02 Maret 2011
108 comments

Sepuluh Ribu Jam

Rabu, Maret 02, 2011

 Ada inspirasi menarik dari Iman Supriyono, seorang strategic finance specialist, terutama bagi saya, anda, atau siapa saja yang sedang memulai sebuah usaha atau segala sesuatu yang membutuhkan undertaking jangka panjang. Apa itu? Sepuluh ribu jam. Melalui sepuluh ribu jam untuk kemudian dianggap layak? Ya, seperti itulah.

Analoginya adalah seorang pilot pesawat terbang. Opini kebanyakan orang, pilot adalah pekerjaan bergengsi. Gaji puluhan juta adalah salah satu indikatornya. Puluhan kali UMR yang diterima kebanyakan pekerja di negeri ini. Mengapa tinggi? Tak lain karena tingginya tuntutan keahlian dan risikonya. Ratusan nyawa penumpang yang ada di dalam perut pesawat yang dikemudikannya benar-benar berada di tangan sang pilot. Belum lagi risiko terhadap keselamatan dirinya sendiri.

Tak hanya itu, ada banyak aspek teknis yang begitu membutuhkan kesempurnaan keahlian. Sebagai contoh, pesawat Boeing 737 melaju dengan kecepatan 300 km/ jam saat rodanya menyentuh aspal di landas pacu bandara. Situasinya kira-kira akan lebih sulit daripada mengemudikan sebuah ’bus raksasa’ berkapasitas 150-200 penumpang dengan kecepatan 3 atau 4 kali kecepatan mobil normal. Butuh kepiawaian luar biasa. Wajar jika keahlian itu dihargai dengan gaji tinggi.

Iman lalu membandingkan Boeing dengan pesawat kecil jenis Pilatus PC-6 B2H4 yang pernah ditumpanginya saat consulting di Kalimantan. Pesawat mirip capung dengan baling-baling di hidungnya itu hanya mampu membawa maksimal 9 penumpang. Landasan pacu yang diperlukan cukup sepanjang 250 meter. Permukaannya pun bisa cuma tanah berumput. Bandingkan dengan landasan pacu 3 km beraspal mulus yang dibutuhkan oleh Boeing 737.

Bagaimana dengan gaji pesawat kecil itu? Tentu jauh jika dibandingkan dengan gaji pilot pesawat besar. Gengsinya juga kalah jauh. Pesawat kecil biasanya hanya terbang di kota-kota pedalaman. Lalu pertanyaannya, mengapa ada yang mau menjadi pilot dengan kondisi begitu?

Ternyata, seorang pilot baru boleh menerbangkan pesawat besar setelah mengantongi sekitar 10 ribu jam terbang dengan pesawat kecil. Tiga tahun lebih setara dengan pekerjaan normal. Jadi, menjadi pilot pesawat kecil (bergaji rendah dan kurang bergengsi) adalah perjalanan yang harus dilalui sebelum menjadi pilot pesawat besar (dengan gaji tinggi dan bergengsi).

Beratkah? Tidak juga. Sebuah perjalanan yang wajar-wajar saja. Pekerjaan lain juga kurang lebih sama. Memang, jam terbang tinggi selalu dibutuhkan untuk sukses di bidang apa pun. Sepuluh ribu ’jam terbang’. Anda ingin sukses di bidang apa? Siap mengarungi 10 ribu jam terbang?


.

108 comments:

  1. Sepakat. Sukses memang harus melalui proses.
    Beda sama menang undian :)

    BalasHapus
  2. Halo Edwin,
    Tulisan mantap yang memotovasi kita para pembaca anda.

    BalasHapus
  3. mantap gan infonya, terima kasih banyak gan salam kenal aja gan

    BalasHapus
  4. heuummm tulisannya bagus sekali, jadi termotivasi..

    BalasHapus
  5. setuju sob, untuk sukses itu memang butuh perjuangan, ga bisa kaya mi instan, direbus langsung jadi. perjuangan juga membuat orang semakin menghargai usahanya dan juga orang2 yang sedang mengalami perjuangan sama dengan dirinya.

    BalasHapus
  6. filosofi pekerjaan yang harus dimiliki bangsa ini.

    BalasHapus
  7. harusnya ini menjadi salah satu bahan materi di dalam sistem pendidikan dan pekerjaan nasional kita.

    BalasHapus
  8. untuk mencapai atap, harus melewati anak tangga terbawah...

