13 Agustus 2010
63 comments

Surga Merindukan Kita

Jumat, Agustus 13, 2010
Sebuah Catatan Ramadhan
Mumpung di bulan Ramadhan, saya pikir tak ada ruginya berbagi info yang berhubungan dengan nafas keimanan. Sama sekali tak ada maksud menggurui, karena ilmu agama saya masih jauh di bawah cukup. Saya cuma sharing semata, siapa tahu dapat memberikan sedikit manfaat.

Bahan sharing ini pun saya dapat saat saya mengikuti shalat Jumat tadi siang. Yang menjadi topik siraman rohani adalah SURGA. Nah, siapa yang tak mau masuk surga? Bukankah surga adalah final destination kita? Tapi, mudahkah masuk surga? Itu yang selalu menjadi pertanyaan besar bagi umat manusia.

Mungkin banyak manusia yang berpikir masuk surga adalah utopia belaka, karena besarnya godaan dan ujian yang harus dilewati manusia sebelum mencapai surga. Rasanya, surga hanya pantas dijamah oleh orang-orang maksum macam Rasulullah dan para nabi, serta para sahabat dan pengikut setianya. Sedangkan bagi manusia akhir zaman seperti kita ini, masuk surga masih menjadi sebuah mimpi besar.

Bagaimanapun, berkecil hati bukanlah solusi. Justru bisa-bisa malah membuat kita benar-benar jauh dari harumnya surga. Oleh karena itu, jauh-jauh hari Rasulullah sudah memberi motivasi supaya kita berbesar hati dan yakin bisa masuk surga. Rasulullah menggambarkan, justru surgalah yang rindu dimasuki orang-orang seperti kita, asal kita mau mengikuti apa yang telah diajarkan Rasulullah dengan baik dan benar. Apa saja itu?

Rajin membaca Quran

Sudah kita pahami bahwa Al-Quran adalah buku petunjuk tentang mengapa kita diciptakan, apa yang harus kita lakukan di dunia ini, dan apa yang kita tuju setelah ini. Sifatnya adalah divine, langsung dari Allah Sang Khalik. Jadi lumrahlah kalau kita harus menyediakan tempat dan waktu bagi Al-Quran untuk masuk dalam kehidupan kita, termasuk di setiap nafas dan aliran darah kita. Sangat besar keutamaan dan pahalanya. Membaca Al-Quran tanpa memahami artinya saja sudah berpahala, apalagi memahami artinya, maknanya, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita.

Menjaga lisan

Lisan itu bagaikan pisau tajam. Salah sedikit menggunakan lisan, bisa besar dan detrimental akibatnya. Apalagi kalau sengaja menyalahgunakannya. Menghujamkan lisan yang tajam ke punggung manusia yang lain sama saja dengan menyeret daging yang tercecer dari tubuh kita sendiri. Kita juga tak layak menjelekkan orang lain, karena bisa jadi kita justru lebih jelek dari orang yang kita jelek-jelekkan itu.

Memberi makan orang yang lapar

Siapakah orang yang lapar itu? Pertama, orang yang berpuasa. Nah, ini bulan Ramadhan. Ini momen tepat untuk mewujudkan itu. Menyediakan takjil ke masjid atau surau terdekat sangat luar biasa. Juga, membeli dengan ikhlas tiket berbuka puasa untuk anak yatim piatu tak kalah mulianya. Kedua, orang yang lapar sebelum berpuasa, yang tak lain adalah orang miskin yang lapar secara konstan.

Demikianlah, saya jadikan ini sebagai pengingat bagi diri saya sendiri yang masih bukan apa-apa ini. Jika ternyata dapat memberikan sedikit manfaat buat teman-teman, saya bersyukur. Tidak apa-apa kan saling mengingatkan? Thanks...


.

63 comments:

  1. Halo Edwin,
    Memang nikmat sekali mendengar khotbah Jum'at di bulan puasa.

    BalasHapus
  2. bener mas, Amiin saya selalu berharap dengan kejadian yang sesuai dengan judul postingan ini mas :D

    BalasHapus
  3. Ajaran Rasulullah memang sepantasnya kita lakukan ya mas... Semoga syurga memang benar2 merindukan kita. Jadi merinding kalo denger kata-kata syurga mas..Mampukah kita mendekatinya tanpa ikhlas di hatinya. Semoga saja..Amiin..

