11 Februari 2011
98 comments

Pengikut Nabi Paling Beruntung = Kita

Jumat, Februari 11, 2011
Refleksi Pribadi Maulid Rasulullah Muhammad SAW

Mencintai Rasulullah Muhammad adalah salah satu pilar dalam Islam. Namun dahulu saya pernah berpikir begini, bagaimana saya bisa mencintai Rasulullah kalau saya tak pernah bertemu, apalagi mengenal beliau? Dan yang pasti, beliau juga tak mengenal saya. Saya hidup hampir 1500 tahun setelah beliau, jadi apakah mungkin saya ‘diperhitungkan’ oleh beliau sebagai salah satu anggota umatnya?

Ah, rasanya hanya para sahabat yang ada di sekitar beliau pada masa hidupnya saja yang paling diakui Rasulullah sebagai pengikutnya yang terbaik. Tak mengherankan, karena para sahabat kala itu adalah orang-orang yang super setia kepada Rasulullah dan rela mengorbankan jiwa dan raga mereka demi menopang perjuangan Rasulullah. Lalu saya? Siapa elo

Tapi saya tak pernah tahu, kalau menurut Rasulullah ternyata pengikut beliau yang paling beruntung itu justru mereka yang percaya kepada beliau meskipun tak pernah berjumpa dengan beliau. Seorang sahabat berkata kepada Rasulullah: “Sungguh beruntung orang yang bertemu engkau dan beriman kepadamu.” Ternyata Rasulullah menimpali, “Sungguh beruntung mereka yang menjumpai dan mengimaniku, dan beruntung pula bagi mereka yang mengimaniku meskipun tak bertemu denganku.”

Sungguh, melalui hadis di atas, sebenarnya Rasulullah hendak menyampaikan pesan ilahiyah kepada seluruh umat beliau, termasuk kita yang hidup di zaman yang jauh setelah Rasulullah dan tak pernah berjumpa dengan beliau. Itu adalah sebuah penghargaan besar dari Rasulullah kepada kita.

Mengapa? Karena Rasulullah sudah bisa merasakan kekuatan dan ketajaman iman orang mukmin belakangan. Betapa tidak, orang-orang yang beriman belakangan ini sama sekali tak pernah bertemu Rasulullah. Namun tetap beriman kepada beliau dan kepada semua yang beliau bawa, yaitu ajaran Islam.

Para sahabat beriman kepada Rasulullah, itu wajar. Ini karena mereka menyaksikan sendiri wibawa, mukjizat, nubuwah, dan perjuangan Rasulullah. Sementara kita, hanya tahu Rasulullah dari pelajaran agama yang diberikan kepada kita. Selain itu, tantangan dan godaan pengikut Rasulullah di zaman sekarang lebih berat. Yang tak kuat iman, kemungkinan untuk berpaling dari Rasulullah sangat besar. Nah, di situlah letak keutamaan kita. Karena itulah Rasulullah memberikan penghargaan beliau.

Ya, Rasulullah benar-benar menunjukkan kapasitas dirinya sebagai orang yang mulia dan maksum. Kita-kita yang hidup jauh setelah beliau ternyata tak luput dari cintanya. Setelah mengetahui semua ini, ada berjuta alasan bagi saya untuk memupuk cinta kepada Rasulullah. Penghargaan beliau harus dibalas. Saya harus bisa mempertinggi keimanan kepada beliau, mengikuti dan mengamalkan sunnah serta ajaran beliau di tengah masyarakat yang sangat plural dan penuh tantangan di zaman akhir ini.


.

98 comments:

  1. Anda benar Edwin, kita adalah pengikut nabi yang paling beruntung, hanya saya kita sering kurang menyadarinya sehingga kadang2 atau malah sering melupakannya.

    BalasHapus
  2. Cukup 2 kata "alhamdulilah dan subhanallah"

    BalasHapus
  3. Sebenarnya banyak keuntungan umat islam akhir jaman dibandingkan dg umat islam pd jaman Rasulullah. Tp godaanya pun jg banyak :D

    BalasHapus
  4. saya sangat setuju dengan pendapat nya.
    salam kenal...

    BalasHapus
  5. saya setuju sekali dengan article anda....

    BalasHapus
  6. bahasan yang sangat bermanfaat......

    BalasHapus
  7. Atikel kaya gini yang harus di kembang kan....

    BalasHapus
  8. mantap banget gan artikelnya ,,saya juga cinta nabi muhammad saw,,terima kasih gan semoga sukses selalu, salam kenal aja gan

    BalasHapus
  9. terima kasih gan buat pencerahan nya, dan jadi nambah ni wawasan gue, salam kenal aja gan

    BalasHapus
  10. sangat setuju dengan ulasan nya...
    bulan ini bulan kelahiran nabi kita yang Maha mulia Nabi Muhammad.saw

    BalasHapus
  11. Aslm...

