06 Desember 2012
321 comments

Moge di Pinggir Sawah

Kamis, Desember 06, 2012

Motor gede (moge) itu terperosok ke sungai. Warga desa pun bersorak atas musibah yang menimpa pengendara moge yang dinilai sombong, dengan tingkahnya yang petentang-petenteng. Benarkah dia sombong?

Siapa yang tidak sebal melihat pengendara moge bolak-balik melewati jalan persawahan dengan kecepatan tinggi. Kalau dihitung, mungkin sudah lima kali pemuda berkacamata dan berjaket kulit hitam itu memacu moge-nya lewat situ. Raungan motor besar itu bukan saja memekakkan telinga, namun cara mengemudi pemuda itu pun menakutkan orang-orang yang lalu-lalang.

Tak cuma itu, gayanya juga terkesan angkuh. Setiap mendahului pengendara sepeda atau motor lain, sambil tetap ngebut dia selalu berteriak, “Pernah naik moge, belum?” Para petani yang berjalan beriringan menuju sawah juga tak luput ditanya, tanpa mengurangi kecepatan. “Hei Pak, pernah naik moge kayak gini, nggak?”

Jelas tingkah pemuda itu menyulut emosi orang-orang. “Sombong benar orang itu! Saya sumpahin jatuh, biar tahu rasa!” Ternyata sumpah-serapah itu mujarab. Tak seberapa lama moge itu benar-benar terperosok ke sungai di pinggir sawah. Orang-orang mensyukurinya. “Rasain! Itu balasan setimpal bagi orang sombong!”

Tapi anehnya, ketika dibantu sejumlah orang keluar dari parit, ia masih berlagak, “Pak, ada yang pernah naik moge?” Bedanya, kali ini ada tambahan pertanyaan’ “Remnya di sebelah mana, sih?”

Barulah semua orang sadar kalau pemuda itu sebenarnya tidak sombong. Ia ingin bertanya letak rem moge dan cara menghentikan motor itu, karena ia baru belajar mengendarai moge. Namun karena panik, pertanyaannya tidak lengkap, sehingga terkesan angkuh.

Nah, dalam pergaulan sehari-hari kita sering terlalu cepat berprasangka buruk kepada orang-orang yang perkataan atau perbuatannya kurang berkenan di hati kita. Padahal bila kita cermati, belum tentu mereka bermaksud buruk, bahkan mungkin bisa membantu kita.

Jangan menilai orang dari perkataan, perbuatan, atau penampilan semata. Mari menilai seseorang secara keseluruhan dan mengetahui latar belakang tindakannya. Mari biasakan berpikiran positif kepada siapa pun juga.



Sumber:
Majalah Sinergi 46


.

321 comments:

  1. Keren banget artikelnya gan.....

    BalasHapus
  2. di pingir sawahh , bagus juga :)

    BalasHapus
  3. siptt dchh nchh artikelnya:) walaupunn di pinggir sawah asal jangan kena lumpur aja :) syangg .

    BalasHapus
  4. ko dpinggi sawah sih ,, mangnya lagi apa ?? :D

    BalasHapus
  5. lucu, tapi memberi nasihat pada kita.
    trims :0

    BalasHapus
  6. menarik juga lucu bikin saya ketawa ....

    BalasHapus
  7. iya,,cerita ini sering sekali saya dengar,,,
    membeikan makna yang salam bahwa tidak boleh berprasangka buruk,,

    BalasHapus
  8. ternyata di balik pertanyaannya yang belum beres masih ada pertanyaan lain..

    BalasHapus
  9. Artikel yang sangat menarik...
    thanks bgt infonya. . .

    BalasHapus
  10. kirain ane bener tuch sombong... hahahha

    BalasHapus
  11. si pemuda baru naik moge ya hahaha

    BalasHapus
  12. Memang sih kadang kalau liat motor bolak-balik dengan kecepatan tinggi, kita yang liat juga bawaanya kesel banget tuh.

    BalasHapus
  13. Mogenya mau ikut bajak sawah......

    BalasHapus
  14. semoga kita bisa lebih pintar lagi dalam menilai orang lain.

    BalasHapus
  15. kalau keadaan nya seperti itu sih pasti sangat susah untuk kita berfikir positif.

    BalasHapus
  16. menilai orang lian itu memang susah dan tidak sembarang menilai..
    karena kalau kita sampe salah menilai bisa berakibat bahaya juga.

