31 Maret 2012
351 comments

Impor tanpa Angka Pengenal Importir (API)

Sabtu, Maret 31, 2012
Dalam pembahasan sebelumnya tentang Angka Pengenal Importir (API) di blog ini, importir wajib memiliki API sebagai syarat untuk membuka Letter of credit (L/C) dan untuk mengurus penerbitan Pemberitahuan Impor Barang di kepabeanan. Itu diatur di dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31/M-DAG/PER/7/2007 tentang Angka Pengenal Importir (API) yang disahkan oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu pada tanggal 20 Juli 2007.

Tapi di sisi lain, pelaksanaan impor tanpa API juga diizinkan jika memenuhi persyaratan. Apa saja syaratnya?
  • Impor tidak dilakukan secara terus menerus dan yang tidak dimaksudkan untuk diperdagangkan atau dipindahtangankan.
  • Barang yang diimpor adalah barang untuk keperluan lainnya yang berupa alat penunjang kelancaran produksi atau alat pembangunan infrastruktur.
Selain itu, impor dapat dilakukan tanpa API untuk barang-barang dengan spesifikasi dan sifat tertentu, yaitu:
  • Barang pindahan
  • Barang impor sementara
  • Barang promosi
  • Barang untuk keperluan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan
  • Barang kiriman, hadiah untuk keperluan ibadah umum, amal, sosial, kebudayaan, atau untuk kepentingan penanggulangan bencana alam
  • Obat-obatan yang menggunakan anggaran pemerintah yang diperuntukkan bagi kepentingan masyarakat
  • Barang yang telah diekspor untuk keperluan perbaikan, pengerjaan, dan pengujian
  • Barang ekspor yang ditolak oleh pembeli di luar negeri kemudian diimpor kembali dalam kuantitas yang sama dengan kuantitas pada saat diekspor
  • Barang perwakilan negara asing beserta para pejabatnya yang bertugas di Indonesia berdasarkan asas timbal balik
  • Barang untuk keperluan badan internasional beserta pejabatnya yang bertugas di Indonesia
  • Barang contoh yang tidak untuk diperdagangkan
Demikian tambahan sharing mengenai API. Semoga dapat memberikan tambahan informasi bagi anda yang membutuhkannya.


.

351 comments:

  1. info yang sangat berguna untuk para importir.

    BalasHapus
  2. aduh dak kurang paham nih masalah yang ginian :D

    BalasHapus
  3. mampir sejenak menyapa sahabat... salam kenal mas admin...

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus,terimakasih atas inforamsinya!!!salam kenal dan semoga sukses...

    BalasHapus
  5. Tulisan yg snhat menarik...
    Makasih bnyak infonya...

    BalasHapus
  6. Kurang paham nich gan..

    BalasHapus
  7. Informasi yg sngat berguna...makasih bnyak infonya

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat sekali nich.

    BalasHapus
  9. letter of credit memudahkan transaksi ekspot import, pengusaha sukses indonesia ...

    BalasHapus
  10. Lumayan nambah pengetahuan .... terima kasih sudah berbagi gan

    BalasHapus
  11. barang importir haruss diteliti terlebih dahulu :)

    BalasHapus
  12. info yang sangat bagus..
    terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  13. bagus banget..jadi ngerti dah

    BalasHapus
  14. oh gitu..
    kirain semua kegiatan impor itu harus punya API..
    terimakasih info nya.

    BalasHapus
  15. artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  16. Tidak sia-sia mampir ke blog ini, bermanfaat banget, dapat ilmu baru.
    terima kasih ats infonya, keep share.

    BalasHapus
  17. berarti itu sih bukan importir....

    BalasHapus
  18. semoga para importir memiliki API....

    BalasHapus
  19. semoga API ini lebih ditingkatkan oleh pemerintah kita agar impor tidak ada yang ilegal

    BalasHapus
  20. saya kurang paham... tapi menarik artikelnya...

    BalasHapus
  21. Letter of credit, memudah kan dalam exim...siiip

    BalasHapus
  22. Nice Post broww...... sukses !!

    BalasHapus
  23. exim wah sudah pengusaha gedean ini mah!

    BalasHapus
  24. nice info, sangat bermanfaat buat importir

    BalasHapus
  25. pengusaha gede membanbtu bikinin l/c buat pengusaha yg kecil dunk?

    BalasHapus
  26. mantap infonya gan..

    salam kenal ya!!!!

    BalasHapus
  27. Makasih gan, telah share ilmu yang sangat bermanfaat. Menambah wawasan baru.

    BalasHapus
  28. api engka pengenal importir, makasih infonya tp aku blm ampe exim, msh lokal

    BalasHapus
  29. kageeet,, trus gimana jadinya ?

