06 Juni 2013
258 comments

Kemerdekaan Kelinci Panggang

Kamis, Juni 06, 2013
Meraih kenyamanan hidup dengan segala tantangannya adalah pilihan. Mau menghadapi atau justru menyerah menghadapi tantangan? Sebelum memutuskan langkah kedua, sebaiknya kita berkaca pada sosok kelinci pada cerita berikut.

Binatang itu melompat gesit, menghindari terkaman harimau. Berkali-kali raja hutan meraung kecewa mendapati tempat kosong, saat menubruk kelinci hutan yang lincah itu. Akhirnya sang kelinci lolos dari sang harimau, dan pelarian itu mengantarkannya ke halaman rumah petani di pinggiran hutan.

Wah, perutku jadi lapar nih!" kata kelinci hutan saat melihat dua ekor kambing gemuk yang sedang mengunyah tumpukan rumput segar. Gemerenyit suara kunyahan dua kambing itu seolah musik merdu, membuat perut kelinci yang sudah masuk ke kandang itu makin keroncongan.

“Selamat datang kelinci, silakan cicipi rumput segar nan manis ini," sambut kambing. Ajakan ini membuat kelinci terkejut, Selama di hutan, tak biasa ada binatang berbagi makanan dengan mudahnya. “Mengapa kamu bersedia membagi rumput milikmu kepada saya?" tanya kelinci. “Oh, kami bardua punya banyak makanan di sini. Petani selalu memberi apa pun yang kami inginkan," jawab kambing.

Undangan itu membuat kelinci liar itu menelan ludah dan penasaran akan sosok sang petani. Sebelum bertanya, sang kambing telah menjelaskan, “Petani itu setiap hari mencarikan kami makanan, tanpa pernah kami minta. Dan kami sama sekali tak perlu bekerja untuk dia.”

Kelinci makin bingung. “Maksudmu, petani itu memberimu gratis semua yang kamu inginkan?” Kambing menjawab, “Tepat sekali! Tidak hanya itu, dia juga memberikan kami tempat untuk tinggal.

Kelinci hutan menjadi syok. Dia belum pernah mendengar hal seperti itu. Dia selalu harus mencari makanan dan bekerja untuk mencari tempat tinggal. Bahkan untuk dua hal itu dia sering harus berkelahi dengan sesama kelinci atau binatang lain.

Saat memakan rumput pemberian kambing itu, kelinci berpikir untuk tinggal di sekitar rumah petani. "Kambing, kotak kayu di pojok kandang ini sepertinya cocok buat sarang saya. Saya ingin seperti kamu berdua, mendapat semua makanan tanpa perlu bekerja, kata kelinci yang dijawab suara embikan kambing tanda setuju.

Semuanya berjalan baik bagi kelinci. Sang petani memberinya makanan yang dia inginkan tanpa pernah dia bekerja. Kotak kayu yang dia tempati selalu dibersihkan petani, dan bahkan diberinya kunci untuk menjaga keselamatannya. Dia pun tumbuh menjadi kelinci gemuk dan malas.

Sampai suatu hari dia mendengar istri petani menyebutkan bahwa keluarganya akan datang dari kota dan alangkah semaraknya jika ada hidangan kelinci panggang untuk makan malam. Mendengar itu, kelinci memutuskan sudah waktunya untuk pergi dari  pertanian itu dan kembali hidup merdeka di alam bebas,

Namun ketika dia berusaha melompat, dia baru menyadari kalau dia sebenarnya telah terkurung. Dia tak selincah dulu, bahkan dia mendapati dirinya telah tumbuh terlalu gemuk dan malas. Akhirnya di hari kunjungan keluarga petani dari kota, mereka duduk bersama menghadapi panggang daging kelinci besar melengkapi aneka makanan lain yang sedap.

Apakah hikmah yang kita dapat? Ketika kita menyerah pada tantangan dalam pencairan kenyamanan hidup, kita mungkin sedang menyerahkan kemerdekaan kita. Hindari kata menyerah dalam berusaha, agar kita tidak akan menyesalinya setelah segalanya berlalu dan tidak ada kesempatan lagi. Ingat, selalu ada keju gratis dalam perangkap tikus.



Sumber:
Sinergi46
Edisi XLVI, VI, 2012

258 comments:

  1. Artikel yang sangat memberi motivasi, terima kasih

    BalasHapus
  2. Menarik sekali..
    Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
    salam semangat..

    BalasHapus
  3. sangat memotivasi sekali dan sangat menyentuh ceritanya ..

