30 Maret 2011
183 comments

Jangan Salahkan Anak, Jika Mereka Tak Soleh

Rabu, Maret 30, 2011

“Wahai orang yang beriman, jagalah diri dan keluargamu dari api neraka” (QS. At-Thamrin: 6)

Anak adalah investasi orang tua untuk dunia dan akhirat. Kenali kesalahan-kesalahan orang tua dalam mendidik anak yang berakibat fatal terhadap perkembangan anak. Ini adalah sharing dari Rahman Arif, trainer Indonesian Family Inspiration.

Menumbuhkan Rasa Takut dan Minder
Agar anak berhenti menangis atau tidak rewel, kita sering menakut-nakuti mereka agar berhenti menangis. Kita takuti mereka dengan gambaran hantu, jin, suara menakutkan, dan sebagainya. Dampaknya, anak akan tumbuh menjadi anak yang penakut, tidak percaya diri, dan tidak mandiri.

Akhirnya, mereka selalu minta ditemani dan enggan jauh dari orang tua. Entah ke kamar mandi, ke sekolah, atau ke tempat tidur. Padahal hal-hal itu bisa mereka kerjakan sendiri.

Membiasakan Anak Bergaya Hidup Mewah
Kebiasaan ini membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang hedonis dan asosial. Di sekeliling kita, jamak kita jumpai anak begitu dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang rawan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang tidak mempunyai daya juang. Mereka tidak diajari bagaimana berusaha mencapai sebuah tujuan melalui perjuangan.

Selalu Mengiyakan Permintaan Anak
Orang tua kerap melakukan ini dengan alasan untuk mengatasi kerewelan anak, merasa kasihan, atau merasa sanggup memenuhi permintaan anak. Ini adalah salah satu kesalahan fatal orang tua dalam pengasuhan anak. Anak yang selalu ditenangkan dengan pemenuhan kemauannya akhirnya akan menjadikan tangisan dan rengekan sebagai senjata ampuh untuk menaklukkan orang tua. Dan jika orang tua selalu menurutinya, bersiaplah menghadapi kenyataan anak menjadi lemah, cengeng, dan tidak punya jati diri kelak.

Lebih Memerhatikan Kebutuhan Jasmaninya
Banyak orang tua mengira telah memberikan yang terbaik untuk anak mereka, dengan memenuhi hajat hidup dunianya. Mereka lupa bahwa anak-anak juga memerlukan ’nutrisi’ untuk bathinnya. Mereka baru sadar ketika anak mempunyai ’orang tua tandingan’, yaitu televisi, babysitter, anak-anak jalanan, atau yang lain.

Mereka baru sadar ketika anak lebih penurut dan patuh kepada babysitter daripada orang tua sendiri. Untuk itu, di sela-sela kesibukan, luangkanlah waktu untuk anak. Inputlah data-data positif untuk mereka.

Jadi? Ya, pilihan ada di tangan kita, para orang tua. Mari berikan yang terbaik tuk mereka. Suatu saat kelak, kita akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah diamanatkan Allah kepada kita sebagai orang tua.


.


183 comments:

  1. kewajiban orang tua kepada anak:
    mencarikan calon anaknya ibu yang baik2
    memberikan nama yang baik
    mengajari anaknya baca tulis Qur'an.

    BalasHapus
  2. Halo Edwin,
    Membaca posting anda membuat saya sadar tentang cara-cara yang saya terapkan dalam membesarkan anak satu2nya.
    Kebetulan saya dan isteri sama2 kerja.
    Terima kasih atas remindernya.

    BalasHapus
  3. mas punya ID Facebook gag?? ntar tak add coz saya ama tmen" blogger lain mw buat forum sndri di FB, yah siapa tau bisa share ilmu disana..mohon kerjasamanya ya??

    bagi temen" lain yg baca komen ini, monggo silakan ikutan..konfirmasi di http://horier.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. kewajiba orang tua kepada anaknya,mangajarkan kebaikan.ok sukses selalu infonya.dan mudah-mudahan bermanfaat amin.

