09 Desember 2009
40 comments

Sehat, Nikmat Paling Mahal

Rabu, Desember 09, 2009
Bersyukur. Satu kata bermakna ajakan yang mempunyai nilai teramat dalam. Tak tergerus masa untuk selalu didengungkan. Mengapa? Karena ia sifatnya divine, ada sangkut-pautnya dengan Tuhan. Ya, teramat banyak nikmat yang sudah dianugerahkan kepada kita oleh Allah Yang Maha Penyayang. Tak perlu kita menyebut satu per satu karena kita tak akan sanggup menghitungnya. Yang harus kita lakukan adalah mensyukurinya.

Kira-kira apa ya nikmat yang paling harus kita syukuri? Paling tidak yang ada relevansi langsung dengan langkah kehidupan kita hari demi hari? Bagaimana kalau HARTA? Hmm, tidak salah. Harta termasuk nikmat yang harus disyukuri. Dengan harta, kita bisa berjuang di jalan-Nya. Dengan harta, kita bisa membantu sesama. Shodaqoh, infaq, zakat, dan qurban juga membutuhkan harta. Justru kita diharapkan tidak miskin, tidak fakir. Karena orang yang tenggelam dalam kefakiran sangat rentan terjerumus ke dalam kekufuran.

Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang kaya dan bertaqwa. Tapi penting diingat, harta juga bisa mengantarkan kita ke pintu murka Allah kalau kita MENCINTAI harta, bukan MENSYUKURINYA.

Tapi benarkah harta adalah nikmat yang paling harus kita syukuri? Harta memang mahal. Tapi apakah harta adalah nikmat paling mahal yang diberikan kepada kita? Sekarang jika sekarang saya menyebut kata SEHAT, setujukah anda kalau kesehatan adalah nikmat yang jauh lebih mahal dari harta?

Kita sering tidak menyadarinya, lho. Saat kita sedang tidak sakit kita jarang mensyukuri kalau kita sebenarnya sedang menikmati nikmat sehat itu. Tidak ada yang kita rasakan istimewa. Semakin kita jarang sakit, semakin ‘biasa’ pula kita menyikapinya. Padahal itu berarti semakin panjang pula kita merasakan nikmat sehat itu. Justru kita sering protes kepada Tuhan mengapa seret sekali nikmat yang ditrunkan kepada kita. Habis, yang dijadikan ukuran harta sih.

Nah, kalau kita sudah sakit, baru deh disadari kalau sehat adalah suatu nikmat. Saat kita sakit flu saja deh, rasanya sekujur tubuh seperti rontok. Saat kita sakit gigi saja deh, rasanya ngilu menyebar ke mana-mana. Baru disadari rupanya kalau sehat itu ternyata mahal.

Itu baru sakit biasa. Apalagi kalau sakitnya ‘kelas berat’. Saya punya sepupu. Usianya sekarang 34 tahun, setahun di atas saya. Tahun lalu dia masih segar bugar, healthy as he could be. Baru saja dia divonis dokter mengidap kanker hati stadium lanjut. Kini, badannya bagaikan tulang diliputi kulit. Raga tak berdaya dan tak sanggup mencari nafkah. Hari-hari dihabiskan dengan keluar-masuk rumah sakit. Di rumah, ada istri dan tiga anak yang harus dihidupi.

Baru terasa kalau sehat itu teramat mahal. Kita mungkin kaya raya, bisa membeli apa saja yang ada di muka bumi ini. Tapi bisakah kita membeli sehat? Kita bisa berobat ke dokter dan rumah sakit terbaik di Singapore, Australia, China, bahkan Jerman. Tapi adakah jaminan kita PASTI sembuh? Kalau iya, alhamdulillah. Kalau tidak, itu berarti sehat memang tidak bisa dibeli dengan uang.

Kemarin saya menjalani medical check up yang rutin dilaksanakan setiap akhir tahun di kantor saya. Semoga hasilnya normal-normal saja. Saya ingin selalu sehat. Amien..

Mari syukuri kesehatan kita.

40 comments:

  1. Artikelnya menarik memberi pencerahan sama kita semua.
    Thanks
    Salam

    BalasHapus
  2. iya bener mahal bgt untuk sehat :((
    aku hampir tiap bulan pasti selalu sakit
    makanya beruntung bgt orang2 yang punya fisik sehat T_T

    BalasHapus
  3. setuju banget, setelah itu nikmat sehat dipakai di jalan Allah.