    BalasHapus
  4. cerita yang bisa diambil hikmahnya gan

    BalasHapus
  5. wahh cetinya sungguh menyentuh hati sekali, kata-katanya sangat bermakna :) bagus bagus.

    BalasHapus
  6. informasi yg sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. artikel yg sangat menarik sekali

    BalasHapus
  8. Judul yang unik dan menarik gan..sangat menarik untuk di baca

    BalasHapus
  9. Artikel yang berbeda dari biasanya, unik

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. artikel yang menarik mas:D
    btw tuker link dong mas, link blog masnya sudah saya pasang di web saya silahkan cek tiaraundangan.com (bagian footer)

    trims

    BalasHapus
  12. inspiratif n kreatif,,,sungguh sangat unik dan tentunya sangat bermanfaat sekali khususnya buat saya yang membaca.

    BalasHapus
  13. Benar benar inspiratif artikelnya bro...

    BalasHapus
  14. Artikel tentang kemerdekaan kelinci in sangat menginspirasi saya. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat sekali buat saya

    BalasHapus
  15. Tulisan yang menarik, ditambah lagi dengan gaya penulisan yang santai menjadikan pembaca betah membaca blog ini. Materi yang disampaikan juga simple dan mudah dimengerti.

    Salam hangat,

    http://borobudurrafting.com/, 081.227744.23(t-sel)

    BalasHapus
  16. siipp bang,bener banget tuh,,,ada banyak nilai yang kita dapat,,,:)

    BalasHapus
  17. Terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  18. yaa begitulah nasib orang-orang yang sudah mencapai kenyamanan dan terlena akan kenyamanan trsbut tapi dia berhenti untuk bekerja keras..

    BalasHapus
  19. menarik sekali artikel yang bapak tulis, saya puas membacanya

    BalasHapus
  20. kepada siapa kita harus menyerahkan kemerdekaan kita??? hmmm.. nice post pak... like it

    BalasHapus
  21. makasih atas infonya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  22. cerita yang luar biasa gan. motifasinya bagus

    BalasHapus
  23. terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  24. terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  25. info yang sangat menarik sekali mas..

    BalasHapus
  26. saya senang lihat tampilan blognya gan..keren :)

    BalasHapus
  27. artikel yang sangat bermanfaat khususnya buat diri saya pribadi, terima kasih banyak atas semua kebaikan yang telah anda berikan melalui blog anda ini

    BalasHapus
  28. Informasi yang sangat bagus dan berwawasan.

    BalasHapus
  29. terima kasih atas imformasi yang telah anda berikan melalui web ini
    semoga menjadi amal soleh. salam kenal dan salam sukses selalu.

    BalasHapus
  30. Thanks for information,,,,,,,,

    BalasHapus
  31. Cerita yang memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita. Tantangan yang sedang kita hadapi adalah cara terbaik untuk menjadikan kita sebagai pemenangnya.

    BalasHapus
  32. Keren kata2 di paragraf terakhir nya :)

    BalasHapus
  33. info yang sangat bagus mas,,,info yang sngat bermanfaat sekali buat saya,,terima kasih banyak ya...semoga selalu menciptakan karya-karya terbaiknya,, dan selamat berkarya...mantap!!

    BalasHapus
  34. sngat menginspirasi nih,, makasih...

    BalasHapus
  35. Mantap bnget Kang ceritanya, semakin membuka pemikiran saya................ terimakasih

    BalasHapus
  36. hhmmmmmm,,, si kambing gimana akhirnya?? paling di sembelih juga..hehe

    BalasHapus
  37. selamat siang Mas,, selalu tertarik sya untuk membaca website ini :)

    BalasHapus
  38. apa yang menjadi tulisa itu sngat bner bnget, terimakasih udh sharing Kang http://goo.gl/FHVzl

    BalasHapus
  39. makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,

    BalasHapus
  40. Infonya sangat bagus nie gan ,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  41. Sorry komen ane sedikit out of topic,..tapi kelihatannya pake template model terbaru nih agan,.. cakep templatenya, :) salam kenal aja gan.


    Kami adalah Toko Tas Ransel online yang menjual Tas Ransel berkualitas seperti Tas Eiger original asli dan bergaransi. Kunjungi RANSELOKE.COM


    BalasHapus
  42. artikel yang sangat bagus sekali ddan tentunya sangat bermanfaat untuk pembacakhususnya saya pribadi, terima kasih salam kenal dan sukses selalu.