    BalasHapus
  5. Setuju Om, mendidik anak harus lebih diperhatikan ama ortu! sekarang dampak Tv sangat terasa di kalangan anak2, kalo nda diawasi bisa gawat!

    BalasHapus
  6. bener juga tuh mas, kita harus benar2 untuk mendidik anak itu, makasih buat infonya

    BalasHapus
  7. benar juga mas kita haru mendidik anak sejak dini ,thanks gan for indo nya salam kenal

    BalasHapus
  8. Mari kita didik anak-anak kita dengan memberi contoh dari kita sendiri, oleh karena itu kita harus selalu menjaga tingkah laku kita! Kalau perbuatan kita selalu positif maka akan positiflah anak kita, dan perlu juga pengawasan pergaulan di mana mereka berada!

    BalasHapus
  9. maka dari itu kita didik dengan benar supaya berpandai dalam memilih kebaikan, makasih buat infonya mas

    BalasHapus
  10. ok trima kasih bnyak infonya sukses selalu dan salam kenal.

    BalasHapus
  11. terima kasih banyak om. Halaman ini sangat sangat patut di-print bagi mereka yang ingin anaknya menjadi anak yang sholeh, investasi yang tak ternilai.

    BalasHapus
  12. Semua ada di tangan orang tua,,mau jadi baik atau buruk ya gimana orang tua nya.

    BalasHapus
  13. assalamualaikum mas edwin

    sangat inspiratif tulisannya apalagi buat saya yang insyallah sebentar lagi jadi calon suami dan calon bapak tentunya.

    miris memang melihat kehidupan orangtua dalam mendidik anak saat ini. apalagi tidak dibekali dengan pendidikan agama yang kuat. lebih banyak di proyeksikan menjadi artis, audisi pelawak, dsb. lebih bangga punya anak jadi terkenal, hafal ratusan lagu, daripada anak yang ahli baca kitab dan hafal al quran.

    BalasHapus
  14. penerangan nya simple tapi sangat bermanfaat sekali gan , makasih gan buat infonya

    BalasHapus
  15. inspiratif:) menjadi orang tua butuh kesabaran dan ilmu..

    BalasHapus
  16. setuju mas, bagus jeleknya anak itu tergantung pendidikan dari kedua orang tuanya. Mudah-mudahan anak-naka kita di generasi selanjutnya menjadi anak yang shaleh. amien...

    BalasHapus
  17. ya betul sekali mas, sekolah pertama untuk anak adalah keluarga kita,,,dan seorang Ibu sangat berperan penting sekali dalam hal ini...

    BalasHapus
  18. artikel yang menarik,harusnya para orang tua membaca nich artikel

    BalasHapus
  19. memang kita terlalu sering mengecap anaklah yang durhaka padahal ada juga orangtua durhaka...

    BalasHapus
  20. mari kita didik anak kita dengan sebaik-baiknya, makasih

    BalasHapus
  21. wah bgs bngt infonya mudah-mudahan menjadi anak baik2 dan trima kasih bnyak.

    BalasHapus
  22. memang bener juga tuh gan kewajiban orang tua kepada anak nya mengajarkan dengan segala hal kebaikan, makasih atas informasinya

    BalasHapus
  23. arikel yang sangat luar biasa!!! orang tua wajib membacabya

    BalasHapus
  24. posting yang sangat hebat,,,acungan jempol buat infonya,,,sangat menarik dan bermanfaat untuk para orang tua dalam mendidik anaknya,,,,makasih banyak,,,sukses slalu,,,ditunggu juga kunjung baliknya,,,,

    BalasHapus
  25. sangat insfirasi bgt,,,,mendidik anak memang butuh kesabaran,,,didiklah anak kita dengan sebaik mungkin,,,,makasih dan sukses slalu,,,

    BalasHapus
  26. mau tak pondokkan aja di pesantren biar jadi anak sholeh...kelak amin.