    Salam ukhuwah mas

    BalasHapus
  4. harus mempertebal iman dan takwa biar bisa masuk surga...
    karena gak mungkin bisa nombok untuk masu surga..

    BalasHapus
  5. mudah2an puasa kita bukan cuman "parade of rituals" saja tp lebih dari itu..

    selamat menjalankan ibadah puasa, smoga Allah meridhoi kita smua
    amin,

    BalasHapus
  6. selama ramadhan, banyak blog yang jadi satu aliran neh ama blog ane,, hehe.

    Mudah2an ramadhan ini menjadi ramadhan yang lebih baik dari sebelumnya,, kunjungan pagi neh

    BalasHapus
  7. Mari kita lakukan bersama tips diatas! Trims pencerahannya!

    BalasHapus
  8. Alangkah bahagianya kita, bila surga merindukan kita! wajib selalu berbenah nih!

    BalasHapus
  9. kalo surga dan neraka itu gak ada , apa yg manusia lakukan ya

    BalasHapus
  10. surga ?
    dijanjikN allah SWT bagi orng yng bertaqwa?
    saya juga mencita-cita kn surga

    BalasHapus
  11. ini baru keren mas Edwin !!
    top bgt daah

    BalasHapus
  12. alhamdulillah sdh msuk kategori :=)

    BalasHapus
  13. dan benar bagi orang yang eriman akan di rindukan sorga

    BalasHapus
  14. kita pun sangat merindukan surga....

    BalasHapus
  15. mari berlomba-lomba berbuat ke baikan di bulan yang penuh hikmah ini.

    BalasHapus
  16. Kereeenn...

    Moga aja kita semuanya masuk surga..!!!
    Amiieeenn...

    BalasHapus
  17. dan kita semua ingin mendapatkan surga. amin, :)

    BalasHapus
  18. kita juga merindukan surga..
    posting yang sangat i8ndah sekali ..
    terima kasi dan salam kenal.

    BalasHapus
  19. surga itu dekat ..berada di telapak kaki ibu,,,

    BalasHapus
  20. surga itu dekat manakala kita mendekatinya dengan melalukan amalan baik,,,kita rindu surga,,tunjukkan rasa rindu itu dengan amalan sholeh...

    BalasHapus
  21. semoga kita tergolong dalam orang-orang yang dirindukan surga

    BalasHapus
  22. semua orang berlomba" ingin ke surga,,,
    tetapi kita beramal di jalan nya,,,
    yang di luar jalan nya otomatis game over not to be continue,,,,

    BalasHapus
  23. wah pengen banget yah dirinduin surga.. harus semangat

    BalasHapus
  24. artikel yang bagus...
    terimakasih atas pencerahan nya.

    BalasHapus
  25. semoga saja kita bisa melakukan semua hal di atas agar kita bisa jadi ahli surga,

    BalasHapus
  26. semoga kita bisa melakukan semua hal yang di atas supaya bisa jadi ahli surga.

    BalasHapus
  27. terimakasih sudah mengingatkan saya...
    semoga bisa mengingatkan para pembaca yang lain juga.

    BalasHapus
  28. semua orang pasti menginginkan surga..
    namun banyak yang tidak menuruti perintah allah..
    padahal itu syarat untuk masuk surga.

    BalasHapus
  29. pengen masuk surga hehe smoga kita bisa amin :)

    BalasHapus
  30. di surga ada air terjun kah ??
    hehe

    BalasHapus
  31. akan kah surga merindukan kita semua ?
    smoga sja ya :S

    BalasHapus
  32. pasti kita bisa masuk surga..
    yakin saja...

    BalasHapus
  33. semoga kita semua masuk surga amin..
    amal ibadah kita diterima disisinya...

    BalasHapus
  34. artikelnya menyejukkan batin.

    BalasHapus
  35. Berbuat baik terhadap sesama dan saling berbagi dalam kebaikan

    BalasHapus
  36. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing websites that understand the value of providing a quality resource for free. It?s the old what goes around comes around routine. Did you acquired lots of links and I see lots of trackbacks??

    BalasHapus
  37. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  38. susah banget untuk beli tiket surga itu ,,,

    banyak halangan y ...

    BalasHapus
  39. zaman sekarang boro' baca alquran ,,

    kebanyakan baca sms, bbm, dan sosial media lain' y ...

    BalasHapus
  40. segera taubat bila ingin masuk surga ....

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top