    BalasHapus
  17. artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  18. Kunjungan balik yaa gan :)
    www.novalbintangs.com

    BalasHapus
  19. banyak di antara kita yang menilai orang dari penampilannya doang.

    BalasHapus
  20. ahahhaha... cupu kali tuh yang punya moge.. baru punya makanya agak alay kek gitu :p

    BalasHapus
  21. waduhh sawahnya keselip tuhh ama motor
    heeee

    BalasHapus
  22. saya sangat suka moge gan..tp tdk kuat beli hehehe

    BalasHapus
  23. slm kenal gan..

    ditunggu artikel selanjutnya gan


    dokterpena.com

    jasa tulis artikel, jasa penulisan artikel

    BalasHapus
  24. ane setuju gan
    "Jangan menilai orang dari perkataan, perbuatan, atau penampilan semata. Mari menilai seseorang secara keseluruhan dan mengetahui latar belakang tindakannya. Mari biasakan berpikiran positif kepada siapa pun juga."
    silahkan kunjungan balik ya gan..
    commonwealth life perusahaan asuransi jiwa terbaik indonesia

    BalasHapus
  25. hm, aku juga suka geram kalau banyak pengendara motor, membawa motornya ugal-ugalan... yang lihat itu ngeri, yang dilihat malah pengangas pengenges.. menyebalkan

    BalasHapus
  26. hahahaha kirain beneran sombong
    eh taunya dia ga tau remnya dimana!!!
    berpikir positive itu penting!!

    BalasHapus
  27. trimakasih infonya bermanfaat bangat gan

    BalasHapus
  28. Klau kita baca sekilas memang kesannya sombong, tpi teryata,.....

    BalasHapus
  29. memang bener kita tidak boleh memandang orang dari luarnya saja.

    BalasHapus
  30. Gila bener luu banget ya ceritanya.....

    BalasHapus
  31. untung belajarnya disawah, cb di jalan raya dah modar itu hehe

    BalasHapus
  32. mas tukeran link yu , kalo minat komen balik ya, nanti saya langsung taruh link juragan di web saya , oke,

    BalasHapus
  33. Oh bener mas.. kita suka nyangka yang jelek jelek hanya karena melihat dari cara berpenampilan dan berbicara.. ya kaya contoh diatas, disangkanya sombong, padahal dia tidak tahu menahu soal moge yg dia sendiri tumpangi.. hihihi

    mantap mas artikelnya, bagus untuk masukan bagi orang orang yg suka beranggapan jelek.

    BalasHapus
  34. Terimakasih dengan adanya informasi ini bisa menjadi cerminan saya, untuk bisa menilai orang tidak tidak dengan perasangka buruk..

    BalasHapus
  35. Ceritanya inspiratif, penuh hikmah bahwa sombong bukan 'milik' kita, Sombong hanya milik 'Sang Pencipta' ya Omm...

    BalasHapus
  36. betul sekali tuh gan.. kalau menilai seseorang jangan cuma dari kilit luarnya saja..

    BalasHapus
  37. emang moge (motor gembel ) yang ngendarain juga gembel ...jadi susah sendiri
    bagus gan

    http://jakartafinestmeat.wordpress.com/

    BalasHapus
  38. benar, tuh mas. terkadang merekadan tingkah lakunya itu suka membuat khawatir warga, terutama di daerah perkampungan..

    BalasHapus
  39. bener sekali. sekarang banyak banget motor gede di jalanan. mereka naiknya tidak mau pelan pelan..

    BalasHapus
  40. siip, setuju banget. terkadang kita lebih mudah men-just seseorang daripada berkhusnudhon... :)

    BalasHapus
  41. keren bangat bangat gan infonya.........

    BalasHapus
  42. :) kebanyakan kita baru nyadar klo udah kejadian, tanpa berpositif thinking... so harus mulai dari sekarang, dari diri sendiri,...

    BalasHapus
  43. want to find a blog that can be used as a benchmark, seems to have been met.
    useful posts once I feel, read reviews interesting and complete.
    please stop by my blog yozidahfilputra.blogspot.com

    BalasHapus
  44. kapan ya mereka berhenti meresahkan warga sekitarnya?

    BalasHapus
  45. mantap juga tuh gan... keren deh

    BalasHapus
  46. wah ternyata tidak tahu letak remnya di mana??lucu banget....

    BalasHapus
  47. yg punya lagi ncari jangkrik tuh.. hehe

    BalasHapus
  48. Tidak berburuk sangka dan memberikan kesempatan mereka untuk berkarya dengan gayanya.