    BalasHapus
  27. infonya bagus dan cukup bermanfaat

    BalasHapus
  28. salam kenal .
    bener saya setuju .
    jangan hanya menyalahkan anak .
    tapi kenali diri masing.masing .
    terima kasih .
    input yang baik .

    BalasHapus
  29. Sangat sepakat sama admin. watak dan prilaku anak sebaiknya dibentuk sejak ia masih kecil dan ini merupakan tugas wajib dan berat buat para orang tua.

    BalasHapus
  30. Terima kasih atas tips dan infonya, sangat bermanfaat. Semoga ada banyak yang bisa mengambil manfaat dari tulisan ini :)

    BalasHapus
  31. setuiju sob, memang mendidik anak itu harus dari kecil sama orang tua nya,, tapi kebanyakan sekarang sering sama babysitter tuh gan , jadi wajar lah kalo nuruut sama babysitter karna di urusnya juga sama dia

    BalasHapus
  32. seutuju banget niy.. mantap artikel nya pak... bisa jadi referensi untuk anak saya... trims

    mampir di mari pak jasa websita murah

    BalasHapus
  33. biasanya kesalahan anak adalah cermin dari kehidupan ortunya atau korban dari cara yang salah mendidik anak

    BalasHapus
  34. lebih baik anak kita bodoh tapi soleh daripada pintar tapi durhaka sama orangtua kerjanya bikin malu keluarga besar saja.

    BalasHapus
  35. wah makasih neh bimbingan anak sholehnya... siiip Mas...

    BalasHapus
  36. siip deh,infonya keren ,menarik dan tentunya sangat membantu,,makasih banyak share nya,,moga bermanfaat buat smuanya,,,sukses slalu,ditunggu kunjung baliknya

    BalasHapus
  37. mendidik anak merupakan cerminan dari orang tua-nya....
    thanks,,,

    BalasHapus
  38. buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya...
    begitu pula anak dan ayahnya...

    BalasHapus
  39. thanks infonya,,,
    ditunggu info dan sharenya...

    BalasHapus
  40. sangat inspiratif terutama buat orang tua dan kita2 yg mau menjadi orang tua.

    BalasHapus
  41. artikelnya sangat bermanfaat sekali gan, kita harus benar-benar mendidik anak nya, makasih buat infonya salam kenal aja gan

    BalasHapus
  42. salaam kenal,,,terkadang saya lupa sebagai orang tua bahwa anak juga butuh dan lebih membutuhkan perhatian dan kasih sayang kita walaupun kita slalu cukupi kebutuhannya,dengan adanya artikel ini biar bisa buka mata para orang tua anak lebih membutuhkan kia dari pada pasilitas yang lain

    BalasHapus
  43. anak harapan kita buat masa depan, ajarkan,perhatikan dan diddik mereka tuk jadi orang yang baik dan sukses,,,,

    BalasHapus
  44. setuju banget gan kita harus jaga bener2 di jaga tuh anak dan hharus di didik, supaya tidak salah kaprah , makasih atas infonya

    BalasHapus
  45. nice info gan ,,, orang tua harusbisa memahami dunia anaknya memang

    BalasHapus
  46. senakal apapun anak, kita harus lebih sabar dan bisa mendidik menjadi lebih baik,,,jangan malah memarahi,,karna dengan itu anak malah ngelunjak ,,,atau malah jadi penakut dan ga pemberani,,

    BalasHapus
  47. anak adalah harapan kita dimasa depan maka sebisa mungkin kita harus bisa lebih mendidik anak dengan baik lagi,,

    BalasHapus
  48. posting yang keren dan menarik,,moga bermanfaat buat para orangtua,,,makasih dan sukses slalu ,,ditunggu juga kunjung baliknya,,,

