28 Agustus 2011
140 comments

Menghitung Zakat Profesi

Minggu, Agustus 28, 2011
Zakat penghasilan atau zakat profesi (al-maal al-mustafad) adalah zakat yang dikenakan pada setiap pekerjaan atau keahlian profesional tertentu, baik yang dilakukan sendirian maupun bersama dengan orang atau lembaga lain, yang mendatangkan penghasilan (uang) halal yang memenuhi nisab (batas minimum untuk wajib zakat) dan telah mencapai masa satu tahun (haul).

Contohnya adalah pejabat, pegawai negeri atau swasta, dokter, konsultan, advokat, dosen, makelar, seniman, dan sejenisnya. Ketentuannya adalah sebagai berikut:
  1. Mencapai nisab, setara dengan 85 gr emas atau 520 kg beras (misal harga emas per gram adalah Rp 325.000, maka nisabnya adalah 85 gr x Rp 325.000 = Rp 27.625.000)
  2. Kadar zakatnya 2,5 persen
  3. Dibayarkan setiap kali menerima penghasilan (gaji) atau di akhir tahun
Contoh penghitungan zakat profesi:
Menghitung dari penghasilan kotor (bruto)
Cara penghitungannya adalah: penghasilan (gaji) keseluruhan dikalikan 2,5 persen
Misal: Pak Royan mendapat gaji kotor selama satu tahun Rp 30 juta. Karema jumlah tersebut telah mencapai nisab (85 gr emas), maka zakat yang harus dikeluarkan adalah Rp 30 juta x 2,5% = Rp 750 ribu per tahun atau Rp 62.500 per bulan.

Menghitung dari penghasilan bersih (netto)
Cara penghitungannya adalah: penghasilan (gaji) keseluruhan dikurangi utang dan tanggungan pokok bulanan dikalikan 2,5 persen
Misal: Ibu Reni mendapat gaji bersih setelah dikurangi utang dan tanggungan pokok) Rp 1.250.000 setiap bulan. Karena jumlah tersebut belum mencapai nisab (setara 85 gr emas), maka tidak berkewajiban mengeluarkan zakat, tetapi dianjurkan berinfak sebagai pembersih hartanya.

Mengeluarkan zakat profesi dari penghasilan kotor itu lebih afdhal (utama) untuk membersihkan diri dan harta selain sebagai bentuk ta’abbud (pengabdian/ ketaatan kepada Allah).

Sumber:
Yatim Mandiri
Gambar: ekonomisyariat.com


.


140 comments:

  1. Alhamdulillah dapat ilmu lagi siang ini di sini sahabat.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H...Mohon Maaf Lahir dan Batin dan semoga amalan ibadah kita selama bulan Ramadhan ini diterima Allah Ta'ala aamiin

    BalasHapus
  2. ayo ayo mari kita zakat infaq untuk menabung pahal di akherat nanti, zakat itu penting lho, terima kasih atas artikelnya.

    BalasHapus
  3. Padahal nominalnya kecil 2,5%, tapi implementasinya sulit sulit, trims telah berbagi...

    BalasHapus
  4. Selamat Idulfitri 1432 H pak.
    Mohon Maaf Lahir Bathin
    Semoga secepatnya saya bisa berzakat profesi. Amin

    BalasHapus
  5. minalaidin walfaidhin mohon maaf lahir & batin

    BalasHapus
  6. Minal Aidzinwalfa Idzin y kawan...
    :)

    BalasHapus
  7. zakat termasuk dalam rukun islam dan wajib hukumnya untuk dikeluarkan.,
    minal aidzin yaa

    BalasHapus
  8. ribet juga ternyata,,
    semoga mkin bnyak nihh yang gemar beramal dan membayar zakat :)

    BalasHapus
  9. mkasih bnyak infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. wah dapat ilmu baru nih sob,,sangat bermanfaat sekali untuk dunia dan akhirat nih, hehe

    BalasHapus
  11. nice share kak, buat tahun depan
    hehe

    BalasHapus
  12. persenannya sihh cuma 2.5%, tapi pasti jadi bahan pertimbangan tersendiri untuk yang gajinyaa sudah lebih dari ratusan juta, karena zakatnya juga semakin besar.. hehe

    BalasHapus
  13. semoga semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya berzakat..

    BalasHapus
  14. memang dahsyat ajaran Islam ini ya gan,membersihkan harta dengan zakat

    BalasHapus
  15. sangt sejutu ZAKAT itu sangat penting..
    karana sebagian harta kita org tak punya juga...
    Minal aidzin walfaidzin y kawan

    BalasHapus
  16. Semoga zakat bisa membuat indonesia lebih baik.

    BalasHapus
  17. kalo menghitung tentang jakat propesi kayanya saya belum sobb,,,
    karena belum mencapai itu, hehe

    BalasHapus
  18. mari kita berzakat untuk membersihkan diri kita

    BalasHapus
  19. oh ternyata perhitungan zakat profesi seperti itu ya,,,,
    thanks ya sangat bermanfaat sekali ilmunya

    BalasHapus
  20. perhitungan zakat yang informatif

    BalasHapus
  21. thanks y dah share Info nya kawan...
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. saya acungi jempol buat orang yg profesi nya yg sering mengurus zakat...

    hehe

    BalasHapus
  23. ilmu yang bermanfaat..
    terimakasih udah di share
    jadi tau nih..

