24 Maret 2012
304 comments

Importir Wajib Memiliki Angka Pengenal Importir (API)

Sabtu, Maret 24, 2012
Importir yang akan membuka letter of credit (L/C) WAJIB memiliki Angka Pengenal Importir (API). Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) RI No. 31/M-DAG/PER/7/2007 tentang Angka Pengenal Importir (API) yang ditetapkan pada tanggal 20 Juli 2007.

Berikut ini hal-hal prinsip yang saya sarikan dari Permendag No. 31/M-DAG/PER/7/2007 yang disahkan oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, kala itu:
==> API adalah tanda pengenal sebagai importir yang harus dimiliki setiap perusahaan yang melakukan perdagangan impor, dan berlaku untuk setiap kegiatan impor di seluruh daerah pabean Indonesia.

==> Impor hanya dapat dilaksanakan oleh perusahaan dagang, perusahaan industri, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKS), atau perusahaan penanaman modal yang telah memiliki API.

==> API terdiri dari:
API Umum (API-U)
- Berlaku untuk kantor pusat perusahaan dan seluruh kantor cabangnya.
- Wajib dimiliki oleh setiap PERUSAHAAN DAGANG yang melakukan impor.
- Berlaku selama 5 tahun terhitung sejak tanggal diterbitkan dan dapat diperpanjang.

API Produsen (API-P)
- Berlaku untuk kantor pusat perusahaan dan seluruh kantor cabangnya.
- Wajib dimiliki oleh setiap PERUSAHAAN INDUSTRI yang melakukan impor.
- Diberikan kepada perusahaan industri yang mengimpor barang modal dan bahan baku atau penolong untuk keperluan proses produksinya sendiri, atau barang lainnya sepanjang digunakan untuk keperluan perusahaan industri yang bersangkutan.
- Berlaku selama 5 tahun terhitung sejak tanggal diterbitkan dan dapat diperpanjang.

API Terbatas (API-T)
- Berlaku untuk kantor pusat perusahaan dan seluruh kantor cabangnya.
- Wajib dimiliki oleh setiap PERUSAHAAN PENANAMAN MODAL yang melakukan impor.

API Khusus (API-K)
- Berlaku untuk setiap kontrak yang dimiliki oleh Kontraktor KKS.
- Wajib dimiliki oleh setiap KONTRAKTOR KKS yang melakukan impor.
- Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKS) adalah badan usaha yang diberikan wewenang untuk melaksanakan eksplorasi dan eksploitasi pada suatu wilayah kerja berdasarkan kontrak kerja sama dengan badan pelaksana.
- Berlaku selama 5 tahun terhitung sejak tanggal diterbitkan dan dapat diperpanjang.


==> Impor dapat dilakukan tanpa API jika:

- Impor tidak dilakukan terus-menerus dan tidak dimaksudkan untuk diperdagangkan atau dipindahtangankan
- Barang yang diimpor adalah untuk keperluan lain yang berupa alat penunjang kelancaran produksi atau alat pembangunan infrastruktur
- Impor Tanpa API wajib memperoleh Persetujuan Impor yang ditandatangani oleh Direktur Impor Kementerian Perdagangan.


==> API atau Persetujuan Impor Tanpa API merupakan syarat untuk:

- Impor barang melalui pembukaan letter of credit (L/C) pada bank devisa dan/ atau dengan cara pembayaran lain yang lazim berlaku dalam transaksi perdagangan internasional
- Penerbitan Pemberitahuan Impor Barang (PIB)

Semoga bermanfaat..


.

304 comments:

  1. benar sekali tuh dengan berita yang disampaikan agan, dengan adanya peraturan itu negara unu sudah mempersempit angga penjualan ilegal.....

    BalasHapus
  2. wah baru tahu saya tentang API ini, makasih infonya gan.

    BalasHapus
  3. Owh jadi begitu ya gan, ternyata ga sembarangan ya..
    terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Info yg sngat menarik...
    Makasih bnyak infonya Gan. . . .

    BalasHapus
  5. Waahh saya baru tau nich Gan. .

    BalasHapus
  6. Begitu ya gan.. saya baru tahu.!

    BalasHapus
  7. Makasih bnyak infonya..

