19 Maret 2010
38 comments

Sayangi Ginjal Kita

Jumat, Maret 19, 2010
Hari Ginjal Dunia (World Kidney Day) diperingati setiap 11 Maret. Sudah sepekan berlalu. Tapi tak ada salahnya dibuat sharing sekarang. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Uraian berikut ini saya ambil dari sebuah handout. Meskipun yang menuliskan di blog ini seorang awam, tapi yang menulis handout itu adalah Prof H.R. Moh. Yogiantoro, dr. SpPD-KGH (wuih titelnya bejibun), pakar penyakit dalam RSU Dr. Soetomo Surabaya. Jadi, anda harus percaya ya :D

Apa dan di mana ginjal kita?

Hampir semua orang memiliki dua ginjal. Ginjal terletak di bagian tengah pinggang kita, tepat di bawah tulang iga yang terbawah. Berat setiap ginjal normal adalah 150 gram, ukurannya sekitar separuh genggaman tangan kita. Ginjal berbentuk seperti kacang mente berwarna coklat kemerahan. Ginjal berperan penting bagi tubuh kita dan memengaruhi semua bagian tubuh kita.

 Apa fungsi ginjal kita?

Ginjal mempunyai 4 peran utama bagi tubuh kita:
  1. Membuang sampah dari dalam tubuh kita. Sisa makanan yang tidak dapat digunakan lagi oleh tubuh akan menjadi racun. Ginjal kita menyaring darah untuk membuang racun-racun melalui air kencing.
  2. Membuang kelebihan air dari tubuh kita.
  3. Membuat dan mengatur hormon-hormon penting tubuh, yang mengatur pembentukan sel darah merah (eritrosit), mengatur tekanan darah, dan penyerapan zat kapur (kalsium).
  4. Mengatur kimia tubuh dengan mengatur jumlah garam, air, dan bahan kimia lain yang beredar di seluruh tubuh kita.

Bagaimana mengetahui adanya penyakit ginjal?

Setiap orang dapat terkena penyakit ginjal. Pengenalan penyakit ginjal secara dini diutamakan pada mereka yang berisiko tinggi, yaitu: penderita kencing manis (diabetes), tekanan darah tinggi (hipertensi), keluarga dengan riwayat sakit ginjal, atau faktor risiko lain seperti merokok, pengguna obat anti inflamasi non steroid (sejenis obat anti radang/ nyeri), umur 60 tahun ke atas, kegemukan, dan infeksi saluran kemih yang berlangsung lama.

Sebagian besar orang yang menderita penyakit ginjal kronis yang masih dalam tahap awal tidak merasa ada kelainan. Pada saat gejala dirasakan, penyakit ginjal kronis sudah dalam tahap lanjut. Inilah tanda-tanda yang mengarah pada penyakit ginjal:
  1. Rasa lelah dan lemah
  2. Susah kencing, terasa sakit, dan berbuih
  3. Kencing berwarna gelap atau kemerahan (berdarah)
  4. Sering kencing, terutama malam hari
  5. Kelopak mata bengkak pagi hari saat bangun tidur
  6. Wajah, tangan, dan kaki bengkak
  7. Sering merasa sangat haus

Masalah apa yang dapat ditimbulkan oleh ginjal kita?
  1. Tekanan darah tinggi
  2. Gagal ginjal
  3. Penyakit tulang tertentu
  4. Kekurangan darah (anemia)
  5. Kerusakan syaraf (neuropati)
  6. Penyakit jantung dan pembuluh darah
  7. Serangan jantung dan stroke
  8. Kematian

Perlunya gaya hidup sehat

Yang perlu dilakukan jika sakit ginjal:
  1. Menurunkan tekanan darah hingga di bawah 130/80 mmhg
  2. Mengurangi makanan yang mengandung garam dan kalium (buah-buahan)
  3. Jika sakit diabetes, kadar gula darah harus terkendali (80-100 mg/dL) atau dua jam setelah makan 80-144 mg/dL
  4. Hindari obat anti radang/ anti nyeri
  5. Makan protein dalam jumlah sedang, jangan berlebihan

Yang perlu dilakukan oleh semua orang:
  1. Olah raga teratur
  2. Berhenti merokok
  3. Memerhatikan kadar kolesterol
  4. Mengendalikan berat badan
  5. Memerikaskan diri secara teratur ke dokter
  6. Makan dengan menu seimbang
  7. Menghindari kekurangan cairan dengan cukup minum (rata-rata 1-1,5 liter per hari)
  8. Memelajari riwayat penyakit dalam keluarga anda

Selain itu, kita perlu membiasakan diri membaca artikel-artikel tentang kesehatan. Khusus untuk kesehatan ginjal, kita dapat mencari informasi yang dapat dipercaya dari http://www.kidney.org/ dan http://www.worldkidneyday.org/.

 
 
.

