02 Agustus 2009
73 comments

Si Nyeleneh Calon Walikota? Itu Baru Kreatif!

Minggu, Agustus 02, 2009
Di Amerika ada seorang pria nyentrik yang mencalonkan diri menjadi walikota New York City, di negara bagian New York. Namanya Robert John Burck. Dia adalah seorang musisi jalanan. Dibilang nyentrik karena dia mempunyai penampilan khas: berambut pirang panjang sepunggung, bertopi koboi, bersepatu lars panjang, bergitar, dan –ini yang paling bikin heboh- hanya BERCELANA DALAM. Karena itulah dia dijuluki ‘The Naked Cowboy’ (Koboi Bugil).

Pada 22 Juli lalu Burck Si Koboi Bugil mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai walikota di Time Square, New York. Dia berambisi menggantikan posisi walikota incumbent, Michael Bloomberg. Selain berkampanye langsung, Burck juga memanfaatkan internet untuk mencari dukungan dengan membuat sebuah website.

Slogan kampanyenya adalah “Because Nobody Has Done More with Less”. Kedengarannya menggelikan, tapi rasanya itu sangat mempresentasikan siapa dirinya, sesuai dengan penampilannya yang ‘sangat kurang dalam berpakaian’ (less). Burck mengangkat keterpurukan ekonomi masyarakat Amerika pascakrisis global sebagai topik kampanyenya. Dia menyerukan pentingnya pengiritan dalam kehidupan sehari-hari. Dia bilang, “Sekarang saatnya mengencangkan ikat pinggang, meskipun itu cuma ungkapan karena saya tak pernah pakai ikat pinggang. Tapi di situlah poinnya. Saya tak butuh ikat pinggang dan pakaian. Dan saya tak akan membeli setelan jas hanya karena saya mencalonkan diri menjadi walikota.”

Ada-ada saja. Kalau dilihat dari sudut pandang orang Amerika, hal itu tentu sangat lumrah dan biasa. Tapi dari sudut pandang kita -orang Indonesia- yang lekat dengan budaya ketimuran, besar kemungkinan mengundang kontroversi. Bagaimana mungkin orang yang tanpa malu pergi ke mana-mana hanya dengan bercelana dalam menjadi pemimpin. Di mana wibawanya? Apakah bisa menjadi teladan? Atau justru gaya nyelenehnya itu yang ‘diteladani. Dan sebagainya, dan sebagainya.

Yah, itulah kontroversi. Kalau dibahas tak akan ada ujungnya. Karena itu saya pikir lebih baik kita melihatnya dari sisi positif. Pasti ada dong sisi baik yang bisa dijadikan pelajaran di balik sisi kontroversialnya [Su’udzon Mode: OFF] :-)


Get out of the box = Kreatiflah

Akhir-akhir ini saya sering mendengar kalimat ‘Get out of the box!’. Sebuah ungkapan untuk mengajak supaya lebih kreatif, keluar dari KONVENSIONALITAS dan STANDAR, untuk mencapai apa yang sedang kita buru. Saya melihat apa yang dilakukan Burck adalah sebuah upaya untuk get out of the box. Terlepas dari dia bakal terpilih menjadi walikota atau tidak, yang jelas dia telah berhasil mendapat atensi yang sangat besar. Itu telah menjadi magnitude yang sangat kuat bagi semua orang untuk memilihnya.

Di sekitar kita pun sudah banyak orang yang menganut ‘paham’ get out of the box. Dan terbukti cukup ampuh membantu mencapai tujuannya. Kita ambil saja contoh para selebriti kita. Pertama, grup band Hijau Daun. Sebagai grup baru yang ingin eksis di persaingan industri musik, Hijau Daun sadar harus melakukan cara yang ‘tidak biasa’ untuk mencuri perhatian. Maka digandenglah Luna Maya untuk menyanyi bersama di lagu yang berjudul ‘Suara’. Luna Maya cantik, itu jelas. Terkenal, itu pasti. Tapi dia kan BUKAN penyanyi? Nah, di situlah poinnya. Di situlah letak keanehan, ketidakbiasaan, dan keunikannya. Perhatian orang pun berhasil disedot. Banyak yang penasaran lihat Luna Maya menyanyi. Otomatis, Hijau Daun kena imbas untungnya juga. Semua jadi dapat suksesnya, ya Hijau Daun, ya Luna Maya, ya produser rekamannya.

Kedua, mentalis Deddy Corbuzier dan Romy Rafael. Selama ini penampilan mereka biasa-biasa saja, tak seheboh dandanannya. Bahkan tahun lalu mereka seperti mencapai titik nadir kejenuhan, hampir tenggelam namanya. Tahu-tahu mereka muncul di infotainment dengan saling menjelekkan satu sama lain. Orang mungkin berpikir mereka berseteru sebagai sesama mentalis. Tapi saya curiga, jangan-jangan ini upaya mereka untuk kembali mencuri perhatian orang. Saya berpikir itu adalah strategi marketing sebagai upaya get out of the box untuk mereguk popularitas yang lebih dahsyat. Memang itu pendapat saya secara subjektif saat itu. Tapi saya kini mendapat jawabannya. Deddy Corbuzier dan Romy Rafael namanya meroket. Mereka masing-masing punya acara di televisi, bahkan tampil bersama.

