02 Januari 2010
20 comments

Blogging Memang Mengasyikkan

Sabtu, Januari 02, 2010
Selamat tahun baru 2010. Apa kabar rekan-rekan blogger? Adakah rencana baru di tahun ini untuk lebih memajukan blog anda? Atau justru di tahun ini energi sudah habis sehingga motivasi untuk ber-blogging ria juga terkikis? Saya rasa ini adalah pertanyaan yang menggelitik buat kita semua. Dan yang bisa menjawabnya adalah diri kita sendiri.

Jika di tahun ini kita punya konsep dan strategi baru untuk menjadikan blog kita lebih gemerlap, itu sangat bagus. Tapi jika sebaliknya yang terjadi, yaitu nafas kita sudah terengah-engah untuk terus meng-update postingan dan berkunjung ke blog rekan-rekan, saya rasa itu sangat disayangkan.

Bagaimana tidak. Blog dan komunitas yang sudah kita bangun dengan susah-payah selama ini tiba-tiba menguap begitu saja. Membangun blog adalah sebuah pengorbanan. WAKTU kita sediakan untuk berkelana di dunia maya demi belajar tentang seluk-beluk blog dan membangun pertemanan dengan para blogger lain. PIKIRAN kita curahkan untuk menghasilkan tulisan-tulisan baru untuk diposting di blog, karena tulisan adalah ‘nyawa’ sebuah blog. Dan BIAYA kita gelontorkan untuk ‘stay online all the time’. Tampaknya sih kecil, cuma Rp 2000-3000 per jam untuk nongkrong di warnet. Tapi kalau kita sudah ‘terjerumus’ di dunia blogging, bisa menguras kocek tuh :-) Langganan internet? Sama saja. Kan harus ada anggaran khusus setiap bulan untuk membayar iuran.

Pengalaman saya

Bagi saya, awal tahun ini adalah peringatan genap satu tahun saya berkecimpung di dunia blogging. Baru satu tahun. Belum lama memang. Saya masih tergolong newbie. Banyak rekan blogger yang sudah malang-melintang sejak 2005, 2006, dan 2007. Meskipun begitu, saya telah mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan dalam usia blogging yang masih muda itu. Sampai akhir 2007, saya masih belum tahu apa-apa tentang blog. Setelah mulai berlayar mengarungi samudera internet bersama sebuah blog yang baru saya bangun di awal 2008, saya perlahan-lahan mulai mengenal apa itu search engine optimization (SEO), blogwalking, traffic, Google page rank, Alexa traffic rank, dan bahkan blog monetizing. Saya juga sedikit-sedikit jadi paham mengutak-atik kode HTML.

Tidak cuma itu, saya juga mempunyai lingkungan pertemanan di dunia maya. Banyak sahabat yang sudah saya peroleh dari aktifitas blogging. Meskipun belum pernah bertemu di dunia nyata, namun terasa sudah begitu akrab dengan mereka. Nah, sebetulnya ini hal yang TERPENTING dalam blogging. Sahabat blogger membuat kita terus bersemangat dalam ber-blogging. Mereka adalah motivator utama kita. Ada semacam kewajiban moral untuk rutin meng-update blog kita dan menyapa rekan-rekan. Ini akhirnya menjadikan blogging semacam ‘candu’ bagi kita. Tidak ngeblog membuat badan terasa sakit semua. Dan ini membuat blogging terasa sangat mengasyikkan ^_^

Tapi jangan salah, blogging juga menyisakan kisah duka (hehehe, lebay). Maksud saya begini. Seperti yang saya bilang di atas, membangun blog adalah pengorbanan. Ya korban waktu, pikiran, uang, dan –satu lagi- korban perasaan, hehehe. Setidaknya ini kondisi yang dulu saya alami. Sebagai seorang laki-laki yang sudah menikah dan mempunyai satu anak, serta bekerja di bank from 8 to 8 (bukan 9 to 5), terus terang keputusan saya untuk menerjuni dunia blogging membawa konsekuensi tersendiri. Waktu efektif saya untuk membuka komputer adalah pulang kerja (itu karena istri saya belum pulang kerja!) dan pagi hari pascasubuh. Dulu istri saya sering protes karena merasa dinomorduakan. Tapi syukurlah sekarang tidak lagi. Istri saya sudah bisa menerima ‘kelakuan’ saya. Yang penting saya bisa pintar membagi waktu buat blogging dan keluarga. Fiuhh, itu juga tidak mudah lho :-)

