28 Desember 2009
30 comments

“… Happy Birthday to Rasha …”

Senin, Desember 28, 2009
Selamat ulang tahun…!! Alhamdulillah, hari ini adalah hari ulang tahun yang ke-3 anak saya, Rashaqa. Anniversary ke-3 ini rasanya beda. Ini tak lain karena Rasha sudah bertambah besar dan sudah banyak mengenal segala sesuatu. Karena itu, Rasha minta perayaan ultahnya dibikin pesta. Kami menurutinya. Kami pikir, hal ini positif untuk melatih keberanian dan kepekaan pergaulan sosial Rasha.

Anak semata wayang saya ini (setidaknya hingga saat ini ^_^) ingin ultahnya dirayakan di Kentucky Fried Chicken. Mengapa? Karena dia ‘terinspirasi’ acara serupa saat diundang salah seorang temannya untuk merayakan ultahnya di restoran cepat saji itu bulan lalu. Berhubung hari ini adalah business day, maka pesta ultah Rasha insya Allah diadakan hari Minggu (3 Januari). Bagi kami itu tidak masalah. Yang penting si anak senang hatinya.

“Karena pestanya belum, jadi sharing di blog Papa ini tentang hal yang lain saja ya, Om dan Tante” ^_^

Hehehe, bisa aja tuh anak. Tapi benar juga, saya jadi bisa sharing tentang hal yang tak kalah penting, yaitu RENUNGAN. Siapa tahu bisa sedikit berguna buat anda, baik yang sudah punya anak maupun belum. Apa sih renungan atau evaluasi yang bisa diambil dari seorang anak yang baru berusia tiga tahun? Saya pikir, ada beberapa yang saya anggap paling cocok, yaitu: kesehatan, intelegensia, dan emosional. Berikut ini evaluasi saya tentang Rasha:


Kesehatan

Jujur, kesehatan Rasha merupakan keprihatinan kami pada masa-masa awal kelahirannya. Momen kelahiran Rasha tidak bisa kami jadikan puncak kebahagiaan sebagai orang tua baru saat menyambut kehadiran sang buah hati. Di saat para ayah dan ibu yang lain dengan suka cita menggendong bayinya di kamar rumah sakit bersalin, kami harus merelakan anak kami ditangani secara intensif di ruang NICU akibat lambungnya yang belum dapat menjalankan fungsi pencernaan dengan sempurna.

Dan untuk satu tahun ke depan, Rasha masih harus berkutat dengan masalah kesehatan. Radang tenggorokan, demam, pilek, batuk, dan muntaber akrab dengan dirinya. Hampir setiap bulan saya mesti ‘setor’ ke dokter anak, hehehe.

Menginjak usia 2 tahun, Rasha tampaknya telah menemukan bentuk kesehatannya. Dia jarang sakit. Pertumbuhan badannya pun menggembirakan. Badannya tumbuh melebihi anak seumurannya. Banyak yang mengira Rasha sudah berusia lima tahun.


Intelegensia

Hal ini sejak awal sudah menjadi concern kami. Kami sering melatih kemampuan sensorik dan motorik Rasha sejak dini. Sejalan dengan pertumbuhannya, dia juga kami kenalkan dengan angka, huruf, hewan, dan juga bahasa Inggris. Tujuannya supaya Rasha sudah mempunyai basic saat dia memasuki gerbang sekolah nanti.

Tapi perlu diingat, itu kami lakukan saat kami berada di tengah-tengah Rasha. Sementara, sebagian besar waktu Rasha lebih banyak dihabiskan bersama pengasuhnya. Nah, berhubung pengasuhnya sudah tua dan buta huruf, ‘program’ yang sudah kami susun jadi kacau-balau deh :-D Tapi tak apa-apa, saya merasa bekal pengetahuan Rasha tak jelek-jelek amat kok untuk memasuki dunia sekolah nanti.


Emosional

Nah, ini nih yang bikin pusing. Rasha masih susah untuk diajak berbagi. Suka berebut mainan menjadi trademark-nya, hehehe. Apakah itu dengan teman atau saudara sepupunya. Parahnya, dia itu jagoan banget. Tinggal senggol, teman atau sepupunya langsung terhuyung-huyung. Mentang-mentang badannya bongsor :-D

Tentu saja kami tidak tinggal diam. Tak pernah bosan kami memberikan pengertian ke Rasha. Mindset itu memang harus diubah. Saya yakin ini sebuah proses. Waktu akan membuatnya belajar.


