Tips Manajemen Membagi Waktu Efektif Menuju Sukses - Manajeman waktu berkorelasi dengan sukses. Orang yang bisa mengatur waktu biasanya sukses dalam bekerja atau berbisnis. Terlalu sering menganggap remeh suatu persoalan atau menunda-nunda suatu pekerjaan awal terhambatnya kesuksesan.
Pekerjaan yang dikerjakanpun hasilnya jadi tidak maksimal atau tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, karena dikerjakan dengan buru-buru, manajemen waktu sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki mobilitas pekerjaan yang tinggi.
Agar bisa mengatur waktu dengan baik, tidak ada salahnya Anda perhatikan tips berikut ini sebagaimana dikutip dari womens lifestyle, book inspiration (Dave Kahle).
- Atur jadwal kerja. Ini untuk mengingatkan kita akan semua aktivitas yang akan kita kerjakan. Dengan adanya daftar kita akan tahu kapan batas waktunya (deadline).
- Deadline kerap membuat orang menjadi tegang dan stress. Usahakan agar mengerjakan pekerjaan dengan tenang dan focus, sehingga hasilnyapun bagus.
- Sediakan waktu ekstra sekitar 30 menit dalam mengerjakan pekerjaan kantor. Jika ini yang anda lekukan, maka anda akan menjadi lebih maju.
- Sisihkan waktu untuk tubuh Anda agar tetap sehat dan bugar. Kondisi tubuh yang sehat sangat baik dalam menjalankan aktivitas yang padat.
- Luangkan waktu 30 menit sesibuk apapun Anda bekerja dikantor untuk meningkatkan diri dirumah, misalnya belajar. Hal ini bagus untuk menambah wawasan diluar materi pekerjaan.
- Tulis lima ide yang berhubungan dengan pekerjaan Anda setiap hari. Dengan membiasakan diri menggunakan imajinasi kreatif berarti kesuksesan sudah ada di depan mata.
- Buat analisis diri dan prestasi apa yang sudah tercapai. Dengan begitu Anda tahu berapa persen misi yang telah anda capai.
original source: ukafahrurosid.com
Tambahan :
1. Menguasai daftar hal-hal yang harus anda lakukan (to-do lists)
To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan anda saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, anda harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana anda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.
Anda tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas anda. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.
2. Buat rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)
Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga anda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu anda bisa sedikit lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.
3. Belajarlah untuk mengatur prioritas anda
Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.
4. Kunci manajemen waktu yang sukses adalah delegasi
Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka. Ini adalah satu-satunya cara dimana anda dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi anda. Pada saat yang sama, apa yang anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang anda perlukan untuk mengulang pekerjaan anda akan lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang anda perlukan untuk mengerjakan pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan.
5. Jangan takut untuk mengatakan ‘TIDAK’
Anda harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan menolak tugas-tugas yang tidak dapat anda lakukan. Jika anda kehabisan waktu dan merasa stres, maka lebih baik untuk menolak undangan pergi makan siang atau makan malam keluarga. Anda harus menyadari bahwa anda tidak dalam kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejap. Anda harus belajar untuk memilih tugas yang anda benar-benar ingin lakukan atau yang perlu diselesaikan.
6. Membagi tugas yang panjang dalam kegiatan yang lebih kecil
Teknik lain yang akan membantu anda dalam manajemen waktu adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya anda tidak ingin melakukannya atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Ini akan mengelola baik stres maupun waktu anda. Anda misalnya, dapat meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk bekerja pada tugas yang tidak menyenangkan atau panjang. Dengan menggunakan pendekatan ini, secara bertahap anda akan memiliki beberapa kemajuan, anda akan merasa lebih baik dan pada akhirnya anda akan dapat menyelesaikan aktifitas dengan cepat daripada terus menerus menunda hal tersebut.
7. Perfeksionisme membutuhkan waktu
Anda harus mencoba menghindari kesempurnaan. Berkutat tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan untuk hal-hal sepele adalah buang-buang waktu dan tidak akan memberikan anda cukup waktu untuk menangani tugas-tugas yang lebih berguna dan mungkin lebih menyenangkan.
8. Kenali waktu dimana anda lebih produktif
Adalah normal bahwa kinerja Anda tidak sama sepanjang waktu. Ada saat-saat dimana anda lebih produktif sementara di saat lain produktivitas anda menurun karena berbagai alasan. Fase ini dapat terjadi pada hari yang sama. Dengan asumsi bahwa anda bekerja 8 jam sehari, ini memberi anda sekitar 1.800 jam kerja per tahun. Temukan periode waktu dimana anda lebih produktif dan di saat tersebut cobalah untuk menangani tugas yang paling sulit.
