23 Januari 2014
143 comments

Tips Manajemen Membagi Waktu Efektif Menuju Sukses

Kamis, Januari 23, 2014
Tips Manajemen Membagi Waktu Efektif Menuju Sukses - Manajeman waktu berkorelasi dengan sukses. Orang yang bisa mengatur waktu biasanya sukses dalam bekerja atau berbisnis. Terlalu sering menganggap remeh suatu persoalan atau menunda-nunda suatu pekerjaan awal terhambatnya kesuksesan.

Tips Manajemen Membagi Waktu Efektif Menuju Sukses


Pekerjaan yang dikerjakanpun hasilnya jadi tidak maksimal atau tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, karena dikerjakan dengan buru-buru, manajemen waktu sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki mobilitas pekerjaan yang tinggi.

Agar bisa mengatur waktu dengan baik, tidak ada salahnya Anda perhatikan tips berikut ini sebagaimana dikutip dari womens lifestyle, book inspiration (Dave Kahle).
  1. Atur jadwal kerja.
  2. Ini untuk mengingatkan kita akan semua aktivitas yang akan kita kerjakan. Dengan adanya daftar kita akan tahu kapan batas waktunya (deadline).

  3. Deadline kerap membuat orang menjadi tegang dan stress.
  4. Usahakan agar mengerjakan pekerjaan dengan tenang dan focus, sehingga hasilnyapun bagus.

  5. Sediakan waktu ekstra sekitar 30 menit dalam mengerjakan pekerjaan kantor.
  6. Jika ini yang anda lekukan, maka anda akan menjadi lebih maju.

  7. Sisihkan waktu untuk tubuh Anda agar tetap sehat dan bugar.
  8. Kondisi tubuh yang sehat sangat baik dalam menjalankan aktivitas yang padat.

  9. Luangkan waktu 30 menit sesibuk apapun Anda bekerja dikantor untuk meningkatkan diri dirumah, misalnya belajar.
  10. Hal ini bagus untuk menambah wawasan diluar materi pekerjaan.

  11. Tulis lima ide yang berhubungan dengan pekerjaan Anda setiap hari.
  12. Dengan membiasakan diri menggunakan imajinasi kreatif berarti kesuksesan sudah ada di depan mata.

  13. Buat analisis diri dan prestasi apa yang sudah tercapai.
  14. Dengan begitu Anda tahu berapa persen misi yang telah anda capai.
original source: ukafahrurosid.com

Tambahan :
1. Menguasai daftar hal-hal yang harus anda lakukan (to-do lists)

To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan anda saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, anda harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana anda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.

Anda tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas anda. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.

2. Buat rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)
Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga anda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu anda bisa sedikit lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.

3. Belajarlah untuk mengatur prioritas anda

Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.

4. Kunci manajemen waktu yang sukses adalah delegasi


Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka. Ini adalah satu-satunya cara dimana anda dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi anda. Pada saat yang sama, apa yang anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang anda perlukan untuk mengulang pekerjaan anda akan lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang anda perlukan untuk mengerjakan pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan.

5. Jangan takut untuk mengatakan ‘TIDAK’

Anda harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan menolak tugas-tugas yang tidak dapat anda lakukan. Jika anda kehabisan waktu dan merasa stres, maka lebih baik untuk menolak undangan pergi makan siang atau makan malam keluarga. Anda harus menyadari bahwa anda tidak dalam kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejap. Anda harus belajar untuk memilih tugas yang anda benar-benar ingin lakukan atau yang perlu diselesaikan.

6. Membagi tugas yang panjang dalam kegiatan yang lebih kecil

Teknik lain yang akan membantu anda dalam manajemen waktu adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya anda tidak ingin melakukannya atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Ini akan mengelola baik stres maupun waktu anda. Anda misalnya, dapat meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk bekerja pada tugas yang tidak menyenangkan atau panjang. Dengan menggunakan pendekatan ini, secara bertahap anda akan memiliki beberapa kemajuan, anda akan merasa lebih baik dan pada akhirnya anda akan dapat menyelesaikan aktifitas dengan cepat daripada terus menerus menunda hal tersebut.