    BalasHapus
  8. Artikel yg sngat menarik..

    BalasHapus
  9. sip info nya sangat bagus nie ganm,,,,,

    BalasHapus
  10. bagus juga gan,
    jd nmbah wawasan nie,mksih ya,, :)

    BalasHapus
  11. untuk postingan nya sangat berguna untuk saya maksih ya

    BalasHapus
  12. terimakasih atas info nya..
    cukup bermanfaat untuk saya.

    BalasHapus
  13. kalo tidak memiliki API gi mana bro?

    BalasHapus
  14. semoga para importir mematuhinya dan memiliki API.

    BalasHapus
  15. Tapi sepertinya masih banyak pelanggaran deh disana :(

    BalasHapus
  16. ya benar gan , biar banyak pendapatan buat negara tercinta ini

    BalasHapus
  17. dari dulu napa......kok baru karang karang

    BalasHapus
  18. saya malah beberapa minggu yang lalu mengalami kendala setelah keluar PERMEN nomornya lupa. Tentang verifikasi di negara asal. Betul-betul melelahkan karena ternyata saya tidak tahu sosialisasinya, sedangkan peraturan tsb sudah mulai berlaku per Maret 2012 ini. huff...

    BalasHapus
  19. bagus bgt nih...buat mengurangi angka penjualan ilegal di negara kita...

    BalasHapus
  20. mudah mudahan aja cepet sekarang

    BalasHapus
  21. ooh jadi begitu sekarang importir harus mempunya API (Angka pengenal Importir) jadi ga boleh sembarang lagi ya?
    tapi kenapa ya ? Alat penunjang produksi & alat pembangunan infrastruktur masih belum butuh API ?

    BalasHapus
  22. klu API untuk Blogger apa bos...

    BalasHapus
  23. informasinya menarik gan,,, thanks sudah berbagi.

    Kata Motivasi, Kata Gombal, Kata Motivasi Kehidupan, Nexian Android

    ditunggu kunjungan baliknya gan....

    BalasHapus
  24. semoga informasi ini akan memberi manfaat yang sangat dibutuhkan oleh importir

    BalasHapus
  25. terima kasih atas infonya.salam kenal

    BalasHapus
  26. Iin belajar tentang eksport import sob..hehe..

    BalasHapus
  27. maaf gan,.,.

    saya baru tahu nih,.,.

    http://gamatluxorr.com/obat-alami-sifilis/

    BalasHapus
  28. Terima Ksih gan sudah berbagi ilmu yang berguna.
    Salam Sukses.

    BalasHapus
  29. terima kasih infonya gan...semoga selalu menebar manfaat

    BalasHapus
  30. semoga ahl ini bisa cepat di realisasikan demi mengurangi praktek ilegaloging !!

    BalasHapus
  31. saya kurang faham ni..
    tapi terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  32. kunjungan sore hari nih gan..
    sukses ya

    BalasHapus
  33. lebih terorganisasi, lebih baik...

    BalasHapus
  34. bener bener informatif, makasih

    BalasHapus
  35. Pak Mau tanya... Kalau impor di kawasan berikat daerah industri pulau batam apakah masih memerlukan API atau ada pengecualian?
    terima kasih atas informasinya :)

    BalasHapus
  36. angka pengenal importir, ok deh..

    BalasHapus
  37. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  38. infonya bagus banget untuk para pengusaha export import

    BalasHapus
  39. mas izin copas artikelnya ya untuk di web saya, link sumber akan saya sertakan.. trima kasih..

    BalasHapus
  40. ijin untuk mengcopas artikelnya, untuk di simpan sebagai referensi

    BalasHapus
  41. informasi yang berguna bagi kita semua

    BalasHapus
  42. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. Your blog in awesome information its field.

