06 November 2012
429 comments

Hmmm… 3 x 7 = 21 ???

Selasa, November 06, 2012

Di sebuah padepokan di China pernah hidup seorang Guru yang sangat dihormati karena kebijaksanaannya. Suatu hari, dua murid menghadap sang Guru. Mereka bertengkar hebat dan hampir beradu fisik. Yang mereka ributkan adalah tentang hitungan 3x7.

Murid pandai mengatakan hasilnya adalah 21, sedangkan murid bodoh ngotot 27. murid bodoh menantang murid pandai dan meminta sang Guru menjadi juri untuk mengetahui siapa yang paling benar di antara keduanya.

Murid bodoh menyeletuk dengan yakin, “Jika saya yang benar bahwa hasil 3x7 adalah 27, maka engkau harus mau dicambuk 10 kali oleh Guru. Tetapi jika jawabanmu yang benar, yaitu 21, maka saya dengan senang hati akan memenggal kepala saya sendiri… Hua.. ha.. haa..” Murid bodoh menantang sambil tertawa dengan penuh kepercayaan diri.

Mendengar pernyataan murid bodoh, sang Guru pun kaget. Ia tersenyum dan berdiri. Sejurus kemudian Guru mencambuk sepuluh kali murid pandai, yang menjawab hasil perkalian adalah 21. Murid pandai terkejut bukan kepalang dan memprotes sikap Guru. “Ini tidak adil! Jawaban saya yang benar, tapi mengapa Guru justru menghukum saya?
Sang Guru menjawab, “Hukuman ini bukan untuk hasil hitunganmu, tapi untuk KETIDAKARIFANMU yang mau berdebat dengan orang bodoh yang tidak tahu kalau 3x7 adalah 21!” Ia melanjutkan, “Lebih baik melihatmu dicambuk dan menjadi ARIF daripada harus melihat satu nyawa terbuang sia-sia.”

Nah, dari kisah di atas, ada yang bisa kita ambil sebagai pesan moral. Jika kita sibuk memperdebatkan sesuatu yang tak berguna, berarti kita sama salahnya, atau bahkan lebih salah, daripada orang yang memulai perdebatan. Sebab, dengan sadar kita membuang waktu dan energi untuk hal yang tidak perlu. Bukankah kita sering mengalaminya?

Itu bisa terjadi dengan pasangan hidup, tetangga, atau kolega. Berdebat atau bertengkar untuk hal yang tak berguna hanya menguras energi. Ada saatnya kita diam untuk menghindari perdebatan atau pertengkaran yang sia-sia. Diam bukan berarti kalah, bukan?


Sumber:
Majalah Mustahiq
Menebar Senyum, Berbagi Bahagia  

.

429 comments:

  1. Inspiratif sekali. Mungkin mirip dgn analogi: Marah2 kpd org gila, Tersenyum kpd org buta atau Menasehati org dlm keadaan mabuk.
    Intinya harus tau sikon dan bisa menempatkan diri.

    BalasHapus
  2. mudah2an guru2 bijak seperti yang ada dalam cerita masih banyak pada saat ini

    BalasHapus
  3. menarik sekali ceritanya gan,,sangat bermanfaat dan menjadikan motifasi bago yang membacanya..

    BalasHapus
  4. bner banget gan, setuju deh ..
    terkadang kita harus mengalah demi kebaikan bukan jangan ingin menang sendiri meskipun b=kita sendiri yang benar

    BalasHapus
  5. yaappss, yang terbaik kontrol emosi dan napasu kita.. jangan sampe terhasut rayuan setan

    BalasHapus
  6. meperdebatkan sesuatu yang tidak penting hanya akan membuat masalah dan membuang energi.

    BalasHapus
  7. bener banget tuh gan..
    masih mending kita diem aja dari pada meributkan hal bodoh..
    karena jika kita ributkan berarti kita juga sama-sama bodoh nya.

    BalasHapus
  8. kepintaran tidak akan berguna jika tidak di imbangi dengan kerarifan.

    BalasHapus
  9. artikel yang bagus...
    semoga bisa di jadikan pelajaran untuk kita.

    BalasHapus
  10. subhanallah,,,
    masi adakah didunia yang seperti ini guru yang sangat bijaksana sperti itu??
    mgkin hal yang mustahil kalo ada guru yang ada seperti itu,,,,
    karena skg bnyak org yang mementingkan dirinya sendiri daripada nyawa org lain,,,

    BalasHapus
  11. berarti berdebat dengan orang bodoh tidak perlu menang ya,,karena dia akan selalu merasa benar...

    BalasHapus
  12. keren amat niihh infonya..makasih gan..