7. Perfeksionisme membutuhkan waktu

Anda harus mencoba menghindari kesempurnaan. Berkutat tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan untuk hal-hal sepele adalah buang-buang waktu dan tidak akan memberikan anda cukup waktu untuk menangani tugas-tugas yang lebih berguna dan mungkin lebih menyenangkan.

8. Kenali waktu dimana anda lebih produktif

Adalah normal bahwa kinerja Anda tidak sama sepanjang waktu. Ada saat-saat dimana anda lebih produktif sementara di saat lain produktivitas anda menurun karena berbagai alasan. Fase ini dapat terjadi pada hari yang sama. Dengan asumsi bahwa anda bekerja 8 jam sehari, ini memberi anda sekitar 1.800 jam kerja per tahun. Temukan periode waktu dimana anda lebih produktif dan di saat tersebut cobalah untuk menangani tugas yang paling sulit.

9. Cobalah untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti


Anda perlu belajar untuk mengatasi setiap tugas dan masalah ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu, karena di bawah tekanan waktu anda lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah.

10. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian anda


Selama jam kerja, cobalah untuk menemukan saat-saat di mana tidak ada yang bisa mengganggu anda melakukan aktivitas. Jika anda memiliki kebijakan pintu terbuka, anda mungkin harus menutupnya sesekali. Jika seseorang datang ke kantor anda ketika anda memiliki tugas yang harus diselesaikan, tolaklah secara lembut permintaannya dan jadwalkan waktu lain untuk bertemu dengan mereka.

12. Jangan lupa diri anda sendiri

Ketika anda membuat rencana, jangan lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat untuk anda sendiri. Selama waktu ini, pastikan bahwa anda benar-benar berhenti dari pekerjaan anda, santailah dan isi ulang baterai anda. Jika diperlukan cobalah untuk tidur selama setengah jam dan selama waktu itu lakukan sesuatu yang anda sukai dan membuat anda tenang. Setengah jam memang tidak membuat perbedaan dalam tidur anda, tetapi dapat memberikan kepuasan dan mempersiapkan anda lebih baik di hari berikutnya. Beri penghargaan untuk diri anda sendiri ketika anda berhasil menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan.

12. Menganalisa dimana anda menghabiskan waktu anda

Untuk dapat mengoptimalkan waktu anda lebih baik, anda harus terlebih dahulu memahami di mana anda menghabiskan waktu anda. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan log (catatan rekaman) untuk merekam aktivitas anda. Anda harus melakukan itu selama 2-3 minggu. Dalam log, anda harus mencatat semua yang anda lakukan per jam ketika anda terjaga, berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk setiap tugas, aktivitas, pertemuan dan berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk istirahat dan tidur. Setelah anda memiliki informasi ini di log, anda dapat mulai menganalisa di mana anda menghabiskan waktu anda dan buatlah perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan waktu anda. Anda harus fokus pada kegiatan yang paling penting untuk diselesaikan. Hindari kegiatan atau tugas yang tidak memberikan nilai tambah. Sebagai contoh, setelah dilihat pada log anda, anda melakukan pengecekan email sebanyak 10 kali dalam sehari; anda harus meminimalkan menjadi hanya beberapa kali per hari.

13. Selalu rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga

Masukkan dalam rencana anda waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana anda secara teratur dan alokasikan waktu untuk kegiatan tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu anda misalnya masalah dengan PC anda, dan miliki solusi alternatif yang untuk mengatasinya.

Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang memerlukan waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya! Pada akhirnya, manajemen waktu akan memberi anda waktu tambahan yang anda butuhkan untuk dapat menikmati apa yang paling penting bagi anda dan mengubah hidup anda menjadi lebih baik.
by : akuinginsukses.com

143 comments:

  1. Makasih gan atas info nya :)
    Semoga Bermanfaat bagi saya :)
    Kunjungi balik gan di blogger saya. thanks.
    Dunarpan ~ Dunia Artikel Kehidupan ~ || ~> Seputar Informasi Kuliah 2014

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel nya sangat bagus sekali.

      Hapus
    2. kapan gan bikin artikel baru lagi?

      Hapus
    3. gunakanlah waktu sebaik mungkin. karena waktu yang hilang gk mungkin kembali lagi

      Hapus
  2. Mantap nih artikel nya...
    terimakasih banyak.

