24 Januari 2014
418 comments

Merencanakan Ide Bisnis, Memahami Kesuksesan Bisnis dan Menirunya

Jumat, Januari 24, 2014
Sudahkah anda menemukan ide bisnis yang cocok menurut kempampuan anda? atau saat ini anda masih bingung dengan bisinis yang sedang anda jalankan? tak perlu risau dan galau, berikut ulasan mengenai Merencanakan Ide Bisnis, Memahami Kesuksesan Bisnis dan Menirunya, semoga menjadi tulisan yang layak untuk memotivasi anda.

Merencanakan Ide Bisnis

Menemukan ide bisnis merupakan anugerah yang tidak terhingga, karena dalam realitasnya tidak gampang menemukan ide bisnis. Namun jika ide hanya sebatas bayang-bayang, Anda tetap tidak akan bisa merealisasikannya dalam bisnis yang nyata.

Para wirausahawan top yang kini namanya muncul di berbagai media bisnis, seringkali tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide. Bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau berwirausaha tidak usah membuat rencana macam-macam, nanti malah kandas di tengah jalan.

Mungkin banyak yang membuat rencana macam-macam tapi rencana cuma sebatas rencana, sehingga realisasinya memang nol besar. Kalau ini yang terjadi tentu anggapan di atas menjadi benar. Padahal dalam teorinya, bisnis sekecil apapun tetap memerlukan perencanaan untuk dapat merealisasikan ide bisnis yang lebih matang.

Tujuan membuat rencana bisnis adalah untuk memastikan jalannya operasi bisnis yang tepat dan memberikan dorongan pada rencana-rencana departemen atau divisi. Selain itu juga untuk memutuskan rute yang diperlukan organisasi dalam mencapai tujuannya sekaligus menentukan standar untuk menentukan kinerja bisnis. Yang tidak kalah penting adalah untuk memperoleh dukungan dari konsumen, investor bahkan pihak-pihak lainnya.

Dalam perspektif Philip Kotler, setidaknya ada beberapa prosedur standar untuk dapat merealisasikan ide bisnis yang benar dalam bentuk rencana bisnis untuk merealisasikan bisnis. Yaitu : pembangkitan gagasan, penyaringan, pengembangan dan pengujian konsep, strategi pemasaran, analisa bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar, dan komersialisasi.

Dengan kata lain, rencana bisnis untuk merealisasikan ide memang menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis. Boleh saja ide yang diperoleh sangat brilliant dan luar biasa, tetapi tetap saja harus dikaji dalam berbagai hal, terutama aspek ekonomis, teknis, dan masa depannya.

Aspek Ekonomis.

Aspek ini mencakup analisis pasar, penjualan, biaya produksi, maupun profit margin.Faktor ini sangat penting, karena mempengaruhi tingkat keputusan untuk merealisasikan ide menjadi bisnis yang sesungguhnya. Aspek ini akan mengkaji sejauh mana tingkat keuntungan yang diperoleh, dengan daya serap pasar yang ada dan kemampuan memiliki modal untuk menjalankan operasional bisnis. Meskipun idenya luar biasa, tetapi kalau dalam perhitungannya merugi, ya buat apa ? Karena itu, Anda harus paham betul, bagaimana Anda menghasilkan income, dan berapa biaya yang akan dikeluarkan.

Aspek Teknis.

Aspek ini sangat penting untuk mengukur kemampuan untuk menjalankan bisnis dengan baik. Apakah dengan modal yang ada, sudah mampu memproduksi barang atau jasa yang bisa dijual ? bagaimana dengan kemampuan sumber daya manusianya ? apakah semua kekuatan yang dimiliki mampu memberikan nilai tambah yang lebih baik kepada konsumen dibandingkan dengan usaha-usaha sejenis lainnya ? Suatu rencana bisnis yang baik, akan memberikan peluang yang lebih baik, sekaligus meminimalisasi kemungkinan kegagalan bisnis.

Masa Depan Bisnis.