    BalasHapus
  13. sajian informasi yang menarik banget niyh.. postingannya juga bagus rapi dan enak buat dipandang. Makasih za atas info yang luar biasa nya ini. Salam Blogger

    BalasHapus
  14. Mampir mas... Diam itu lebih bak mas.. heheh

    BalasHapus
  15. mantap gann,,,bener banget deh..makasi yah..

    BalasHapus
  16. bener gan...
    konyol banget ngotot buat hal yang enggak penting..

    BalasHapus
  17. hahaha....yg goblok sapa yaaa?

    Follow me at Forex Trader

    BalasHapus
  18. artikel yang menarik...
    terimakasih banyak atas informasinya :D

    BalasHapus
  19. Setidaknya setiap kita mempunyai kekurangan.Jadi ada baiknya kita saling membantu dan melengkapi.

    BalasHapus
  20. dari cerita ini penuh makna dan palsafah

    BalasHapus
  21. ceritanya menggelitik tapu maknanya sangat dalam.

    BalasHapus
  22. sungguh luar biasa sekali isi postingannya.. ane salut sama penulis di blog ini.. luar biasa sekali

    BalasHapus
  23. salut baget ya dengan penulis artikel ini
    pintar kalau tidak di imbangi dengan keaaripan itu akan sia sia

    BalasHapus
  24. oalah... kenapa dicambuk yah, kan bisa dejelaskan pelan" biar ga ada kekerasan dalam pembelajaran

    BalasHapus
  25. diam itu emas, dan lebih baik daripada kita gak karuan thanks atas infonya........!

    BalasHapus
  26. Pagi menjelang siang gan
    _ makasih yah untuk artikel nya dan terus eksis yah di dunia blogeer
    kami tunggu postingan terbarunya
    :D

    BalasHapus
  27. mantabs gan sungguh cerita yang sangat mendidik dan mengajarkan suatu kebenaran dari seorang guru terhadap muirdnya terimakaih gan atasi informasinya

    BalasHapus
  28. makasih yah gan atas informasinya.. ane suka...

    BalasHapus
  29. hahah
    mau aja taruhan sama orang bodoh .
    bermakna banget gan artinya

    BalasHapus
  30. berkunjung gan ..
    postingan yang sangat mendidik

    BalasHapus
  31. benar sekali mas , serasa percuma kita berdebat dgn org yg tidak faham .
    semoga msh ada org2 bijak seperti dalam cerita tadi :)

    BalasHapus
  32. aku juga nih gan...
    nice share gan

    BalasHapus
  33. kisah yang menarik, kita selalu ingin diskusi dengan niat menjatuhkan orang, jauhi ya!

    BalasHapus
  34. luar biasa sekali informasi yang disajikan ini. sungguh sangat bermanfaat sekali. dan saya berharap blog ini dapat terus menerus trafiknya naik. dan jumlah visitor semakin banyak.

    BalasHapus
  35. setujuuu... namanya mengalah sebagai keputusan terbaik :D nice post :D

    BalasHapus
  36. wew, gara2 tidak arif jadi kena cambuk..
    hm hm

    BalasHapus
  37. memang informasi yang disajikan anda begitu luar biasa, saya sangat senang dapat memberi komentar disini dan menjelajah artikel demi artikel di blog ini. luar biasa itulah yang dapat saya katakan untuk web blog ini.. nice POST!!

    BalasHapus
  38. Artikel yang menarik...
    salam kenal dan semoga sukses :D

    BalasHapus
  39. Artikel yang menarik
    mantap nih topiknya

    blog gue :http://petualangunik.blogspot.com/

    BalasHapus
  40. Betul, jangan melakukan hal yang sia sia... hanya membuang waktu saja

    BalasHapus
  41. memang benar 3x7=21

    klo 4x4=16
    sempat gax sempat
    harus d balas

    heheheh

    BalasHapus
  42. Kasih jempol empat dah buat psotingan dan artikel nya ..
    maaf yah bila memang saya sudah menjai spammers disini..
    _namun tetap eksis yah gan di dunia blogger.

    BalasHapus
  43. informasi yang disajikan agan emang TOP BGT lah.. kena banget ama makna nya. Ane yakin blog ini pasti bakalan jadi media yang memberi inspirasi buat para blogger lainnya. nice dan exellent 4 ur postings

    BalasHapus
  44. Dapet ilmu baru nich. . .
    makasih bnyak infonya,sangat berguna sekali gan. . .

    BalasHapus
  45. iya nich ilmu baru ..mudah-mudahan bermanfaat..

    BalasHapus
  46. Informasinya sangat bagus dan menarik, dengan adanya pemberitahuan ini mungkin saya tidak bisa mengetahui apa info yang baru. Tapi dengan fostingan Anda saya bisa menambah ilmu pengetahuan saya. Terimakasih!