    BalasHapus
  3. Membagi waktu memang salah satu cara kita untuk sukses supaya waktu kita tidak terbuang sia-sia.

    BalasHapus
  4. Artikel yang bagus...
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  5. Selamat siang ...:)
    ikut menyimak informasninya lagi ya, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. Informasi yang sangat bermanfaat :)
    http://goo.gl/kPQaoD
    http://goo.gl/Mb1qUy

    BalasHapus
  7. terimakasih banyak atas informasinya
    sagat bermanfaat sekali
    saya tunggu informasi selanjutnya
    semoga sukses

    BalasHapus
  8. segala hal kalau diatur secara rapi dan tertata baik pasti hasilnya bagus..:)

    BalasHapus
  9. ijin menyimak ternyata bermanfaaat sekali infonya mkasih

    BalasHapus
  10. menarik ini bisa berguna untuk,,,,,
    bermanfaat untuk perkembangan

    BalasHapus
  11. manajemen waktu emang penting banget,,karena waktu ngga bisa diulang dan kita harus memanfaatkannya seefisien mungkin..
    thanks.:)

    BalasHapus
  12. Sangat akurat sekali menajemen pembagian waktu yang di paparkan diatas tips-tips sangat efektif :)

    BalasHapus
  13. Terimakasih informasinya yang sangat membangun untuk lebih bersemangat memberikan pengetahuan yang sangat kreaktif untuk di contoh. semoga informasi ini semakin maju dan memiliki daya tarik yang besar bagi para pembaca.

    BalasHapus
  14. terimakasih banyak, informasinya bermanfaat. http://goo.gl/Zqcmzn http://goo.gl/w90qIa http://goo.gl/sOO6Wr http://goo.gl/nhA6w5

    BalasHapus
  15. saya setuju,,untuk sukses butuh perencanaan dan pembagian waktu yang tepat..:)

    BalasHapus
  16. waktu memang ibarat pedang,,jika tidak di manaje dengan baik akan terbuang sia-sia

    BalasHapus
  17. siang pak,,semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin,,salam sukses ..

    BalasHapus
  18. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa menjadi manfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  19. Selamat siang semuanya,, Oya tadi saya sudah baca artikenya,, menurut penilaian saya sendiri artikelnya sangat memberikan manfaat yang sangat besar untuk ilmu pengetahuan top bangeet deh mas.. !!

    BalasHapus
  20. Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Alergi => Berikut ini akan kami sajikan informasi pengobatan penting seputar cara cepat menyembuhkan penyakit alergi dengan menkonsumsi obat untuk penyakit alergi jelly gamat gold-g ampuh mengobati penyakit secara aman. informasi selengkap nya silahkan anda kunjungi situs resmi kami atau hubungi kami di CS : 085781540857

    BalasHapus
  21. Terimakasih banyak atas sajian informasi nya sangat membantu " salam sehat "

    BalasHapus
  22. bermanfaat gan infonya dan menambah wawasan saya makasih

    BalasHapus
  23. to do list..ini penting banget..dalam manajemen waktu

    BalasHapus
  24. ini salah satu hal yang lumayan sulit menurut saya, disiplin dan manajemen waktu, saya sulit menerapkannya. semoga saya bisa mulai melatih diri untuk berdisiplin lagi.

    BalasHapus
  25. jadi gtu ya gan .. cara membagi waktu efektifnya menuju ke suksesan .. thanks ya..

    BalasHapus
  26. emmm.... banyak juga ya tipsnya ... thx ya..

    BalasHapus
  27. iiznin nyimak artikel yang lain sobat pak admin..

    BalasHapus
  28. bagi templatenya dunk gan .. kren nieh templatenya...

    BalasHapus
  29. tapi sayang tidak semua orang bisa istiqomah dengan waktu yang telah di jadwalkan sendiri (lalai dan malas)

    BalasHapus
  30. tapi tidak semua yang kita jadwalkan harus kita selesaikan sesuai dengan urutan waktunya, boleh di tunda dan boleh di dahulukan, lihat sikonnya

    BalasHapus
  31. menlist jadwal memang penting, tp aplikasinya tidak harus sesuai list, yang penting dahulukan yang terpenting

    BalasHapus
  32. nice post gan. bagus banget artikelnya,.