9. Cobalah untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti
Anda perlu belajar untuk mengatasi setiap tugas dan masalah ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu, karena di bawah tekanan waktu anda lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah.
10. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian anda
Selama jam kerja, cobalah untuk menemukan saat-saat di mana tidak ada yang bisa mengganggu anda melakukan aktivitas. Jika anda memiliki kebijakan pintu terbuka, anda mungkin harus menutupnya sesekali. Jika seseorang datang ke kantor anda ketika anda memiliki tugas yang harus diselesaikan, tolaklah secara lembut permintaannya dan jadwalkan waktu lain untuk bertemu dengan mereka.
12. Jangan lupa diri anda sendiri
Ketika anda membuat rencana, jangan lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat untuk anda sendiri. Selama waktu ini, pastikan bahwa anda benar-benar berhenti dari pekerjaan anda, santailah dan isi ulang baterai anda. Jika diperlukan cobalah untuk tidur selama setengah jam dan selama waktu itu lakukan sesuatu yang anda sukai dan membuat anda tenang. Setengah jam memang tidak membuat perbedaan dalam tidur anda, tetapi dapat memberikan kepuasan dan mempersiapkan anda lebih baik di hari berikutnya. Beri penghargaan untuk diri anda sendiri ketika anda berhasil menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan.
12. Menganalisa dimana anda menghabiskan waktu anda
Untuk dapat mengoptimalkan waktu anda lebih baik, anda harus terlebih dahulu memahami di mana anda menghabiskan waktu anda. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan log (catatan rekaman) untuk merekam aktivitas anda. Anda harus melakukan itu selama 2-3 minggu. Dalam log, anda harus mencatat semua yang anda lakukan per jam ketika anda terjaga, berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk setiap tugas, aktivitas, pertemuan dan berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk istirahat dan tidur. Setelah anda memiliki informasi ini di log, anda dapat mulai menganalisa di mana anda menghabiskan waktu anda dan buatlah perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan waktu anda. Anda harus fokus pada kegiatan yang paling penting untuk diselesaikan. Hindari kegiatan atau tugas yang tidak memberikan nilai tambah. Sebagai contoh, setelah dilihat pada log anda, anda melakukan pengecekan email sebanyak 10 kali dalam sehari; anda harus meminimalkan menjadi hanya beberapa kali per hari.
13. Selalu rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga
Masukkan dalam rencana anda waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana anda secara teratur dan alokasikan waktu untuk kegiatan tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu anda misalnya masalah dengan PC anda, dan miliki solusi alternatif yang untuk mengatasinya.
Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang memerlukan waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya! Pada akhirnya, manajemen waktu akan memberi anda waktu tambahan yang anda butuhkan untuk dapat menikmati apa yang paling penting bagi anda dan mengubah hidup anda menjadi lebih baik.
To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan anda saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, anda harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana anda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.
Anda tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas anda. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.
2. Buat rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)
Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga anda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu anda bisa sedikit lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.
3. Belajarlah untuk mengatur prioritas anda
Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.
4. Kunci manajemen waktu yang sukses adalah delegasi
Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka. Ini adalah satu-satunya cara dimana anda dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi anda. Pada saat yang sama, apa yang anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang anda perlukan untuk mengulang pekerjaan anda akan lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang anda perlukan untuk mengerjakan pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan.
5. Jangan takut untuk mengatakan ‘TIDAK’
Anda harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan menolak tugas-tugas yang tidak dapat anda lakukan. Jika anda kehabisan waktu dan merasa stres, maka lebih baik untuk menolak undangan pergi makan siang atau makan malam keluarga. Anda harus menyadari bahwa anda tidak dalam kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejap. Anda harus belajar untuk memilih tugas yang anda benar-benar ingin lakukan atau yang perlu diselesaikan.
6. Membagi tugas yang panjang dalam kegiatan yang lebih kecil
Teknik lain yang akan membantu anda dalam manajemen waktu adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya anda tidak ingin melakukannya atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Ini akan mengelola baik stres maupun waktu anda. Anda misalnya, dapat meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk bekerja pada tugas yang tidak menyenangkan atau panjang. Dengan menggunakan pendekatan ini, secara bertahap anda akan memiliki beberapa kemajuan, anda akan merasa lebih baik dan pada akhirnya anda akan dapat menyelesaikan aktifitas dengan cepat daripada terus menerus menunda hal tersebut.
