08 Oktober 2011
426 comments

Habit is Power

Sabtu, Oktober 08, 2011
Pada zaman dahulu kala di Cina, hidup seorang panglima perang yang terkenal memiliki keahlian memanah yang tiada tandingannya. Suatu hari, sang panglima ingin memperlihatkan keahliannya memanah kepada rakyatnya. Prajurit bawahannya diperintahkan menyiapkan papan sasaran dan seratus buah anak panah.

Setelah semuanya siap, sang panglima memasuki lapangan dengan penuh percaya diri, lengkap dengan perangkat memanah di tangannya. Panglima mulai menarik busur dan melepas satu per satu anak panahnya ke arah sasaran. Rakyat bersorak-sorai menyaksikan kehebatan anak panah yang melesat. Luar biasa. Seratus anak panah dilepas, seratus anak panah itu tepat mengenai sasaran.

Dengan wajah berseri-seri penuh kebanggaan, panglima berucap, “Rakyatku, lihatlah panglimamu. Saat ini, keahlian memanahku tidak ada tandingannya. Bagaimana pendapat kalian?” Tentu saja semua rakyatnya bersahutan memuji kepiawaiannya itu.

Tiba-tiba, seorang laki-laki tua penjual minyak maju ke depan dan menyelutuk, “Panglima memang hebat. Tapi itu hanyalah keahlian yang didapat dari kebiasaan yang terlatih.”

Sontak, panglima dan seluruh rakyat yang hadir terdiam, tercengang, dan bertanya-tanya. Apa maksud pak tua penjual minyak itu? Tukang minyak pun beranjak dari tempatnya. Dia mengambil sekeping uang koin Cina kuno yang berlubang di tengahnya. Koin itu diletakkan di atas mulut botol guci minyak kosong. Dengan penuh keyakinan, penjual minyak itu mengambil gayung penuh berisi minyak dan kemudian menuangkan dari atas melalui lubang kecil di tengah koin tadi sampai botol guci terisi penuh. Hebatnya, tak ada setetes pun minyak yang mengenai permukaan koin itu.

Panglima dan rakyat tercengang. Mereka bersorak-sorai menyaksikan demonstrasi keahlian sang penjual minyak. Dengan penuh kerendahan hati, tukang minyak membungkukkan badan di hadapan panglima sambil berucap, “Itu hanya keahlian yang didapat dari kebiasaan yang terlatih. Kebiasaan yang diulang terus-menerus akan menghasilkan keahlian.”

Dari cerita di atas, kita bisa mengambil satu hikmah, yaitu bahwa betapa luar biasanya kekuatan kebiasaan. The power of habit. Hasil dari kebiasaan yang terlatih dapat membuat sesuatu yang sulit menjadi mudah, dan apa yang tak mungkin menjadi mungkin.

Demikian pula, untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan, kita membutuhkan karakter sukses. Itu hanya bisa dibentuk melalui kebiasaan-kebiasaan seperti berpikir positif, antusias, optimistis, disiplin, integritas, tanggung jawab, dan lain sebagainya. Kesiapan diri untuk melatih, memelihara, dan mengembangkan kebiasaan berpikir sukses dan bermental sukses secara berkesinambungan akan membentuk karakter sukses yang membawa kita ke puncak kesuksesan di setiap perjuangan kehidupan kita.

Sekali lagi, kebiasaan yang diulang terus-menerus akan melahirkan keahlian!


Sumber:
Mustahiq, Pintu Menuju Kehidupan Islami


.

426 comments:

  1. ya betul banget apabila telah terbiasa smuanya juga terasa gampang dan nyaman ( tentunya dalam hal yg positif dan jgn sampai hal yg negatif yg dibiasakan)...
    postingannya sangat membangun dan memotivasi,semangat dan sukses slalu...
    salam...

    BalasHapus
  2. Budayakan membiasakan diri melakukan hal-hal baik, dari yang mudah dilakukan hingga yang sulit.