38 comments:

  1. saya sering ngopi & merokok, jarang makan, kbanyakan ngemil n bergadang. phy saya tidak merasakan tanda" yang di sebutkan diatas, kira-kira saya punya penyakit ginjal ga ya !??

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat bermanfaat.
    lebih baik mencegahnya dari sekarang sebelum sakit.

    BalasHapus
  3. ijin copas ya mas...
    makasih.

    BalasHapus
  4. kalau aq ngopi jaranmg dan hampir g pernah, tp kl ngrokok iya, soalnya ngenet tanpa merok kurang lengkap rasanya

    BalasHapus
  5. Makasi bgt buat info nya bang !

    BalasHapus
  6. terus terang saya agak paranoid dengan penyakit yang satu ini... :(

    BalasHapus
  7. yg nomor dua tuh susah mas hehehe, btw ada ewod tuk sampeyan, ambil ya :)

    BalasHapus
  8. yaampun,,merokok dan minum susah banget dihilangkan dah. Untuk menjaga kolesterol dan brat bdan udh mulai dilakukan slama 4bln trakhir. Olahraga tratur 3 bln kmarin sngat tratur,,stelah plg liburan fbruari kmarin jd gk prnah olahraga lagi (slain nyuci, ngepel, masak, berkebun) hahah

    BalasHapus
  9. wah jadi takut nih ... Pak Edwin, saya seorang perokok

    BalasHapus
  10. hmmm... saya kurang minum mas edwin.. jadi takut sakit ginjal skrg... :(
    untung aja seminggu sekali masih rutin olahraga mas :)

    gimana kabar hari ini mas?

    BalasHapus
  11. Halo Edwin,
    Informasi yang jelas tentang ginjal yang berperan sangat penting bagi manusia.
    Tapi seringkali kita kurang memperhatikannya
    Terima kasih teman.

    BalasHapus
  12. aku minum air putih setiap pagi sebanyak2nya sesuai saran prof. hembing
    moga bisa agak mencegah

    BalasHapus
  13. Sangat setuju...kita memang harus menyayangi ginjal kita...

    dr. Yogiantoro sekarang sdh. Profesor ya, dulu Mamah saya kan cangkok ginjalnya di RSU dr. Sutomo Sby, beliau salah satu dari tim dokter...

    BalasHapus
  14. Ya memang cara terbaik adalah dengan minum air putih yang banyak.Karena aku pernah mengalami sakit kencing batu sangat sakit sekali

    BalasHapus
  15. salam sobat
    trims sharingnya mas Edwin,
    ternyata penyakit ginjal juga bisa dilihat dari keturunan keluarga ya,,
    sip saya akan ingat nich mas minum banyak air putih..dan olah raga teraturnya.

    BalasHapus
  16. ginjal itu bagai penyaring ya mas
    kalo saringan rusak
    semua hasil jadi rusak
    hmmmm....

    BalasHapus
  17. setuju, minum yang cukup, ginjal sangat berharga :)

    BalasHapus
  18. rokok termasuk pemicu ya? atau malah melengkapi?

    BalasHapus
  19. Halah kok saya baru tahu ada hari ginjal dunia sob.. wih dasar kurang gaul nih.. makasih ya.. dah sharing soal ini

    BalasHapus
  20. Wah saya sering kencing kalau malah hari sob.. pokoknya jelang mau tidur itu mesti 1 - 2 kali mesti kencing dulu.. jangan2....

    BalasHapus
  21. Sebentar sob.. gimana nih katanya yg sering kencing malah yg bagus karena seiring dg itu,, kotoran2 pun bisa keluar..

    BalasHapus
  22. Mengendalikan berat badan.. haha.. ini yg sering dokter katakan saya disuruh nurunin 8 kg tapi baru 3 kg nih.. dasar malas.. haha...

    BalasHapus
  23. solusi paling sederhana yaitu dengan minum air putih yang banyak....

    BalasHapus
  24. wah baru tau kl ada hari ginjal..
    hwihwihwi...
    minum air putih memang byk skli manfaatnya..

    BalasHapus
  25. alhamdulillah dapat ilmu kesehatan niih..., oooh ternyata bisa juga dibilang penyakit keturunan yaaa.... semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan lahir maupun batin kepada kita semua.... amiin

    BalasHapus
  26. bagi saya kesehatan yang utama..kunjungi blog ku ya..jangan lupa komentarnya...happy blogging

    BalasHapus
  27. Informasinya sangat penting. Apakah ada yang punya info mengenai menghilangkan kebiasaan merokok?

    Salam Sahabat

    BalasHapus
  28. harus rajin minum air putih nih..

    BalasHapus
  29. makasih gan infonya,sanga bermanfaatbuat ae pribadi, sebab sebagian gejalnya sudah ada pada diri ane

    BalasHapus
  30. Akan saya ikuti nasehatnya ..... kita harus sayang ginjal kita karena organ penting banget

    BalasHapus
  31. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  32. artikel y bagus banget ...

    suka banget sama blog ini ....

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top