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus sekali, membukakan mata hati, semoga setelah membaca artikel ini membuat kita semakin mensyukuri nikmat dari-Nya. amiiinnn.

    BalasHapus
  5. Edwin,

    Tepat sekali sehat prioritas utama dalam hidup. Walaupun punya uang berapapun tidak akan bahagia kalau tidak sehat.

    BalasHapus
  6. bener sehat tu nikmat yg paling mahal dan tak ada yg bisa gantikan...kita mungkin baru terasa sehat itu nikmat jikala kita sakit

    BalasHapus
  7. bener banged tu kang.... nikmat satu ini sulit di rasa ketika kita dapet, tp justru akan sangad terasa ketika kita dlm keadaan sebaliknya :(

    BalasHapus
  8. setuju banget mas,
    bersyukurkah kita yg sll di beri nikmat kesehatan coz saat sakit sebanyak apapun harta yg kita miliki bisa saja habis untuk berobat..
    apalagi biaya berobat itu mahal terutama sakit yg membutuhkan perawatan intensif.
    mari kita syukuri nikmat sehat yg tlah di limpahkan Allah dan semoga kita sll mendapat rahmat dan hidayahnya..

    BalasHapus
  9. salam sobat
    iya benar sehat mahal harganya,,karena kalau tidak sehat kita tidak dapat menikmati hidup di dunia ini ya,,
    makanya harus sehat jasmani maupun sehat rohani kita.

    BalasHapus
  10. sehat emang mahal, terasa banget kalau lagi flu misalnya, mau beraktifitas jadi gak enak semua :) salam kenal :)

    BalasHapus
  11. Betul Mas Edwin, sehat adalah hal yang paling mahal dan harus kita syukuri setiap hari. Sedih tau kabar sepupu Mas Edwin, yang masih muda sudah sakit berat seperti itu...Mudah2an bisa sehat kembali!
    Kalau banyak harta tapi sakit, hartanya bisa abis karena untuk berobat...
    Banyak harta, sehat, terus banyak sedekah, pasti hartanya bawa berkah...

    BalasHapus
  12. kedengarannya emang sederhana, tapi pada kenyataannya susah buat dijalanin. karena nggak lepas dari sifat manusia sendiri, yang selalu nggak pernah ngrasa puas. makasih mas udah diingatkan lagi. moga kita selalu bisa mensyukuri nikmat yang telah kita dapat :)

    BalasHapus
  13. yang sangat menarik kawan, buat baca d rumah izin aq save kawan

    BalasHapus
  14. stuju, sehat emg sangat penting dan sulit (sebenernya mudah). Sehat, sangat dibutuhkan bagi smua orang, termaksud saya yang hobinya jalan-jalan (traveling). Kalo gak sehat n gak bisa kelayaban kayanya udah bete aja kerjaannya. Kalau saya sendiri sih sakit jaran, setahun sekali atau paling 2tahun sekali. Tapi sekalinya sakit agak lama, 4hari atau seminggu. Kalau sakit seperti panas, flu atau sakit perut tips dari saya jangan tergesa2 langsug makan obat dari dokter atau yg ada diiklan. Coba dulu ang herbal, seperti minum teh+mentega, minum sari daun pepaya, dll. Lebih bermanfaat dan lebih manjur ^^

    BalasHapus
  15. Setuju !
    Ada sebuah pepatah Cina yang mengatakan bahwa harta terbesar adalah "kesehatan"

    BalasHapus
  16. Setuju 100 % sobat bahwa yg pertama adalah sehat dulu.. karena dengan sehat itu kita baru merasakan nikmat2 yg lainnya hehe

    BalasHapus
  17. Kadang2 kita lupa untuk bersyukur bahwa nikmat sehat yg kita terima sebenarnya mempunyai nilai yang mahal sekali

    BalasHapus
  18. Hi !.
    might , perhaps very interested to know how one can reach 2000 per day of income .
    There is no need to invest much at first. You may commense to receive yields with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
    The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    Its head office is in Panama with structures around the world.
    Do you want to become a happy investor?
    That`s your chance That`s what you really need!