Aspek ini akan mengkaji lebih komprehensif mengenai masa depan bisnis Anda. Jangan sampai, kita tahu bahwa bisnis yang digeluti adalah bisnis musiman, namun perencanaan yang diterapkan adalah untuk bisnis yang permanen. Ini tentu nantinya akan menganggu aspek teknis. Belum lagi dengan harapan-harapan konsumen yang selalu akan lebih maju dan up to date. Apakah mampu bisnis yang kita jalankan nanti menyerap pasar seperti ini ? Inilah aspek penting yang harus diperhatikan secara seksama dan dituangkan dalam rencana bisnis. (baca juga : Tips Manajemen Membagi Waktu Efektif Menuju Sukses)
Sekali lagi, Anda jangan percaya dengan saran yang berkata “Lupakan rencana bisnis, cukup jalankan saja,” karena Anda bisa kejeblos ke hutan belantara bisnis yang serba tidak pasti. Lebih baik jika Anda menguji kelayakan rencana bisnis Anda kepada orang-orang yang lebih sukses dan lebih berpengalaman dalam bisnis, dan kemudian Anda menjadi sukses. Semoga!
“Kunci penting menuju kesuksesan bisnis adalah dengan memahami kesuksesan bisnis dan menirunya. Tenggelamkan diri Anda dalam buku-buku dan majalah-majalah kewirausahaan serta bisnis. Lihatlah bagaimana para entrepreneur bekerja, perhatikan apa yang mereka katakan, dan tirulah. Tidak ada waktu untuk menemukan kembali roda bisnis”. (Kevin Potts & Steven Straus, konsultan bisnis terkemuka).

original source: www.miswans.com

418 comments:

  1. se;amat pagi,, terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini, smeoga artikel anda semuanya bisa bermanfaat untuk menambah wawasan semua pembaca. dan saya selaku pembaca setia postingan anda ini sangat senang dengan semua artikel dan akan selalu menunggu informais-informasi yang lainnya . sekali lagi saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
  2. Selamat Pagi !!
    bismillah,,, semoga hari ini lancar . amiin. jangan lupa, cuma mau ngingetin para kaum adam untuk menunaikan solat jum'at nanti siang. Yang lg kerja, tinggaln dulu, ibadah-ibadah hehe. nanti, kalu udah solat jum'at baru cari rahmat allah sebanyak-banyaknya. Terimakasih. semangat aje deh gan buat posting yang lebih bermanfaat .

    BalasHapus
  3. infonya siiipplah Gan...........!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  4. Ohh gitu ya.. tapi yang saat ini saya jalanin ngga pake analisa :D yang penting jalan aja kayak air mengalir

    BalasHapus
  5. tulisannya menarik sekali, terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
  6. senangnya baca informasi ini, sangat bermanfaat. Ijin share link-nya yah gan :)

    BalasHapus
  7. semangat aje deh gan buat posting yang lebih bermanfaat .

    BalasHapus
  8. perencanaan ide seperti ini memang sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  9. biasanya akan terpikir sambil bekerja

    BalasHapus
  10. terima kasih banyak karena telah menyajikan berbagai informasi yang sangat menarik..

    BalasHapus
  11. dengan membaca kita bisa belajar dan mengetahui hal-hal baru yang terjadi ..
    terimkasih atas artikelnya kawan :)

    BalasHapus
  12. Selamat siang :)
    terimakasih untuk infromasi yang sangat bermanfaat ini, saya kagum sekali dengan agan bisa membuat artikel sebagus ini. saya bisa gak yah ngalahin agan,, hehe
    pokoknya terimakasih banyak deh infromasi ini bermanfaat banget buat saya. saya tunggu informasi informasi yang lainnya.

    BalasHapus
  13. website yg super keren nih,info-info yg dihadirkan sarat mengandung makna,terima kasih ya gan..! semoga terus updated postingannya,salam kenal dan sukses selalu..

    BalasHapus
  14. senang sekali bisa berjumpa dengan anda. sambil beraktivitas belajar dan mencari ilmu disini. Kapan ya beritanya di update lagi. Kita sangat menunggu. .

    BalasHapus
  15. semoga informasinya dapat di serap bagi saya yang membaca artikel ini.

    BalasHapus
  16. membuat rencana bisnis juga perlu realisasi atau mencoba melaksanakannya, setelah kita melaksanakannya maka kita akan tau hasilnya. kalo masalah rugi memang sudah resiko dari bisnis tersebut jika tidak untung ya rugi.

    BalasHapus
  17. Itu adalah sebuah usaha dan jangan lupa harus di sertai berdo'a,
    Nice posts,,,

    BalasHapus
  18. Pas sekali, pagi-pagi bener browsing di internet buat ncari info tentang Bisnis Ehh,,,, ternyata ketemu sama situs ini. mantap Gan artikelnya membuat inspiratip buat usahan Ane dan juga kawan-kawan. sukses terus and tak tunggu artike lanjutnya !!!!