    BalasHapus
  9. pantesan gajinya pilot pesawat besar ya om, ternyata harus punya penglaman 10 ribu jam terbang.

    BalasHapus
  10. mantap gan infonya semga bermanfaat salam kenal aja gan

    BalasHapus
  11. ternyata pengalaman adalah hal penting dalam meraih kesuksesan, kayak si pilot...

    thanks infonya...

    BalasHapus
  12. i like it u post
    interest.............

    BalasHapus
  13. mantap boss semoga informasi bermanfaat bagi kita

    BalasHapus
  14. nice share gan, ane mo biki 20 rb jam terbang

    BalasHapus
  15. makasih nih gan buat infonya semoga bermanfaat gan,ssalam kenal aja gan

    BalasHapus
  16. lam kenal,kunjungan perdana nich,,,,sukses trus,,,sempet mampir juga ya ke blog kami,,,,

    BalasHapus
  17. makasih banyak nih gan informasinya semoga bermanfaat gan salam kenal aja gan

    BalasHapus
  18. mantap juga tuh artikelnya,smoga smakin sukses gan..lam kenal aja lah..

    BalasHapus
  19. ok juga tu tips nya,... emang klo dalam dunia usaha atau bisnis perlu pertimbangan yang cukup matang ya boss... tanks infonya..

    BalasHapus
  20. saya tunggu info nya lagi boss, mudah2an bermanfaat bagi kita semua bos,,,

    BalasHapus
  21. sukses selalu dengan tips2 nya bos,,,
    thanks...

    BalasHapus
  22. inspiratif banget, thanks bwat tipsnya..

    BalasHapus
  23. kkeren sob , makasih buat infonya , salam kenaaal aja gan

    BalasHapus
  24. salam kenal .
    keren postingannya .
    biasa jadi inspirasi .
    thanks .

    BalasHapus
  25. Yups tul gan semua butuh proses, mi instans (cepat) aja harus dimasak terlebih dulu
    slm kenal...

    BalasHapus
  26. sama halnya pekerjaan menjadi cleaning service. kenapa kalao kita ke mallmall atau perkantoran banyak pemuda-pemuda yang memilih menjadi cs?? tiudak lain karena dari hal yang kecil akan berbuah menjadi besar. dari sekedar cs menjadi direktur. kalao soal jam terbang jadi cs se tergantung etos kerja dan kedisipilan mereka.

    BalasHapus
  27. manttab...jam terbang menjadikan tambah expert.klo di itung2 sekitar 5 taun untuk setiap hari 8 jam kerja..8 jam kerja efektif y:)

    BalasHapus
  28. siip deh sangat menarik,,,untuk mencapai kesuksesan,kita harus berusaha dan bekerja keras,,makasih moga jadi insfirasi,,,sukses trus,,,ditunggu kunjung baliknya,,,

    BalasHapus
  29. sangat keren dan menarik,,,untuk mencapai hasil yang maksimal ,kita butuh perjuangan,,,makasih dan sukses slalu,,,

    BalasHapus
  30. awas jatuh boss...
    mantap,,jadi pilot pofesional...

    BalasHapus
  31. enak dapat gaji puluhan x lipat gaji pegawai...
    tapi jangan lalai dipundak mu ada banyak jiwa...

    BalasHapus
  32. sebenarnya semua pekerjaan punya tanggung jawab masing2..
    tapi pilot di sisi lain disamping tugas harus benar2 prosfesional kerja, karena menyangkut nyawa..

    BalasHapus
  33. sukses trus buat para pilot moga makin sukses,dengan jasamu para penumpang bisa sampai tujuan dengan selamat,,,

    BalasHapus
  34. kunjungan malam nih,,artikel yang menarik,,,makasih banyak dah berbagi infonya,,

    BalasHapus
  35. sbg pelajaran motivasi bagus Gan, artikel menarik & mantap, tks Gan

    BalasHapus
  36. fotoringiovanimento roma

    http://www.cancunbenessere.it/fotoringiovanimento.html


    Ottimo articolo, sono favorevole e sicuramente sarò uno dei vostri lettori di fiducia! Il vostro sito mi è piaciuto molto e complimenti per tutto il lavoro che fate!

