18 Agustus 2009
22 comments

Aktifitas Ngeblog Rehat saat Puasa?

Selasa, Agustus 18, 2009
Bulan Ramadhan tiba. Umat muslim menyambutnya. Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Segala kebaikan bagi umat muslim tersedia di bulan yang tiap tahun datangnya selalu maju satu bulan itu. Tuhan sengaja mendesain Ramadhan sebagai ‘ajang training’ bagi manusia untuk menjadi makhluk yang bernilai di hadapan-Nya. Namanya juga ‘training’, pasti ada ‘serangkaian program’ yang diarahkan untuk diikuti. Kalau dinilai berhasil atau setidaknya dinyatakan layak oleh ‘Sang Mentor’, kita menjadi manusia yang bernilai itu. Supaya nilai (value) itu tidak luntur, akan dievaluasi dan di-recharge di Ramadhan berikutnya.

Karena itu, akan ada aktifitas-aktifitas baru yang kita lakukan di bulan Ramadhan yang berbeda dengan apa yang ada di sebelas bulan yang lain. Apa itu? Kita memulai hari saat dinihari untuk makan sahur menjelang berpuasa dari subuh hingga maghrib. Selepas petang, kita melaksanakan shalat tarawih. Untuk mencapai nilai yang lebih, kita seyogyanya tidak hanya melaksanakan ibadah sebatas PUASA dan TARAWIH SAJA, melainkan juga amalan-amalan lain seperti memperbanyak bacaan dan pendalaman Quran, shalat tahajjud dan shalat sunah lain, serta sedekah.

Nah, lalu bagaimana dengan aktifitas ngeblog? Haruskah ia mengalah dan rehat sebentar selama bulan Ramadhan ini? Terus terang ini menjadi pertanyaan pribadi saya sehubungan dengan blogging yang sudah menjadi kebiasaan saya beberapa bulan ini (Ketahuan kalau masih newbie, hehehe). Ramadhan tahun lalu saya belum ngeblog.

Saya sadar kondisi setiap blogger berbeda-beda. Ada yang blogaholic tak kenal waktu di depan komputer, ada yang memang menjadikan blogging dan internet sebagai ladang penghasilan, ada juga yang menjadikan blogging sebagai hobi. Yang terakhir ini adalah kondisi saya. Dalam kondisi normal, terus terang, saya agak kesulitan membagi waktu untuk kerja, keluarga, dan ngeblog. Waktu saya sebenarnya sudah terkuras untuk kerja dan keluarga. Tapi kalau disuruh membuang jauh-jauh waktu buat ngeblog, saya tentu nggak mau. Ngeblog (baca: menulis) adalah hobi saya. Sehari saja tidak ngeblog, badan terasa sakit semua :-)

Karena itu saya harus pandai-pandai mencari waktu buat ngeblog. Yang pasti, setiap pagi saya bangun jam 04.30. Habis subuhan, buka deh komputer dan pasang modem. Selesai jam 06.00, saya menyempatkan bermain dengan anak saya sambil sarapan dan persiapan berangkat kerja. Kalau malam, lihat-lihat dulu. Jika saya pulang jam 19.00, saya masih bisa nengok blog teman-teman sebentar, meskipun biasanya ‘diintervensi’ anak saya yang suka nimbrung. Tapi kalau pulang kerja sampai jam 21.00, wasalam deh ngeblog-nya. Selama bulan puasa nanti, saya merasa agak kesulitan mencari waktu yang cukup untuk ngeblog.

Jadi, saya seneng banget kalau teman-teman mau SHARING pengalamannya ber-blogging ria, khususnya saat bulan puasa. Tujuannya: “Ibadah Ramadhan dapet, blogging-nya dapet juga” :-)

Oke teman-teman, selamat menunaikan ibadah Ramadhan. Semoga barokah...

22 comments:

  1. wah kalo bulan puasa emangnya mas edwin lembur juga ya???ckckckc salut d. kalo menurut lia ngeblog sih jalan terus khan bisa nulis motivasi gimana saat puasa jadi ngeblog bisa jadi ibadah juga

    BalasHapus
  2. Kalau saya sih tetap ngeblog, paling waktunya aja yang dikurangi; mungkin hanya malam saja...