    BalasHapus
  3. hal yg sulit akan terasa lebih mudah bila dilakukan secara terus menerus dan terbiasa.
    begitupun dengan kehidupan kita,,
    artikelnya sangat memotivasi sekali untuk melakukan hal hal positif,,

    BalasHapus
  4. dan jangan merasa diri paling hebat,,
    dan jangan selalu berfikiran negatif,,
    memotivasi sekali

    BalasHapus
  5. kebiasaan yang sangat terlatih pasti akan sukses ,
    hehe, terinfirasi nih

    BalasHapus
  6. ada pepatah kuno yang bisa, bisa karena terbiasa.

    BalasHapus
  7. postingannya sangat memotivasi...

    thanks atas infonya...

    BalasHapus
  8. sip mas,,
    tapi ada juga yg bilang timbulnya kebiasaan karena bermula dari keterpaksaan.(keterpaksaan dalam hal yg positif)

    BalasHapus
  9. dari kebiasaan dapat menghasilkan kemampuan yg terasah ya.

    BalasHapus
  10. tapi mas kenapa ya kala kita bisa karena terbiasa terus gak dilakukan lagi malahh jadi suka lupa,.

    BalasHapus
  11. Ini disebutnya "ala bisa karena biasa" Inspiratif. Maju terus motivator indonesia

    BalasHapus
  12. Di China, pemain bulu tangkis sudah dididik sejak TK. Begitupun dengan pemain senam, dilatih sejak balita. Makanya China tangguh di Bidang olah raganya

    BalasHapus
  13. Intinya saya setuju bahwa kehebatan harus dilatih dari kebiasaan. Jadi jgn KKN atau instant

    BalasHapus
  14. oke jua nie artikel nya sangat bagus dan menarik nie,,,,,,

    BalasHapus
  15. kita bisa karena biasa, nice share, salam kenal.

    BalasHapus
  16. sangat memotivasi artikelnya....ada lagi ga???

    BalasHapus
  17. update terus artikel yg penuh inspirasi gan...

    BalasHapus
  18. iia gan tambah lagii artikel sejenis kaya gitu,,,thanks buad yang td,,

    BalasHapus
  19. ycah emang betull semuanya bisa karna biasa,,,,v apa si kakek jug terbiasa ngelakuin hal tadii,,heheh

    BalasHapus
  20. like buad si kakek,,like juga buad si admin,, :)
    thankd min

    BalasHapus
  21. hebaatttt,,,,saya juga setuju banget tuh,,ceritanya menyadarkan dan mendorong kita untuk bisa membiasakan diri berlatih agar bisa mencapai suatu tujuan...
    makasih banyak ya,, salam sukses

    BalasHapus
  22. artikel yang sifatnya memotivasi angat digemari oleh pembaca. update terus ya????

    BalasHapus
  23. artikelnya sangat memotivasi...
    di tunggu postingan selanjutnya...

    BalasHapus
  24. boleh juga nie artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie.......

    BalasHapus
  25. mantap juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,,

    BalasHapus
  26. I am really inspired to read it, I became more who have the spirit to continue his studies in the field of English language ....
    thanks before

    BalasHapus
  27. artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,

    BalasHapus
  28. oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

    BalasHapus
  29. So, kita itu membutuhkan keuletan dan ke tekunan, jangan pantang menyerah.

    BalasHapus
  30. Tulisan yg sngat menarik...!!!
    sangat memotivasi sekali,...!!
    Thanks for share...!!!!

    BalasHapus
  31. mantap juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie..........

    BalasHapus
  32. artikel motivasi nih,,
    motivasi yg membangun,,

    BalasHapus
  33. bisa karena biasa
    biasa karena terpaksa,,
    ada yg bilang kaya gitu,berawal dari keterpaksaan mjd kebiasaan yg membuahkan hasil kemampuan

    :D

    BalasHapus
  34. mantap juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie.......

    BalasHapus
  35. yapp,,setuju banget tuh,,,,habit is power,,,kita bisa karena biasa kan??
    top deh artikelnya.
    salam kenal

    BalasHapus
  36. Kebiasaan akan membawa hal yang positif,,, tetapi harus sadar kalau itu bukanlah kepandaian melainkan kebiasaan yang selalu diulang-ulang, maka janganlah sombong atau pamer akan keahlian karena kebiasaan.