    BalasHapus
  49. Sori gan itu Surat At-Tahrim, bukan At-Thamrin

    BalasHapus
  50. tuliasan yg bagus buat jadi bahan renungan orang tua

    BalasHapus
  51. tapi lingkungan juga salah satu yang berpengaruh dalam tumbuh kembang anak...
    tapi sekali lagi, tanggung jawab orang tua juga untuk mengetahui lingkup pergaulan sang anak... hehehe

    BalasHapus
  52. setuju, tergantung bagaimana mendidiknya

    BalasHapus
  53. bener juga tuh gan , kita sebai orang tua harus betul2 mendidik annak itu dengan benar karna anak adalah tanggung jawab orang tua,

    BalasHapus
  54. Manstab ulasannya....
    mudah2 banyak ibu2 muda dan calon ibu2 yang membaca..

    BalasHapus
  55. Luar biasa infonya.. kbltn sy rencanany pngin skali mengajarkan mental2 yg positif kpd anak nanti... Biar gak jd orang yg lemah dan penakut.

    Terima kasih Pak

    BalasHapus
  56. trimakasi atsa infonya pak,,,,,salam hangat dari saya

    BalasHapus
  57. itulah orang tua modern yang kurang dewasa dalam menyikapi anak2 mereka...

    BalasHapus
  58. info yg bagus bgt
    kebetulan belum berkeluarga jadi ilmu bekal bwt nanti,,,,, terimakasih ya

    BalasHapus
  59. nah iniartikel yang paling aku sukai, mudah mudahan kita bisa mendidik anak ya biar ank kita sole/solihah. amin,,

    BalasHapus
  60. sifat dan sikap anak tak jauh sama dengan orangtuanya,,

    BalasHapus
  61. posting yang keren dan bermakna,,sangat membantu sekali dan bermanfaat,,makasih bnyak,,

    BalasHapus
  62. pendidikan anak memang tanggung jawab orang tua.. terima kasih sudah berbagi..

    BalasHapus
  63. maka dari itu didik anak kita dengan baik, karna itu anak adalah titipan dari allah kepada orang tua untuk di didik ,

    BalasHapus
  64. anak adalah investasi kita di masa depan,,maka didiklah anak dengan sebaik mungkin,

    BalasHapus
  65. kita sebagai orang tua yang baik harus bisa mengarahkan aanak ke hal yang lebih positiv

    BalasHapus
  66. mari kita mendidik anak supaya menjadi anak yang soleh ,dan berbakti kepada orang tua nya

    BalasHapus
  67. semuanya kembali kepada orang tuanya,cara mendidik anak tidak mudah ,dilihat dari psikologi anak itu sendiri dan juga prilaku orang tua juga sangat berpengaruh di lihat dari genetik,tapi sekarang orang tuanya salah memanjakan anak dengan berbagai pasilitas tidak dilhat dari manfaatnya.begulah kiranya gan....

    BalasHapus
  68. maka dari itu kita didik dengan betul gan, makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  69. bener nih ,, makasih info nya ...

    moga bermanfaat !!!

    BalasHapus
  70. kalo baca artikel ini , aku masih salah sekali tetntang maslah mendidik anak saya, dari sekarang aku gak bakal manjakan anak saya, makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  71. kewajiban seorang orang tua untuk mendidik anaknya adalah nomopr satu, makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  72. buah jatuh tak jauh dari pohonya,,,

    BalasHapus
  73. betul sekali gan , kita menjaga anak itu harus betul2 di jaga, supaya kedepan nya tidak menyelewengkan , makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  74. sudah kewajiban orang tua mendidik anaknya sejak kecil,,,dalam islam juga sudah di atur. terima kasih mas atas infonya

    BalasHapus
  75. setuju gan anak adalah investasi orang tua dunia dan akhirat,maka didik lah anak dengan sebaik mungkin dan bisa lebih memperhatikan,kebutuhannya,,

    BalasHapus
  76. karena memang anak itu adalah titipan Allah bagi ortu'y...
    jadi pelihralah dengan baik,jdikan mereka anak yang sholeh..