    BalasHapus
  47. Terima kasih sob atas penulisan cerita di atas, saya merasa mendapatkan ilmu dari membaca cerita di atas.

    BalasHapus
  48. Terima kasih atas penyajian informasinya.

    BalasHapus
  49. Selogan yang bagus, "Diam bukan berarti kalah"...

    BalasHapus
  50. yahlah yang namanya matematikan klo 3x7 aja 27 SALAH besarr ,, hhihihi :)

    BalasHapus
  51. ini kisah luar biasa jadikan pelajaran kalo kita gak boeh berdebat sama orang bodoh karna sama aja kita bodoh ...
    heheheheheheh

    BalasHapus
  52. keren banget gan iformasi infonya.........

    BalasHapus
  53. Filosofi ini bisa juga diterapkan ke dalam aktifitas bisnis.

    BalasHapus
  54. Kita jangan merasa paling benar hingga akhirnya menutupi kebijaksanaan. setiap keputusan dan prilaku harus kita putuskan dengan teliti dan hati-hati agar tidak berdampak buruk yang lebih besar

    BalasHapus
  55. Wow, ini artikel sangatfrynki

    BalasHapus
  56. ini pelajaran sangat berguna sekali, penuh dengan filososfi. sederhana namun mengena

    BalasHapus
  57. makasi buat infonya,sangat menarik sekali..

    BalasHapus
  58. mantaf baget gan informasinya sangat bermanfaat....

    BalasHapus
  59. lucu banget ceritanya............

    BalasHapus
  60. artikel yang sangat bagus dan sangat berguna sekali tuk saya terimakasih banyak atas infinya......!

    BalasHapus
  61. hebat,,,,belum pernah menemukan guru se bijaksana beliau

    BalasHapus
  62. bner banget gan, setuju deh ..
    terkadang kita harus mengalah demi kebaikan bukan jangan ingin menang sendiri meskipun b=kita sendiri yang benar

    BalasHapus
  63. Informasi yang sangat menarik

    BalasHapus
  64. Terima kasih atas informasinya gan

    BalasHapus
  65. penuh filosofi dan sangat berarti sekali gan thank infonya

    BalasHapus
  66. kern abis infonya gan..........

    BalasHapus
  67. Jangan pernah terhasut sama emosi.,,

    BalasHapus
  68. hehehe... betul juga, kebanyakan sekarang mendingan ribut...! hahaha...
    nice gan!

    BalasHapus
  69. Saya sangat sependapat dengan Anda, kita lebih sering meributkan sesuatu yang tidak berguna.

    BalasHapus
  70. terimakasih telah berbagi pengetahuannya

    BalasHapus
  71. ahirnya saya menemukan blog ini.. makasih ya rob. blog ini emmang bagus untuk di baca

    BalasHapus
  72. Mantaf banget infonya.........

    BalasHapus
  73. haha lucu kali tuh kedua murd yang ribut karena 7 x 3 .....

    BalasHapus
  74. Mantap gan postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih dan selamt pagi.

    BalasHapus
  75. mereka selalu mengambil pelajaran dari hal2 yang simple dan akhirnya menjadi pelajaran yang berharga..

    BalasHapus
  76. keren artikelnya bermanfaat banget gan.....

    BalasHapus
  77. kunjungan sore nih gan..
    oiya kami tunggu artikel selanjutnya namun jangan lama lama yah..heheee

    BalasHapus
  78. bingung antara benar atau tidak ya tindakan gurunya

    BalasHapus
  79. kalo sekolah yach yang bener itu bearti dapat nilah. kalo nilai 0 bearti salah..haha gitu aja kok susah :)

    BalasHapus
  80. wah keren artikelnya sob, ad juga blog saya sob sepi lum ad teman heheh

    BalasHapus
  81. ada waktu untuk diam,, ad waktu untuk berdebat,,, letakkan sesuatu pada tempatnya,, sikap guru itu sudah sangat bijaksana

    BalasHapus
  82. Memang sering kejadian seperti itu disekitar kita. Jadi apa gunannya ngotot..Yang penting kita punya pegangan ..

    BalasHapus
  83. makasih banyak untuk informasinya gan!!

    BalasHapus
  84. Perhitungan matematik. wah kurang mengerti saya.

    BalasHapus
  85. keren banget ceritanya, makasi sharenya

    BalasHapus
  86. wah, cerita anda menyentuh sekali dan saya sangat terkesan. Kiranya kelak akan bisa menjadi bahan pelajaran bagi saya sendiri untuk selalu bersikap arif

    BalasHapus
  87. Ketika membaca introcerpen di atas, saya memutuskan untuk membaca keseluruhan. Ceritanya sangat mengena di hati saya, sebab saya melihat di masyarakat sangat banyak kejadian seperti itu.