7. Perfeksionisme membutuhkan waktu
Anda harus mencoba menghindari kesempurnaan. Berkutat tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan untuk hal-hal sepele adalah buang-buang waktu dan tidak akan memberikan anda cukup waktu untuk menangani tugas-tugas yang lebih berguna dan mungkin lebih menyenangkan.
8. Kenali waktu dimana anda lebih produktif
Adalah normal bahwa kinerja Anda tidak sama sepanjang waktu. Ada saat-saat dimana anda lebih produktif sementara di saat lain produktivitas anda menurun karena berbagai alasan. Fase ini dapat terjadi pada hari yang sama. Dengan asumsi bahwa anda bekerja 8 jam sehari, ini memberi anda sekitar 1.800 jam kerja per tahun. Temukan periode waktu dimana anda lebih produktif dan di saat tersebut cobalah untuk menangani tugas yang paling sulit.
9. Cobalah untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti
Anda perlu belajar untuk mengatasi setiap tugas dan masalah ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu, karena di bawah tekanan waktu anda lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah.
10. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian anda
Selama jam kerja, cobalah untuk menemukan saat-saat di mana tidak ada yang bisa mengganggu anda melakukan aktivitas. Jika anda memiliki kebijakan pintu terbuka, anda mungkin harus menutupnya sesekali. Jika seseorang datang ke kantor anda ketika anda memiliki tugas yang harus diselesaikan, tolaklah secara lembut permintaannya dan jadwalkan waktu lain untuk bertemu dengan mereka.
12. Jangan lupa diri anda sendiri
Ketika anda membuat rencana, jangan lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat untuk anda sendiri. Selama waktu ini, pastikan bahwa anda benar-benar berhenti dari pekerjaan anda, santailah dan isi ulang baterai anda. Jika diperlukan cobalah untuk tidur selama setengah jam dan selama waktu itu lakukan sesuatu yang anda sukai dan membuat anda tenang. Setengah jam memang tidak membuat perbedaan dalam tidur anda, tetapi dapat memberikan kepuasan dan mempersiapkan anda lebih baik di hari berikutnya. Beri penghargaan untuk diri anda sendiri ketika anda berhasil menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan.
12. Menganalisa dimana anda menghabiskan waktu anda
Untuk dapat mengoptimalkan waktu anda lebih baik, anda harus terlebih dahulu memahami di mana anda menghabiskan waktu anda. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan log (catatan rekaman) untuk merekam aktivitas anda. Anda harus melakukan itu selama 2-3 minggu. Dalam log, anda harus mencatat semua yang anda lakukan per jam ketika anda terjaga, berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk setiap tugas, aktivitas, pertemuan dan berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk istirahat dan tidur. Setelah anda memiliki informasi ini di log, anda dapat mulai menganalisa di mana anda menghabiskan waktu anda dan buatlah perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan waktu anda. Anda harus fokus pada kegiatan yang paling penting untuk diselesaikan. Hindari kegiatan atau tugas yang tidak memberikan nilai tambah. Sebagai contoh, setelah dilihat pada log anda, anda melakukan pengecekan email sebanyak 10 kali dalam sehari; anda harus meminimalkan menjadi hanya beberapa kali per hari.
13. Selalu rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga
Masukkan dalam rencana anda waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana anda secara teratur dan alokasikan waktu untuk kegiatan tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu anda misalnya masalah dengan PC anda, dan miliki solusi alternatif yang untuk mengatasinya.
Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang memerlukan waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya! Pada akhirnya, manajemen waktu akan memberi anda waktu tambahan yang anda butuhkan untuk dapat menikmati apa yang paling penting bagi anda dan mengubah hidup anda menjadi lebih baik.
by : akuinginsukses.com
Hebat artikelnya Gan...semoga sukses...
BalasHapusMantap nih artikel nya...
BalasHapusterimakasih banyak.
Membagi waktu memang salah satu cara kita untuk sukses supaya waktu kita tidak terbuang sia-sia.
BalasHapusBoleh juga nih tips nya...
BalasHapusthanks yah..
Artikel yang bagus...
BalasHapussemoga bermanfaat untuk orang banyak.