    BalasHapus
  77. seperti halnya peribahasa orang sunda,,
    uyah tara tees kaluhur..

    BalasHapus
  78. Semasa jadi mahasiswa di STAIN Cirebon yang sekarang IAIN..., saya tidak pernah menerima jika bandelnya mahasiswa, pelajar, dan orang2 yang seusia mereka yang masih bandel disalahkan 100% atas kebandelan mereka... Benar sekali apa yang artikel ini coba sampaikan kepada kita bahwa anak adalah harta berharga yang paling berharga..., seperti emas yang selalu diusap agar terlihat mengkilat..., orang tua lah yang seharusnya mengusap mereka dengan contoh yang baik..., bukan dengan uang yang banyak...

    BalasHapus
  79. good nih blog nya...


    keren abiz,,,

    BalasHapus
  80. tips nya bisa menjadi inspirasi saya dlm mendidik anak-anak. makasih banget tips nya.

    BalasHapus
  81. betul banget ,,harus bisa lebih memperhatikan kebutuhan anak dan jangan sampai lalai menjaga anak,,

    BalasHapus
  82. mantap tuh tips nya sangat bermanfaat sekali ,terutama buat yang udah pada punya anak,makasih dan sukses trus,,

    BalasHapus
  83. didik anak kita dengan benar,,, dengan agama tepatnya...

    BalasHapus
  84. jangan sedikitpun jauh dari anak" kita...
    apalagi saat mereka masih kecil...
    support mereka selalu dgn agama..

    BalasHapus
  85. anak lahir suci,orangtuanya lah yang akan berperan dan mewarnai,layaknya kain putih yang digambari

    BalasHapus
  86. buah jatuh tidak jauh dari pohonnya pribahasa yang sama dengan sifat dan sikap anak tak jauh dari orang tuanya,,

    BalasHapus
  87. sifat anak tergantung dengan bagai mana kita mendidik nya,,,,maka didik lah anak dengan sebaik mungkin agar kelak dia menjadi anak yang soleh berbakti kepada kedua orang tua dan berguna bagi nusa bangsa dan agama,,

    BalasHapus
  88. nice posting ...
    salam kenal yaa..
    :D

    BalasHapus
  89. yap,anak diberi ilmu pertama kali diberikan oleh ibu..makanya kita seorang ibu harus benar-benar mendidik seorang anak..! apalagi zaman sekarang harus lebih extra hati2 mendidik seorang anak..!

    BalasHapus
  90. betul tuch..! anak yg tidak soleh itu bukan karena anak yg salah tp yang disalahkan adalah orang tua.

    BalasHapus
  91. yap, setujju...! (4 jempol). thanks ya for share-nya..!

    BalasHapus
  92. setuju gan , memang harus bener2 di jaga dengan baik anak itu, makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  93. setojooo..
    yg mempengaruhi agama si anak ya orang tua sendiri,

    oran tuanya menempatkan dia di dalam pergaulan macam apa ?

    BalasHapus
  94. Memang peran orang tua dalm memonitor anak harus lebih intensif terleebih akses teknologi skrng yang mudah mempengaruhi anak2 kita

    BalasHapus
  95. mari anak kita didik dengan baik, makasih banyak buat infonya semoga bermanfaat gan

    BalasHapus
  96. informasinya mantap sekali nih gan, sangat bermanfaat sekali nih, makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  97. informasi menyadarkan kta semua ,gan xixiix

    BalasHapus
  98. nice infonya !!! kt harus mendidik yang benar bgtu kan

    BalasHapus
  99. kita sebagai orang tua harus betul2 mendidik anak kita supaya menjadi anak yang soleh

    BalasHapus
  100. bener sekali tuh mas, kita mendidik anak itu harus bener2, karna akan membawa buat masa depan nya tuh, makasih banyak nih buat informasinya

    BalasHapus
  101. Merujuk kepada perkara di atas, masalah yang di katakan selesai oleh pihak tuan setelah di adakan pemilihan semula pada bulan jun 2010 yang lepas, pada pandangan saya KELIHATAN SILAP. Saya juga merasakan pihak tuan sebagai Jawatankuasa yang di lantik untuk menyelesaikan kes ini, sudah sedia maklum akan keadaan terkini yang berlaku.

