15 Juli 2011
280 comments

Bonsai atau Beringin?

Jumat, Juli 15, 2011
Sangat menakjubkan melihat pohon bonsai dan beringin. Yang satu super kecil ukurannya, sedangkan satunya super besar. Setiap orang yang memandang pohon bonsai bertanya-tanya, bagaimana bisa pohon ini menjadi begitu kecil? Sebaliknya, ketika melihat pohon beringin, muncul decak kagum: bagaimana mungkin pohon ini bisa begitu besar?

Sebenarnya, kedua pohon itu berasal dari biji yang sama. Pohon bonsai ketika pertama kali tumbuh sudah diikat batang dan akarnya. Pohon ini SENGAJA tidak dibiarkan tumbuh besar sehingga membuatnya menjadi kecil.

Sebaliknya, biji pohon beringin dibiarkan tumbuh terus. Setiap batang yang tumbuh selalu bertambah besar. Ketika tumbuh, pohon beringin selalu melawan angin, sehingga akhirnya angin pun tak cukup kuat merubuhkannya.

Di dunia kerja, ketika ada peluang untuk meraih sesuatu dan tumbuh, banyak orang memilih untuk menjadi bonsai. Merasa cukup ‘puas’ dengan apa yang sudah didapat. Ini adalah soal kesadaran untuk dapat diajak maju atau tidak. Nah, apakah kita ingin menyimpan diri kita rapat-rapat dari segala peluang yang ada?


.

280 comments:

  1. benar juga, selagi kita bisa berkembag kenapa tidak teruskan perkembangan kita ya seperti pohon beringn walauangin terus menubruk tetapi ia terus berkembang dan akirnya angin pun hanya lewat begitu saja dan tidak bisa menumbangkannya. teruskan berjuang dan jangan patang putus asa,.. Thnks all

    BalasHapus
  2. aku suka beringin bonsai :D

    BalasHapus
  3. Iya betul. Selalu buka mata, hati dan telinga untuk melihat keadaan sekitar yang mungkin bisa membawa diri kita kepada perkembangan diri yang lebih baik. Terlebih dalam bidang pekerjaan.

    Harus berani keluar dari zona nyaman.

    BalasHapus
  4. Salam sahabat
    Kayaknta mengarah pada srbuah pengembangan diri lataknta pohon bonsai xixi
    Oh ya dah saya follow thanks

    BalasHapus
  5. Setuju banget gan, banyak orang yg membonsaikan diri karena tdk mau keluar dari comfort zone. Thanks sdh share.

    BalasHapus
  6. kebebasan dan keterkaitan mempengaruhi tingkan perkembangan bonsai dan beringin, jadi pabila kita selalu terikat dan tidak mendapat kan kebebasan dalam suatu hal (positif) maka kita akan seperti binsa yang tumbuh kerdil dan rapuh..
    thnks infox,..

    BalasHapus
  7. Mengambil hikmah atau pelajaran dari bahasa alam memang penting bro....

    BalasHapus
  8. ingi informasinya bagus banget nih gan , aku jadi terinsfirasi nih, ,sukses selalu mas

    BalasHapus
  9. aku hanya mengambil hikmah nya saja gan, salam sahabat

    BalasHapus
  10. jadi terinsfirasi nih gan nih sama kara-katanya gan

    BalasHapus
  11. betus mas, peluang itu gak datang dua kali.....

    BalasHapus
  12. insfirasi bagus banget nih sob, makaskih banyak yah buat infonya

    BalasHapus
  13. Bagus banget yah bonsai.. Tips dong cara buat bonsainya

    BalasHapus
  14. waktu baca judulnya, saya nggak nyangka klo isinya adalah sebuah hal yang insipiratif....makasih sobat

    BalasHapus
  15. Kok bisa ya,,, satu bibit tapi berbeda,,,

    BalasHapus
  16. sebuah filosofi hidup yang sangat sering terjadi dikehidupan sehari2

    BalasHapus
  17. jedi termotifasi untuk semangat gan, makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  18. terima kasih atas inspirasinya,,,
    sangat bernanfaat sekali nich....

    BalasHapus
  19. sipp dech betul sekali,,, klo gitu saya ingin menjadi pohon beringin saja yang bisa terus berkembang dan tumbuh besar untuk menggapai cita-cita..

