekali informasi yang menarik dan bermanfaat disini.. terima kasih :)

    BalasHapus
  86. terima kasih.. informasinya sangat menarik dan berguna utk bisa menambah wawasan :)

    BalasHapus
  87. terimkasih informasinya sugguh sagat menarik dan bermanfaat banget :)

    BalasHapus
  88. terimakasih, semangat terus admin

    BalasHapus
  89. Makasi infonya gan, bisa nambah wawasan :) artikelnya menarik, ditunggu postingan selanjutnya ..

    BalasHapus
  90. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda.

    BalasHapus
  91. Dari artikelnya diatas luarbiasa gan dan banyak memberikan informasi kepda kami sabagai pengunjung & sekaligus pembaca. Terimakasih gan, Semoga puasa kita diberkahkan oleh Allah SWT.

    BalasHapus
  92. artikel yang menarik, salam dari kunjungan kami

    BalasHapus
  93. Artikel diatas menarik gan dan banyak menambah wawasan kepada kami sebagai pembaca, terimakasihgan, semoga kita berada dalam kesuksesan dan kesehatan.

    BalasHapus
  94. informasi yang sangat bagus sekali gan ;)

    BalasHapus
  95. terimakasih atas informasinya, semoga informasinya bermanfaat buat kitaaa semuaaaaaa....
    aminnnnnnnn

    BalasHapus
  96. terima kasih banyak karena telah berbagi informasi yang sangat menarik ...

    BalasHapus
  97. makasih banyak untuk informasinya,,
    mudah-mudahan berguna bagi orang banyak :)

    BalasHapus
  98. Untuk admin Tetap Semangat Dalam, memberikan informasinya, Saya Ulasan Sangat mendukung !!!

    BalasHapus
  99. lanjutkan gan,,semoga menjadi blog no.1 di dunia

    BalasHapus
  100. menarik dan bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus
  101. terimakasih informasi yang hangat dan bermanfaatnya ..

    BalasHapus
  102. terima kasih atas infonaya semoga bermanfaaat dan semoga lebih suksestuk kedepanya ...

    BalasHapus
  103. Teriamakasih infonya. semoga bermanfaat buat kita semua. salam sehat!! Informasinya sangat menarik sekali.

    BalasHapus
  104. halaman yang memberikan manfaat . . semoga lebih baik lagi kedepannya dan semakin sukses!!!

    BalasHapus
  105. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya keren banget, salam kenal aja salam sehat

    BalasHapus
  106. thanks atas infonya pa admin,,
    semoga saja dengan adanya postingan ini, kita semua dapat terbantu

    BalasHapus
  107. thanks buat info nya. keep posting gan

    BalasHapus
  108. http://www.tokokaintenunjepara.com/
    http://www.kaintenunikat.com/
    http://www.tourkarimunjawaisland.com/
    http://jualfurniturejepara.com/

    BalasHapus
  109. inilah budaya indonesia yang harus dirubah....

    BalasHapus
  110. Halo, saya Mr williams smith, pemberi pinjaman swasta
    memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda
    atau Anda membutuhkan pinjaman
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah
    Istilah keuangan Anda
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan
    uang
    untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. saya
    ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan
    penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui
    email:
    williamssmithloan@gmail.com data PEMINJAM 'S

    1) Nama Lengkap: ...................................

    2) Negara: ........................................

    3) Alamat: ....................................

    4) Negara: ....................................

    5) Sex: ...........................................

    6) Status Pernikahan: .......................

    7) Pekerjaan: ............................

    8) Nomer Telpon: ..........................

    9) Saat ini posisi di tempat kerja:.

    10) Pendapatan Bulanan: ...........................

    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ............

    12) Jangka waktu pinjaman: ...............................

    13) Tujuan Pinjaman: .............................

    14) Agama: ..................................

    15) Apakah Anda menerapkan sebelum ...............

    16) ............... Email

    17) Password .................................