    BalasHapus
  37. The first we make Habbit and the Last habbit Can Makes You.jadi mari kita buat kemajuan buat diri sendiri

    BalasHapus
  38. habit is power setuju banget tuh ama kata-katanya,,,seperti pelari dia gak bakal tiba2 lari cepat kalo bukan karean kebiasaan latihan,,,siip deh,,
    ditunggu postingan terbarunya ya

    BalasHapus
  39. mantap juga nie sangat menarik nie info nya ,,,,,,

    BalasHapus
  40. saya suka judulnya.. habbit is power kalau gk salah... mengingatkan akan seseorang yg saya kagumi beliau selalu berbica hal ini kpada saya.
    nice artikel lam kenal ....

    BalasHapus
  41. saya juga setuju sekali dengan kata-katanya yang begitu mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini cuma sementara makasih salam kenal

    BalasHapus
  42. jadi intinya kita harus istikomah ya sobb,, hehe

    BalasHapus
  43. wow nice steady interesting and useful info, really nice blog
    sprei anak
    sprei murah
    bed cover murah

    BalasHapus
  44. Bahasa mudahnya. Bisa karena biasa. Karena kebiasaan,orang akan menjadi terampil. Dan keterampilan yang dimiliki bisa membuahkan rejeki. Tapi ingat semua keterampilan itu sebtulnya berawal dari niat dan bakat. Setuju ?

    BalasHapus
  45. niat yang baik dan keinginan yang kuat,,
    dan terus berfikir positif,,pasti akan membuahkan hasil yg baik dan positif juga,,

    BalasHapus
  46. Hhhmmm. . .,bnr tuch jgn sombong dengan keahlian karena terbiasa. . .
    artikel yg sangat memotivasi skali. . .
    Mksh gan. . .

    BalasHapus
  47. ceritanya bagus bgt gan, bener2 memotivasi ane...

    BalasHapus
  48. Kata-kata motivasi yang membangkitkan semangat muda. Thanks gan!

    Galeri Foto UII

    BalasHapus
  49. setiap orang punya potensi dan juga punya kelemahan, jadi saling menghargai dan saling melengkapi. thanks gan ceritanya bermanfaat

    BalasHapus
  50. the first you make habit and the last habit can makes you.awalnya kita membuat kebiasaan dan pada akhirnya kebiasaan yang akan membentukmu

    BalasHapus
  51. Setuju, Dengan membiasakan suatu pekerjaan kita akan menjadi sangat terlatih dan mahir. Tapi kita juga harus hati-hati dari kebiasaan buruk yang selalu kita ulang, bisa-bisa menjadi aktifitas yang sangat terlatih dan mahir. Bisa berbahaya!!

    BalasHapus
  52. Ya begitulah, kalau kita membiasakan anak kita dengan hal-hal yang baik, maka kebiasaan itu akan menjadi aktifitas yang dia kuasai. Kalau tiap hari kita perdengarkan bacaan Al Quran, otomatis dia akan belajar darinya.

    BalasHapus
  53. terus berpikir positif maka hasilnya pun akan positif , thanks infonya

    BalasHapus
  54. yaiyalah sama seperti halnya pisau kalo diasah terus menerus akan semakin tajam.

    BalasHapus
  55. ya betul seklai gan. saya menajdikan kebiasaan utk memperbaiki komputer dan oprak oprek. eh ternyata menjadikan keahlian bagi saya. mungkin bs kita praktekkan pd pekerjaan lainnya. tks for share. nice artikel.

    BalasHapus
  56. hmmmmmmmmm

    artikel yang sangat berguna sekali bagi kehidupan kita

    BalasHapus
  57. pasti nyaman deh kalau sudah terbiasa...

    BalasHapus
  58. Pikiran-Tindakan-Kebiasaan-Karakter. Nice info :)

    BalasHapus
  59. Setuju gan, kalau sudah terbiasa pasti lebih nyaman, tetapi jangan hanya mau hasilnya yang biasa biasa, lakukan yang maksimal sampai menghasilkan yang luar biasa,
    Great share

    BalasHapus
  60. Semua butuh proses!!!
    tidak ada yang instant
    like it....
    sangat inspiratif

    BalasHapus
  61. betul sekali... karena dengan biasa ...suatu pekerjaan yang terasa lebih mudah..

    BalasHapus
  62. Mantap nih gan info nya. Sangat inspiratif. Salam kenal ya.