    BalasHapus
  33. tulisannya sangat menginspirasi. ijin copas ya gan

    BalasHapus
  34. Hai Selamat Siang... Waah lama nih saya ga mampir ke blogspot ini ternyata infromasinya semakin menarik dan selalu bermanfaat bagi para pembaca nice semoga semakin maju deh..

    BalasHapus
  35. manajaemen waktu emang sangat penting sekali..::)

    BalasHapus
  36. Waktu lebih berharga dari uang, dengan waktu kita bisa gunakan untuk mendapatkan uang tapi dengan uang kita tidak bisa gunakan untuk membeli waktu.

    www.kuatkuat.com

    BalasHapus
  37. Harus mulai dari sekarang untuk mendisiplinkan diri agar pembagian waktu menjadi lebih efektif..

    BalasHapus
  38. membagi waktu itu emang pentng sekali...

    BalasHapus
  39. Terimakasih atas sajian informasi nya sangat bermanfaat salam sehat

    BalasHapus
  40. terimakasih atas sajian informasi nya, sangat membantu dan sangat mendorong agar kita lebih kompetitif lagi dalam menjalankan pekerjaan.

    BalasHapus
  41. Saya termasuk orang yang susah mengatur waktu saya sendiri.... Makasih tipsnya, tentunya ini sangat bermanfaat buat saya dan masa depan saya.

    BalasHapus
  42. mengatur waktu itu sangat penting. apa lagi yang mempunyai kesibukan yang double harus bener-bener bisa mengatur waktu. terimakasih untuk tips nya . bermanfaat banget

    BalasHapus
  43. harus pandai2 mengatur waktu dan selalu disiplin

    BalasHapus
  44. sukses tiu berat sekali tapi kalau dijalani dengan suka hati maka akan terasa menyenangkan

    BalasHapus
  45. Tips yang sangat bermanfaat mas. Akhir-akhir ini saya sering kelabakan dalam membagi waktu antara pekerjaan off maupun online. Alhasil, jam tidur saya yg jadi korban. Tips anda diatas bisa membantu saya dlm mengatur jadwal. Terimakasih !

    BalasHapus
  46. kunjungan siang dengan membaca dan menyimak artikel nya sungguh sangat bermnfaat sekali untuk saya makasih banyak semoga tambah sukses blog nya.

    BalasHapus
  47. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  48. nice info gan, emang managemen waktu sangatlah penting di era globalisasi saat ini

    BalasHapus
  49. bener,,setelah saya bca dengan seksama ini cara hebat yang bisa di praktekan,,
    terima kasih,kalau saya sekarng mulai buat jadwal di sticky notes karena hampir setiap hari sellau bersama laptop..:)

    BalasHapus
  50. boleh di praketkan,,lagnsung gan,,
    thanks ya

    BalasHapus
  51. Bagi saya hal yang paling sulit adalah untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti,,

    BalasHapus
  52. trims infonya sangat penting untuk ngatur waktu bukan waktu yang ngatur kita

    BalasHapus
  53. thx gan..
    sangat brmnfaat infonya..

    BalasHapus
  54. waktu adalah uang maka dari manfaatkan dengan baik

    BalasHapus
  55. oh gitu ternyata membagi waktu dengan cara menghargai waktu

    BalasHapus
  56. wah makasih tips2nya sangat membantu. salam kenal :)

    BalasHapus
  57. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  58. waktu adalah pedang,,
    memang harus pintar2 membagi waktu

    BalasHapus
  59. thanks informasinya, semoga sukses

    BalasHapus
  60. hehehehe... bagus nih ! harus diterapkan

    BalasHapus
  61. Pagi gan, ikut nyimak di blignya ni. Informasinya menarik gan, terimakasih, semoga kita berada dalam kesuksesan & kesehatan.

    BalasHapus
  62. Binggo.. akhirnya dapet yg pas

    BalasHapus
  63. Artikel yang sangat bermanfaat. terima kasih.