    BalasHapus
  43. oke banget infrmasinya ,,

    semoga manfaat gan

    BalasHapus
  44. Ada rujukan gak boz tempat belajar menjadi exportir / importir..belum istilah banyak yang asing / aneh..
    Makasih to admin for infonya
    By: lowongan kerja terbaru

    BalasHapus
  45. this post is very simple but very useful

    BalasHapus
  46. Angka Pengenal Importir Produsen (API-P)

    - Diberikan kepada perusahaan industri yang mengimpor barang modal dan bahan baku atau penolong untuk keperluan proses produksinya sendiri, atau barang lainnya sepanjang digunakan untuk keperluan perusahaan industri yang bersangkutan.

    kalau impor bola agen indonesia masuknya dimana kategorinya ya. salam 7naga

    BalasHapus
  47. gan kalo Alat penunjang produksi & alat pembangunan infrastruktur masih belum butuh API ? maksi gan atas informasinya .....

    BalasHapus
  48. terima kasih infonya
    saya mau menanyakan API itu bahasa sederhananya apa?mohon dimaklumi karena saya masyarakat awam

    BalasHapus
  49. OOOH Bgtu toh.... thanks infonya

    BalasHapus
  50. dengan aturan yg diperketat akan memajukan arus perdagangan internasional untuk indonesia

    BalasHapus
  51. namun kepengurusan dokumen2 membuat para penusaha menengah kecil agax kebingungan terhadap birokrasi'a

    BalasHapus
  52. oh tentu, harus seperti ituitu
    biar negara kita diakui sebagai negara MAJU

    BalasHapus
  53. komentarnya banyak banget yaak

    BalasHapus
  54. namun kepengurusan dokumen2 membuat para penusaha menengah kecil agax kebingungan terhadap birokrasi'a

    BalasHapus
  55. Setuju Gan harus ada aturan mainya.

    BalasHapus
  56. bagus juga gan,
    jd nmbah wawasan nie,mksih ya,, :)

    BalasHapus
  57. Info yg sngat menarik...
    Makasih bnyak infonya Gan. . . .

    BalasHapus
  58. Info yg sngat menarik...
    Makasih bnyak infonya Gan. . . .

    BalasHapus
  59. semoga para importir mematuhinya dan memiliki API.

    BalasHapus
  60. mudah mudahan aja cepet sekarang

    BalasHapus
  61. nah gitu donk biar teratur :)

    BalasHapus
  62. Begitu ya gan.. saya baru tahu.!

    BalasHapus
  63. Tapi sepertinya masih banyak pelanggaran deh disana :(

    BalasHapus
  64. ooh jadi begitu sekarang importir harus mempunya API (Angka pengenal Importir) jadi ga boleh sembarang lagi ya?
    tapi kenapa ya ? Alat penunjang produksi & alat pembangunan infrastruktur masih belum butuh API ?

    BalasHapus
  65. untuk postingan nya sangat berguna untuk saya maksih ya

    BalasHapus
  66. ya benar gan , biar banyak pendapatan buat negara tercinta ini

    BalasHapus
  67. wah baru tahu saya tentang API ini, makasih infonya gan.

    BalasHapus
  68. terima kasih infonya
    saya mau menanyakan API itu bahasa sederhananya apa?mohon dimaklumi karena saya masyarakat awam

    BalasHapus
  69. Tapi sepertinya masih banyak pelanggaran deh disana :(

    BalasHapus
  70. ijin untuk mengcopas artikelnya, untuk di simpan sebagai referensi

    BalasHapus
  71. Info yg sngat menarik...
    Makasih bnyak infonya Gan. .

    BalasHapus
  72. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  73. Setuju Gan harus ada aturan mainya.

    BalasHapus
  74. ya benar gan , biar banyak pendapatan buat negara tercinta ini

    BalasHapus
  75. Tapi sepertinya masih banyak pelanggaran deh disana :(

    BalasHapus
  76. wah baru tahu saya tentang API ini, makasih infonya gan.

    BalasHapus
  77. Setuju Gan harus ada aturan mainya.

    BalasHapus
  78. vTerimakasih Infonya
    artikel yang bagus,

    BalasHapus
  79. info yng sangat membantu. maksih

    BalasHapus
  80. Jangan pernah berikan harapan jika kamu tak mampu memenuhinya. Lebih baik jujur meski pilu daripada bahagia tapi palsu.

    BalasHapus
  81. info yng sangat membantu. maksih
    sama sama gan terima kasih kembali

    BalasHapus
  82. Jangan pernah berikan harapan jika kamu tak mampu memenuhinya. Lebih baik jujur meski pilu daripada bahagia tapi palsu.
    maksudnya gmn gan?