Ya, itulah suka dan duka dalam ber-blogging. Seperti apakah kiprah kita di tahun 2010 ini, seperti saya bilang di atas, hanya diri kita sendiri yang bisa menjawabnya. Ini juga merupakan tantangan bagi saya. Tapi yang jelas, sangat disayangkan kalau langkah kita terhenti di tahun ini. Bagaimanapun, aktif di internet itu sangat penting. Bill Gates pernah bilang, internet adalah masa depan. Dengan terus aktif ber-blogging, setidaknya kita ‘keep pace’ dan terus ‘aware’ dengan perkembangan yang ada di dunia internet.

Sekian ‘sambutan awal tahun’ saya ini ^_^ Saya ingin berbagi lebih banyak lagi tentang suka-duka dalam ber-blogging. Saya akan mencobanya di postingan-postingan selanjutnya. Mungkin bisa sedikit berguna buat anda buat sharing. Yang jelas, blogging kita buat asyik saja, jangan dibuat repot, seperti kata almarhum Gus Dur.

20 comments:

  1. GITU AJA KOK REPOT.....
    hehehehehe....
    itu memang milik Almarhum Gus Dur, kalo menurut saya jangan dibikin repot.... blogging memang mengasyikkan Mas Edwin...

    BalasHapus
  2. blogging memang punya kesan tersendiri.. beda ama pas ngeklak ngeklik ptc/te ato ngegame online..
    yg penting cashflow ama keseimbangan kehidupan terjaga..(ane lum bisa kalu yg ini) mumpung lum pny istri he he..jadi masi yg ngedon lama di depan laptie or kompie..

    BalasHapus
  3. waaah sudah satu tahun ya sob, Selamat yaaa sukses selalu n tetap semangat.
    Memang kalo masalah blogging itu paling mengasyikkan, bisa bersilaturahim, berkenalan dengan sobat2 lainnya.... whuuiiih pokoknya asyik deh....

    BalasHapus
  4. hhmmmm... tulisan mas edwin kembali memotifasi saya mas. jujur, saya sempat kehabisn nafas mas, sudah terengah-engah. hehe... tapi skrg nggak boleh loyo lagi, semangat! semangat! :)

    BalasHapus
  5. bener banget mas, blogging itu banyak manfaatnya dengan konsekuensi seperti yg diatas :) semoga persahabatan yg terjalin makin erat n met taon baru moga lancar segala urusan..amin

    BalasHapus
  6. bener...kayak aku nih mas uda demam banget ngeblog...hi..hi apalagi kalo postingan kita dikomentarin seneeeng bangeet rasanya

    BalasHapus
  7. Yups.., blogging memang mengasyikkan.. hanya sayang aku tak punya terlalu banyak waktu utk itu.

    BalasHapus
  8. betul Pak Edwin, dunia blogging disamping menambah teman, juga dapat memperoleh pengetahuna.

    BalasHapus
  9. saya setuju banget sama mas edwin.
    blogging is fun but needs sacrifice.

    bro, ada program affiliate asik nih... ngajak 1 orang gabung dapet $0.1-$1. 100% Gratis dan dapat dipercaya.
    ikutin infonya di Blog Bisnis

    BalasHapus
  10. ngeblogging kt jadikan sbg hoby aja kang...setiap hoby bth biaya,pikiran & tenaga...tp ttp ada kepuasan tersendiri...
    happy blogging

    BalasHapus
  11. he2., waduh pasti ngomel2 mulu tuh istrinya., keep Bloging sobat!