    BalasHapus
  64. Nice info guys, this will be useful for us

    BalasHapus
  65. Artikel ini bisa menginspirasi banyak orang

    BalasHapus
  66. Nice, terima kasih atas sarannya. Info dan artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  67. tips2 diatas harus dikerjakan dg disiplin dan rutin agar hasilnya bisa maksimal :)

    BalasHapus
  68. membagi waktu memang sangat penting sekali..

    BalasHapus
  69. I was excited to find this website. I need to to thank you for your time for this fantastic read!!
    I definitely loved every little bit of it and I have you bookmarked to look at new stuff in your site.
    please visit our website
    http://www.vilaistanabunga.web.id

    BalasHapus
  70. Terimakasih atas sajian informasi nya, sangat bermanfaat. Salam Sehat :)

    BalasHapus
  71. saya termasuk orang yang malas membagi waktu :D

    BalasHapus
  72. Terimakasih atas sajian informasi nya, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  73. Terima kasih atas infonya ...
    Salam kenal ...
    jangan lupa kunjungin balik ya ...

    BalasHapus

  74. poker online indonesia
    http://p0keruangasli.blogspot.com/2014/10/12-oktober-2002-indonesia-terhenyak.html
    http://chaniaj.blogspot.com/


    BalasHapus
  75. salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus
  76. sangat bagus dan menarik sekali gan.

    BalasHapus
  77. sangat bagus gan informasinya.
    good luck.

    BalasHapus
  78. senang bisa berkunjung ke website agan ini.

    BalasHapus
  79. kunjungan sore yang sangat menarik.
    update terus yah,

    BalasHapus
  80. waaah keren nih informasinya gan.
    thank you.

    BalasHapus
  81. menarik sekali informasinya gan.
    thank's yah.

    BalasHapus
  82. sangat bagus gan.
    informasi yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  83. bagus dan menarik gan informasi yang di posting gan.

    BalasHapus
  84. mantab artikelnya gan..
    semoga bermanfaat yah gan.

    BalasHapus
  85. selamat malam gan..
    artikel yang bagus.

    BalasHapus
  86. sangat bagus sekali informasinya gan.
    good luck.

    BalasHapus
  87. sangat bagus dan menarik artikel yang agan posting ini.

    BalasHapus
  88. sukses selalu yah tuk informasinya gan.

    BalasHapus
  89. postingan yang sangat membantu gan.

    BalasHapus
  90. tips-tips yang sangat bagus untuk membagi waktu

    BalasHapus
  91. makasih gan tipsnya, ane emang boros banget sama waktu hehehe

    BalasHapus
  92. Informasi yang sangat bermanfaat memberikan pengetahuan baru. Terima kasih

    BalasHapus
  93. http://fs88bet.asia Merupakan Agen Bola Terpercaya yang telah lama beroperasi untuk memanjakan para pecinta judi bola di Indonesia yang ingin bermain taruhan judi bola, prediksi bola, jadwal bola, skor pertandingan, cuplikan gol, berita bola,preview pertandingan, wags, bursa taruhan, pasti, menang, jitu, akurat.

    Prediksi Bola
    Bursa Taruhan
    Judi Online
    Taruhan Bola
    Agen Casino
    Bandar Bola

    BalasHapus
  94. RAJACASINO88 – SITUS LIVE CASINO YANG TERPERCAYA DI SELURUH INDONESIA

    Ayo,Bermain live Casino Online Dengan Uang Asli,Minimal Deposit Hanya 25rb Dan Withdraw 50rb & Nikmati Promonya.

    Untuk Info Lebih Lengkap Silakan Hubungi Kami Di:

    Pin BB : 2BE2B771

    Ym : rajakasino88@yahoo.com

    KUNJUNGI WEBSITE KAMI DI www.rajacasino88.com

    BalasHapus
  95. Terima kasih sudah berbagi info mengenai tips manajemen membagi waktu efektif

    BalasHapus
  96. Sungguh artikel yang sang menginspirasi saya

    BalasHapus
  97. Semga informasinya bisa bermanfaat ya gan. . terimakasih

    BalasHapus
  98. info sangat bagus ne, wajib save

    BalasHapus
  99. Makasih gan atas informasinya. . salam sehat dan semoga membantu

    BalasHapus
  100. Makasih gan atas informasinya. . salam sehat dan semoga membantu

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top