    Pabrik Tas Jakarta

    BalasHapus
  63. maka biasakan dari sekarang lakukan hal baik

    BalasHapus
  64. Habit is Power in Your Life Gan,. ,. Sukses terus Gan,. ,.

    BalasHapus
  65. Subhanalloh,, postingan anda hebat bangettt ..
    I Want say subhanalloh,, subhanalloh,, subhanalloh ,,,

    BalasHapus
  66. I LIKE IT !!
    Postingan anda sungguh kerentt ..
    aku tunggu mau lihatt2 yang postingan anda yang lainnya akh,, pasti bagus2 dan bermanfaat dch ,,,

    BalasHapus
  67. Terimakasih yah, share anda selalu bermanfaaat buat banyakk orang ,,
    kerettt ,,,

    BalasHapus
  68. kebiasaan yang terlatih dapat membuat sesuatu yang sulit menjadi mudah, dan apa yang tak mungkin menjadi mungkin,,
    keret banget kata2 yang itu , aku semakin yakin kalao aku juga pasti bisa , karena kebiasaan yang tertanam ,,
    buat kawan2 yang laen , jangan salah ea maksud kebiasaan itu yah yang baexxx. baexx

    BalasHapus
  69. terima kasih atas infonya yang bermanfaat, salam kenal

    BalasHapus
  70. thanks post nya mas sgt bermanfaat

    BalasHapus
  71. jadi termotivasi untuk selalu belajar

    BalasHapus
  72. artikel yang benar-benar menarik dan memberikan inspirasi .
    berarti kebiasaan bisa menjadi keahlian .
    sama aja kaya tukang maling .
    karena biasa jadi ahli deh .
    ditunggu postingan terbarunya

    BalasHapus
  73. thanks atas postingan yang membangun matur nuwun

    BalasHapus
  74. postingannya sangat mengena di hati,saat kita mulai down karena tdk bisa2 jadi teringat bisa karena terbiasa,jadi bangkit lagi deh.tq

    BalasHapus
  75. setuju banget tuh,,,,habit is power,,,kita bisa karena biasa kan??
    top deh artikelnya.

    BalasHapus
  76. info yang mantap gan untuk disimak gan
    salam kenal ya

    BalasHapus
  77. good post .
    memang bisa itu karena biasa .
    thannks for share .
    ditunggu postingan terbarunya

    BalasHapus
  78. jujur aja...habit sy yg disiplin waktu, berawal dr desakan ekonomi...kalo sy ga berubah kebiasaan, bisa2 sy ga makan

    BalasHapus
  79. info yang bagus sobat
    salam kenal dan lanjutkan postingan terbaru

    BalasHapus
  80. thanks brow...atas artikelnya....saya menunggu artikel terbarunya....lain kali berkunjung lagi kesini. good luck

    BalasHapus
  81. ya betul banget apabila telah terbiasa smuanya juga terasa gampang dan nyaman

    BalasHapus
  82. ya betul banget apabila telah terbiasa smuanya juga terasa gampang dan nyaman

    BalasHapus
  83. Budayakan membiasakan diri melakukan hal-hal baik, dari yang mudah dilakukan hingga yang sulit.

    BalasHapus
  84. thanks brow...atas artikelnya....saya menunggu artikel terbarunya....lain kali berkunjung lagi kesini. good luck

    BalasHapus
  85. hal yg sulit akan terasa lebih mudah bila dilakukan secara terus menerus dan terbiasa.
    begitupun dengan kehidupan kita,,
    artikelnya sangat memotivasi sekali untuk melakukan hal hal positif,,

    BalasHapus
  86. postingannya sangat memotivasi...

    thanks atas infonya...

    BalasHapus
  87. dan jangan merasa diri paling hebat,,
    dan jangan selalu berfikiran negatif,,
    memotivasi sekali

    BalasHapus
  88. ada pepatah kuno yang bisa, bisa karena terbiasa.