    I`m happy and lucky, I began to take up income with the help of this company,
    and I invite you to do the same. It`s all about how to select a correct companion utilizes your funds in a right way - that`s it!.
    I take now up to 2G every day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
    It`s easy to get involved , just click this link http://oxoduhuh.1accesshost.com/inilaz.html
    and go! Let`s take our chance together to get rid of nastiness of the life

    BalasHapus
  19. bener banget kesehatan mahal banget ya, btw semoga hasil pemeriksaannya sehat....fit...bugar...

    BalasHapus
  20. saya biasanya baru menyadari betapa besar nikmat kesehatan ketika sudah sakit...
    nice post mas edwin...

    BalasHapus
  21. hmm kalo mnrt gue yang harus di sukuri adalah: masih ada umur alias masih hidup. jadi bisa memperbaiki kesalahan masa lalu hahaha

    BalasHapus
  22. setuju mas,,,sehat tuh emang yang paling mahal hehehhe.,,,,

    BalasHapus
  23. Yah, kadang banyak uang tapi sakit-sakitan sama aja ga gunaa.

    BalasHapus
  24. Hello !.
    You re, I guess , perhaps very interested to know how one can reach 2000 per day of income .
    There is no initial capital needed You may start earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
    The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    It is based in Panama with offices everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
    Do you want to become really rich in short time?
    That`s your chance That`s what you really need!

    I`m happy and lucky, I began to get real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. It`s all about how to choose a correct partner who uses your savings in a right way - that`s the AimTrust!.
    I take now up to 2G every day, and my first investment was 500 dollars only!
    It`s easy to start , just click this link http://adoleduh.exactpages.com/xivyhu.html
    and lucky you`re! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

    BalasHapus
  25. jika ingin tahu rasanya sehat
    bertanyalah kepada yang pernah sakit
    betapa nikmatnya hidup sehat

    BalasHapus
  26. Hi !.
    You re, I guess , probably very interested to know how one can collect a huge starting capital .
    There is no need to invest much at first. You may commense to receive yields with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you need
    AimTrust represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    Its head office is in Panama with structures around the world.
    Do you want to become an affluent person?
    That`s your choice That`s what you desire!

    I`m happy and lucky, I began to take up real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. It`s all about how to select a proper companion who uses your savings in a right way - that`s it!.
    I earn US$2,000 per day, and my first deposit was 1 grand only!
    It`s easy to start , just click this link http://iziqaduba.freewebsitehosting.com/risuqe.html
    and go! Let`s take this option together to become rich

    BalasHapus
  27. bener tuh...
    walaupun harta berlimpah tapi kesehatan memburuk tidak seimbang
    turut prihatin dengan keadaan sepupu mas edwin

    BalasHapus
  28. tul2..kesehatan itu yang paling berharga

    BalasHapus
  29. Kesehatan yang kita dapat merupakan anugrah Tuhan yang sangat besar makanya kita perlu untuk selalu menjaganya.
    Kita tukeran link yuk, untuk mempererat persahabatan. Link blog ini sudah saya pasang di http://warungblogger.wordpress.com

    BalasHapus
  30. sehat itu mahal ;)
    memang benar .. percuma kekayaan berlimpah jika tidak sehat ..
    nice artikel ..

    BalasHapus
  31. dan sehat itu rezeki ternikmat yang di berikan tuhan ke pada kita

    BalasHapus
  32. Betul sekali, kalau tak sehat makan enakpun jadi tak nikmat

    BalasHapus
  33. betul, setuju 100%, sehat adalah nikmat paling awal...

    BalasHapus
  34. jarang sekali manusia bersyukur atas nikmat yang satu ini... :D

    BalasHapus
  35. sehat memang indah, maka dari itu perlu disyukuri

    BalasHapus
  36. Artikel yang sangat bermanfaat, penuh dengan sentuhan kreatif dari penulisnya. Salam kenal untuk admin situs ini, teruskan berkarya dengan informasi terbaik.

    BalasHapus
  37. Saya akui memang dewasa ini minim sekali pengetahuan kita dan internet adalah salah satu sumber untuk menambah ilmu dan wawasan. Terima kasih atas infonya, semoga blog ini makin berjaya

    BalasHapus
  38. Informasi disitus ini memang sangat berharga, saya tidak bosan-bosannya berkunjung kesini. Terima kasih atas kebaikannya ya om admin! Saya banyak belajar dari situs ini

    BalasHapus
  39. saya setuju, semoga saja kita selalu di karuniai kesehatan...

    BalasHapus
  40. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top