02 Oktober 2009
34 comments

DUKA di Balik SUKA Monetizing Blog

Jumat, Oktober 02, 2009
Saya mau sharing tentang ‘duka’ di balik nikmatnya dapat duit dari aktifitas ngeblog (monetizing blog). Tapi ini bukan kisah saya sendiri, karena saya belum serius me-monetize blog saya. Ada sih, paling cuma memasang beberapa banner affiliate, yang lainnya adalah widget untuk traffic. Tapi setidaknya ada sisi lain yang ‘tidak mengenakkan’ dari monetizing blog yang bisa dijadikan sharing.

Memang, monetizing blog adalah salah satu kegiatan favorit para blogger. Bahkan bisa jadi ini menjadi motivasi utama supaya bisa terus ber-blogging ria. Tolong koreksi kalau saya salah ;-p Bagaimana tidak, seorang blogger yang niat, tekun, sabar, dan ulet memang benar bisa menjadikan blognya sebagai ‘keran duit’.

Contohnya Cosa Aranda. Para blogger tentu tahu siapa dia. Ya, Cosa adalah salah seorang pebisnis internet Indonesia yang sukses. Kiprah netpreneurship-nya dimulai dari ngeblog. Khusus bagaimana mencari duit dari blog, Cosa memberitahukan ‘lahan-lahan’ yang bisa di-eksplore, yang disebutnya dengan “6 Cara Paten Mendapatkan Uang dari Blog”, yaitu:
+ Memasang iklan pihak ketiga
+ Menjual ruang iklan
+ Menulis artikel (paid review)
+ Menjual produk
+ Menjual jasa
+ Menjual blog

Kalau blogging sudah mulai menghasilkan, tentu seorang blogger harap-harap cemas mengecek rekening PayPal apakah ada tambahan angka yang masuk, atau menerima amplop dari pak pos yang isinya cek dari luar negeri.

Tunggu dulu. CEK? Ya, di sinilah inti dari yang ingin saya sharing. Begini, saya kan bekerja di bank di bagian transaksi luar negeri. Saya sering menerima nasabah yang membawa cek dari luar negeri untuk diuangkan rupiah, termasuk cek yang diterbitkan oleh Google Inc dan broker-broker lain. Sebagai blogger (tapi awam di bidang monetizing blog) saya tahu kalau cek yang beginian adalah hasil pembayaran bisnis di internet.

Yang paling sering saya jumpai adalah cek yang dikeluarkan oleh Google Inc dan Clicksor. Nilainya rata-rata USD 50-150. Seperti yang saya alami saat menerima nasabah di bulan puasa kemaren. Saat saya memeriksa cek itu, saya sempat melirik wajah si empunya cek. Wah, wajahnya berseri-seri. Jelas, dia kan sudah membayangkan rupiah yang bakal masuk dompet. Dan tampaknya cek itu adalah hasil perdananya dari internet.

Tapi setelah saya jelaskan prosedur pencairan cek, wajah berseri-seri itu berubah kecut. Dia tak menyangka kalau cek itu harus ditagihkan dulu ke Amerika, karena drawee bank-nya adalah Citibank di Amerika sana. Dan waktu penagihannya pun lama, paling cepat dua bulan. Ini karena proses penagihannya harus melalui bank ketiga (bank koresponden) dan dananya harus diendapkan beberapa hari di sana. Tidak hanya itu. Ada biaya komisi, ongkos bank koresponden, dan courier sebesar rata-rata USD 40. Semuanya dibayar DI MUKA. Mau coba ke bank lain? Silakan. Tapi saya yakin prosedurnya sama. Bahkan Citibank pun menolak melayani pencairan cek itu. Padahal kan sama-sama Citibank dengan yang di Amerika sono. Masalah ini pernah saya bahas di artikel saya “Susahnya Mencairkan Cek Internasional”.