    Kunjungan Balik nih Mas, Wih Blognya Makin Keren aja Nih Jadi iri deh...hehehe
    Artikelnya oke banget sangat memberikan pencerahan, Makasih ya Mas.. Sekalian Saya mau minta tolong nih Mas, saya punya Blog baru ini alamatnya http://obatsakitgigi.net Ngebahas tentang Obat Sakit Gigi, Tampilan blog saya kayaknya belum Keren nih, Mohon donk Sarannya..

    Please Bantuin Ya, Sebelumnya Makasih nih dan Maaf kalo ngerepotin..hehehe

    Salam Blogger, Wassalm...

    BalasHapus
  12. alhamdulillah :)
    artikel ini sangat wajib dapet

    ░░█░█▀▀░█▀█▀█░█▀█░█▀█░█░░
    ░░█░█▀░░█░█░█░█▄█░█░█░█░░
    ▄▄█░█▄▄░█░░░█░█░░░█▄█░█▄▄

    BalasHapus
  13. ALhamdulillah, saya terlahir dengan keberuntungan menjadi pengikur Rosululloh

    BalasHapus
  14. slmknal yah. blog pemula baru blajar,msh bingung.hee.. senggol balik kalau sempet blh

    http://miority761.blogspot.com

    BalasHapus
  15. makan nya kita harus bersukur , kita sudah beruntung dan kita harus banyak ber shalawat kepada baginga tercinta kita

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah
    trima kasih infonya yg bisa menggugah hati saya untuk lebih giat lg beribadah....
    trimakasih

    BalasHapus
  17. Di jaman sekarang yang bid ah dianggap sunnah yang sunnah dia anggap bid ah, sungguh dunia sudah terbalik, manusia semakin jauh dari sunnah nabi, larangan dan pantangan hanya sebagai hiasan belaka.

    BalasHapus
  18. saya setuju sakali gan,,terima kasih buat pencerahan nya

    BalasHapus
  19. betul gan,, saya setuju apa yang anda tulis di atas

    BalasHapus
  20. betul gan , kita orang yang paling beruntung pada pengikut pada pengikut nabi

    BalasHapus
  21. Pengikut nabi yang beruntung adalah yang mau menjalankan sunnahnya,, Kunjung balik ya , Sobat

    BalasHapus
  22. tulisan yang sangat mencerahkan...

    BalasHapus
  23. Anda benar, kita memang beruntung, dan sesuai tulisan anda, di tengah kehidupan yang plural ini tantangan memang sangat besar. Kita harus (benar-benar) berpegang pada Al-Qur'an dan Sunnah-nya.

    BalasHapus
  24. bener sob, tulisanmu smoga dibaca orang2 Ahmadiyah

    BalasHapus
  25. أشهد لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله

    BalasHapus
  26. bener ...
    nice info lah pertamax

    BalasHapus
  27. tapi umat terbaik adalah jaman sekarang, karena kita mencintai rasulullah saw, tp tidak pernah sezaman dengan beliau,,,thakns ya sob

    BalasHapus
  28. bener.... kita mestinya bersyukur karena kita umat terbaik beliau, mencintai beliau walau tidak pernah bertemu...

    BalasHapus
  29. info sangan bermanfaat gan , makasih gan

    BalasHapus
  30. kalau tak percaya nabi Muhammasd SAW bisa-bisa kita masuk golongan orang kafir.

    BalasHapus
  31. mg kita lebih bisa mendekatkan diri kpd Alloh SWT,dan slalu ada dijalanNya,,,seperti para nabi,,,

    BalasHapus
  32. nabi yang wajib ditiru,,,,makasih infonya,,,sukses slalu,,,,

    BalasHapus
  33. bener tuh kita adalah pengikut nabi yang paling beruntung, tapi kita saja kurang mensyukurinya , makasih gan buat infonya

    BalasHapus
  34. semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya. agar senantiasa bisa bersama beliau di surga. bukan hanya cukup dengan mengimani tapi juga dengan mengerjakan sunnah-sunnah yang beliau lakukan. wallahua'lam.