    BalasHapus
  49. bener gan, berpikir positif anda akan menambah aura yang positif anda, so positif thinking lah selalu.

    BalasHapus
  50. siptt dchh nchh artikelnya:) walaupunn di pinggir sawah asal jangan kena lumpur aja :) syangg .

    BalasHapus
  51. info nya sangat bagus nie gan ,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  52. dalem banget dah ..makasih untuk artikelnya ..
    :)

    BalasHapus
  53. kadang mereka perlu diperingatkan supaya tidak meresahkan masyarakat sekitar

    BalasHapus
  54. info yang sangat bagus nie gan ,,,,,,,,,

    BalasHapus
  55. enggak semuanya gitu kok, sebagian lagi ada yang tetap peduli sama lingkungan

    BalasHapus
  56. intinya kita jgn dulu suudzon ya gan

    BalasHapus
  57. bener gan, berpikir positif anda akan menambah aura yang positif anda, so positif thinking lah selalu.

    BalasHapus
  58. Sayang banget tu motor, berarti mulai sekarang harus lebih hati hati lagi gan.

    BalasHapus
  59. buruk sangka hanya akan mengotori hati gan . .

    BalasHapus
  60. kunjungan perdana, salam kenal..

    :)

    BalasHapus
  61. makasih gan ..infonya bikin kita berfikir untuk tidak berfikir negatif terhadap seseorang. .

    BalasHapus
  62. Waaaaah keren banget artikelnya...!
    salam kenal dan semoga sukses selalu ya!

    BalasHapus
  63. wah sangat keren sekali nih gan dan sangat indah dengan pemandangannya

    BalasHapus
  64. mereka hanya hilap tuh pak, sombong...

    BalasHapus
  65. betul..tuh betul,,jangan hanya menilai orang dengan sekilas aja,,

    BalasHapus
  66. keren banget ceritanya mengandung nasihat yang bermanfaat banget buat kita

    BalasHapus


  67. Beritanya menarik untuk di simak,

    makasih ya gan atas infonya

    BalasHapus
  68. keren bais nih... bikin perut ane sakit nagakak abis

    BalasHapus
  69. mantapppp ... makasih usah bikin saya tertawa

    BalasHapus
  70. Beberapa tahun belakangan ini, pantai di Pulau Tidung menjadi perhatian banyak orang di dunia diving dan snorkeling.

    Tertarik mencoba diving dan snorkeling di Pulau Tidung? Silahkan kunjungi website kami di: www.pulautidungseribu.com

    BalasHapus
  71. Lucu Juga bos... andainya gw jadi orang yang punya moge, eleh elehhh

    BalasHapus
  72. menarik juga nih sob critanya

    BalasHapus
  73. huumm,,jangan sampai dekh kita jadi orang yang sombong dengan apa yang kita punya

    BalasHapus
  74. keren sich tapi sayang mogenya

    BalasHapus
  75. Motor bagus mah gak apa-apa ada di pinggir sawah juga, yang bakalan jadi masalah mah kalau motor jelek ada di rumah mewah....he

    BalasHapus
  76. yah klo motornya kerentt mauu di foto dimanapun pasti tetap kerentt :) . siptt nice share :)

    BalasHapus
  77. ternyata oh ternyata . . . memang sudha kodrat manusia gna . .

    BalasHapus
  78. wah, mantep banget sob,
    kira2 gua bisa makek gak ea ?

    BalasHapus
  79. wkwkwkw
    mantap artikelnya gan,,,
    kirain dia bener2 sombong ehhhh
    dia gk tau dimana remnya....

    BalasHapus
  80. Saya suka cerita di atas Pa' terkadang memang kita harus diam atau menghindar untuk menghadapi hal2 yg tak terlalu penting untuk kita lakukan.. (y)

    BalasHapus
  81. terimaaksih gan atas infonya ini sangat bermanfaat bagi saya dan sejujurnya website saya lagi kena apdet google dari halaman 1 turun derastis ke halaman 7, sekarang saya lagi pusing gimna cara menaikannya kembali. Kalau agan punya cara mohon konfirmasinya dan salam sukses selalu.

    BalasHapus
  82. bagus artikelnya gan,,,,
    semangat terus yah...

    BalasHapus
  83. makasih Gan udah sharing.........

    BalasHapus
  84. hhaaaaaa,,, trnyata eh ternyata..