    BalasHapus
  19. Posting yang sangat bagus, semangat!

    BalasHapus
  20. Selamat pagi..
    Hari senin yang cerah yah, alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya bisa kembali berkomentar setelah satu hari libur dan meninggalkan pekerjaan sebagai komentator yang baik... hihihi
    bukan komentar namanya kalo tidak ada kata basa basi terlebih dahulu, hahaha
    o ya terimakasih untuk agan yang udah ngasih infromasi sebagus ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan semua pembaca khususnya saya sendiri.. biasanya sih saya males banget baca artikel artikel yang panjang gak ada ujungnya, tapi saya liat artikel agan ini mulai dari judul saja sudah menarik jadi mau gak mau deh saya harus baca artikel ini,dan ternyata gak percuma saya baca artikel ini sampai habis isinya menarik dan bahasa yang digunakan juga mudah di cerna.
    Sekali lagi makasih ya, Sukses selalu buat agan dan saya ;)

    BalasHapus
  21. Apa kabar hari ini?? Semoga hari ini semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat.. amiin.. Dan mudah-mudahan agan yang punya blog ini juga diberi kesehatan supaya bisa terus ngposting dan memberikan informasi untuk pengunjungnya... Terimakasih dan salam semangat !! :)

    BalasHapus
  22. thanx ya bwt infonya........

    BalasHapus
  23. Trims gan atas infonya ... moga bermanfaat

    BalasHapus
  24. Sukses, semangat posting infomasi terus biar tambah rame..:)

    BalasHapus
  25. ia gan sangat memberi manfaat sekali terimakasih banyak atas share informasinya salam :)

    BalasHapus

  26. obat tradisional yang ampuh dan tanpa operasi,
    informasi lengkap kujungi tautan berikut ini http://goo.gl/e2C6I1

    BalasHapus
  27. Terimakasih untuk artikel yang anda tulis, sangat membantu saya.

    BalasHapus
  28. ide yang patut untuk diperhitungkan.. :)

    BalasHapus
  29. terima kasih, informasinya sangat berguna. Senang deh berkunjung ke website ini, semoga terus ditambah artikelnya. dengan lebih menarik lagi ...

    BalasHapus
  30. terima kasih atas informasinya sangat membantu saya sekali

    BalasHapus
  31. salam kenal sob ijin baca artikelnya makasih

    BalasHapus
  32. Selamat pagi,,
    terimakasih untuk infromasi yang anda berikan ini semoga dengan adanya infromasi ini bisa membantu semua pembaca dan menambah wawawan maupun ilmu pengetahuian. meskipun sedikit setidaknya ini ilmu.
    Saya tunggu postingan-postingan sekanjutnya.
    Thanks :)

    BalasHapus
  33. Terimakasih apa yang telah disampaikannya, semoga bermanfaat bagi kami dan terus posting yah gan supaya kami bisa terus melihat postingan agan yang terbaru.. Semoga sukses !!

    BalasHapus
  34. posting yang seruu gan..... mantabbbb

    BalasHapus
  35. artikel yg menarik untuk dibaca,makasih ka" telah berbagi, posting lagih yah aneu tunggu :)

    BalasHapus
  36. website yang banyak bermanfaat bagi para komunitasnya, tetap berkarya dan sukses dan teruta sehat selalu :)

    BalasHapus
  37. terimakasih atsa informasinya, sangat bermanfaat sekali , semoga sukses, berkunjunglah kembali, terimakasih

    BalasHapus
  38. artikel sangat bermanfaat

    BalasHapus
  39. Selamat pagi
    terimakasih untuk infrormasi yang anda berikan ini, smeoga dengan adanya infromasi yang anda berikan bisa menjadi sarana para pembaca menemukan ilmu pengetahuan lain yang tidak kalah pentingnya untuk proses pembelajaran hidup. Semoga anda selalu dalam limpahan tuhan YME, dan setiap artikel yang anda buat bisa bermanfaat.

    Terimakasih,sukses selalu untuk anda

    BalasHapus
  40. Terimakasih atas informasi yang telah disampaikan, semoga apa yang dilakukan selalu menjadi berkah. Semangat pasti bisa !!

    BalasHapus
  41. Terimakasih banyak atas segala informasi yang telah anda berikan, sehingga saya bisa jauh lebih mengerti dan memahami artikel yang berkualitas ini.