    BalasHapus
  88. Wah sangat bagus dan bermanfaat sekali informasinya, gan. Terima kasih banyak gan

    BalasHapus
  89. penggambaran yang bagus tuh gan,,,

    menariks ekali

    BalasHapus
  90. Informasinya sangat menarik dan bagus sekali. Mantap bos....thk's

    BalasHapus
  91. melati kecepatan dalam berpikir tentunya..

    BalasHapus
  92. bagus banget infonya gan. makasih banyak

    BalasHapus
  93. luar biasa...perdebatan tanpa berpikir hanya akan membuat segalanya kian ribet..jalani apa adanya...

    BalasHapus
  94. Mantap, bacaan yang bagus.. pesan moral nya juga bagus.. bermanfaat.. terima kasih broo

    BalasHapus
  95. menang tak akan selalu benar,selama cara menangnya salah..

    BalasHapus
  96. infonya menarik banget gan ane suka gaya postingan agan.. keren .... ane yakin blog ini dapat dijadikan inspirasi oleh para blogger lainnya...

    BalasHapus
  97. ada-ada aja nih, tp seru gan bikin kagak ngantuk :D hahaha...

    BalasHapus
  98. keren ceritanya, memang harus begitu mereka yang pintar harus bisa memaklumi orang bodah dengan kepintaranya

    BalasHapus
  99. pertengkaran selamanya tidak akan pernah bisa menyelesaikan permasalahan.. Tapi pertengkaran hanya akan menambah masalah... masalah itu sebaiknya diselesaikan dengan cara musyawarah dan di bicarakan dengan baik2...

    BalasHapus
  100. betul sekali. kayak para petinggi yang berdebat mempersoalkan hal2 sepele

    BalasHapus
  101. setuju kawan, kami mendukung sepenuhnya opini anda..

    BalasHapus
  102. mantaf artikelnya bermanfaat banget gan...

    BalasHapus
  103. ^
    iya gan, memang enggak ada yang bodoh,,...
    hanya saja banyak yang kurang hati-hati dan ceroboh.. atau paling tidak terlalu besar kepala

    BalasHapus
  104. Wow.. menarik sekali gan ceritanya..

    BalasHapus
  105. Sungguh luar biasa artikel yang disajikan sangat bermanfaat dan berguna sekali untuk ke arah yang lebih SUKSES. Terimakasih gan

    BalasHapus
  106. wkwk..bodoh jangan di pelihara..salam

    BalasHapus
  107. benar sobat berdebat yg tidak ada manfaatnya hanya akan menghabiskn waktu dan energi saja...lebih baik waktu dan energi kita dimanfaatkan pada hal yang bermanfaat..sukses selalu sobat...

    BalasHapus
  108. tulisannya menggugah selera he he he

    BalasHapus
  109. Mantap seklai mas bro... ku tunggu info berikutnya ya.....

    BalasHapus
  110. info yang sangat bagus mas,,,info yang sngat bermanfaat sekali buat saya,,terima kasih banyak ya...semoga selalu menciptakan karya-karya terbaiknya,, dan ditunggu update postingannya selanjutnya...mantap!!

    BalasHapus
  111. Sangat bagus untuk dijadikan motivasi.

    BalasHapus
  112. benar sekali, terkadang kita harus mengalah demi kebaikan orang lain,
    dan juga kita harus mengerti apa yang menurut kita benar, belum tentu benar bagi orang lain.. :)

    BalasHapus
  113. Cerita yang menarik gan, terimakasih sudah boleh berkunjung. Semoga kedepannya semakin sukses

    BalasHapus
  114. Saya tunggu artikel yang bermakna berikutnya.

    BalasHapus
  115. Artikel yg sangat menarik sekali gan. . . .
    nice post . .

    BalasHapus
  116. kita bisa belajar seperti kejadian di atas tadi..antara si bodoh dan si pintar...

    BalasHapus
  117. Informasinya sangat bagus dan menarik, dengan adanya pemberitahuan ini mungkin saya tidak bisa mengetahui apa info yang baru. Tapi dengan fostingan Anda saya bisa menambah ilmu pengetahuan saya. Terimakasih!

    BalasHapus
  118. tulisan yang sangat menarik untuk dijadikan kajian gan!

    BalasHapus
  119. nice share gan... kocak juga ya dipikir-pikir

    BalasHapus
  120. keren banget gan artikel nya...........

    BalasHapus
  121. blogwalking siang gan semoga sukses

    BalasHapus
  122. subhanallah.
    menjauhi debat kusir lebih baik, dari pada menghabiskan waktu dan energi untuk hal yang sia-sia.

    Inspiratif.
    sukses gan dengan blog nya...

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top