    BalasHapus
  89. kebiasaan yang sangat terlatih pasti akan sukses ,
    hehe, terinfirasi nih

    BalasHapus
  90. postingannya sangat mengena di hati,saat kita mulai down karena tdk bisa2 jadi teringat bisa karena terbiasa,jadi bangkit lagi deh.tq

    BalasHapus
  91. postingannya sangat mengena di hati,saat kita mulai down karena tdk bisa2 jadi teringat bisa karena terbiasa,jadi bangkit lagi deh.tq

    BalasHapus
  92. kita bisa karena biasa, nice share, salam kenal.

    BalasHapus
  93. Budayakan membiasakan diri melakukan hal-hal baik, dari yang mudah dilakukan hingga yang sulit.

    BalasHapus
  94. Budayakan membiasakan diri melakukan hal-hal baik, dari yang mudah dilakukan hingga yang sulit.

    BalasHapus
  95. tapi mas kenapa ya kala kita bisa karena terbiasa terus gak dilakukan lagi malahh jadi suka lupa,.

    BalasHapus
  96. Budayakan membiasakan diri melakukan hal-hal baik, dari yang mudah dilakukan hingga yang sulit.

    BalasHapus
  97. Habit is Power in Your Life Gan,. ,. Sukses terus Gan,. ,.

    BalasHapus
  98. mantap juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,,

    BalasHapus
  99. dan jangan merasa diri paling hebat,,
    dan jangan selalu berfikiran negatif,,
    memotivasi sekali

    BalasHapus
  100. postingannya sangat memotivasi...

    thanks atas infonya...

    BalasHapus
  101. tapi mas kenapa ya kala kita bisa karena terbiasa terus gak dilakukan lagi malahh jadi suka lupa,.

    BalasHapus
  102. like buad si kakek,,like juga buad si admin,, :)
    thankd min

    BalasHapus
  103. like buad si kakek,,like juga buad si admin,, :)
    thankd min

    BalasHapus
  104. menarik sekali gan artkelnya,,,,,,,

    BalasHapus
  105. bagus banget artikelnya,menarik untuk d baca dan d pahami

    BalasHapus
  106. asal jangan kebiasaan yang negatif saja...harus kebiasaan yg positif.ok

    BalasHapus
  107. Thanks for sharing such an interesting and informative post.
    yazili sorulari

    BalasHapus
  108. betul kata pepatah ,bisa karena biasa ,,,
    asalkan yang dibiasakan adalah hal-hal yang baik,,,

    BalasHapus
  109. cerita yang memotivasi kita agar terus berlatih mengasah kemampuan diri sendiri...

    BalasHapus
  110. This article was extremely interesting, especially because I was looking
    for thoughts on this matter last Monday.

    BalasHapus
  111. Good Post and have informational knowledge. I really impresses! I visited this page and found very informative knowledge. This post is showing a good approach on this Topic. I really impressed !
    salt lamp

    BalasHapus
  112. wah keren banget!!
    maju terus blog nya .. ditunggu artikel lainnya ^^

    BalasHapus
  113. bertul gan,,ada pepatah
    bisa karena biasa,
    biasa karena terpaksa...

    BalasHapus
  114. potingan yang sangat memotivasi

    BalasHapus
  115. siiipt,,,,
    sangat signivikan artikelnya,,,,
    terimakaih,,,

    BalasHapus
  116. postingan yang bermanfaat dan menginspirasi tentunya., .

    BalasHapus
  117. yups saya setuju akan masukan di akhir artikel ..
    mantaap dah gan membangun dan memotivasi..

    BalasHapus
  118. kebisaan dan kemaun yang keras akan membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin

    BalasHapus
  119. wah saya setuju banget... berarti harus banyak kebiasaan yang bisa bikin kaya hehe

    BalasHapus
  120. iya gan kebiasaan akan membawa suatu keahlian, tapi haruslah kebiasaan baik yang dibiasakan. Salam kenal :)

    BalasHapus
  121. mantap nih, dpt membuka pikiran, tp kebiasaan saya apa y yg bs jd keahlian

    BalasHapus
  122. kebiasaan saya mancing... sesuatu yg sulit dihentikan

    BalasHapus
  123. lakukanlah yang baik selagi hidup sehat gan...

    BalasHapus
  124. wah, memotivasai bangeeeeet.. makasih ya gan.... :D

    BalasHapus
  125. yaa kita harus percaya diri apa yang kita miliki!!!