    BalasHapus
  42. salam kenal . . .
    mampir di http://seo-paper.blogspot.com/2014/01/hosting-murah-berkualitas-shehostercom.html

    BalasHapus
  43. selamat siang gan, artikelnya menarik untuk dibaca. sukses lah buat yang punya ini blog. :)

    BalasHapus
  44. terimakasih banyak atas informasinya
    sagat bermanfaat sekali
    saya tunggu informasi selanjutnya
    semoga sukses

    BalasHapus
  45. terimakasih untuk infromasi yang anda berikan ini semoga dengan adanya infromasi ini bisa membantu semua pembaca dan menambah wawawan maupun ilmu pengetahuian. meskipun sedikit setidaknya ini ilmu.
    Saya tunggu postingan-postingan sekanjutnya.
    Thanks :)

    BalasHapus
  46. terimakasih apa yang telah disampaikannya, semoga bermanfaat bagi kami dan terus posting yah gan supaya kami bisa terus melihat postingan agan yang terbaru.. Semoga sukses !!

    BalasHapus
  47. Selamat siang,,
    terimakasih untuk infromasi yang sangat bermanfaat ini,semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu saya menemukan infromasi yang tepat untuk saya baca. Saya tunggu lagi informasi yang lain

    BalasHapus
  48. banyak site yang menyajikan berbagai informasi yang akurat dan menarik, tapi untuk yanggsatu ini ane rasa lebih kreatif dan informatif gan.. terimakasih

    BalasHapus
  49. situs ini emang bagus banget, wajar aja kalou pengunjungnya banyak ..

    BalasHapus
  50. Kreatifitasmu sangat ku hargai, teruskan saja. ku tunggu yang lebih menarik, saya kasih nilai blogmu 7.

    BalasHapus
  51. Manfaat yang aku dapetin dari artikel ini banyak sekali terimakasih banyak atas informasinya semoga semakin bekualitas.

    BalasHapus
  52. Luar biasa artikelnya sob. Makasih banget udah berbagi :)

    BalasHapus
  53. Selamat pagi, terimakasih atas postingan artikel yang sangat bermanfaat ini, awalnya sih saya bingung ko bisa yah orang bikin artikel sebagus ini rasanya gak percya tapi setelh saya simak baik isi artikel ini ternyata ini benar-benar artikel terbaik yang pernah saya lihat. Semoga sukses selalu
    saya tunggu artikel-artikel yang lainnnya

    BalasHapus
  54. selamat sore, kunjungan perdana nih..
    salam kenal dan semoga sukses selalu..

    BalasHapus
  55. banyak hal positif yang dapat saya ambil dari artikel ini terimakasih untuk infonya dan ane tunggu artikel selanjutnya yah gan :)

    BalasHapus
  56. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    BalasHapus
  57. ikut nyimak info yang ini gan, informasi yang tersaji sangat baik dan dapat menambah wawasan bagi saya sebagi pembaca. Saya tunggu Infomasi terbarunya gan..

    BalasHapus
  58. Hallo shabat online semua, apa kabar? semoga sehat selalu.
    saya baru saja membaca postingan diblog ini, dan isi nya wooow... semoga barokah aja deh buat saya sebagai pembaca dan pengunjug lainnya. terimakasih salam semangat !! :)

    BalasHapus
  59. Semua butuh perencanaan yang sangat matang sekali

    BalasHapus
  60. Artikel ini sangat menarik dan bermanfaat buat saya, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan semua pembaca. dan bagi saya ini merupakan sebuah artikel yang paling bagus yang pernah saya baca.
    terimakasih dan sukses selalu untuk anda.

    BalasHapus
  61. Artikel ini sangat menarik dan bermanfaat buat saya, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan semua pembaca. dan bagi saya ini merupakan sebuah artikel yang paling bagus yang pernah saya baca.
    terimakasih dan sukses selalu untuk anda.

    BalasHapus
  62. Atas informasinya saya ucapkan terimakasih, semoga apa yang ditulis bisa bermanfaat untuk pembaca umumnya.. Ditunggu postingan terbaru yang lebih bermanfaat dan lebih bagus dari pada postingan yang ini. Terimakasih salam Sukses Semangat !!

    BalasHapus
  63. Terimakasih untuk informasinya gan??

    BalasHapus
  64. gak ingin berkomentar cuma mau bilang semoga lancar terus memberikan informasi yang berkualitasnya.