    BalasHapus
  37. blog nya krenz....


    sip deh,,,

    BalasHapus
  38. semakin besar resiko akan semakin besar imbalannya....memang berbanding lurus

    BalasHapus
  39. artikelnya menarik juga...
    sipplah,,,

    BalasHapus
  40. sepuluh ribu jam,,,
    dari judulnya saja dah wahh menarik...

    BalasHapus
  41. wah artikel'y mnarik jg....
    skss trz ya,,,

    BalasHapus
  42. wah mnarik jg ya jadi menginspirasi sekli nih...
    mkzh ya bwt info'y,,,

    BalasHapus
  43. wih postingan nya menarik sekali gan jadi terinfirasi juga tuh gan , hehe, makasih banyak ya gan buat infonya

    BalasHapus
  44. artikel yang cukup inspirative....
    thanks ya, semoga saya bisa melakukan hal 10ribu jam,,,,

    BalasHapus
  45. wis mantap juga nih informasinya, aku jadi terinfirasi nih gan, makasih banyak ya gan

    BalasHapus
  46. jadi terinfirasi nih oleh artikel ini gan, hehe, makasih banyak atas infonya semoga bermanfaat gan

    BalasHapus
  47. jadi terinfirasi nih sama kata2 di atas ini, makaslih banyak gan

    BalasHapus
  48. mksih buat info nya,

    sangat menarik juga

    BalasHapus
  49. jadi yterinsfirasi banget nih setelah baja 10ribu jam. aku tetap semangat sob

    BalasHapus
  50. memang harus begitu gan kalo mau sukses...
    thanks infonya

    BalasHapus
  51. jadi terinsfirasi nih setelah baca artikel 1o.000 jam ini, makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  52. artikelnya bener2 bikin semangat untuk bekerja. bener2 memotivasi.

    BalasHapus
  53. jadi terinsfirasi nih dengan kata2 sepiluh ribu jam nya, semoga membawa keberkahan,, aminnn

    BalasHapus
  54. Tulisan yg sngat memarik . . . .
    Jdi Terinsfirasi nich...

    Maksasih infonya...

    BalasHapus
  55. hmm boleh juga 10 ribu jam..
    smoga kita smua bisa jadi orang sukses...

    BalasHapus
  56. lama juga yah 10 ribu jam....
    perjalanan menuju kesuksesan memang berat.

    BalasHapus
  57. kesuksesan memang tidak mudah untuk kita raih...
    perlu ada nya kerja keras.

    BalasHapus
  58. memang perlu kerja keras untuk meraih sebuah kesuksesan.

    BalasHapus
  59. kerja keras lah yang dibutuhkan jika ingin sukses.

    BalasHapus
  60. Memang bener semuanya pasti akan sesuai sama apa yang dikerjakan , besar kecilnya gaji pasti sesuai dengan kerjaanya dan sebanding dengan tanggung jawabnya ,,

    BalasHapus
  61. terkadang kita juga tidak sadar bahwa bayaran yang besar penuh dengan resiko yang besar pula..

    BalasHapus
  62. sip, dan bagus, sangat berguna untuk menambah pengetahuan dan pengalaman

    BalasHapus
  63. Thanks for sharing such an interesting and informative post.
    yazili sorulari

    BalasHapus
  64. harus melewati proses perjuangan yang panjang ya gan untuk bisa meraih sukses

    BalasHapus
  65. inspiratif sob..
    salam sukses dari software akuntansi

    BalasHapus
  66. memang menjalankan tugas sebagai pilot memang tak gampang.

    BalasHapus
  67. semua harus di mulai dari nol...

    BalasHapus
  68. banyakk bangett sampe seribuu jamm .. hii :)

    BalasHapus
  69. Tidak mudah menuju sukses, lewati rintangan dulu. seribu jam sangatlah singkat

    BalasHapus
  70. kesuksesan bukan dilihat dari hasilnya tapi usahanya

    BalasHapus
  71. memang menjalankan tugas sebagai pilot memang tak gampang.

    BalasHapus
  72. nice nice post! :) i like it.. sangat menginspirasi

    BalasHapus
  73. great post.. keep posting gan, ditunggu posting yg lainnya ;)

    BalasHapus
  74. good story.. sangat menginspirasi saya, dan bisa jadi pembelajaran untuk saya

    BalasHapus
  75. tidak ada kesuksesan yang didapat dengan mudah

    BalasHapus
  76. Terimakasih banyak atas informasinya.,
    Sungguh luar biasa sekali banyak pelajaran yang saya dapatkan.... setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  77. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top