    BalasHapus
  43. setelah saya baca seluruh artikel dan akhirnya saya menemukan apa yang saya cari selama ini. saya ucapkan terima kasih ini semua berkat anda. salam kenal dan salam sukses

    BalasHapus
  44. artikel yang patut di acungkan jempol, kata-kata yang tersusun rapi jelas dan mudah di mengerti, banyak di butuhkan orang teruma saya pribadi, terima kasih atas segala kebaikan anda yang anda berikan melalui tulisan ini.

    BalasHapus
  45. kwalitas yang penting dalam suatu artikel dan itu ada dalam artikel anda ini, hebat gan. lam kenal dari saya.

    BalasHapus
  46. setelah saya menyimak smua isi artikel anda dan saya ucapkan beribu terima kasih, berkat artikel ini, ilmu dan pengetahuan saya jadi bertambuah, semoga bermanfaat. salam kenal gan dari saya.

    BalasHapus
  47. Wah mantap nih sob, sya sangat setuju.

    BalasHapus
  48. Cerita di atas ternyata banyak pelajaran yang bisa kita ambil.

    BalasHapus
  49. bagus dapat dijadikan pelajaran penting apa yang ada pada tulisan tersebut.

    BalasHapus
  50. iya jangan berhenti ditengah jalan......jangan menyerah dulu sebelum berperang.....

    BalasHapus
  51. Artikel yang bagus..
    terimakasih banyak.

    BalasHapus
  52. cerita yang sangat bagus...
    thanks yah gan.

    BalasHapus
  53. Ternyata bagus juga yah pesan yang ada dalam cerita nya..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  54. makasihi gan buat informasinya yah, semoga bermanfaat buat kita semua dan semoga menjadi berkah buat kalian semua ...

    BalasHapus
  55. Artikel yang sangat menarik nih di bacanya.

    BalasHapus
  56. bagus banget kalo diceritakan kepada anak - anak, untuk mengambil makna kehidupan yang terkandung di dalamnya.

    BalasHapus
  57. thank
    artikelnya sangat inspiratif
    memang terkadang jika kita ingin sukses dan bahagia, kita harus berani keluar dari zona aman kita dan terus berjuang

    BalasHapus
  58. Saya sangat setuju sekali dengan anda.

    BalasHapus
  59. Oh jadi begitu ya, informasinya bagus juga nih.

    BalasHapus
  60. Ceritanya sungguh memotivasi sekali, Terimakasih

    BalasHapus
  61. Malang sekali nasibmu, kelinci selucu itu harus jadi santapan manusia :'(

    BalasHapus
  62. walau gak tega pas masih idup karena imut tapi klo dah jadi sate pasti pada gak nolak hehehe...

    BalasHapus
  63. binatang yang sngat lucu dan unik , saya suka bnget..

    BalasHapus
  64. Menghindar dari suatu permasalahan hidup hanya akan menimbulkan masalah yang lebih rumit, dan tidak menjadikan kita sebagai juara.

    BalasHapus
  65. makasih gan buat informsinya yah semoga bermanfaat buat kita semua dan salam kenal aja yah

    BalasHapus
  66. terima kasih ya agan atas informasi yang telah agan berikan lewat artikel agan ini, jadi menambah ilmu dan peangetahuan buat saya...

    BalasHapus
  67. artikelnya mmberiku motivasi, yhank yah gan!

    BalasHapus
  68. makasih gan buat informasinya ya semoga bermanfaat buat kita semua dan salam kenal aja deh

    BalasHapus
  69. terimakasih banyak ya sob buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua dan salam kenal aja ya dari aku

    BalasHapus
  70. Cerita yang Sangat memotivasi dri kita sndiri pahami diri kita masukkan kedalam hati sejenak apa kita benar dengan apa yang kita lakukan dan tetap berusaha jagn mnyerak terhadap suatu masalah tantanglah masalh itu dan taklukkan dalam genggaman tanganmu, thank gan atas artikel ini.

    BalasHapus
  71. pelajarn hidup yang berguna gan .thanks

    BalasHapus
  72. Ane jadi terharu baca ceritanya.