    BalasHapus
  65. terima kasih atas informasi yang sudah disampaikan semoga bermanfaat bagi semuanya ..

    BalasHapus
  66. Selamat malam..
    terimakasih gan ats informasi yang agan berikan ini, semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca. Saya Tunggu informasi-informasi yang lain

    BalasHapus
  67. Lengkap sekali ulasannya, terima kasih, bisa untuk referensi bacaan

    BalasHapus
  68. Selamat pagi !! terimakasih atas penyampaiannya, sangat luar bisasa... Posting terus, semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  69. Terimakasih banyak atas informasinya

    BalasHapus
  70. mantap gan,, tips yang menarik buat mereka yang ingin memulai sebuah bisnis

    BalasHapus
  71. kerennn infonya gan memang perlu perencanaan yang matang
    thanks

    BalasHapus
  72. terima kasih atas informasinya, ijin nyimak saja..

    BalasHapus
  73. situs Anda memberikan berbagai pengetahuan yang layak untuk di baca, info terbarunya mohon di update

    BalasHapus
  74. terimakasih atas info yang sangat membantu dan banyak idea ini
    semoga sukses selalu

    BalasHapus
  75. terimakasih banyak atas informasinya
    sagat bermanfaat sekali
    saya tunggu informasi selanjutnya
    semoga sukses

    BalasHapus
  76. saya selalu berkunjung setiap harinya kesini,,,, ditunggu terus informasi selanjutnya. :)

    BalasHapus
  77. Terimakasih infonya, salam kenal gan...

    BalasHapus
  78. Suatu insfirasi bagi saya dalam berbisnis setelah membaca artikel ini. terima kasih mas, lanjutkan kretifitasnya dan jangan lupa tuangkan dalam blog ini.

    BalasHapus
  79. Selamat pagi,, terimakasih untuk informasi yang anda sajikan ini. smeoga dengan adanya informais ini bisa menambahkan wawasan maupun ilmu pengetahuan semua pambaca tidak terkecuali, karena infromasi ini sangat sayang sekali jika tidak di baca dan di simak dengan baik.
    Pokoke Top banget lah artikelnya :)

    BalasHapus
  80. artikel buat memulai bisnsi semua disini,,thanks yaaa

    BalasHapus
  81. Apakabar Februari ?? alhamdulillah kita masih diberikan umur serta kesehatan yang harus selalu disyukuri. Semoga semuanya bsia menjadi pribadi yang baik dan semoga sukses dan barokah bagi orang yang selalu ikhlas dalam memberikan sesuatu yang bermanfaat. Terimakasih selalu ditunggu informasi berikutnya, semangaat ! :)

    BalasHapus
  82. Salam Kenal :) Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat terimakasiha atas informasinya sangat memuaskan membuat saya terus bersemangat.

    BalasHapus
  83. postingan di webnya sangat mengagumkan trimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  84. selamat siang :)
    semangat yaaa ...
    yang baca komenan ini akan semangat menjalani hari harinya :D

    BalasHapus
  85. selamat siang gan, ikut baca ya untuk informasinya

    BalasHapus
  86. trimakasih atas infonya
    salam kenal:)

    BalasHapus
  87. Terimaksih ya untuk informasinya...semoga formasi berikutnya lebih menarika lagi..

    BalasHapus
  88. terimakasih gan ats informasi yang agan berikan ini, semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca. Saya Tunggu informasi-informasi yang lain

    BalasHapus
  89. mantap, artikel yang menarik, tetap semangat bikin artikel artikel menarik ya !

    BalasHapus
  90. yup betul kita harus tetap update diri dan berjalan secara teratur

    BalasHapus
  91. Terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini,semoga infromasi ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca maupaun yang menyampaikan infromasi ini. selain informasi yang di berikan ini sangat bagus artikel ini juga sangat rapih sehingga memudahkan pembaca untuk membaca artikel ini tanpa berbelit belit.
    Saya tunggu infromasi-infromasi berikutnya

    BalasHapus
  92. info yang sangat bermanfaa sekali, thanks infonya, salam kenal dari cream pemutih wajah

    BalasHapus
  93. keren banget artikelnya gan , thanks udah di share ya ..