Kenyataan ini tentu tidak mengenakkan. Sudah penagihannya lama, biayanya gede lagi. Yang didapat nanti berkurang banyak dong. Bisa tekor malah. Anne Ahira, seorang pebisnis internet Indonesia lain yang juga sukses, pertama kali menerima cek CUMA sebesar USD 8. Dengan prosedur seperti itu, tentu ia harus tekor banyak kalau ngotot ceknya dicairkan. Setelah mencoba dari satu bank ke bank lain, ia menyerah. Akhirnya cek pertamanya itu dipajang di lemari daripada dibuang. Tapi jangan salah, cek yang tak terbayarkan itu dijadikannya motivasi. Ia bertekad mengubah angka 8 yang tertera di cek menjadi 8000. Ia memang berhasil mewujudkan tekadnya itu kemudian :-)

Memang, tidak semua blogger yang menerima cek seperti itu mengalami masalah demikian, terutama blogger yang sudah bisa menerima cek dengan angka gede. Ini karena penantian dan tombok di muka masih bisa di-cover dengan hasil pencairan ceknya yang besar.

Kalau saya boleh urun saran nih (tapi dalam kapasitas sebagai petugas bank, bukan sebagai blogger newbie, hehehe) sebaiknya terima pembayarannya yang menggunakan sarana PayPal, karena lebih praktis dan tidak seribet cek. Tapi saran saya ini hanya untuk sesama blogger newbie lho, bukan blogger kawakan :-D

34 comments:

  1. mas edwin, lia masih nggak ngerti tuh masalah pay pal. udah sering baca tapi malah nggak masuk2hehehhe. Skarang lagi kursus baru 5 hari di asian brains...pengen belajar lebih banyak lagi. bisa nggak ya????

    BalasHapus
  2. Baca aja di paypalindonesia.com, mb lia. penjelasannya jelas kok. Hmm, ikut Anne Ahira ya? Moga sukses ya... Tapi harus sabar dan tekun loh... kalo sukses bagi ilmunya yach ;-)

    BalasHapus
  3. salam sobat
    mas EDWIN ngga ada yang salah,,itu koreksi saya ,,
    semoga ngga duka lagi dan menjadikan blognya sukses ,,syukur alhamdulillah kalau menjadi kran duwit,,mengucur terus ya mas,,

    BalasHapus
  4. Bukannya Google sudah bisa membayar dengan Westren union?.

    BalasHapus
  5. maaf terlambat
    link personal sharing edwin telah terpasang

    BalasHapus
  6. suka duka pasti ada, kalo saya mah sih nikmatin aja perjalanan blogging kita..... btw trima kasih link sy udah di smpn, mas edwin jg udah

    BalasHapus
  7. @Nura: Halo Mb Nura, makasih kunjungannya. Hehe saya saat ini lebih fokus bloggingnya aja kok mbak. Yang itu buat nambah semangat aja. Tapi penginnya sih bisa cari duit juga nanti :-)

    @Aneka Tips: Trims infonya Mas. Kalau pake WU bisa dicairkan di Bank Mandiri, BII, Danamon.
    .
    @Attayaya: Trims Mas link saya sudah dipasang.
    .
    @Irfanimovick: Sama Mas Irfan. Saya ngeblog mengalir aja. Makasih ya link saya sdh disimpan.

    BalasHapus
  8. Untungnya gaji Adsense sudah bisa dikirim pake Western Union. Cuma 1 hari langsung bisa diambil di kantor pos, bebas biaya, bebas pajak huehehehe...

    BalasHapus
  9. semoga saja kelak saya juga punya blog yang bisa di jadiin keran duit. hehe..
    salam kenal ya mas edwin...

    BalasHapus
  10. hihihihi
    aku mah ga ngerti cari duit didunia maya ^^
    ngeblog buat ak bukan cari duit tapi karna aku seneng nulis ajah :P

    BalasHapus
  11. wuihhh blm perna terima sepeserpun dari ngBlog kang :(

    BalasHapus
  12. inna lillahi
    musibah lagi, duka lagi.... mudah2an ini benar2 musibah. smoga di bulan syawal (meningkatkan) ini para korban bisa meningkatkan sabar yg telah di bina selama ramadhan(mungkin kalau sy dan keluarga yg terkena musibah sperti ini susah jg untuk sabar dan tawakal)
    setidaknya ini hanya dukungan moril. untuk para korban smoga juga diganti dgn yg lebih baik

    BalasHapus
  13. terima kasih saran2 nya, banyak bermanfaat buat newbie sepertiku yg gak ngerti cari duit lewat blog.

    BalasHapus
  14. Wah mas ajarin saya dong...?