Selamat siang ...:)
BalasHapusikut menyimak informasninya lagi ya, semoga bermanfaat :)
Informasi yang sangat bermanfaat :)
BalasHapushttp://goo.gl/kPQaoD
http://goo.gl/Mb1qUy
artikelnya menarik
BalasHapuswoke gann mantapp artikelnya
BalasHapustrims infonya
BalasHapustrims info bagusnya
BalasHapusboleh diterapkan dong kunci2 nya,,,heheh..
BalasHapusterimakasih banyak atas informasinya
BalasHapussagat bermanfaat sekali
saya tunggu informasi selanjutnya
semoga sukses
segala hal kalau diatur secara rapi dan tertata baik pasti hasilnya bagus..:)
BalasHapusijin menyimak ternyata bermanfaaat sekali infonya mkasih
BalasHapusmenarik ini bisa berguna untuk,,,,,
BalasHapusbermanfaat untuk perkembangan
manajemen waktu emang penting banget,,karena waktu ngga bisa diulang dan kita harus memanfaatkannya seefisien mungkin..
BalasHapusthanks.:)
Sangat akurat sekali menajemen pembagian waktu yang di paparkan diatas tips-tips sangat efektif :)
BalasHapusTerimakasih informasinya yang sangat membangun untuk lebih bersemangat memberikan pengetahuan yang sangat kreaktif untuk di contoh. semoga informasi ini semakin maju dan memiliki daya tarik yang besar bagi para pembaca.
BalasHapustip yang menarik gan
BalasHapusterimakasih banyak, informasinya bermanfaat. http://goo.gl/Zqcmzn http://goo.gl/w90qIa http://goo.gl/sOO6Wr http://goo.gl/nhA6w5
BalasHapusharus tenang dan fokus..:)
BalasHapussaya setuju,,untuk sukses butuh perencanaan dan pembagian waktu yang tepat..:)
BalasHapuswaktu memang ibarat pedang,,jika tidak di manaje dengan baik akan terbuang sia-sia
BalasHapussiang pak,,semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin,,salam sukses ..
BalasHapusMudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa menjadi manfaat untuk kita semua
BalasHapusterimakasih informasinya
BalasHapusSelamat siang semuanya,, Oya tadi saya sudah baca artikenya,, menurut penilaian saya sendiri artikelnya sangat memberikan manfaat yang sangat besar untuk ilmu pengetahuan top bangeet deh mas.. !!
BalasHapusCara Cepat Menyembuhkan Penyakit Alergi => Berikut ini akan kami sajikan informasi pengobatan penting seputar cara cepat menyembuhkan penyakit alergi dengan menkonsumsi obat untuk penyakit alergi jelly gamat gold-g ampuh mengobati penyakit secara aman. informasi selengkap nya silahkan anda kunjungi situs resmi kami atau hubungi kami di CS : 085781540857
BalasHapusTerimakasih banyak atas sajian informasi nya sangat membantu " salam sehat "
BalasHapusbermanfaat gan infonya dan menambah wawasan saya makasih
BalasHapusterimakasih informasinya gan
BalasHapusto do list..ini penting banget..dalam manajemen waktu
BalasHapusini salah satu hal yang lumayan sulit menurut saya, disiplin dan manajemen waktu, saya sulit menerapkannya. semoga saya bisa mulai melatih diri untuk berdisiplin lagi.
BalasHapusjadi gtu ya gan .. cara membagi waktu efektifnya menuju ke suksesan .. thanks ya..
BalasHapusthanks atas infonya
BalasHapusemmm.... banyak juga ya tipsnya ... thx ya..
BalasHapusiiznin nyimak artikel yang lain sobat pak admin..
BalasHapusbagi templatenya dunk gan .. kren nieh templatenya...
BalasHapustapi sayang tidak semua orang bisa istiqomah dengan waktu yang telah di jadwalkan sendiri (lalai dan malas)
BalasHapustapi tidak semua yang kita jadwalkan harus kita selesaikan sesuai dengan urutan waktunya, boleh di tunda dan boleh di dahulukan, lihat sikonnya
BalasHapusmenlist jadwal memang penting, tp aplikasinya tidak harus sesuai list, yang penting dahulukan yang terpenting
BalasHapusnice post gan. bagus banget artikelnya,.
BalasHapustulisannya sangat menginspirasi. ijin copas ya gan
BalasHapusnice info
BalasHapusHai Selamat Siang... Waah lama nih saya ga mampir ke blogspot ini ternyata infromasinya semakin menarik dan selalu bermanfaat bagi para pembaca nice semoga semakin maju deh..