    BalasHapus
  12. jangan sampai blog bikin rumah tangga nggak harmonis mas....
    mas edwin, banner perfect money yang di atas gimana masangnya?

    BalasHapus
  13. saya punya blog satu lagi mas dg domain dot com

    BalasHapus
  14. Hohohoh..long time no see fella.

    Udh 15 hari gak ketemu di dunia blog, fuihhh,,lama banget ya. Balik lagi nih ^^

    Baca artikel ini, sampe ngomong dlm hati 'huakaka,,bener banget pngorbanan duitnya'. Tapi ya gitu, emg btuh pengorbanan untk mndapat suatu hal yg nikmat (bahkan yg gk nikmat jg). Tapi seperti kata berry di atas, jgn sampai ganggu rumahtangga, tpi jstru harus memperharmonis rumah tangga, cntohnya :: browsing/blog walking bareng ttg lokasi wisata yg menarik buat dikunjungi bareng kluarga ^^

    Oh ya, maap nih telat, tapi gpp lah ya. Mau ngucapin 'Selamat Tahun Baru 2010'

    BalasHapus
  15. emang ngeblog bisa ketagihan apalagi kalo udah hasilkan duit

    BalasHapus
  16. [u][b]Xrumer[/b][/u]

    [b]Xrumer SEO Professionals

    As Xrumer experts, we from been using [url=http://www.xrumer-seo.com]Xrumer[/url] quest of a wish leisure now and grasp how to harness the massive power of Xrumer and build it into a Spondulix machine.

    We also yield the cheapest prices on the market. Many competitors desire expect 2x or temperate 3x and a destiny of the term 5x what we debt you. But we have faith in providing enormous mending at a tearful affordable rate. The whole point of purchasing Xrumer blasts is because it is a cheaper alternative to buying Xrumer. So we plan to stifle that thought in cognizant and provide you with the cheapest grade possible.

    Not solitary do we be suffering with the unexcelled prices but our turnaround heyday for the treatment of your Xrumer posting is wonderful fast. We compel have your posting done to come you know it.

    We also cater you with a ample log of well-heeled posts on contrasting forums. So that you can get the idea also in behalf of yourself the power of Xrumer and how we have harnessed it to help your site.[/b]


    [b]Search Engine Optimization

    Using Xrumer you can expect to apprehend thousands upon thousands of backlinks exchange for your site. Myriad of the forums that your Install you settle upon be posted on oblige great PageRank. Having your join on these sites can categorically serve found up some top-grade dignity back links and as a matter of fact aid your Alexa Rating and Google PageRank rating via the roof.

    This is making your site more and more popular. And with this developing in regard as well as PageRank you can think to witness your place definitely filthy high-pitched in those Search Engine Results.
    Conveyance

    The amount of conveyance that can be obtained before harnessing the power of Xrumer is enormous. You are publishing your situation to tens of thousands of forums. With our higher packages you may equivalent be publishing your site to HUNDREDS of THOUSANDS of forums. Visualize 1 brief on a popular forum last will and testament inveterately enter 1000 or so views, with signify 100 of those people visiting your site. These days create tens of thousands of posts on fashionable forums all getting 1000 views each. Your shipping longing function because of the roof.

    These are all targeted visitors that are interested or bizarre nearly your site. Envision how assorted sales or leads you can execute with this great gang of targeted visitors. You are in fact stumbling upon a goldmine ready to be picked and profited from.

    Remember, Above is Money.
    [/b]

    TRAVERSE B RECOVER YOUR TWOPENNY ERUPTION TODAY:


    http://www.xrumer-seo.com

    BalasHapus
  17. [B]NZBsRus.com[/B]
    Lose Laggin Downloads Using NZB Downloads You Can Easily Search High Quality Movies, Games, MP3s, Applications and Download Them at Maxed Out Speeds

    [URL=http://www.nzbsrus.com][B]Usenet Search[/B][/URL]

    BalasHapus
  18. Blogging bisa untuk mencurahkan kata hati

    BalasHapus
  19. bloging memang mengasyikan bisa berbagi cerita dan informasi dengan sesama

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top