Ketiga, Bob Sadino, pengusaha nyentrik yang suka bercelana pendek. Dalam bukunya “Mereka Bilang Saya Gila”, pengusaha yang kini usianya sudah beranjak sepuh itu menceritakan bagaimana dia melakukan revolusi dalam hidupnya, dari seorang pegawai kantoran yang sudah ‘mapan’ kemudian banting setir menjadi pengusaha yang betul-betul mulai dari nol. Menurut Bob, selama ini sekolah mengajar kita untuk TAHU, bukan untuk BISA. Akibatnya, sarjana ber-IPK tinggi pun susah mencari pekerjaan yang sebanding dengan ‘ILMU TAHU’-nya. Tak heran kalau misalnya kita ingat seorang teman kita saat sekolah dulu begitu nakal, malas, suka membolos, dan nilainya merah terus. Tapi tiba-tiba kita tahu sekarang dia begitu sukses. Mengapa bisa begitu? Karena upaya get out of the box, keluar dari konvensionalitas dan standar.

Apa yang dilakukan Robert Burck adalah suatu kreativitas tinggi yang disertai KEBERANIAN luar biasa, terlepas dari sisi kontroversialnya. Dia menggunakan cara yang sangat tidak lazim dalam upaya merebut perhatian orang. Dan itu berhasil dilakukannya. Dalam kehidupan kita pun rasanya perlu kita mencontoh kreativitas dan keberanian seperti itu, walaupun kita tidak harus ikut-ikutan bugil. Bisa dianggap kurang waras kita nanti :-)

73 comments:

  1. Pertamaxxx!!! (ketularan huahaha)

    Asik juga yah, banyak orang nyeleneh (unik) ikut mencalonkan diri jadi walikota. Malah bisa-bisa dia dapat suara terbanyak dan terpilih jadi walikota. Coba kalau di sini, bakal jadi hujatan wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. buat mas Deddy Corbuzier N Romy Rafael meroket namanya karena sering tampil di acara the master!! hehehe..

    BalasHapus
  3. ikut yg waras, berkreasi dan berani dalam hal positif.
    (gak nyambung sama artikel, bingung...)

    BalasHapus
  4. Ada2 saja, gimana jadinya New York kalau dia terpilih?

    BalasHapus
  5. Namanya juga demokrasi, siapa aja boleh mencalonkan diri. Waktu pemilihan walikota Bogor, Ki Gendeng kan ikutan juga, untung ngga kepilih.

    BalasHapus
  6. yang nyleneh spt ini biasanya ramai di awal..
    pd saat pemilihan nanti yg mo milih akan mikir 2 kali

    BalasHapus
  7. numpang lewat lg sekalian ngeramein komen...

    Happy blogging ya! See u on my blog.
    -Desti Hamster Land-

    BalasHapus
  8. namanya juga Amrik, suka-sukanya dia mo tampil kaya gimana dan mau jadi apa. Tapi salut juga deh dengan keberanian si om nyleneh. Kalo di Indonesia ada yang seperti itu ???bisa demo tuh, abis yang cantik2 aja yang ikut kontes trus berbikini di demo habis2an gimana kalo calon pemimpin, udah dapat diterka tulisan demonya pasti " Pemimpin bugil, rakyatnya monyet semua" hahaha.

    BalasHapus
  9. kalau dfisini bisa didemo fpi to mas

    BalasHapus
  10. emang yang aneh yang di cari masyarakat tapi mengandung makna.

    BalasHapus
  11. emz ada" z ya, v unik jg ya penampilan'y,,

    BalasHapus
  12. haha......
    mungkin dy mencalinkan dri sebgai walikota mempunyai visi dan misi yang baik bwt negaranya... hmmm
    kalo tu postif knpe tdk

    BalasHapus
  13. MTV banget nih. Out of Box. Setuju dari sisi ide. Tapi untuk penjabaran teknis naked cowboy baru bisa diterima di masyarakat papua, bali atau kalimantan. Kalau di Jawa agak susah yah.

    BalasHapus
  14. oalah om -om..... kalo disini udah dianggep gila beneran... yach moga aja kepilih.....

    BalasHapus
  15. waduh,kok ada yah walikota yang penampilannya kaya gitu

    BalasHapus
  16. calon walikotanya sexsi bngt ,,ckckckc

    BalasHapus
  17. kalau di indonesia sih bakaln sudah di tolak mentah-mentah kalo ikut mencalonkan sebagai walikota dengan berpenampilan seperti itu.

    BalasHapus
  18. sifat kreatif itu yang sangat penting dalam kehidupan sekarang ini.

    BalasHapus
  19. benda dari yang lain itu cara yang sangat tepat untuk menarik banyak orang.

    BalasHapus
  20. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  21. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  22. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih suah berbagi ilmud

    BalasHapus
  23. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  24. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  25. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  26. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  27. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  28. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  29. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  30. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  31. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  32. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  33. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  34. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  35. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  36. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  37. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  38. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  39. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  40. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  41. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  42. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  43. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  44. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  45. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  46. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  47. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  48. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  49. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  50. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  51. wah bagus sekali infonya pasti say akan coba sekarang juga, sukses yah

    BalasHapus
  52. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  53. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    BalasHapus
  54. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    BalasHapus
  55. saran yang sangat bermutu dan amazingp, boleh di coba tipsnya. Salam sejahtera

    BalasHapus
  56. Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

    BalasHapus
  57. Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

    BalasHapus
  58. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  59. bagaimana nantinya kalau ada Tamu perempuan, bahaya....

    BalasHapus
  60. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  61. ya aneh kalo ada d indonessia ,,,,,

    BalasHapus
  62. gak kedinginan apa gak pake baju ...

    xixixixixi

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top