    BalasHapus
  3. Antara waktu tarawih dan tidur aja kalo gitu, disempatkan sejenak dua jenak, daripada awak loro kabeh...hehehe....tapi mosok Romadhon kamu juga pulang jam 21.00 Ed? Aku yakin kamu bisa atur waktu lah (much better than me yang mau mampir ke blog ini aja jarang...maaf ya pal!). Yang penting, tetep jaga kondisi, jaga kesehatan, en jaga ibadah...okay! Best of luck, Ed! ^_^

    BalasHapus
  4. marhaban yaa ramadhan.. selamat menunaikan ibadah puasa.

    BalasHapus
  5. ngeblog di bulan puasa?? ini pengalaman pertama gw nih.. bakal seru gak ya??

    BalasHapus
  6. ngeblog di bulan puasa?? ini pengalaman pertama gw nih.. bakal seru gak ya??

    BalasHapus
  7. datangnya bulan puasa maju 1 bulan atau 10 hari yah?
    belum ada pengalaman nih ngeblog di bulan puasa, newbie juga. hehe...
    mohon maaf lahir dan batin, selamat menunaikan ibadah puasa.
    salam.

    BalasHapus
  8. @Nathalia Site dan Lina Happy Family: Lembur sih nggak mb. tapi kalo malam kan ada tarawih tuh. nah bisa males ngeblog tuh habis tarawih. sdh malam... But I'll try :)
    .
    @ Hansaboy: Hey look who's just come by! An old friend of mine. Tips oke, I'll try hard for it.
    .
    @ Moh Karis: Hehe sama dong mas Karis. Tetep semangat ya ngeblognya...
    .
    @ Narti: Iya Mb Narti, sama-sama semangat ngeblog di bulan puasa. Selamat beribadah Ramadhan ya...

    BalasHapus
  9. mohon maaf lahir bathin, semoga pada Ramadhan kali ini kita bisa meningkatkan segala amal ibadah yang kita lakukan, jangan sampai kita merugi dan menyesal…

    Selamat menjalankan ibadah puasa…

    BalasHapus
  10. selamat menunaikan ibadah puasa ya ^^ and lam kenal

    BalasHapus
  11. Selamat menunaikan ibadah puasa ya.

    BalasHapus
  12. selamat menunaikan ibadah puasa ya mas ^_^

    ini juga pengalaman pertama ngeblog di bulan puasa he..he..

    maksih tuk dukungannya, adik sifa dh membaik kondisinya.

    BalasHapus
  13. @ Genial, Juliawan, Harry Nizam H., Sifa, dan semua: "Selamat beribadah Ramadhan tuk anda. Semoga bernilai buat kita. Thks..."

    BalasHapus
  14. iya bener jg kang edwin,,,males jg ngeblog..klo g inget nge-update,mungkin puasa ngeblog jg yah?

    BalasHapus
  15. Mas Edwin, minta ijin numpang keyword ^^.

    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Sahabat Semua.

    BalasHapus
  16. ohhh,maf sobat tadi komentarnya untuk blog lain, makasih ya kunjungannya, tuh bannernya uda saya pasang di tab view --- link logo

    BalasHapus
  17. Great goods from you, man. I have understand your stuff previous to and you're just extremely magnificent. I really like what you have acquired here, certainly like what you're saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it sensible. I can't wait to read far more from you. This is really a tremendous.

    BalasHapus
  18. Lebih mementingkan puasa dan ibadah saat ramadhan

    BalasHapus
  19. There are certainly a lot of details like that to take into consideration. That is a great point to bring up. I offer the thoughts above as general inspiration but clearly there are questions like the one you bring up where the most important thing will be working in honest good faith. I don?t know if best practices have emerged around things like that, but I am sure that your job is clearly identified as a fair game. Both boys and girls feel the impact of just a moment's pleasure, for the rest of their lives.

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top