    BalasHapus
  85. informasinya sangat menarik sekali.. menggugah hati saya untuk membacanya ...

    BalasHapus
  86. terimakasih atas semua pencerahannya gan.. blog ini sangat inspiratif bagi saya !

    BalasHapus
  87. info yang sangat menarik sekali sobat. benar bnget artiklnya dan memang pantas sekali..

    BalasHapus
  88. wah, bagus sekali artikelnya mas bro. mantap dah

    BalasHapus
  89. waduh sayang sekali itu gan. padahal harganya gila bener

    BalasHapus
  90. wah mogenya pngen nongkronh di pinggir sawah nii .. :D

    BalasHapus
  91. orang kaya emang suka gitu gan.. suka lupa posisi

    BalasHapus
  92. maksih banyak atas semua info nya ,,,

    BalasHapus
  93. mogenya lagi cari angin segar yaa ,, :D

    BalasHapus

  94. informasi yang sangat menarik dan mengagumkan semoga anda menang dalam kontes ini dan jangan lupa kunjungan baliknya gan
    salam blogger jogja

    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    BalasHapus
  95. lucu banget ya artikelnya
    makanya kalau nilai orang itu jangan langsung nilai negatif

    BalasHapus
  96. ya kak.. bnr bgt.
    kita harus berprasangka baik pd org..
    artikel ini bnr" memberi pembelajaran yg berharga.. ^^
    makasih udh share..

    BalasHapus
  97. sip bener banget gan... kita jangan pernah berfikiran negatif dlu sama siapapun sebelum kita kenal dan kita tahu apa maksud dan tujuan orang itu,, Dengan kita selalu berfikiran positif, tentunya kita akan hidup tenang dan tidak di penuhi rasa ketakutan.. juga akan anyak teman... bener ga?

    BalasHapus
  98. Infonya mantap gan,terimakasih & sukses.

    BalasHapus
  99. makanya jangan dulu berprasangka bruk dulu sama orang

    BalasHapus
  100. mantap abis ceritanya... lumayan bikin nagakak

    BalasHapus
  101. pengalaman siapa tuh gan,,,, hahaha bikin ngakak abis

    BalasHapus
  102. blog yang berkwalitas dan artikelnya aktual. Thanks gan.

    BalasHapus
  103. itu mungkin lgi pamer moge sob....

    BalasHapus
  104. moge baru kali yahhh...maknya di pamerin!

    BalasHapus
  105. Pertama kali baca kesannya sombong banget tuh pengendara motor.

    BalasHapus
  106. heee... ternyata cerita ini sangat mnarik dan penuh makna.

    BalasHapus
  107. hahaha.......!itu lah akibatnya kalo kita sombong....!makasih ah gan atas info nya...!

    BalasHapus

  108. mantap juga nie gan sangat menarik.........

    BalasHapus
  109. gak jelas bget tu pengendara mogenya..

    BalasHapus
  110. salam kunjung...!
    salam kenal...!
    salam sukses...!
    thanks to share :)

    BalasHapus
  111. sayang ya motornya bagus..

    BalasHapus
  112. dari pada bli moge mending bli sesuatu yang lbh bermanfaat

    BalasHapus
  113. wkwkwkw
    mantap artikelnya gan,,,
    kirain dia bener2 sombong ehhhh
    dia gk tau dimana remnya....

    BalasHapus
  114. Cerita Ini ada pesen tersembunyi pastinya.. setelah membaca sampai terakhir ternyata iya.. :)

    pesannya bagus bang..:)

    BalasHapus
  115. Pesannya sampai kepada pembaca, khususnya kepada saya.

    BalasHapus
  116. Antara kesombongan dan iri hati,memang sangat sulit tuk di hindari.Hanya orang-orang yg banyak bersukurlah,yang dapat ketenangan jiwa,makasih sob ceritanya.

    BalasHapus
  117. Setelah ku baca.. aku hanya bisa tersenyum :)

    BalasHapus
  118. hi,
    nice post thank you for share such information it was so helpful for me ^___^

    BalasHapus
  119. Hayo pengalaman siapa tuh cakcakcak.. mantab the..

    Lihat Juga:

    SeoTry

    Terima kasih..

    BalasHapus
  120. HAHA...saya kira kisah nyata..tapi ternyata cerita bermakna...benar sekali kata mas tukul do not juge the book from the kover...kembali ke laptop.....

    BalasHapus
  121. mogenya dapet minjem ..jadi gitu tuh..gak tau letak remnya..

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top