    BalasHapus
  126. dengan niat, atou keinginan pasti semua itu akan berjalan lancar. thanks artikel yang menarik.

    BalasHapus
  127. While it is true that nothing is stronger than habit. Personal success and personal failure all start in the mind. Tap into the power of your unconsciousness mind and eliminate negative beliefs that have been holding back from reaching your personal goals.

    BalasHapus
  128. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  129. iya,setuju!!
    "Bisa Ala Biasa "
    memang sebuah ungkapan yang benar.
    mari kita terus berlatih untuk mendapatkan kekuatan & keahlian, SMANGAT!

    BalasHapus
  130. Subhanallah, kebiasaan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik..

    BalasHapus
  131. mantab sekali cerita dan tulisannya.... kebiasaan emang bisa menimbulkan efek yang luar biasa. kadang kita tidak melihat suatu proses dari sebuah kehebatan yg dimiliki seseorang, yang salah satunya disebabkan karena kebiasaan tadi

    BalasHapus
  132. update terus ya gan
    banyak orang yang lagi kurang motifasi jadi blog ini bnyak yang nyari

    BalasHapus
  133. semua memang berawal dari kebiasaan

    BalasHapus
  134. karena kebiasaan apa yang tidak dikuasai menjadi dikuasai. artikel yang bagus...

    BalasHapus
  135. Subhanallah, kebiasaan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik..

    BalasHapus
  136. Bahasa mudahnya. Bisa karena biasa. Karena kebiasaan,orang akan menjadi terampil. Dan keterampilan yang dimiliki bisa membuahkan rejeki. Tapi ingat semua keterampilan itu sebtulnya berawal dari niat dan bakat. Setuju ?

    BalasHapus
  137. iia gan tambah lagii artikel sejenis kaya gitu,,,thanks buad yang td,,

    BalasHapus
  138. wow nice steady interesting and useful info, really nice blog

    BalasHapus
  139. yapp,,setuju banget tuh,,,,habit is power,,,kita bisa karena biasa kan??
    top deh artikelnya.
    salam kenal

    BalasHapus
  140. ycah emang betull semuanya bisa karna biasa,,,,v apa si kakek jug terbiasa ngelakuin hal tadii,,heheh

    BalasHapus
  141. oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie

    BalasHapus
  142. iya mas kan bisa karena terbiasa,.

    BalasHapus
  143. jadi intinya kita harus istikomah ya sobb,, hehe

    BalasHapus
  144. Kebiasaan akan membawa hal yang positif,,, tetapi harus sadar kalau itu bukanlah kepandaian melainkan kebiasaan yang selalu diulang-ulang, maka janganlah sombong atau pamer akan keahlian karena kebiasaan.

    BalasHapus
  145. niat yang baik dan keinginan yang kuat,,

    BalasHapus
  146. yapp,,setuju banget tuh,,,,habit is power,,,kita bisa karena biasa kan??
    top deh artikelnya.

    BalasHapus
  147. niat yang baik dan keinginan yang kuat,,
    dan terus berfikir positif,,pasti akan membuahkan hasil yg baik dan positif juga,,

    BalasHapus
  148. thanks bgt nih atas informasinya

    BalasHapus
  149. saya juga setuju sekali dengan kata-katanya yang begitu mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini cuma sementara makasih salam kenal

    BalasHapus
  150. mantap juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie..........

    BalasHapus
  151. ya betul seklai gan. saya menajdikan kebiasaan utk memperbaiki komputer dan oprak oprek. eh ternyata menjadikan keahlian bagi saya. mungkin bs kita praktekkan pd pekerjaan lainnya. tks for share. nice artikel.

    BalasHapus
  152. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  153. kebiasaan yang sangat terlatih pasti akan sukses ,
    hehe, terinfirasi nih

    BalasHapus
  154. ya betul seklai gan. saya menajdikan kebiasaan utk memperbaiki komputer dan oprak oprek. eh ternyata menjadikan keahlian bagi saya. mungkin bs kita praktekkan pd pekerjaan lainnya. tks for share. nice artikel.

    BalasHapus
  155. mantap juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie..........

    BalasHapus
  156. thanks bgt nih atas informasinya

    BalasHapus
  157. info yang mantap gan untuk disimak gan

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top