    BalasHapus
  102. ya itulah resiko pemimpin jaman sekarang,tidak pernah bisa merasakan sendiri permasalahan yang ada pada masyarakatnya.sibuk dibalik meja membaca laporan-laporan saja.

    BalasHapus
  103. yap..kebanyakan para ortu suka menyalahkan anaknya..! harusnya nyadar tuch buat para ortu..!

    BalasHapus
  104. yapz,, memang tidak mudah mendidik anak namun tidak sulit pula,,,
    harus pintar-pintar ortunya..

    BalasHapus
  105. This is really interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your magnificent post. Also, I've shared your site in my social networks!

    BalasHapus
  106. semuanya kembali kepada diri orangtua masing2. karena "buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya".

    BalasHapus
  107. susah juga mendidik anak. tapi harus pinter-pinter orang tuanya.. hehehe

    BalasHapus
  108. kalo orang tua telah mendidik anak secara maksimal tetapi anknya tetap sja bgtu,, gmna??

    BalasHapus
  109. iya bener tu.. low anaknya ttp aja gtu gmna lo??

    BalasHapus
  110. This is really interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your magnificent post.

    BalasHapus
  111. tapi jika orang tua udh mendidik semksimal mungkin untuk yg terbaik untuk ank'y gmna tu??

    BalasHapus
  112. yang lagi mau jual kebun sengon mau bagi info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon bagi yang suka bertani

    BalasHapus
  113. jika orang tua merasa tidak mampu mendidik anak, maka menitipkan ke salah satu pendidikan adalah kewajibannya. hehe

    BalasHapus
  114. semua tingkah laku anak tergantung apa yang di ajarkan org tua,,,,makan nya ajarkan anak yang baik-baik supaya kelak jadi anak yang solel/soleha..

    BalasHapus
  115. orang yang memberikan pelajaran yang pertama diberikan kepada anak adalah orang tua...! jd klo anak tidak shaleh/shalehah jangan menyalahkan orang lain...!

    BalasHapus
  116. Makasih banyak mas,,, Bisa jadi pedoman saya untuk menjalin keluarga yang sehat,,

    BalasHapus
  117. Informasinya sangat bagus dan bermanfaat,, sukses gan,,,

    BalasHapus
  118. I know, kadang-kadang you a such pain in the ass, annoying and bla, bla, bla but I still love like forever. Even sometimes you cannot make a decision especially on shopping, even eating places but for me, you're okay. We are here because of you.

    BalasHapus
  119. tapi kan anak juga bandel nya minta ampun,,,

    BalasHapus
  120. bner gan,,,

    karena soleh adlah drii sana nya

    BalasHapus
  121. betul sekali tuh gan, kita mendidik anak tuh harus betul-betul baik dan bener,, makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  122. saya kira seorang anak yang nakal atau tak soleh tergantung dengan pendidikan yang di berikan orang tua selepas di sekolah,,pasalnya seorang anak seperti sketsa kertas putih dan orang tua wajib menorehkan tinta dengan benar,,,,tulisan baik tentunya,,,

    BalasHapus
  123. ank jga hrus dpt bimbingan dri org tuanya...

    BalasHapus
  124. orang tua harus ikut peran dalam pertumbuhan anaknya ...

    BalasHapus
  125. ya kalo orang tua'y telah mendidik secara maksimal trus ank'y ttp seperti tu gmna??

    BalasHapus
  126. Semoga bisa menjadi bahan renungan bagi para orang tua...

