21 Mei 2010
40 comments

FU Walikotaku, Surabaya Bebas Putus Sekolah dan Kesehatan Terjamin

Jumat, Mei 21, 2010
Apakah yang sejatinya diharapkan oleh masyarakat Surabaya dari pemimpinnya? Banyaknya mall megah di seluruh penjuru kota? Banyaknya investor yang masuk untuk menggenjot kemajuan perekonomian kota? Penciptaan lapangan kerja untuk menumpas pengangguran? Atau –ini yang paling terkenal- penanganan banjir hingga tuntas?

Tak dipungkiri, jawabannya adalah ‘ya’. Tapi lebih dari itu, jika dilihat dari sudut pandang bottom-up, yang paling diharapkan oleh masyarakat adalah sesuatu yang dapat memberikan manfaat KONKRET bagi mereka, yang dirasakan sangat esensial, dan bahkan subsisten untuk kesinambungan hidup mereka. Bukan semata sebagai simbol modernitas kotanya.

Apakah itu?

Tak lain adalah jaminan pendidikan dan perbaikan kualitas pelayanan kesehatan. Sesusah apapun seorang warga kota, sesempit apapun kondisi perekonomiannya, ia pasti berbuat sesuatu demi pendidikan anaknya. Di lain pihak, memperoleh pelayanan kesehatan yang layak sangat jauh dari harapan, bagi warga kota yang ‘biasa-biasa saja’ itu.

Institusi penyelenggara pendidikan dan pelayanan kesehatan lebih suka berpihak kepada anggota masyarakat yang berduit. Nah, di sinilah tantangan nyata bagi walikota Surabaya baru yang kelak terpilih nanti. Inilah momentum yang tepat bagi Cak Fandi Utomo (FU) untuk menjadi ‘the real change agent’ bagi kota Surabaya tercinta.

Apa yang harus dilakukan? Jika Cak FU walikotaku, mewujudkan warga Surabaya bebas putus sekolah dan memperoleh pelayanan kesehatan layak tidaklah sulit. Sudah ada frame of reference-nya, yaitu UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Cak FU tinggal menelurkan metode konkretnya.

Agar warga Surabaya bebas putus sekolah, Cak FU harus bisa mewujudkan pemberian layanan, kemudahan, dan jaminan terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga, tanpa diskriminasi (Pasal 11 ayat 1 UU 20/2003). Sudah jamak diketahui, otonomi pendidikan memaksa institusi pendidikan memutar otak untuk mendapatkan sumber daya finansial untuk kesinambungan mereka. Dampaknya, sisi komersial lebih dikedepankan dibandingkan misi sosialnya. Ini menempatkan ‘warga biasa’ di posisi subordinat secara konstan. Untuk itu, Cak FU harus bisa memperjuangkan warga untuk mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya (Pasal 12 ayat 1d UU 20/2003).

Di lain pihak, agar warga Surabaya secara merata memperoleh pelayanan kesehatan yang layak, Cak FU sebagai walikota bertanggung jawab membina dan menyediakan kebutuhan rumah sakit sebagaimana mestinya. Ini untuk menopang rumah sakit yang diharuskan memiliki organisasi yang efektif, efisien, dan akuntabel (Pasal 33 ayat 1 UU 44/2009). Pada gilirannya, rumah sakit dapat melaksanakan amanat UU, yaitu memberikan informasi yang benar tentang pelayanan. Juga, memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, ANTIDISKRIMINATIF, dan efektif. Bagaimana dengan hak pasien? Juga diatur di sana. Pasien sebagai warga masyarakat bisa mendapatkan kesadaran soal pelayanan. Pasien bisa mengeluh dan protes jika ada pelayanan rumah sakit yang janggal dan merugikan. Dengan demikian, tak akan ada lagi kasus bayi yang disandera oleh rumah sakit karena orang tuanya tak mampu membayar biaya operasi kelahiran sang bayi.

So, tunggu apa lagi? Saatnya Cak FU walikotaku, dan warga bebas putus sekolah serta mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan adil. Untuk kemajuan Surabaya.


Oleh: Edwin Prasetio
Cyber Opinion Contest "Mau Dikemanakan Surabaya kita...?”



.

40 comments:

  1. ada walikota baru?
    semoga harapan-harapan rakyat terealisasi dengan baik.

    BalasHapus
  2. aku ingin daerah yg sejuk, asri, adem, damai...bukan bangunan megah menjulang dan mall...
    hehe...

    BalasHapus
  3. Halo Edwin,
    Semoga Cak FU menmbaca posting anda ini dan melaksanakannya.

    BalasHapus
  4. Pendidikan dan kesehatan adalah kebutuhan dasar yang sangat diidamkan oleh masyarakat. Semoga Walikota Surabaya yang terpilih nanti dapat mengangkat saudara kita yang masih berada dalam kemiskinan melalui pelayanan pendidikan dan kesehatan yang lebih baik lagi. Trims sharingnya sobat yang begitu menarik.

    BalasHapus
  5. @Mb Narti dan Sda - Iya, ada pemilihan walikota baru Juni nanti. Gimanapun, org Sby butuh mall. Buktinya, setiap ada mall baru selalu rame ngga pernah sepi.