    BalasHapus
  94. Terimakasih apa yang telah disampaikannya, semoga bermanfaat bagi semua pembaca dan pengunjung tentunya. Ditunggu terus postingan selanjutnya dan semoga semakin sukses, dan selalu diberikan kesehatn. Selamat siang dan Salam Semangat ! :)

    BalasHapus
  95. Apakabar hari ini guys semoga selalu sehat dan selalu semangat menjalankan aktivitas keseharinya dan terimakasih atas artikel yang beisi manfaat semua untuk penambahan ilmu bagi saya dan para pembaca sangat menarik tidak membosankan.

    BalasHapus
  96. manfaat dari artikel ini sungguh luar biasa sekali.. terimakasih atas penerangan dan informasinya

    BalasHapus
  97. informasinya bagus bagus semoga kedepannya lebih baik lagi...

    BalasHapus
  98. Terimakasihuntuk ifnromasi yang sangat menarik ini,semoga dengan adanya infromasi ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk semua pembaca dimanapun anda berada. Saya salut dengan agan yang udah ngasih informasi sebagus ini,semoga makin maju dan sukses selalu dalam berbagai hal
    saya tunggu informasi-infromasi berikutnya

    BalasHapus
  99. terimkasih infonya, sangat bagus sekali, mudah di mengerti dan tetap selalu menjadi web yang bagus .. sukses yaaa :)

    BalasHapus
  100. terima kasih telah berbagi..
    mudah2n jadi berkah dan manfaat gan..

    BalasHapus
  101. Keren artikelnya bank.. sangat menginspirasi. http://mainan-anak.net/

    BalasHapus
  102. Makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali....

    http://goo.gl/558ABP

    BalasHapus
  103. informasinya begitu bagus,,, terimkasig tampilan informasinya Gan,,..

    BalasHapus
  104. Terimaksih untuk iformasi yangs angat bermanfaat ini, semoga dengan adanya artiekl ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi smeua pembacanya. Saya selaku pembaca setia artikel ini mengucapkan banyak-banyak terimakasih yang sebesar-besarnya.
    Saya tunggu informasi informasi berikutnya
    sukses selalu
    salam persahabatan :)

    BalasHapus
  105. Kunjungan di pagi hari yang amat menyenangkan dengan suguhan artikel cukup menarik....

    BalasHapus
  106. website ini penuh dengan informasi yang bermanfaat .. thank

    BalasHapus
  107. iya sangat memotivasi pak,,
    terima kasih :)

    BalasHapus
  108. Top mnformasinya... ditunggu informasi barunya lagi Gan...

    BalasHapus
  109. Dulu pertama kali buka usaha bisa dibilang dengan rencana sangat minim. Wktu itu lebih berbekal pada keyakinan karena usaha yang saya jalankan adalah hasil ide karena saya sendiri juga butuh barang yang saya jual sekarang. Sampai sekarang sudah berkembang dan sudah merambah ke usaha yang lain

    BalasHapus
  110. banyak belajar tori , kemudian praktek dan perbnyk sabar. makasih infonya admin

    BalasHapus
  111. Bismilahirohmanirrohim,, ada baiknya sebelum memulai segala sesuatu kita awali dengan doa.
    Hallo selamat pagi !! hehe aku mampir lagi nih di blognya agan gak pernah absen. selalu hadir mengunjungi web ini, untuk membca inforamsi informasi terbaru..

    BalasHapus
  112. Terimakasih untuk infromasi yang sangat bermanfaat ini, semoga dengan adnaya informais ini bisa membantu semua pembaca dalam menambah informasi atau wawasan.
    sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan sukses selalu untuk anda

    BalasHapus
  113. Terimakasih untuk infromasi yang sangat bermanfaat ini, semoga dengan adnaya informais ini bisa membantu semua pembaca dalam menambah informasi atau wawasan.
    sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan sukses selalu untuk anda

    BalasHapus
  114. Terimakasih informasinya yang sangat membangun untuk lebih bersemangat memberikan pengetahuan yang sangat kreaktif untuk di contoh. semoga informasi ini semakin maju dan memiliki daya tarik yang besar bagi para pembaca.

    BalasHapus
  115. infonya sangat menarik untuk di simak, di tunggu informasi terbaru Gan....

    BalasHapus
  116. terima kasih, informasinya sangat berguna. Senang deh berkunjung ke website ini, semoga terus ditambah artikelnya.

    BalasHapus
  117. terima kasih, informasinya sangat berguna. Senang deh berkunjung ke website ini, semoga terus ditambah artikelnya.