    BalasHapus
  30. jadi pengen nih semaju itu....hehehehe

    BalasHapus
  31. ayo domgk.....semangat semangat....he.e

    BalasHapus
  32. thanks gan udah berbagi info,sanagt membatu nih,nlam kenal yah.

    BalasHapus
  33. sip gan ..thanks informasinya

    BalasHapus
  34. trims gan jdi nambah ilmu nih.....

    BalasHapus
  35. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  36. mas edwin, artikel ini juga saya izin copas ya. mohon konfirmasinya, thx

    BalasHapus
  37. Nambah ilmu,. nambah wawasan,. thx

    BalasHapus
  38. saya kurang paham tentang itu,,
    but this is good article :)

    BalasHapus
  39. makasih banyak ya gan atas infonya

    BalasHapus
  40. wah lumayan ribet juga yah
    hehhe
    tapi itu demi kita semua
    pemerintah bekerja keras demi kelangsungan hidup rakyatnya

    BalasHapus
  41. makin mantap aja lah gan..... bagus buat nambah wawasan .... ????

    BalasHapus
  42. Apakah ada pengganti yang lain yang bisa digunakan selain API untuk memudahkan transaksi ?

    BalasHapus
  43. Iya, benar, kalau mau jasa export bisa ke GoGoEx Exprss

    BalasHapus
  44. Betul, bagus ini, jadi orang gak sembarangan maen import. Kasian kalau perdagangan bebas karena import tidak terkendali, pabrik2 di indo bisa pada tutup...

    BalasHapus
  45. Iya, benar, kalau mau jasa export bisa ke GoGoEx Exprss

    BalasHapus
  46. tapi kalo sekarang impor sudah semua barang di indonesi merupakan barang impor
    dan itu sudah melebihi kada impor seharusnya

    BalasHapus
  47. nice information, makasih ya gan....

    BalasHapus
  48. Pengen memulai bisnis ini...mulainya dari mana ya

    BalasHapus
  49. export keluar negeri mahal ga yah????

    BalasHapus
  50. makasih banyak ya gan atas infonya

    BalasHapus
  51. Betul, bagus ini, jadi orang gak sembarangan maen import. Kasian kalau perdagangan bebas karena import tidak terkendali, pabrik2 di indo bisa pada tutup...

    BalasHapus
  52. nice information, makasih ya gan....

    BalasHapus
  53. makasih banyak ya gan atas infonya

    BalasHapus
  54. aduh dak kurang paham nih masalah yang ginian :D

    BalasHapus
  55. mari kita kenali deh jenis nya :D

    BalasHapus
  56. nice information, makasih ya gan....

    BalasHapus
  57. makasih banyak ya gan atas infonya

    BalasHapus
  58. export keluar negeri mahal ga yah????

    BalasHapus
  59. Pengen memulai bisnis ini...mulainya dari mana ya

    BalasHapus
  60. export keluar negeri mahal ga yah????

    BalasHapus
  61. Betul, bagus ini, jadi orang gak sembarangan maen import. Kasian kalau perdagangan bebas karena import tidak terkendali, pabrik2 di indo bisa pada tutup...

    BalasHapus
  62. Nice Post broww...... sukses !!

    BalasHapus
  63. nice information, makasih ya gan....

    BalasHapus
  64. makasih ban postingannya bagus

    BalasHapus
  65. nice information, makasih ya gan....

    BalasHapus
  66. nice information, makasih ya gan....

    BalasHapus
  67. wah enak juga gan ... ? maksi gan atas infonya

    BalasHapus
  68. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
    nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Law student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    BalasHapus
  69. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  70. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  71. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  72. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  73. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  74. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  75. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  76. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  77. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  78. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  79. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  80. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  81. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  82. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  83. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  84. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  85. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  86. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  87. mantap juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik banget nie gan,,,,,,,,,

    BalasHapus
  88. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  89. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  90. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  91. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  92. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  93. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  94. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  95. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  96. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  97. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  98. trimakasih sobat,,, beritanya sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  99. Menambah informasi tentang impor

    BalasHapus
  100. This is good content it well be useful to the all the user i fully read all the information it well be helpful to me thanks to the author for the given the wonderful articles...

    BalasHapus
  101. "Kegagalan adalah peluang untuk hal yang lebih baik. Kegagalan adalah batu loncatan untuk pengalaman yang berharga. Suatu hari nanti Anda akan bersyukur untuk beberapa kegagalan yang anda alami. Percayalah, ketika satu pintu tertutup untuk anda, sebenarnya pintu yang lain selalu terbuka"

    BalasHapus
  102. Durian mengandung banyak asam amino triptofan, yang berguna untuk mengurangi rasa gelisah, depresi dan mengobati insomnia.

    BalasHapus
  103. Selain itu, impor dapat dilakukan tanpa API untuk barang-barang dengan spesifikasi dan sifat tertentu, yaitu:

    Kalo Impor Buah Ace amx kemana ya?

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top