    @ Mas H. Nizam - Harapan saya juga begitu Mas Harry :)

    @ Mas Herdoni - Saya ikut kontes ini setelah maen ke blog mas Herdoni. Jadi tahu. Terus bikin postingan. Trims ya Mas :)

    BalasHapus
  6. Selamat berkarya Bapak Walikota... tunjukkan kemampuan dan penuhi janjimu!

    BalasHapus
  7. Kesehatan dan pendidikan modal utama dalam menjalani hidup ini!

    BalasHapus
  8. semoga Cak Fu ikut baca ya Sob.......jangan cuma bisa janji buktikan donk.....!!!

    BalasHapus
  9. @ Nuansa pena, Aura Pelupa, Mas Ferdinand - Semoga...

    BalasHapus
  10. salam sobat
    semoga terwujud mas,
    jaminan pendidikan dan perbaikan kualitas kesehatan di Surabaya sini.
    Selamat pak FU ,walikota.

    BalasHapus
  11. mudah"an itu benar" terrealisasi ya....
    amin....

    BalasHapus
  12. Moga saja dengan Walikota baru... Dapatt lebihh Amanah dan jujur....!!!Sukses buat surabaya...

    BalasHapus
  13. semoga dengan adanya walikota yang bagus akan membawa kebaikan kepada seluruh warga kota amin. salam kenal... :P

    BalasHapus
  14. gini2 ktpku masih sby loo mas hehehe, n aku setuju banget dgn yg sampeyan sampaikan, btw spt di plmbg sendiri program berobat gratis sudah berjalan, tapi yg jadi masalah adalah "kelakuan" oknum terbawah spt di puskesmas yg tidak dididik dan diawasi kinerjanya dalam melayani pasien miskin yg ingin mengurus "persyaratan" agar dapat berobat gratis. sikap mereka jauuuh dari simpati apalagi empati!!, jadi menurutku calon walikota yg baru dalam menerapkan programnya tidak hy sekedar "jadi" tapi juga memperhatikan "kesiapan" petugas yg berhubungan langsung dgn pelayanan tersebut :)

    BalasHapus
  15. Pendukung Cak Fandi Utomo ya Mas..?
    Semoga saja Cak FU membaca tulisan ini ya..?

    BalasHapus
  16. Kota sebesar Surabaya memang butuh sosok Walikota yang siap menghadapi dan menyelesaikan sejuta permasalahan yang ada.

    BalasHapus
  17. moga2 bisa terlaksana
    pendidikan murah/gratis bagi semua

    BalasHapus
  18. waah ada kampanye..hehe :D,,di tempat sy (Pemalang) sebentar lagi nih..,sukses lah dg program2nya..

    BalasHapus
  19. kunjungan perdana...sukses bwt FU

    BalasHapus
  20. semoga terwujud sesuai janji saat mencalon diri jadi walikota, jika cak FU terpilih nantinya

    BalasHapus
  21. Siapapun yang menjadi Walikota, tentunya masyarakat banyak berharap kepadanya, semoga saja bukan hanya sebatas wacana.

    BalasHapus
  22. Selamat ya, buat walikotanya

    BalasHapus
  23. blogwalking ke blog sahabat.. ditunggu kunjungan baliknya...!

    BalasHapus
  24. halo, tks sudah ke blog saya. lam kenal juga.

    BalasHapus
  25. Hmm artikel kontes? mantap benar mas edwin. Semoga sukses dan cak FU mendengar saran2 mas edwin :)

    BalasHapus
  26. salam sobat
    berkunjung lagi mas Edwin.
    semoga terwujud, kesehatan terjamin dan pendidikan makin maju ,tidak da yg putus sekolah.

    BalasHapus
  27. kunjungan balik om..thanks telah mampir nih....

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah semoga Surabayaku bisa lebih maju.

    Sekalian nanya ni Mas. Mas edwin Surabaya juga kan? Mau gak bErgabung dalam komunitas kami, Semanggi Suroboyo?

    BalasHapus
  29. semoga bukan hanya bualan semata, dan omongan atau janjinya bisa terrealisasi kan..
    amin

    BalasHapus
  30. Ayo ramaikan pemilihan walikota. Sukses untuk kontesnya mas.

    BalasHapus
  31. pak edwin sudah lama nggak berkunjung, hehe tapi ini lagi pake blog saya yng lain salam jumpa kembali

    BalasHapus
  32. FU-YU memang oke !!! Teman-teman warga kota Surabaya, jangan lupa tgl 2 Juni 2010 kita ramai-ramai ke TPS untuk pilih no. 2. Bagi yang nggak suka dengan no. 2, silahkan coblos mukanya pasangan no. 2, biar kapok !! (he...he...he...ujung-ujung nya tetap no. 2)

    BalasHapus
  33. FU-YU memang oke !!! Teman-teman warga kota Surabaya, jangan lupa tgl 2 Juni 2010 kita ramai-ramai ke TPS untuk pilih no. 2. Bagi yang nggak suka dengan no. 2, silahkan coblos mukanya pasangan no. 2, biar kapok !! (he...he...he...ujung-ujung nya tetap no. 2)

    Daniel Effendy

    BalasHapus
  34. Seharusnya semua unsur pemerintah mengutamakan kesejahteraan rakyat di atas segalanya

    BalasHapus
  35. Semoga bisa mensejahterakan rakyat

    BalasHapus
  36. Terima kasih banyak gan atas informasinya :3 terus update blognya ya gan

    BalasHapus
  37. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top