    BalasHapus
  20. owh seperti itu ya...
    oke thanks for information,,,,,, jadi termotivasi nich,,,

    BalasHapus
  21. saya plih bonsaii donk,,

    kecill,,,,imut lagi

    BalasHapus
  22. ya pilih beringiin lah,,,,

    kan lebih besar,,

    BalasHapus
  23. "Merasa cukup ‘puas' dengan apa yang sudah didapat. "

    namun pada sejatinya tidak ada manusia manapun yang merasa puas. itulah kodrat manusia, selalu kurang dan kurang.. gaji 2jt pingin 5jt, gaji 5jt pingin 10jt, gaji 10 juta pingin 100juta begitu seterusnya.

    BalasHapus
  24. "Ketika tumbuh, pohon beringin selalu melawan angin, sehingga akhirnya angin pun tak cukup kuat merubuhkannya."

    saya kok baru dengar tentang ini ya? apa bener pohon beringin itu malawan angin? maksudnya ketika angin dari barat justru beringin condong ke barat gtu kah?

    BalasHapus
  25. kalao pohoin beringin dibonsai gimana jadinya ya? hihi

    BalasHapus
  26. wah sangat bagus pohon bonsay nya,kecil tapi munggil

    BalasHapus
  27. yapss btul bgt.
    kadang kala ketika kita mencapai suatu kepuasan atau pun itu keberhasilan, tidak pernah melihat kemungkinan terburuk yang terjadi.
    sehingga lebih menutup diri untuk bisa lebih maju dan condong jalan di tempat.

    BalasHapus
  28. artikelnya unik mas...izin bookmark

    BalasHapus
  29. Aku suka gaya bahasanya mas, kalem tapi di belakangnya mengandung makna yang sangat dalam, okey mantab abiz pokoknya :)

    BalasHapus
  30. emang mirip. tapi saya lebih suka sm bonsai. kalo beringin emang bernuansa mistik dan mengandung unsur politik :P

    BalasHapus
  31. Terima kasih buat tips nya. Namun memang hanya sedikit orang yang memutuskan untuk bisa menjadi beringin di tengah badai. Masih banyak yg merasa puas ada di zona nyaman dengan menjadi bonsai.

    BalasHapus
  32. makasih banyak Info nya...
    sangt Terinspirasi...
    salam kenal y kawan....
    good luck always...jgn lupa Kujungan baliq ya :)
    maklum kaum awam....

    BalasHapus
  33. subhanallah, tentulah Allah tidak menciptakan segala sesuatu nya sia-sia. Pohon bonsai meskipun kecil, tapi memiliki keindahan yang luarbiasa. Sedangkan beringin, meski tak indah, namun kelebatan daunnya dan besar batang tubuhnya dapat membuat orang lain teduh dan terlindung.

    BalasHapus
  34. setiap yang diciptakan dimuka bumi ini sudah mempunyai tugas dan peranan masing2.

    BalasHapus
  35. postingan yang sanagt menarik bisa utk mnjdi motivasi jg,,
    Allah menciptakan sgla sesuatu dengan segla keindahan wlpn pohon bonsai ukuran'y kecil v indah dan mnarik juga

    BalasHapus
  36. lucu jg ya pohon bonsai'y,,,,
    bner2 unik

    BalasHapus
  37. sebuah perumpamaan yang bagus dan mudah dicerna, pastinya bagi yg punya keinginan kuat akan memlih layaknya pohon beringin,sehingga potensinya terpakai

    BalasHapus
  38. pohon bonsai menjadi salah satu infirasi nih buat saya, heh, makasih banyak atas infonya gan

    BalasHapus
  39. wow..
    analogi yang bagus mas...
    kita harus bisa memaksimalkan potensi kita dan meraih setiap peluang yang ada..

    BalasHapus
  40. hmmm...
    saya memilih menjadi pohon beringin aja deh...
    makin besar dan otomatis makin besar anginnya...
    tapi itulah intinya...

    BalasHapus
  41. wah sangat bagus pohon bonsay! :D

    BalasHapus
  42. nice share..
    salam kenal..
    :D

    BalasHapus
  43. Pohon bonsai... adalah suatu gambaran dimana kita bisa meletakkan keindahan pada tempatnya...

    Salam Ezra

    BalasHapus
  44. di dunia kerja si kita harus pintar2 menjadi pohon beringin, tapi kadang2 harus jadi bonsai juga ya... Klo ngaq bisa bikin rekan2 kerja tidak senang kalau kita terlalu berambisi.

    BalasHapus
  45. bonsai jadi insfirasi saya nih gan, hehe, makasih banyak atas infonya nih

    BalasHapus
  46. kita harus pandai pandai menempatkan diri dimanapun dan kapanpun

    BalasHapus
  47. sipp.. posting motivasinya mantap

    BalasHapus
  48. wihh bener bnget tu mas....
    makasih y atas motivasinya...
    salam kenal

    BalasHapus
  49. sangat termotipasi banget nih gan, semoga bermanfaat yah

    BalasHapus
  50. bagus juga tuh beringin bonsai..
    jadi pengen..