BalasHapusmanajaemen waktu emang sangat penting sekali..::)
BalasHapusWaktu lebih berharga dari uang, dengan waktu kita bisa gunakan untuk mendapatkan uang tapi dengan uang kita tidak bisa gunakan untuk membeli waktu.
BalasHapuswww.kuatkuat.com
Harus mulai dari sekarang untuk mendisiplinkan diri agar pembagian waktu menjadi lebih efektif..
BalasHapusmembagi waktu itu emang pentng sekali...
BalasHapusTerimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat salam sehat
BalasHapusterimakasih atas sajian informasi nya, sangat membantu dan sangat mendorong agar kita lebih kompetitif lagi dalam menjalankan pekerjaan.
BalasHapusSaya termasuk orang yang susah mengatur waktu saya sendiri.... Makasih tipsnya, tentunya ini sangat bermanfaat buat saya dan masa depan saya.
BalasHapusmengatur waktu itu sangat penting. apa lagi yang mempunyai kesibukan yang double harus bener-bener bisa mengatur waktu. terimakasih untuk tips nya . bermanfaat banget
BalasHapusharus pandai2 mengatur waktu dan selalu disiplin
BalasHapussukses tiu berat sekali tapi kalau dijalani dengan suka hati maka akan terasa menyenangkan
BalasHapusTips yang sangat bermanfaat mas. Akhir-akhir ini saya sering kelabakan dalam membagi waktu antara pekerjaan off maupun online. Alhasil, jam tidur saya yg jadi korban. Tips anda diatas bisa membantu saya dlm mengatur jadwal. Terimakasih !
BalasHapuskunjungan siang dengan membaca dan menyimak artikel nya sungguh sangat bermnfaat sekali untuk saya makasih banyak semoga tambah sukses blog nya.
BalasHapusmanfaatkan waktu kl gitu ya
BalasHapusNice Post ;)
BalasHapusSalam Kenal
terima kasih atas informasinya
BalasHapusnice info gan, emang managemen waktu sangatlah penting di era globalisasi saat ini
BalasHapusbener,,setelah saya bca dengan seksama ini cara hebat yang bisa di praktekan,,
BalasHapusterima kasih,kalau saya sekarng mulai buat jadwal di sticky notes karena hampir setiap hari sellau bersama laptop..:)
boleh di praketkan,,lagnsung gan,,
BalasHapusthanks ya
Bagi saya hal yang paling sulit adalah untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti,,
BalasHapusvery nice post and useful
BalasHapusObat Herbal Kutil Kelamin
Obat Herbal Wasir Atau Ambeien
Obat Herbal Sipilis
Obat Herbal Herpes
Obat Herbal Pembesar Penis
Obat Herbal Pelangsing
Obat Herbal Perapat Vagina
Obat Herbal Pembesar Payudara
trims infonya sangat penting untuk ngatur waktu bukan waktu yang ngatur kita
BalasHapusthx gan..
BalasHapussangat brmnfaat infonya..
waktu adalah uang maka dari manfaatkan dengan baik
BalasHapusoh gitu ternyata membagi waktu dengan cara menghargai waktu
BalasHapuswah makasih tips2nya sangat membantu. salam kenal :)
BalasHapusterima kasih atas informasinya
BalasHapuswaktu adalah pedang,,
BalasHapusmemang harus pintar2 membagi waktu
Nice Share :)
BalasHapusthanks informasinya, semoga sukses
BalasHapussaya akan mencoba
BalasHapussukses gan :)
BalasHapushehehehe... bagus nih ! harus diterapkan
BalasHapusPagi gan, ikut nyimak di blignya ni. Informasinya menarik gan, terimakasih, semoga kita berada dalam kesuksesan & kesehatan.
BalasHapusnice info. tq :)
BalasHapusBinggo.. akhirnya dapet yg pas
BalasHapusArtikel yang sangat bermanfaat. terima kasih.
BalasHapuskunjungan siang gan
BalasHapusNice info guys, this will be useful for us
BalasHapusArtikel ini bisa menginspirasi banyak orang
BalasHapusNice, terima kasih atas sarannya. Info dan artikel yang sangat bermanfaat
BalasHapustips2 diatas harus dikerjakan dg disiplin dan rutin agar hasilnya bisa maksimal :)
BalasHapusmembagi waktu memang sangat penting sekali..