Sekarang tentang TANTANGAN dan HARAPAN. Sebentar lagi Rasha pergi ke sekolah (play group, tepatnya). Saya bisa melihat sebuah keinginan untuk bersekolah terbersit dari sikapnya. Saya pernah menangkap mata Rasha yang tak henti memandangi temannya berangkat ke sekolah dengan mengenakan seragamnya. Saya tanya apakah Rasha ingin sekolah, jawabnya: “Iya, pakai seragam, tas, dan sepatu baru”

Ya, usia tiga tahun. Saya rasa sudah waktunya Rasha mengenal kehidupan sosial. Ini sangat penting untuk perkembangan psikis, intelegensia, dan emosional dirinya. Ini sebuah tantangan baru baginya. Harapan saya, tentunya, Rasha dapat dengan baik membawa dirinya di kehidupan sebenarnya yang sudah ada di depan mata. O iya, satu lagi harapan saya, akan ada seorang adik untuk Rasha ^_^

Well, sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Rasha. Happy b’day to you, my dear… ^_^




“Om dan Tante, jangan lupa kadonya ya…”

30 comments:

  1. salam sobat
    selamat ULTAH yang ke 3 untuk RASHA..
    Semoga tambah cerdas dan jadi anak yang sholeh ya..
    enak dong liburan ke luar kota mas EDWIN...

    BalasHapus
  2. Selamat ulang tahun Rasha, moga tambah pinter n sehat selalu dan berbakti pada kedua ortu...amiiin

    BalasHapus
  3. :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fuuuuullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  4. buat Rasha met Ulang Tahun yaaaaaa

    BalasHapus
  5. selamat ultah rasha..
    semoga menjadi anak yg sholeha dan membanggakan kedua orang tua. .
    duh rasha imoet banget, ..pipinya tembem he..he..

    BalasHapus
  6. Selamat ulang tahun Rasha... Tante do'ain ya supaya Rasha jadi anak sholehah, bahagia, pintar, berprestasi dan menjadi kebanggaan keluarga...

    BalasHapus
  7. selamat ulang tahun Rasha...semoga jadi anak yang sholehah, pintar dan berbakti kepada kedua orang tua. aminnn.

    BalasHapus
  8. kalau untuk belajar berbagi karena masih sendiri saat dirumah ya begitulah...tapi dengan bersekolah rasanya bisa diajarkan secara perlahan.
    persiapan yang lainnya patut dicontoh tuh...

    semoga jadi anak yang sholehah ya nak...
    selamat ulang tahun juga...

    BalasHapus
  9. Happy belated birthday Rasha, I hope that you'll grow up to be a boy/man that your mom and dad will be very proud of. God bless you all.

    BalasHapus
  10. Ok deh,, selamat ultah ya buat anaknya. ...
    Pesan saya jangan suka ngompol aja ya .. hehehe

    BalasHapus
  11. Selamat Ulang tahun tuk Rasha, semoga panjang umur & menjadi anak yang pintar, cerdas, sholeha, sehat, taat agama, berbakti pada orang tua n berguna bagi nusa & bangsa...amien

    BalasHapus
  12. alow Rasha...Selamat ulang tahun. Sehat selalu ^^
    bener yah mas, seperti udah umur 5 tahun.

    BalasHapus
  13. Ih Rasha.. kamu kayaknya lucu deh.. bikin gemes aja.. met ultah n met tahun baru ya.. jagan nakal n mesti nurut sama papa . mamah..

    BalasHapus
  14. Selamat ulang tahun buat rasha.. semoga tumbuh jadi anak yang sehat dan pintar

    BalasHapus
  15. selamat ulang tahun untuk anaknya (seumur dengan anak saya) :D

    Dan selamat tahun baru untuk semuanya... :D

    BalasHapus
  16. selamat ulang tahun rasha...
    doakan om cepat merit n punya anak juga ya....
    salam mas edwin...
    semoga keluargamu selalu dianugrahi kebahagiaan

    BalasHapus
  17. waduh, karena lama nggak buka blog jadi ketinggalan cerita tapi biar telat tante lia mo ngucapin selamat ultah rasha. ih...gemesin udah tambah gede dan tambah cantik.

    tante doakan rasha sehat selalu, pertumbuhan dan perkembangan yang baik, tambah pintar ya sayang...mmmhhh banyak doa untuk rasha, dan keluarga

    oya, mas edwin selamat tahun baru ya, makasih awardnya sudah lia posting...

    back to rasha...senyumnya manis banget........

    BalasHapus
  18. alowww Rashaaaa...met ulang tahun ya..mg jd anak yg sholehah...& sehat selalu

    BalasHapus
  19. hay rasha...
    metd ultah ya smga pnjang umur, mnjdi anak yg soleh n berbakti kpda orangtua

    BalasHapus
  20. Selamat Ulang Tahun Rasya......
    Moga panjang umur,sehat selalu,dan mudah2an menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada orangtua..!Amien.....! kadonya do'a az ya...!

    BalasHapus
  21. selamat ulang tahun ya buat rasha...mudah-mudahan menjadi anak yang shaleh,panjang umur, dan menjadi anak yang berbakti kepada orang tua.

    BalasHapus
  22. rasha.. semoga pnjng umur, sehat, dan sukses selalu..

    BalasHapus
  23. semoga Rasha mnjadi anak yang cerdas dan sholehah

    BalasHapus
  24. Nice post. I was checking continuously this weblog and I'm inspired! Very helpful information specially the ultimate section I deal with such info a lot. I used to be looking for this particular information for a very long time. Thank you and good luck.

    BalasHapus
  25. You need to participate in a contest for the most effective blogs on the web. I will recommend this website!

    BalasHapus
  26. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top