    BalasHapus
  127. semoga bisa meng inspirasi para orang tua...
    thanks

    BalasHapus
  128. ok juga tuh , betul sekali gan , kalo menurut saya mendidik anak nya jangan terlalu di manja

    BalasHapus
  129. tergantung dari didkan orang tua'y juga,,,
    makasih y atas informasinya...
    salam kenal juga

    BalasHapus
  130. bener sekali tuh gan mendidik anak tuh harus dengan cara baik supaya dia tidak nakak ke depan nya

    BalasHapus
  131. cipt setuju..
    emang peran orang tua sangat mempengaruhi kehidupan anak

    BalasHapus
  132. Bener bgt Tuch...

    Thanks infonya..!!!

    BalasHapus
  133. yupz bagaimanapun sikap dan tingkah laku seorang anak memang tak jauh berbeda dangan orang tua dan atas didikan orang tua pula...

    BalasHapus
  134. Peran orang tua merupakan komponen utama dalam perkembangan anak.

    BalasHapus
  135. benerr nichh jangan sekali-kali membiasakna anak hidup mewah,.

    BalasHapus
  136. bagaimana mengatasi anak yangg tak soleh akibat pergaulan??

    BalasHapus
  137. remarkable,
    Sad to see how parents today in educating their children.
    I was the example of children who did not get a perfect education of parents, because my parents are divorced

    BalasHapus
  138. kasih sayang dan perhatian orang tua juga jad pemicu pola hidup si anak,,

    BalasHapus
  139. I think that's good basic.. So You Parent! Be Smart!

    BalasHapus
  140. You got a really useful blog I have been here reading for about an hour. I am a newbie and your success is very much an inspiration for me.
    Find Sound In Silence

    BalasHapus
  141. Sharing knowledge is fun. what do you think? what would you write?

    BalasHapus
  142. Wah, bener bangett tuh gan , soalnya anak kalau dimanja malah akan jadi malas , yah harus pandai2 klo jadi orang tua biar kelak anknya bisa mandiri tentunya bisa jadi anak yang berbakti juga ,,

    BalasHapus
  143. Thanks for sharing such an interesting and informative post.
    yazili sorulari

    BalasHapus
  144. artikelnya bagus mas,, sgt brmanfaat bagiku.

    BalasHapus
  145. iia terkadan gkita juga buta akan kebutuhan anak di bidang rohani. . .. .

    BalasHapus
  146. terkadang kita sbagai orang tua juga sering mengabaikan akan tugas kita untuk memberi perhatian lebih kepada sang anak ....

    BalasHapus
  147. tentunya kita harus mendidik anak sebaik baik mungkin , jangan sampai anak kita terjerumus ke dalam hal hal yang tidak di inginkan ,,
    jagalah dirimu dan keluarga mu dari api neraka

    BalasHapus
  148. betul banget itu mas, saya setuju dengan artikel di atas

    BalasHapus
  149. artikelnya sangat bermanfaat sekali gan
    makasih atas sarannya

    BalasHapus
  150. kebutuhan rohani dan jasmani kita harus seimbang

    BalasHapus
  151. Betul gan,,, bagaimanapun sikap dan tingkah laku seorang anak memang tak jauh berbeda dangan orang tua dan atas didikan orang tua pula...

    BalasHapus
  152. Terimakasih petunjuknya semoga saya bisa menjadi orang tua dan ayah yang baik

    BalasHapus
  153. Memang yang cukup mempengaruhi adalah faktor kehidupan keluarga dan juga pergaulan di lingkungannya

    BalasHapus
  154. Terimakasih banyak atas informasinya.,
    Sungguh luar biasa sekali banyak pelajaran yang saya dapatkan.... setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  155. memang bener banget nih kalau kita sebagai orang tua harus jadi teladan bagi anak kita nantinya, karena itu salah satu "modal" dia dikehidupannya kelak

    BalasHapus
  156. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  157. ingat contolah yang baik di depan anak

    BalasHapus
  158. memberi tauladan dengan sikap lebih bermakna untuk mendidik anak

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top