06 Juni 2009
23 comments

Kirim Uang ke Eropa? Jangan Lupa IBAN

Sabtu, Juni 06, 2009
APABILA anda hendak mengirimkan uang (outgoing remittance) ke Eropa, jangan sampai lupa mencantumkan IBAN. Jika tidak, kiriman anda akan ditolak dan kemungkinan anda juga dikenai biaya. Jadi rugi dong. Sudah uang gagal dikirim, kena penalty lagi.

So, apakah itu IBAN? IBAN adalah kependekan dari International Bank Account Number, sebuah sistem penomoran standard untuk mengidentifikasi rekening bank dari seluruh dunia. IBAN pertama kali dikembangkan oleh bank-bank di Eropa untuk menyederhanakan transaksi yang melibatkan rekening bank dari negara lain.


IBAN memuat semua detail kunci dari suatu rekening bank seperti Bank Identifier Code (BIC) atau dikenal juga sebagai kode SWIFT, sort code, dan checksum. Urutannya sebagai berikut: kode negara (dua huruf), diikuti 2 check digit, dan kemudian karakter alfanumerik hingga 30 karakter yang dikenal juga sebagai Basic Bank Account Number (BBAN).

Berikut ini contoh IBAN:
IBAN Yunani (Greek)
GR16 0110 1050 0000 1054 7023 795

IBAN Inggris (Great Britain)
GB35 MIDL 4025 3432 1446 70

IBAN Swiss
CH51 0868 6001 2565 1500 1


Mengapa perlu IBAN?

Dalam alur (routing) transaksi kiriman uang internasional diperlukan data yang jelas tentang nomor rekening penerima, nama bank dan kantor cabang penerima. Lokasi rekening penerima sering diidentifikasi dari berbagai kode routing nasional di tiap negara yang mempunyai sistem yang berbeda-beda.

Kode routing dan nomor rekening yang ada pada sistem perbankan suatu negara biasanya telah mengandung check digit yang digunakan secara nasional untuk membantu mendeteksi transkripsi dan kesalahan routing yang mungkin terjadi sebelum transaksi dikirim. Tetapi, sort code dan checksum tidak selalu ada pada setiap sistem suatu negara, sehingga tidak ada format seragam yang dapat memberikan informasi routing yang dapat diaplikasikan secara internasional.


Sebelum ada IBAN, sulit bagi bank untuk memvalidasi informasi routing seperti ini sebelum transaksi dikirim. Akibatnya sering terjadi kesalahan routing yang membuat kiriman sering tertunda dan menimbulkan ongkos kepada bank pengirim, bank penerima, dan juga bank intermediary. Dengan adanya IBAN, kesalahan routing dapat diminimalisir karena IBAN telah mencakup detail yang dibutuhkan, seperti kode negara, check digit, sort code, dan checksum.


Untuk saat ini, IBAN masih terbatas digunakan oleh bank-bank di Eropa. Di antara negara-negara Uni Eropa sendiri, IBAN diberlakukan mulai 1 Januari 2007. Jika setelah tanggal itu transaksi dilakukan tanpa IBAN, bisa di-pending, ditolak, atau dikenai biaya. Jadi tegasnya, jika ada transaksi finansial yang melibatkan rekening penerima ada di Eropa, harus dicantumkan IBAN. Tidak hanya untuk pengirim yang ada di Eropa, tapi di seluruh dunia. Jadi misalnya kita akan mengirim uang ke Belanda atau negara Eropa lain, kita harus menulis IBAN si penerima.


Suatu saat, IBAN akan semakin populer dan digunakan bank-bank di seluruh dunia. Selain negara-negara Uni Eropa, kini ada beberapa negara yang sudah menggunakan IBAN, antara lain Israel, Tunisia, Mauritius, Turki, dan Arab Saudi. Amerika Serikat sebagai negara barometer perekonomian dunia belum menggunakan IBAN. Masih menggunakan nomor rekening basic dan kode SWIFT biasa.


Oh ya, jika anda ingin mengecek suatu nomor IBAN, anda bisa coba di sini. Semoga sharing ini bermanfaat untuk anda. (perbankankita.blogspot.com)





23 comments:

  1. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  2. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  3. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  4. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  5. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  6. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  7. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  8. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  9. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  10. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  11. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  12. Kalau dikirim uang dari eropa saya terima, kalau ngirim ke Eropa buat siapa ya... Terimakasih infonya bisa nambah wawasan

    BalasHapus
  13. Kalau mau transfer dalam jumlah banyak, kira-kira ada diskonnya ngga ya gan? Terima kasih atas jawaban dan informasinya.

    BalasHapus
  14. Artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih atas informasinya agan.

    BalasHapus
  15. wah menarik nich ......
    nanti bakalan saya coba,btw nice post sobat ..

    BalasHapus
  16. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  17. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  18. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  19. Bagaimana kalau kita di indonesia mau menerima uang dari luar negeri dan di sana meminta nomor iban kita ?
    Tolong di balas

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top