    BalasHapus
  73. kehidupan itu seperti kita naik sepeda, kita harus terus bergerak, jika tidak keseimbangan akan terganggu atau sepeda hrs berhenti (baca; mati)

    BalasHapus
  74. makasih gan buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

    BalasHapus
  75. makasih atas infonya sangat menarik, dan artikelnya keren keren banget, kunjungi website saya juga ia gan
    obat lemah syahwat

    BalasHapus
  76. postingannya sangat memebrikan motivasi

    BalasHapus
  77. artikel yang sangat bermanfaat khususnya buat diri saya pribadi, terima kasih banyak atas semua kebaikan yang telah anda berikan melalui blog anda ini

    BalasHapus
  78. terimakasih gan buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam knal aja dari aku

    BalasHapus
  79. terimakasih ya gan infonya, bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  80. terimakasih ya gan infonya, bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  81. thanks for the information may be useful for all of us wrote Greetings from me

    BalasHapus
  82. artikel yang sangat bagus gan makasih atas infonya

    BalasHapus
  83. terimakasih buat informasinya sangat bermanfaat buat kita semua

    BalasHapus
  84. Suatu cerita yang sangat kreatif.

    BalasHapus

  85. makasih gan buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

    BalasHapus

  86. thank's gan atas infonya

    BalasHapus

  87. thanks for the information may be useful for all of us on I know Greetings

    BalasHapus
  88. keren bnget nich sob artikelnya?
    santa menarik bnget sob!

    BalasHapus
  89. makasih infonya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  90. makasiiihh atas infonya semoga bermanfaat ;)

    BalasHapus
  91. terimakasih banyak sob atas informasinya sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  92. artikel yang sangat bagus sob sukses selalu ya

    BalasHapus
  93. terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain

    BalasHapus
  94. terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat buat saya pribadi

    BalasHapus
  95. makasih gan infonya sangat berguna

    BalasHapus

  96. terimakasih telah mau membagi pengetahuannya.. semoga menjadi berkah dan amal ibahdah

    BalasHapus
  97. Artilekel yang bagus gan, sukses selalu

    BalasHapus
  98. Enaknya sate kelinci bikin bangga...

    BalasHapus
  99. Luar biasa sekali artikelnya sangat brmanfaat
    Semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjun ke blog ini...
    Makasihnya atas informasinya
    sukses selalu

    BalasHapus
  100. Wah artikel yang sangat menarik sekali, mantap sher anonimnya

    BalasHapus
  101. ceritanya bagus sekali dan ada sedikit pesan yang tersampaikan

    BalasHapus
  102. blog anda semakin disukai banyak orang karena isinya dapat menambah wawasan bagi para pembaca/pengunjung

    BalasHapus
  103. Luar biasa sekali sangat bermanfaat banyak sekali pengetahuan yang saya dapatkan...
    setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  104. Terimakasih banyak atas informasinya.,
    Sungguh luar biasa sekali banyak pelajaran yang saya dapatkan.... setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  105. makasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  106. informasinya luar biasa sekali sangat menarik dan bermanfaat bagi saya.... semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan...

    BalasHapus
  107. bagus infonya sangat bermanfaat, makasih...
    semoga sukses saja

    BalasHapus
  108. makasih infonya sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  109. Terimakasih infonya .
    inspiratif sekali .

    BalasHapus
  110. Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
    Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

    BalasHapus
  111. Infonya mantap keren...
    Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
    Makasih infonya... Sukses deh...

    BalasHapus
  112. Luar biasa sekali gan infonya mantap abis...
    Banyak ilmu pengethaun yang saya dapatkan...
    Makasih infonya semoga sukses...

    BalasHapus
  113. bagus artikelnya sangat bermanfaat, makasih..
    semoga sukses aja

    BalasHapus

  114. informasi yang sangat menambah wawasan saya makasih ga,.

    BalasHapus
  115. Her posts are very dance gan,,

    BalasHapus
  116. cool article, thanks gan his info .

    BalasHapus
  117. thanks for the info may be useful gan

    BalasHapus
  118. continued success gan, awaited further atikel ..

    BalasHapus
  119. trimakasi info, useful ... add to my knowledge ...

    BalasHapus

  120. thanks for the info may be useful for everyone ..

    BalasHapus

  121. Her comments come gan article, I think the info is very interesting to observe ...

    BalasHapus
  122. ditunggu ea gan artikel slanjutnya :)

    BalasHapus
  123. maksudnya kemerdekaan kelinci panggang itu gimana yah?

    BalasHapus
  124. terimakasih informasinya ,, semoga bermanfaat dan sukses ! :)
    http://goo.gl/XfLzn7

    BalasHapus
  125. terimakasih ya infonya sangat bermanfaat nih

    BalasHapus
  126. Terimakasih untuk informasinya alhamdulillah artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top