    BalasHapus
  51. marhaban yan ramadhan,,,
    selamat menunaikan ibadah puasa 1432H,,
    pohon bonsai unik dan menarik sekali,,

    BalasHapus
  52. opohon beringin dan pohon bonsai ternyata berasal dari biji yg sama ya,,baru tau,,

    BalasHapus
  53. MARHABAN YA RAMADHAN 1432 H
    Selamat Menunaikan ibadah puasa
    Thanks atas semua shering infonya bos...kami tunggu sherinya lagi,,n kunjungan baliknya...mantap

    BalasHapus
  54. pohon bonsai malah jadi infirasi saya nih gan, hehe, makasih banyak atas infonya gan

    BalasHapus
  55. wah bagus banget postingnya,hubungan antara bonsai dengan peluang memperbesar usaha,,bener banget apa yang anda ulas,menurut saya suatu usaha akan cepat berkembang jika memiliki lapangan dan kawasan yang diperluas.seperti halnya pohon jika lama kelamaan tidak punya tempat tumbuh dan berkembang pasti hidupnya akan kerdil seperti halnya bonsai,,menarik sekali gan..mantap,,,

    BalasHapus
  56. kaya nya saya lebih suka bonsai deh,,
    hehehe

    BalasHapus
  57. nice post gan,,
    heheh

    saya lebih suka dua dua nya deh,,
    biar adil,,,,

    BalasHapus
  58. biji pohon beringin dibiarkan tumbuh terus!!!
    sangat bermkna nih kata ini....

    BalasHapus
  59. beringin aja lebih kokoh :D

    BalasHapus
  60. bonsai aja, lebih imut dan unik dilihat :D

    BalasHapus
  61. sebuah perbedaan yang mncolok dri segi ukuran!

    BalasHapus
  62. bringin kokoh sedangkan bonsai lmbuT!

    BalasHapus
  63. "Merasa cukup ‘puas’ dengan apa yang sudah didapat", menarik sekali mas, rasa puas membawa kepada kehancuran, karena tidak bisa di ajak maju dan berkembang.

    BalasHapus
  64. lebih baik jadi beringin yang udah terlihat banyak sekali manfaatnya bagi manusia

    BalasHapus
  65. 2 phon yg mempunyai perbdaan masing"....

    BalasHapus
  66. beringin mempunya arti tersendiri sedangkan bonsai mempunyai keunikan tersendiri ,,,mantap

    BalasHapus
  67. thanks bwt share'y mas,,,
    bonsa dan beringin keduanya sama2 mempynyai keunikan tersendri.

    BalasHapus
  68. wah postingan yang mnarik nih, bisa mnjadi cerminan,,,

    BalasHapus
  69. setiap orang diciptakan dengan potensi yang berbeda
    yang baik adalah mengetahui potensi diri kita sendiri

    BalasHapus
  70. nurut dengan alur cerita dari sang pencipta saja biar selalu dibimbing

    BalasHapus
  71. mending jadi bonsai aja bisa dijadiin hiasan dihalaman depan rumah

    BalasHapus
  72. kalau beringin itu besar,,
    tempat berteduh....

    saya btuh Bonsaiii ah

    BalasHapus
  73. Analoginya mantab juga nih sob.. :)

    BalasHapus
  74. sipp dech betul sekali,,, klo gitu saya ingin menjadi pohon beringin saja yang bisa terus berkembang dan tumbuh besar untuk menggapai cita-cita..

    BalasHapus
  75. artikelnya sangat inspiratif,
    thanks mas...

    BalasHapus
  76. aku suka bonsai. tapi aku tidak ingin jadi bonsai. hehe.. makasih artikelnya mas, bagus.

    BalasHapus
  77. wah sangat keren pohon bonsay nya sangat lucu

    BalasHapus
  78. terlepas dr itu semua, bonsai harganya lbh mahal drpada beringin. Alias lbh berharga. Meskipun dirinya kerdil

    BalasHapus
  79. setuju... jadi yang membonsai adalah bos yang otoriter...

    BalasHapus
  80. wah sangat bagus artikel nya,dan sangat lucu pohon bonsay nya

    BalasHapus
  81. paling enak mungkin dengan berwirausaha ya gan.:D

    BalasHapus
  82. Nice article! Bisa buat pedoman dunia kerja nih.