    BalasHapus
  15. makasi sharenya mas edwin...
    sangat berguna, walaupun saya masih jauh kayaknya dari yang berbau check, apalagi dari luar negeri...
    salam mas...

    BalasHapus
  16. pke paypal sob,,,dah spt sms banking,,gampang & simple
    btw,,
    sory beberapa minggu ini loading susah banget gara2 bandwindh dipangkas ma telkomsel jd 50 mb,,parah,,loadingnya lmo nian,,klo kesel yaudah tak shutdown aja

    nc article
    thx for share

    BalasHapus
  17. nah kesulitan ini yang sememang bikin susah hati kadang patah semangat

    BalasHapus
  18. Salam kenal juga mas linknya dah saya add di FAVORITE LINK, Makasih ya Dah berkunjung

    BalasHapus
  19. @Witho: Oh jadi itu ya yg bikin mas Witho kadang jarang muncul, habisin waktu ke kantor pos teruzz :-D
    .
    @Jimox: Wah blog sobat keren tuh. Sudah pantes banget jadiin duit hehehe
    .
    @Ria: Corat-coret Ria keren..
    .
    @Genial: Bener nih kang? Bukannya dua rumahnya tuh rame banget jobnya? hehehe
    .
    @JT: Sedih melihat saudara2 kita di Sumbar. Semoga kita semua dapat introspeksi.
    .
    @Narti: Sesama newbie harus saling mendukung Mbak... :-)
    .
    @Noershani: Mas Nur tuh yg harusnya ajari saya ....
    .
    @Berry Devanda: Sama2 Mas Berry, lha wong saya juga baru mulai coba cari duit di internet (buat kesenangan aja)...
    .
    @Blog Sedekah: Hidup Paypal! Oh pake telkomsel flash ya kang?
    .
    @Attayaya: Pengalaman pribadikah Mas? hehehe. Blog anda bagus banget...

    BalasHapus
  20. Info yang mantab!!
    Semoga saya bisa menerima PayPal saya. Hiks...
    Amien

    BalasHapus
  21. Setuju banget Mas Edwin, kalau pembayaran hanya bisa via cek; udah tinggalin aja, daripada nyesel di kemudian hari...
    Sebagai newbie, penghasilan dollar saya baru sedikit (dari article rewriting, PTP); semua pembayaran pake paypal, alhamdulillah ngga pernah ngalamin masalah kliring dengan bank lokal... Liberty Reserve juga oke!

    BalasHapus
  22. kang... saiia minta maaf banget baru bisa mampir dan hampir gk pernah blogwalking lagi... saiia yg termasuk patah semangat kang... ini ajja saiia mampir bukan di postingan terbaru akangnya... maaf banget kang maaf... sampe masalah saiia kelar dulu baru saiia bisa fokus lagi... mungkin nanti klu semangat uda muncul saiia akan sering ke sini kang.. maaf saiia gag komeng di post terbarunya... intinya saiia tetep ngedukung akangnya, siapapun temen2 blogger yg lagi bisnis di internet... lelah.. yupp.. pusing.. saiia mumeddd sama internet... sekali lagi maaf kang... maaf dan maaf...

    BalasHapus
  23. Yg jadi masalah, google gak mau bayar lewat paypal.
    Lagian paypal juga gak bagus2 banget. Memang memudahkan, tapi tidak sepenuhnya aman. Aku sendiri dah kehilangan $3900 disana.
    coba deh baca : paypalsucks.com

    BalasHapus
  24. Internet memang cukup menggoda,...
    Butuh kerja keras untuk bisa mengais uang di internet,...
    Sip,..Sukses Bos,..

    BalasHapus
  25. bener2,,lebih enak pake paypal dibanding terima cek.

    BalasHapus
  26. wahh baru tw klw seribet itu

    BalasHapus
  27. memang intrnt menydiakan ladang utk mncari uang..

    aslkan kita mau krja krass!

    BalasHapus
  28. Lebih enak pake paypal memang,,apalagi sekarang verifikasi paypal bisa dengan cara gratis.
    manfaatkan aja.

    BalasHapus
  29. susah nyairinnya ya mass...

    BalasHapus
  30. ane gk ngerti gan kalau pakai paypal...

    BalasHapus
  31. memang intrnt menydiakan ladang utk mncari uang..

    aslkan kita mau krja krass!

    BalasHapus
  32. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top