    BalasHapus
  24. oke juga ilmu nya sangat menarik nie..........

    BalasHapus
  25. mkasihh ya ilmunya bermanfaat bgt,,,

    BalasHapus
  26. Makasih ya infonya bermanfaat bgt nich..!!!

    BalasHapus
  27. kalo yg gajih'a di bawah 5jt/th tp dia pgn ngsih zakat gmna??

    BalasHapus
  28. thxs bgt gan,, info yg bagus, buat menambah wawasan

    BalasHapus
  29. Ilmu baru untuk saya. Saya pikir yang wajib dizakati hanya harta yang sudah jadi milik kita. Ternyata profesi juga wajib dizakati ya.

    BalasHapus
  30. oke juga nie info nya sangat menarik nie........

    BalasHapus
  31. wah jadi tau neh...
    bermanfaat banget ini

    BalasHapus
  32. ayo rame rame berzakat :)
    makasih mas info'a

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah dpt ilmu lg. . .
    Mksh mas infonya. . .

    BalasHapus
  34. terimakasih mas ilmunya , sangat bermaanfaat :)

    BalasHapus
  35. terimakasih sudah mengingatkan saya,,,,

    BalasHapus
  36. thanks mass,,,

    jdi tahu deh kewajiban kita,,,

    BalasHapus
  37. makasih mas udah nginetin tentang zakat

    BalasHapus
  38. mantap juga nie mas sangat menarik dan sangat bagus nie..........

    BalasHapus
  39. alhamdulillah,,ada yg sharing ilmu zakat,,
    makasih ya mas edd

    BalasHapus
  40. kalo belum nisab,tapi pengen ngeluarin zakat gimana tuh mas??

    BalasHapus
  41. owh gt yach caranya berzakat..
    jd lebih te besar kcillnya harta yang harus di zakat kan .
    :)
    mksh gan ..

    BalasHapus
  42. mari berzakat makasih infonya salam kenal

    BalasHapus
  43. akhhem,,,zakat emang penting buat kemaslahatan umat,,

    BalasHapus
  44. disamping zakat itu kewajiban,,zakat juga bisa membantu masyarakat lain yg membutuhkan

    BalasHapus
  45. zakat itu pentin dan wajib

    BalasHapus
  46. makaasih ni atas infonya,,zakat memamg sebuah kewajiban bwt kita yang mampu selain untuk membantu orang lain juga untuk membersihkan harta kita sendiri,,
    thanks ya...

    BalasHapus
  47. kalo kt pnya uang lebih apa salahnya di zakatkan...
    thanks ya atas infonya.

    BalasHapus
  48. duluu uga di skull pernahh diajarinn ngitungg jakatt..

    BalasHapus
  49. info nya sangat bagus nie dan sangat menrik nie.....

    BalasHapus
  50. zakat juga bisa memperpanjang rezeki kita...

    BalasHapus
  51. trims atas info ttg penghitungan zakatnya,ni sangat bermanfaat.
    salam kenal.

    BalasHapus
  52. oke juga nie sangat menarik nie,,,,,,,

    BalasHapus
  53. trims gan atas cara penghitungan zakatnya...
    smoga kita semua akan selalu ingat ttg pentingnya berzakat...
    salam kenal..

    BalasHapus
  54. mantap nie sangat menarik nie gan,,,,,,,,

    BalasHapus
  55. semoga kita tidak melupakan kewajiban kita untuk berzakat,,
    terimakasih mas artikelnya

    BalasHapus
  56. zakat itu penting buat kemaslahatan umat,,

    BalasHapus
  57. harus mencapai nisab dulu ya mas,,

    BalasHapus
  58. kalo udah mencapai nisab,sebaiknya kita harus langsung dizakatkan,,

    BalasHapus
  59. oke juga nie info nya sangat bagus nie dan sangat abgus ......

    BalasHapus
  60. oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

    BalasHapus
  61. Zakat profesi sering dilupakan oleh setiap orang. Dan kadang tak semua orang mengetahui perhitungannya.
    Untuk itu, posting artikel di atas sangat membantu sekali. Thanks... Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  62. menarik ya..
    thanks buat infonya :)

    BalasHapus
  63. saatnya evaluasi diri hitung penghasilan...
    Makasih gan,

    BalasHapus
  64. ALhamdulillah skrng tau brp yg harus saya zakati dr penghasilang saya...

    BalasHapus
  65. zakat itu harus di keluarkan
    jngn sayang2 mengeluarkan zakat
    tandanya orang itu kikir

    BalasHapus
  66. Makasih tipsnya sobat, sangat berguna nih..