    BalasHapus
  83. dua"nya berguna sebagai peneduh...

    meskipun yg satu kcil...
    hehehehe...

    BalasHapus
  84. meskipun kecil bonsai memiliki kekuatan yg besar sehingga harganya pun lbih mahal dripada bringin...

    BalasHapus
  85. bgusss nih dijadiin pdoman hidup...

    BalasHapus
  86. Makasih atas motivasi-nya Gan...sukses selalu !

    BalasHapus
  87. Motivasi yang sangat berharga...thanks Mas BRO !!

    BalasHapus
  88. Mudah-mudahan kita diberikan kekuatan untuk terus berada pada jalan yang lurus !!

    BalasHapus
  89. wah pohon bonsai yang sangat bagus dan makasih info nya teman....

    BalasHapus
  90. mantapp nih ,, makasih inponya ..

    BalasHapus
  91. makasih atas info nya semogga bermanfaat,dan pohon bonsay nya sangat bagus nie...........

    BalasHapus
  92. jadi terinfiri nih dengan pohon bonsai itu, hehe, makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  93. kalau untuk maju, ngga bonsai ah.
    bonsai cukup buat hiasan di taman aja
    salam :)

    BalasHapus
  94. wah pohon bonsai nya sangat bagus dan lucu nie...

    BalasHapus
  95. yang besar & kecil tapi masih satu keturunan....

    BalasHapus
  96. artikel nya cukup memotivasi juga nih bro...
    thanks yah..

    BalasHapus
  97. jadi trinfirasi debgan tngkai bonsai nih gan heh, makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  98. semoga hidup kita seperti beringin yang kokoh dan selalu melawan arah angin...

    BalasHapus
  99. beringin bonsai bisa tinggi kalo hidup nya bebas....
    kita pun bisa menjadi orang yang besar jika kita bisa berekspresi sesuai apa yang kita ingin kan..asal masih sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

    BalasHapus
  100. artikel yang sangat bagus,,,
    thanks yah gan....artikel nya cukup memotivasi...

    BalasHapus
  101. wah artikel nya sangat menarik nie dan makasihn info nya ....

    BalasHapus
  102. artikel nya sangat memotivasi banget..
    makasih brother

    BalasHapus
  103. postingan yang sangat mnarik, bisa mnjdi inspirasi buat kita semua,,
    mkzh ya bwt share'y

    BalasHapus
  104. wah sangat bagus nie artikel nya sangat bagus nie gan dan mantap nie......

    BalasHapus
  105. bener juga ya,bonsai dan beringin benar2 2 pohon yang ajaib.

    BalasHapus
  106. memiih menjadi bonsai barangkali karena menganggap diri sudah pool? begitu kali ya Om?

    BalasHapus
  107. aku jadi termotivasi dengen pohon bonsai ini

    BalasHapus
  108. cuam 2 pilihan nie...
    saya sii tadinya pengen menjadi pngen menjadi pohon kelapa yang berguna dari akar sampai daun, dan tumbuh menjulang tinggi dan tmbh dmna saja, jadi kita mesti menjadi manusia berguna, punya cita2 yang tinggi dan bisa di tempatkan dimana saja,, hehe

    BalasHapus
  109. Mengambil hikmah atau pelajaran dari bahasa alam memang penting mas....

    BalasHapus
  110. bagus dan lucu juga pohon bonsai nya, trims artikelnya gan

    BalasHapus
  111. salam kenal dari kami, its nice artikelnya gan

    BalasHapus
  112. permisi.. wong ndeso mo numpang lewat

    BalasHapus
  113. jangan lupa mampir ke blog saya juga ya...

    BalasHapus
  114. malang melintang mencari info dan info

    BalasHapus
  115. saya yang dari jaksel berkunjung dan singgah sejenak

    BalasHapus
  116. wah2..... nice post. mampir juga ya gan di Blog ane Kaos Solo asli dijamin! :D

    BalasHapus
  117. bongsai tidak tibet untuk dirawatnya,,klw beringin wahh gede banget tuhh he2x

    BalasHapus
  118. wow very nice bonsai tree and info... . I feel affection for it.

    BalasHapus
  119. itu bongsau kayaknya,kalau beringan ma besar dan tinggi

    BalasHapus
  120. aku suka beringin bonsai :D
    =======
    web design

    BalasHapus
  121. aku sangat menyukai bonsai nya ..........

    BalasHapus
  122. wah wah, kalau saya memang suka ke tanaman bonsai

    BalasHapus
  123. saya lebih suka bonsai karena bentuknya bagus dibanding beringin, segala tumbuh tumbuhan saya suka kecuali kangkun dan tomat.