    BalasHapus
  111. Terimakasih banyak informasi dari website ini yang sangat berguna untuk saya ,...

    BalasHapus
  112. Begitu banyak web yang ada,tapi cuma web anda yang menurut saya bermanfaat, terimakasih .,.,.,

    BalasHapus
  113. Disini memang tempatnya informasi-informasi terkini yang bermanfaat, sukses ya !!!!!

    BalasHapus
  114. terimakasih ya telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat dan juga informasi yang sangat keren, terimakasih ya

    BalasHapus
  115. is good artikel Thank you so much

    BalasHapus
  116. menarik dan sungguh bermanfaat sekali artikelnya untuk di simak makasih infonya

    BalasHapus
  117. jumpa lagi untuk menyimak artikel yang sangat bagus ini terimakasih yah admin :)

    BalasHapus
  118. informasinya sungguh sangat berguna untuk menambah ilmu baru..thanks ya ka' admin untuk semua yg dihadirkan,sungguh sangat membantu ..

    BalasHapus

  119. Untuk admin Tetap Semangat Dalam, memberikan informasinya, Saya Ulasan Sangat mendukung !!!

    BalasHapus
  120. Terimakasih banyak ya mas admin, artikelnya sangat menarik, ..

    BalasHapus
  121. Makasi ya gan infonya ditunggu berita selanjutnya

    BalasHapus
  122. bena saya sangat setuju buang saja

    BalasHapus
  123. Senang sekali banyak informasi yang telah disampaikannya dan bermanfaat makasih banyak atas informasi yang telah disampaikannya .....

    BalasHapus
  124. terima kasih pak admin karena telah berbagi informasi yang menarik dan bermafaat kepada kami, semoga artikelnya bermanfaat juga bagi pengunjung yang lain ..

    BalasHapus
  125. konsumen adalah raja..
    tapi mungkin itu hak produsen juga,,
    dilema menrut saya gan

    BalasHapus
  126. SOP sangat membantu seseorang dalam mengatur sistem manajemen kerjanya tapi juga dapat berakibat sebaliknya jika direncanakan dengan baik

    BalasHapus
  127. terima kasih pak admin karena telah berbagi informasi yang menarik dan bermafaat kepada kami, semoga artikelnya bermanfaat juga bagi pengunjung yang lain

    BalasHapus
  128. informasinya sungguh sangat berguna untuk menambah ilmu baru..thanks ya ka' admin untuk semua yg dihadirkan,sungguh sangat membantu.

    BalasHapus
  129. Selamat Pagi ! lama gak mampir di website http://www.sectoredwin.net hehe
    Waah telat niih baru baca informasinya yang baru, makasih udah mau posting, udah mau berbagi ilmunya buat pembaca. semoga sukses terus yah dan post terus yang lebih baru . terimakasih :)

    BalasHapus
  130. setuju gan buang saja saya tidak setuju dengan aturanya

    BalasHapus
  131. Selamat siang gan, sebelumnya saya ucapkan minal aidin wal faidzin? informasi yang anda sajikan diatas sangat bermanfaat. terimakasihgan.

    BalasHapus
  132. makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya keren banget

    BalasHapus
  133. terima kasih informasinya. semoga bermanfaat buat kita semua,amin.

    BalasHapus
  134. terima kasih sudah mau berbagi informasi

    BalasHapus
  135. Bermanfaat atas informasi yang telah disampaikannya terimakasih banyak ya, senang sekali saya berkunjung ke situs ini makasih banyak

    BalasHapus
  136. very-very nice site nih,artikel-nya banyak yg berbobot..makasih buat admin yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk berkenalan dengan para pengunjung yang lain..semoga sukses selalu..

    BalasHapus
  137. Saya gemar membaca artikel yang menarik dan yang bermanfaat, seperti yang sudah saya baca di website/blog ini informasinya sangat bagus dan bermanfaat. Saya ucapkan terimakasih banyak gan.

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top