    BalasHapus
  67. zakat termasuk rukun islam..
    jadi kita wajib untuk melaksanakannya :)
    thanks untuk infonya, semoga bermanfaat,

    BalasHapus
  68. thanks, memang zakat sangat penting

    BalasHapus
  69. zakat utk membersihkan harta kita yg sudah kita dapatkan. tks infonya gan atas artikelnya. slm knl

    BalasHapus
  70. Artikel yang sangat menarik, semoga bermanfaat bagi banyak orang, salam kenal dari Toko Furniture Jepara.com

    BalasHapus
  71. terimakasih atas infonya sangat berguna sekali nii

    BalasHapus
  72. iyah memang penting buat keselamatan kita juga nantinya

    BalasHapus
  73. ilmu yang bagus.. supaya banyak orang - orang berkerja dengan gaji besar untuk ingat selalu soal zakat ini

    BalasHapus
  74. masih nganggur , jadi belum bisa ngeluarin zakat. semoga cepet dapet kerja. amin.

    BalasHapus
  75. Hmm.. Ijin nyimak ya gan.. Ane baca dulu.

    Salam kenal
    Pabrik Tas Jakarta

    BalasHapus
  76. Alhamdulillah,. Trima Kasih Banyak Yah,. ,. Ilmu yg Bermanfaat nih,.

    BalasHapus
  77. Anda sungguh bijak sekali , dipostingan anda juga ternyata ada perhitungan zakat, ini tentu ilmu yang sangat bermanfaat ,, makasih gan buat infonya yang bermanfaat ini ...

    BalasHapus
  78. Zakat memang sangat perlu dikeluarkan, dan untuk hal ini saya berterimakasih karena dapat ilmu baru agar saya tau tata cara dalam mengeluarkan zakat

    BalasHapus
  79. zakat adalah sesuatu yang bisa menghilangkan dosa kita

    BalasHapus
  80. ya emnang kita itu harus membayar zakt,, itulah kewajiban seorang manusia

    BalasHapus
  81. Hello Guys,
    Its nice post of your blog. I really like it. Thanks for updating this type of nice post.Thanks again.....

    BalasHapus
  82. I appreciate your article, cause I found exactly what I was looking for. You’ve ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye
    Canadain Tire

    BalasHapus
  83. hebat gan artikenya,,
    zakat bisa mengurangi dosa juga..
    cintai zakat..

    BalasHapus
  84. kalau zakat profesi boleh di bayarkan tiap bulan gak?

    BalasHapus
  85. Thanks for sharing such an interesting and informative post.
    yazili sorulari

    BalasHapus
  86. I am fond of article writing and always read good blogs with good writing skills as I want a good writer. Your blog has lots of good qualities thanks for it.

    BalasHapus
  87. Nimba ilmu disini, memang banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  88. semua ada perhitungannya !!
    makasih yah gan jadii banyak tau tentang berapa besar jakat yang harus kita keluarkan dari pendapatan kita ..

    BalasHapus
  89. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  90. jadi harus di hitung ya zakat profesii juga ?

    BalasHapus
  91. Ilmunya sangat bermanfaat gan,, zakat itu ajaran islam

    BalasHapus
  92. saya bekerja dibidang profesi sebagai tenaga pendidik, dengan artikel ini saya mendapat pencerahan dan pengertian bagaimana menzakatkan sebagian penghailan dari yg saya peroleh. terima kasih banyak sobatku...

    BalasHapus
  93. kali aja adanya tulisan ini membuka hati mereka untuk lebih bisa memberikan hak orang lain

    BalasHapus
  94. artikel yang bagus nih, bener banget wah makasih jadi kita nggak salah nih untuk zakat, apalagi kita zakat kepada anak2 yatim

    BalasHapus
  95. Cara menghitung zakat yang benar adalah dengan penghasilan bersih dalam setahun. Tapi kalo ragu dengan penghasilan kotor juga ok..Klo belum nisab mari lebih berkeja keras dan perbanyak sedekah..

    BalasHapus
  96. Ilmu baru untuk saya. Saya pikir yang wajib dizakati hanya harta yang sudah jadi milik kita. Ternyata profesi juga wajib dizakati ya.
    Terimakasih atas infonya,

    BalasHapus
  97. beda nya sama zakat fitrah apa ya sob...?

    BalasHapus
  98. jadi harus di hitung ya zakat profesii juga ?
    baru tau saya sob, he...

    BalasHapus
  99. kalau bisa kita lebikan dari 2.5 persen dan siapa tahu memang dari ebrbagai penghasilan yang lain kita lupa untuk menambahkannya ni
    nice share

    BalasHapus
  100. Penghasilan saya tidak tetap pertahunnya, apa dihitung rata-ratanya?

    BalasHapus
  101. Terimakasih banyak atas informasinya.,
    Sungguh luar biasa sekali banyak pelajaran yang saya dapatkan.... setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  102. Informasinya sangat bermanfaat sekali...
    Terimakasih banyak...
    setelah saya berkunjung ke blog ini...
    Semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan...
    Semoga semakin sukses,

    BalasHapus
  103. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  104. yuph ini emang ada hukumnya :D ,, zakat penghasilan/profesi :D nice info gan :D

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top