BalasHapusI was excited to find this website. I need to to thank you for your time for this fantastic read!!
BalasHapusI definitely loved every little bit of it and I have you bookmarked to look at new stuff in your site.
please visit our website
http://www.vilaistanabunga.web.id
Terimakasih atas sajian informasi nya, sangat bermanfaat. Salam Sehat :)
BalasHapussaya termasuk orang yang malas membagi waktu :D
BalasHapusTerimakasih atas sajian informasi nya, semoga bermanfaat :)
BalasHapusTerima kasih atas infonya ...
BalasHapusSalam kenal ...
jangan lupa kunjungin balik ya ...
salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit
BalasHapussangat bagus dan menarik sekali gan.
BalasHapussangat bagus gan informasinya.
BalasHapusgood luck.
senang bisa berkunjung ke website agan ini.
BalasHapuskunjungan sore yang sangat menarik.
BalasHapusupdate terus yah,
waaah keren nih informasinya gan.
BalasHapusthank you.
thank's yah..
BalasHapussemoga bermanfaat artikelnya gan.
BalasHapusmenarik sekali informasinya gan.
BalasHapusthank's yah.
sangat bagus gan.
BalasHapusinformasi yang sangat bermanfaat.
bagus dan menarik gan informasi yang di posting gan.
BalasHapusmantab artikelnya gan..
BalasHapussemoga bermanfaat yah gan.
selamat malam gan..
BalasHapusartikel yang bagus.
sangat bagus sekali informasinya gan.
BalasHapusgood luck.
sangat bagus dan menarik artikel yang agan posting ini.
BalasHapussukses selalu yah tuk informasinya gan.
BalasHapuspostingan yang sangat membantu gan.
BalasHapusmakasih gan tipsnya :D
BalasHapustips-tips yang sangat bagus untuk membagi waktu
BalasHapusmakasih gan tipsnya, ane emang boros banget sama waktu hehehe
BalasHapusBagus sekali infonya
BalasHapusterimaksih infonya gan
BalasHapusmebel jepara murah
kursi tamu mewah
mebel jepara
makasih atas share ilmunya. smeoga dpt berjumpa lagi.
BalasHapusToko Mebel
Mebel Jepara
Furniture Jati
maksih infonya.. salam
BalasHapusLirik Lagu
Kunci Gitar
samal berita tekno
BalasHapusInformasi yang sangat bermanfaat memberikan pengetahuan baru. Terima kasih
BalasHapushttp://fs88bet.asia Merupakan Agen Bola Terpercaya yang telah lama beroperasi untuk memanjakan para pecinta judi bola di Indonesia yang ingin bermain taruhan judi bola, prediksi bola, jadwal bola, skor pertandingan, cuplikan gol, berita bola,preview pertandingan, wags, bursa taruhan, pasti, menang, jitu, akurat.
BalasHapusPrediksi Bola
Bursa Taruhan
Judi Online
Taruhan Bola
Agen Casino
Bandar Bola
RAJACASINO88 – SITUS LIVE CASINO YANG TERPERCAYA DI SELURUH INDONESIA
BalasHapusAyo,Bermain live Casino Online Dengan Uang Asli,Minimal Deposit Hanya 25rb Dan Withdraw 50rb & Nikmati Promonya.
Untuk Info Lebih Lengkap Silakan Hubungi Kami Di:
Pin BB : 2BE2B771
Ym : rajakasino88@yahoo.com
KUNJUNGI WEBSITE KAMI DI www.rajacasino88.com
makasih banyak ats informasinya
BalasHapusbagus sekali tips nya
BalasHapusTerima kasih sudah berbagi info mengenai tips manajemen membagi waktu efektif
BalasHapusSungguh artikel yang sang menginspirasi saya
BalasHapusgood post
BalasHapusObat Herbal Kaki Gajah
makasih banyak informasinya
BalasHapusartikel nya sangat bagus sekali.
BalasHapuskapan gan bikin artikel baru lagi?
BalasHapusgunakanlah waktu sebaik mungkin. karena waktu yang hilang gk mungkin kembali lagi
BalasHapussalam sukses ya gan.
BalasHapusSemga informasinya bisa bermanfaat ya gan. . terimakasih
BalasHapusinfo sangat bagus ne, wajib save
BalasHapusMakasih gan atas informasinya. . salam sehat dan semoga membantu
BalasHapusMakasih gan atas informasinya. . salam sehat dan semoga membantu
BalasHapusatas infonya gan
BalasHapus