    BalasHapus
  124. Bonsai lebih menarik, tapi beringin lebih kokoh.

    BalasHapus
  125. saya ingin menjadi beringin saja gan

    BalasHapus
  126. bonsai lebih nice looking kayaknya sob, aku suka bangt sama bonsai :

    BalasHapus
  127. wah pohon bonsai nya sangat lucu nie

    BalasHapus
  128. beringin tempat berteduh enak bgt gan

    BalasHapus
  129. artikel yang bagus ..
    tapi beringin menyeramkan , bonsai lebih lucu hehe

    BalasHapus
  130. subhanalloh,sangat menakjubkan sekali.
    unik nih

    BalasHapus
  131. wiihh...
    keren bgt nich...
    makasih ya infonya...

    BalasHapus
  132. kalo saya suka dua-dua'a,,
    krna kbtulan di rumah punya bonsai yg dari kamboja thailand
    cantik
    klo bringin tampiln'a angker dan eksotik

    BalasHapus
  133. sayang mas bonsai'a sekarang tinggal satu,dan kndsi'a jg lg krisis

    BalasHapus
  134. 2 phon yg memiiki kemiripan karakter...

    BalasHapus
  135. sebuah insprasi yg sngt mnarik skali gan!

    BalasHapus
  136. wah aku sangat suka nie,pohon bonsai nya sangat lucu ...........

    BalasHapus
  137. Waw menarik bgt mas. . .
    beringin serem mas. . .,klo bonsai ga. . .
    hehehe. .

    BalasHapus
  138. mending bonsailah,,kecil unik..
    kalo beringin udah banyak kali,,

    BalasHapus
  139. wah pohon bonsai nya sangat bagus nie........

    BalasHapus
  140. jadi terinfirasi dengan pohon bringin nih,, makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  141. aku sangat suka dengan pohon bonsai nya karena sangat lucu nie.........

    BalasHapus
  142. wah mantap nie pohon bonsai nya nie...........

    BalasHapus
  143. pohon bonsai nya sangat bagus........

    BalasHapus
  144. waah,,bener banget tuh..kata-katanya keren menganalogikan sifat manusia dengan sebuah pohon,,hebat,,
    thanks ya..salam kenal.

    BalasHapus
  145. berita sma pohonnya unik gan..he"
    salut dah..
    mksih yach

    BalasHapus
  146. dua duanya mempunyai eksotik yg luar biasa (mnrt sy)

    BalasHapus
  147. bonsai maupun bringin kalo dirawat dg baik hasilnya akan indah,,

    BalasHapus
  148. bener juga,,kenapa harus jadi bonsai kalo bisa jadi beringin,,,thanks ya atas informasinya..

    BalasHapus
  149. tentu tidak mas,,kalo ada peluang ya di ambil aja,selagi kita mampu,,

    BalasHapus
  150. saya mau kaya bringin aja deh,,
    kuat menghadapi badai,,

    BalasHapus
  151. bukannya bringinn suka dihunii ma hantuu,.????

    BalasHapus
  152. pohon bonsai nya sangat bagus nie gan.....

    BalasHapus
  153. There are certainly a lot more details to take into consideration

    BalasHapus
  154. saya mau kayak pohon bringin ajja..
    yg kuat diterpa angin

    BalasHapus
  155. artikelnya bagus n menarik.
    trims n salam kenal.

    BalasHapus
  156. betul..seharusnya kita jgn gampng merasa puas dengan apa yg baru kita dapat dan kita capai,,lebih baik menjadi phon beringin karna ia slalu ingin tumbuh dan menjadi besar...

    thanks artikelnya sngt menarik...

    BalasHapus
  157. bringin ajja,,supaya kita bisa lebih banyak lagi mendapat ilmu dan pengalaman sekalipun kita sudah sukses,,

    BalasHapus
  158. poho bonsai nya sangat bagus yah mas bro,,,,,,,,,

    BalasHapus
  159. mendingan jadi pohon beringin ja lah lebih gede.... hehe*kidding

    cz pohon beringin lebih benyak lagi ilmunya...

    BalasHapus
  160. bringin ajja ,,
    dari pohon bringin kita bisa belajar banyak hal,,salah satunya seperti yg ada di artikel ini,,sip semakin tinggi pohon semakin kencang angin yg meniup,,dan itu bisa di patahkan oleh bringin yg kokoh,,

    BalasHapus
  161. benarkah pohon bringin dan pohon bonsai itu dari biji yang sama mas?
    tapi bisa berbeda gitu ya,,,

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top