    BalasHapus
  118. informasi yang sangat berguna sekali khususnya bagi saya sebagai pembaca
    terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  119. artikel yg memuaskan, terimakasih atas postingannya. posting lebih banyak lagi di tunggu

    BalasHapus
  120. maanfaat dari artikel ini sungguh luar biasa sekali.. terimakasih atas penerangan dan informasinya

    BalasHapus
  121. mantap artikelnya semoga sukses slalu


    Belajar SEO Blog, Pendidikan, Teknologi, Komputer, Elektronika, Otomotif, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense, Adwords, Anroid
    http://thazbhy.blogspot.com/

    Free download game, game pc, game terbaru, ps 2014,
    http://technogamecyber.blogspot.com/

    BalasHapus
  122. NICE INFO BRO,,IJIN KOMEN,,,SEKALIAN JALAN2


    download game PC single link langsung download tanpa part2 an
    ngunduh-game.blogspot.com
    Cerita Tentang Game



    BalasHapus
  123. harus ada rencana,, karena tanpa rencana semua akan nihil..

    BalasHapus
  124. terima kasih informasinya, semoga sukses selalu.
    Dengan keyakinan success is my right! Sukses adalah hak saya dan setiap orang, maka usir semua sikap ragu-ragu dan takut gagal. Yakini bahwa kita dilahirkan untuk sukses ! Dan sukses adalah hak kita semua.

    BalasHapus
  125. semua artikel yang terdapat di web ini sangat bagus sekali.
    sukses selalu dengan webnya ya pa admin.

    BalasHapus
  126. Setelah saya simak artikel di atas sangat memberikan informasi yang luarbiasa & menambah wawasan kepada saya. Terimakasih gan, semoga berada dalam kesuksesan terus.

    BalasHapus
  127. teriamakasih info yang di tersedia sangat menarik sekali.
    Terus lanjutkan berbagi infonya .

    BalasHapus
  128. terima kasih atas kesediaan untuk berbagi infonya.

    BalasHapus
  129. Terimakasih untuk infromasi yang sangat bermanfaat ini, semoga dengan adanya infromasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan semua. Terimakasih dan sukses selalu

    BalasHapus
  130. sangat menarik sekali. merencanakan ide bisnis dengan sangat matang dan memperhatikan 3 aspek penting yang menunjang berjalannya bisnis.

    BalasHapus
  131. terimakasih informasi nya yang telah agan berikan kepada kami, informasi agan sunggu sangt menarik sekali, posting terus yah :)

    BalasHapus
  132. wihhh sajian informasinya bagus gan terimakasih untuk informasinya ya,, Gann...

    BalasHapus
  133. artikel yg menarik nih, dan saya menyukainya dan juga salam kenal dari kami dan makasi atas artikelnya yg bagus ini, hehe

    BalasHapus
  134. sungguh bermanfaat sekali infonya makasih

    BalasHapus
  135. artikel yang menarik dan bermanfaat...terima kasih gan atas informasinya membantu saya dalam merancang bisnis yang pas.. :)

    BalasHapus
  136. Selamat pagi menjelang siang...
    Wah wah wah blognya bagus banget, thanks ya gan udah ngasih informasi sebagus ini, semoga informasi ini bisa memberikan wawasan yang lebih kepada semua pembaca khususnya saya sendiri. jujur deh artikel ini bagu banget
    terimakasih terimakasih terimakasih :)

    BalasHapus
  137. trimakasih untuk informasinya baik untuk di simak dan
    bermanfaat untuk semua khusus nya nmenjadi motivasi untuk ane ..

    BalasHapus
  138. terimakasih atas informasinya .... menarik sekali pembahasannya ,
    ditunggu kembali artikel terbarunya

    BalasHapus
  139. rencanakan dari awal semua akan berakhir dengan baik :)

    BalasHapus
  140. Selamat siang,,, artikel yang sangat bagus gan. Semoga artikel ini semakin bekembang agar semakin banyak juga pengunjung di blog ini.
    sukses selalu buat agam :)

    BalasHapus
  141. bener semua musti di rencakan, akan tetapi jangan cuma rencana

    BalasHapus
  142. Alhamdulilah saya bisa baca artikel ini kembali, saya senang sekali artikelnya semakin bagus dan semakin memberi pengetahuan baru.

    BalasHapus
  143. pembahasan pada artikelnya sangat menarik dan sangat bermanfaat ....
    semoga menjadi ide pencerahan baru dan motivasi maju ...