    BalasHapus
  83. vTerimakasih Infonya
    artikel yang bagus banget.. sekali

    BalasHapus
  84. API itu mksud nya apa ?
    maasak nggak tahu

    BalasHapus
  85. oke kl begitu...manteb loe dech gan

    BalasHapus
  86. Waahh saya baru tau nich Gan. .

    BalasHapus
  87. ya benar gan , biar banyak pendapatan buat negara tercinta in

    BalasHapus
  88. iya nieh pada sehat semua puji tuhan

    BalasHapus
  89. API Khusus dan terbatas maksunya ghitu ya gan?

    BalasHapus
  90. ogenki desuka.
    Arigatoo gozaimasu. @@

    BalasHapus
  91. ogenki desuka.
    Arigatoo gozaimasu. @@

    BalasHapus
  92. ogenki desuka.
    Arigatoo gozaimasu. @@

    BalasHapus
  93. postingan yang keren gan ane suka

    BalasHapus
  94. mungkin mnfaat nya busa diambil niikh buat perusahhan perusahaan yang kegiatan bisnisnya dengan melakukan proses import n export

    BalasHapus
  95. memang wajib memiliki tanda pengenal

    BalasHapus
  96. nice post gan hidup budaya impor indonesia, biar tambah kaya akan manusia konsumtif

    BalasHapus
  97. ohhhhhhh ternyata importir juga terdata dengan baik yah

    BalasHapus
  98. Betul gan importir wajib memiliki API

    BalasHapus
  99. makasih infonya gan.. semuanya perlu kita perhatikan yaa.. :)

    BalasHapus
  100. Cemburu itu wajar, karena kamu takut kehilangan. Tapi jika TERLALU, kamu lebih mencintai dirimu sendiri daripada cinta itu sendiri.

    BalasHapus
  101. ok lah kalo beitu itu. sukses, salig memmemisnisksn

    BalasHapus
  102. Cemburu itu wajar, karena kamu takut kehilangan. Tapi jika TERLALU, kamu lebih mencintai dirimu sendiri daripada cinta itu sendiri.

    BalasHapus
  103. Cemburu itu wajar, karena kamu takut kehilangan. Tapi jika TERLALU, kamu lebih mencintai dirimu sendiri daripada cinta itu sendiri.

    BalasHapus
  104. Betul gan importir wajib memiliki API

    BalasHapus
  105. Mantep ne artikelnya jadi bisa ngerti untuk import barang sedikit...
    thx gan...

    BalasHapus
  106. makasih infonya gan.. semuanya perlu kita perhatikan yaa.. :)

    BalasHapus
  107. ohhhhhhh ternyata importir juga terdata dengan baik yah

    BalasHapus
  108. akasih infonya gan.. semuanya perlu kita perhatikan yaa.. :)

    BalasHapus
  109. ooh jadi begitu sekarang importir harus mempunya API (Angka pengenal Importir) jadi ga boleh sembarang lagi ya?
    tapi kenapa ya ? Alat penunjang produksi & alat pembangunan infrastruktur masih belum butuh API ?

    BalasHapus
  110. Ada rujukan gak boz tempat belajar menjadi exportir / importir..belum istilah banyak yang asing / aneh..
    Makasih to admin for infonya

    BalasHapus
  111. Pak Mau tanya... Kalau impor di kawasan berikat daerah industri pulau batam apakah masih memerlukan API atau ada pengecualian?
    terima kasih atas informasinya :)

    BalasHapus
  112. benar sekali tuh dengan berita yang disampaikan agan, dengan adanya peraturan itu negara unu sudah mempersempit angga penjualan ilegal.....

    BalasHapus
  113. importir harus memiliki API....
    thx..

    BalasHapus
  114. terima kasih ya gan...
    jadi sedikit mengetahui soal importir...

    BalasHapus
  115. oh jadi ternyata importir juga bisa terdata dengan baik...
    thx...

    BalasHapus
  116. baru tau ne soal API ini...
    thx ya gan...
    ditunggu info-info selanjutnya..

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top