11 Agustus 2009
29 comments

Ada Uang Baru, Pecahan 2000 Rupiah

Selasa, Agustus 11, 2009
Anda sudah tahu ada uang baru? Kalau ada yang belum tahu, ini saya tunjukkan, sekaligus mau pamer (gambar di samping). Di tahun 2009 ini, Bank Indonesia (BI) meluncurkan pecahan baru untuk pertama kalinya dalam sejarah, yakni Rp 2000 (dua ribu Rupiah). Bagaimana wujudnya? Secara umum sama kok dengan uang lainnya, yaitu berupa selembar kertas :-D

Ukurannya sama persis dengan pecahan Rp 1000 yang bergambar Pattimura. Sedangkan “template”-nya juga sama dengan uang kertas lainnya, yakni background ornamen batik di bagian depan dan belakang. Kalau gambarnya, pahlawan nasional di depan dan kekayaan budaya atau kekayaan alam Indonesia di belakang.

Secara umum, ini ciri-cirinya:
  • Panjang 14,1 cm dan lebar 6,5 cm
  • Warna bernuansa pastel yang didominasi coklat tua dengan kombinasi coklat muda (beige) dan abu-abu.
  • Bagian depan bergambar pahlawan nasional Pangeran Antasari
  • Bagian belakang bergambar enam wanita penari adat Dayak
  • Tanda air (watermark) bergambar Pangeran Antasari

Saya kurang tahu apakah uang baru ini sudah beredar luas di masyarakat atau belum. Saya sendiri baru tahu kalau ada pecahan dua ribu baru ini minggu lalu, saat teman kantor saya woro-woro dan menawarkan siapa yang mau tukar uang ini. Kontan, semua beramai-ramai mendaftar. Harus didaftar dahulu, karena akan dimintakan ke BI kemudian sesuai kebutuhan.

Setelah menerima uang itu, saya membolak-baliknya dan bertanya dalam hati, apakah ada kemungkinan pecahan Rp 1000 ditarik dari peredaran? Kalau misalnya iya, berarti harga-harga barang bakal naik dong. Kan tidak ada lagi buat kembalian pecahan Rp 2000 itu. Betul, nggak? Semoga dugaan saya salah…

29 comments:

  1. petromaxx-kah??
    mpe skr aq lom pernah dapet tuh 2 rb-an,,kpn rilisnya sih ??

    BalasHapus
  2. Kayaknya belum ke khalayak Mas... Baru BI yg punya. Kalau ada bank yg minta baru dikasih oleh BI...

    BalasHapus
  3. Memang belum beredar yah, ok, kita tunggu aja...Sebenarnya apa ya pertimbangan mengeluarkan uang 2000 ini?

    BalasHapus
  4. 2000?, bahaya nih kalau ke tuker dengan yg 1000..
    bisa2 jd salah paham antara pedagang dan pembeli..
    huh..

    BalasHapus
  5. klo ceban tu berarti jadinya 5 lembar ye,,

    kayaknya ni duit inspirasinya dari harga rokok ketengan,,, kan ad yang jual 2000/3btg hehe

    BalasHapus
  6. arunaspot back bro...
    sorry pc error ga bisa OL kemaren2,,
    tapi skg dah OK..

    keep komen2an yah,
    salam anget kayak nasi tumpeng,
    arunaspot...

    BalasHapus
  7. kalo benar uang seribunya ditarik dan barang2 bakalan naik jadi makin susah aja nih, tahu yang biasanya bisa dibeli harga seribu nah sekarang jadi 2000, wah cuape d, ibu2 bisa pada ngamuk nih hehehe

    BalasHapus
  8. blum megang tuh uang 2rb
    tp gara2 uang 2rb ini kluar ak jadi banyak kerjaan (doh)

    BalasHapus
  9. Sepertinya uang baru ini dapat mengakibatkan harga-2 naik.

    BalasHapus
  10. uda banyak tau sii.. cuma blm pegang langsung ajja... kira2 yg 2700 ada apa gag iia?!??! hehhehehe...

    BalasHapus
  11. Kalau dah beredar pecahan Rp 2000,-an,peluang penerima amal,juru parkir dll, makin besar kali yah.

    BalasHapus
  12. udah dapet 2ribuan yg baru... bagus juga... dapet hasil kembalian, di ambasador...hehe

    BalasHapus
  13. Wah, makin banyak pecahan uang yg mirip. 1.000 dan 10.000 saja kadang2 aku salah lihat. Musti pake kacamata merk Rp nih. xD

    Hebat, blog ini makin banyak affiliate-nya. Bagi-bagi donk infonya kalo ada affiliate yg bagus yaaaaaah.

    Sukses terus!

    BalasHapus
  14. di sini untuk dapat pecahan uang 2000 harus d tukar dengan uang 3000, berapa untungnya ya tinggal ngalikan aja kalau 2000 = 3000 kalau 10 lembar uang 2000an, dah untung 10rb

    BalasHapus
  15. Nanti uang kertas 1000 akan dikurangi diganti dengan uang logam.

    BalasHapus
  16. Kemarin pas aku belanja.. pernah dikira sebagai duit palsu tuh..

    BalasHapus
  17. Well i am a girl but my friend call me a girf!! and i am lovbale!!! and my other pic was not me the one on the left is me!Anyway you can find me here...

    BalasHapus
  18. makin menarok aja bentuk dan tampilan uang baru 2000 an

    BalasHapus
  19. aduh uang 2000 ribuana ssh sekali cari uang seribuan

    BalasHapus
  20. Wah kualitas dari pecahan uang 2000 jelek ya sob,..

    BalasHapus
  21. Makin banyak aja pecahan uang di negara kita ya gan,... tambah bingung ni para orang yang sudah lanjut usia, he,,,

    BalasHapus
  22. Infonya aku telat ya sob,.. he...

    pokoknya ditunggu posting berikutnya ya,.

    BalasHapus
  23. Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

    BalasHapus
  24. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top