    BalasHapus
  144. mantap deh gan info nya sangat bagus dan sangat menarik nieh gan ,,,,,,

    BalasHapus
  145. terimakasih banyak, informasinya bermanfaat. http://goo.gl/Zqcmzn http://goo.gl/w90qIa http://goo.gl/sOO6Wr http://goo.gl/nhA6w5

    BalasHapus
  146. Pagi yang cerah untuk mengawali hari kita, semoga semangat kita selalu ada seperti sinar mentari..
    Selanjutnya saya ucapkan terimakasih untuk informasi yang sangat menarik ini, semoga dnegan adanya informasi ini bisa membantu semua pembaca.
    Salah sehat sejathtera :)

    BalasHapus
  147. kujungan siang baca postinganya sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya makasih

    BalasHapus
  148. artikel ini bagus untuk para pengusaha muda yang mau mengembangkan bisnisnya

    BalasHapus
  149. terima kasih banyak untuk informasi yang telah disajikan senang bisa berkunjung !!!

    BalasHapus
  150. met sore ..
    artikel nya berisi sangat penting.terimakasih banyak atas informasinya yang udah agan posting. sukses sob ..

    BalasHapus
  151. ijin menyimak artikelnya mudah2 menambah wawasan saya makasih

    BalasHapus
  152. Informasi yang anda sajikan di atas, sangat menarik, semoga anda selalu di berikan kesehatan dan kelancaran.

    BalasHapus
  153. luar biasa sekali gan infonya .. artikel demi artikel penuh dengan makna dan motivasi, makasih yaa

    BalasHapus
  154. nice mas
    jgn lupa mampir atau koment yah
    http://harafimulki.blogspot.com

    BalasHapus
  155. ibu aku pernah ngajarin bisnis kecil kecilan sama aku jualan gorengan semasa aku SD dulu. tiap pulang sekolah aku berkeliling kampung menjajakan gorengan dan ES pelastik.. uang hasil jualan buat beli beras. krn tiap aku pulang sekolah selalu blm ada nasi dimeja makan... begitu tiap hari selanjutnya... untung kecil aku simpan hanya untuk keperluan sekolah. aaahhh masa lalu.. masa dimana aku begitu dekat dengan ibu... lagi inget ibu.. :(( Berbicara tentang ibu mengingatkan kita pada aneka Resep masakan yang pernah ibu sediakan untuk kita. ingatkah kita pada berbagai masakan ibu tercinta? ada masakan daging , Sayur mayur , Ikan , Telur , Seafood , atau aneka kue bikinan ibu yg selalu membuat kita kangen suasana masa kecil. baik itu kue kering ataupun kue basah berpadu dengan minuman dingin atau panas . saaat kecil ibu memang paling mengerti dengan menu anak yang sangat kita sukai. dengan harapan kita menjadi anak yang sehat dengan menu sehat yang selalu ibu berikan pada kita. i love you ibuuu....

    BalasHapus
  156. merencanakan ide bisnis sangatlah sulit,mudah mudahan artikel diatas sangat berguna untuk referensi para pemula bisnis

    BalasHapus
  157. Terimakasih atas info yang sangat bermanfaat ini,semoga kedepannya blog ini semakin bagus dan bagus lagi. sukses selalu :)

    BalasHapus
  158. ktunggu info terbarunya Gan yng ini bagus infonya...

    BalasHapus
  159. Selamat siang semuanya,, Oya tadi saya sudah baca artikenya,, menurut penilaian saya sendiri artikelnya sangat memberikan manfaat yang sangat besar untuk ilmu pengetahuan top bangeet deh mas.. !!

    BalasHapus
  160. terimakasih infonya gan,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  161. Selamat siang semuanya,, Oya tadi saya sudah baca artikenya,, menurut penilaian saya sendiri artikelnya sangat memberikan manfaat yang sangat besar untuk ilmu pengetahuan top bangeet deh mas.. !!

    BalasHapus
  162. salama kenal gan terima kasih untuk infonya..

    BalasHapus
  163. terima kasih banyak untuk informasi yang telah diberikan senang bisa berkunjung semoga sukses ..

    BalasHapus
  164. info terbaik dan sangat bermanfaat bagi pembaca. .

    BalasHapus
  165. Terimakasih gan informasi di atas sangat menambah wawasan kepada saya.

    BalasHapus
  166. semua itu memang harus di rencanakan dengan baik

    BalasHapus
  167. merencanakan suatu bisnis itu oke tapi ingat kunjungi di http.//www.Sundulbet.com thanks bosss

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top