    BalasHapus
  35. nabi muhammad adalah suritauladan yang baik bagi umatnya,,, sebagai tuntunan,,,

    BalasHapus
  36. mudah mudahan dengan mengikuti ajaran nabi besar kita nabi muhammad SAW, mendekatkan diri kita pada sang pencipta allah SWT

    BalasHapus
  37. nabi muhamad adalah nabi terakhir (NABI AKRIR JAMAN),,,

    BalasHapus
  38. tahanks mas ilmu agamanya terlah berbagi,,,

    BalasHapus
  39. saya jg beruntung lahir dengan darah daging orang islam

    tp tidak semua beruntung bos, banyak negara islam yg masih berada dlm penindasan dan perang....

    salam blogger Indonesia
    prohtml - blog tutorial indonesia

    BalasHapus
  40. bahkan hadis nabi mengatakan umat yang paling beriman dan umat yang paling beruntung adalah umat nabi muhammad... nice info gan

    BalasHapus
  41. semoga saya kita semua menjadi orang orang yg beruntung..

    BalasHapus
  42. setuju sekali, kita beruntung jadi pengikutnya, manusia yg penuh teladan

    BalasHapus
  43. Subhanallah..semoga kita menjadi pengikut Rasulullah SAW yg mendapat syafaat beliau di yaumil mizan kelak.amin

    BalasHapus
  44. karena dialah nabi yang diutus Allah SWT sebagai uswatun hasanah...

    BalasHapus
  45. yupz,,
    setuju banget sama kata2nya bang...

    BalasHapus
  46. Dan alat komunikasi paling sederhana namun berkemampuan paling dahsyat untuk berkomunikasi dengan Beliau adalah bershalawat...
    Allahumma shalli 'ala Sayyidina Muhammad wa Aalihi wa sallim... Amin...

    BalasHapus
  47. amiinn...
    semoga kita semua termasuk di dalamnya....

    BalasHapus
  48. betul sekali gan kita adalah manusia palaing beruntung bagi yang mengikuti rosullah

    BalasHapus
  49. alhamdulilah .. makasih dah ngasih taw ..

    BalasHapus
  50. semoga kita menjadi umat rosul yang beruntung

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah kita jdi pengikutnya...

    BalasHapus
  52. bersyukur kita jdi pengikutnya!

    BalasHapus
  53. subhanallah,, alhamdulillah bgt..
    smoga kita makin mencintai Nabi kita dan tentunya dengan rajin menjalankan perintah-Nya.. amiin

    BalasHapus
  54. hmmm... ternya akang ini religius juga ya

    BalasHapus
  55. saya setuju sekali dgn artikel anda , artikel yang sangat bagus :)

    BalasHapus
  56. Setujuuu...!!!

    Artikel yg yg menarik..

    BalasHapus
  57. ane kasih seribu jempol wat admin si postingan nie...thanks

    BalasHapus
  58. nice iinfoo

    mampirmampir yakk
    http://www.the-netwerk.com

    BalasHapus
  59. Subhanalloh aku sangat mencintai kekasih Alloh swtyaitu Rosullulloh saw, beliau yang mempunyai budi pekerti yang patut dicontoh ,,

    BalasHapus
  60. betapa beruntungnya kita punya pedoman hidup seperti kanjeng rosulullah...

    BalasHapus
  61. cuma bisa memanjatkan uji syukur sebesar besarnya atas karunia dan rahmat yang dia berikan..

    BalasHapus
  62. Thanks for sharing such an interesting and informative post.
    yazili sorulari

    BalasHapus
  63. semoga kita masukkedalam orang yang mengikuti ajaran beliau...

    BalasHapus
  64. Ya Rusulalloh .. aku ingin berjumpa denganmu .. :)_

    BalasHapus
  65. Semoga Allah menjadikan kita semua pengikut Nabi Muhammad SAW yang setia hingga akhir hayat.

    Mohon izin share artikelnya :-)

    BalasHapus
  66. sya suka dengan info nya sangat keren banget

    BalasHapus
  67. Beliau adalah tokoh paling hebat yang pernah ada

    BalasHapus
  68. memang kita yang paling beruntung karena telah menjalankan ajarannya

    BalasHapus
  69. memang benar. tapi kadang-kadang godaan iman yang begitu kuat membuat iman menjadi melemah. semoga kita diberikan ke istiqomahan yang besar.

    BalasHapus
  70. Bersyukurlah kita bagi pengikutnya

    BalasHapus
  71. Terimakasih banyak atas informasinya.,
    Sungguh luar biasa sekali banyak pelajaran yang saya dapatkan.... setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  72. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  73. Nabi Musa : Ya Allah, jadikan aku Nabi dari umat Islam. Firman Allah : AKU sudah menyiapkan seseorang untuk hal itu. Nabi Musa : kalau begitu matikan aku, dan bangkitkan aku kembali sebagai ummat dia, Firman Allah : itu juga tidak bisa, karna ummatnyapun adalah orang orang yg istimewa ..

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top