29 Januari 2011
35 comments

My Blogging’s 2nd Anniversary

Sabtu, Januari 29, 2011
Akhir bulan ini blog saya ini genap berusia dua tahun. Saya hampir masih mengira usia blog saya menginjak tahun kedua, karena anniversary-nya adalah yang kedua. Padahal sesungguhnya saya sudah menginjak tahun ketiga, kan? Hampir saja saya memberi postingan ini judul: ‘My Blogging’s Sophomore’.

Dua tahun, tentu masih sangat muda. Apalagi jika dibandingkan dengan sobat-sobat blogger yang sudah terjun lebih dahulu daripada saya. Tapi dari pengamatan saya, sesungguhnya saya masih berada di ‘kloter pertama’ orang-orang yang menerjuni dunia blogging, tapi di ‘gerbong’ paling belakang.

Blogging sendiri rasanya baru hangat terdengar sekitar 2003-2004. Dan orang-orang Indonesia yang ngetop di internet pun kebanyakan mulai ber-blogging setelah itu. Misalnya, Cosa Aranda yang baru memulai blogpreneurship-nya pada 2005. Edy Zaqeus –penulis buku best seller- baru mulai membuat blog pada November 2007. Bahkan, Joko Susilo, sang netpreneur kondang, baru mulai blogging pada 1 Januari 2008. Cuma selisih satu tahun dengan saya :)

Tapi kalau saya bukan siapa-siapa. Hanya seorang mantan wartawan yang sering ‘gatal’ kalau tidak menulis. Tenggelam dalam aktifitas kantor sebagai karyawan bank, saya baru mulai mengenal blog tahun 2008 dan mewujudkannya tanggal 30 Januari 2009.

Kala itu aktifitas blogging sudah mulai booming, namun belum berada pada puncaknya. Saya sendiri merasakan puncak booming aktifitas blogging terjadi pada 2010 lalu. Serasa semua orang semakin mengenal apa itu blog. Terbukti banyak sekali hadir para sobat blogger baru dengan kualitas tampilan blog dan konten yang mumpuni.

Tak heran, posisi Alexa saya pun melorot di tahun 2010. Kalau di awal 2010 saya pernah bertengger di kisaran 200 ribuan, kini ‘stabil’ di kisaran 500 ribuan. Saya ‘menuding’ ini adalah ‘ulah’ para sobat blogger baru yang dengan semangat tinggi membangun blog mereka, sehingga posisi Alexa saya tersodok, hehehe. Salah sendiri, siapa suruh pasang-surut blogging-nya, hahaha..

Beruntung, hingga sekarang saya masih menyandang ‘sabuk’ PR-3 yang dianugerahi Mbah Guugel sejak 31 Oktober 2009. Saat itu hati saya begitu berbunga-bunga. Mengapa? Tak lain karena dengan posisi PR-3 blog saya bisa dicoba untuk diarahkan ke monetizing. Terbukti, seminggu setelah saya mendapat PR-3, order review mengalir deras. Wuih, senangnya. Hanya dalam kurun satu bulan setelahnya, saya bisa mendapat uang satu juta rupiah yang saya cairkan dari rekening PayPal saya.

Jujur saya akui, mencari uang dari blog adalah tujuan saya, selain sebagai ekspresi hobi menulis saya. Saya pikir itu wajar, bahkan harus dilakukan. Ini karena sekarang adalah era internet. Internet kini tidak lagi sekedar tempat browsing dan download, tapi juga sebagai media bisnis. Terbukti, semakin banyak muncul netpreneur yang umumnya juga blogger.

Saya pikir, banyak teman-teman yang juga berpikiran seperti saya. Mari lanjutkan. Yang kita lakukan adalah mengikuti perkembangan zaman. Yang penting, semangat blogging sebagai media ekspresi dan berteman tidak boleh tergusur oleh semangat mengumpulkan pundi uang, oke? Sekian refleksi HUT blog saya yang ke-2.


.

35 comments:

  1. mengamankan pertamak dulu gan,,
    terima kasih buat informasinya

    BalasHapus
  2. Halo Edwin,

    Congrats ya.
    Semoga tambah bersemangat dalam ngeblog.
    Salam sukses!

    BalasHapus
  3. tnks infonya...
    selamat dan sukses terus....

    BalasHapus
  4. Selamat Ultah, maju terus raih dolarnya!

    BalasHapus
  5. selamat dan tambah sukses yaa : )

    BalasHapus
  6. ha..ha...ga.. saya sangat setuju dengan bahasan anda,emang hobi bisa dapatin uang...

    BalasHapus
  7. Wohoo....udh 2 tahun y mas ? Selamat-selamat. Saya doain berjalan terus, dari segi mencari uangnya ataupun segi mencurahkan ekspresi dlm bentuk tulisan. You'll do great.

    BalasHapus
  8. sebuah blog beserta domainnya makin tua makin berharga dan mahal mas.. wah blog ini dpt pr 4 ya.. selamat mas

    BalasHapus
  9. Wah sudah berumur dua tahun ya mas?

    Selamat ultah yang ke dua deh!

    BalasHapus
  10. Selamat ya... blognya sudah berusia 2 tahun sekarang... Syukuran dong... hehehe

    BalasHapus
  11. Blog Shasa belum genap 1 bulan.....

    BalasHapus
  12. semoga lebih maju dan dapat ide-ide yang lebih cemerlang.

    BalasHapus
  13. semoga sukses selalu mas, salam kenal ya dan selamat atas anniversary blognya.

    BalasHapus
  14. Dahsyat tahun ke 3 visibility blog ini di search engine sudah ok.

    salam kenal

    BalasHapus
  15. setelah baca tulisan ini jadi teringat kembali berapa lama saya blogging, ndag berasa saya sudah hampir 3 tahun. selisih 6 bulan dengan joko susilo, saya juli. tapi bedanya saya dengan JS.. jauuuuhhhhh... dia master saya masih terseok-seok :-( tapi keep spiritt (taboki Eros malah curhat)

    BalasHapus
  16. semoga tetep eksis dan mengudara dengan mengusung niali nilai yang kau yakini benar...

    BalasHapus
  17. happy anniversary ya mas...semoga tambah sukses dan tercapai impiannya berhasil melalui blogging.

    BalasHapus
  18. Hebat kang blognya,, semoga tambah sukses,,,,

    BalasHapus
  19. Semoga tambah suxses ea gan, dan semoga semakin memberikan share yang bermanfaat selalu ...

    BalasHapus
  20. Terus kembangin postingan anda yah gan , cz aku suka postingan anda yang bermanfaat selalu ,,,

    BalasHapus
  21. Terimakasih banyak atas informasinya.,
    Sungguh luar biasa sekali banyak pelajaran yang saya dapatkan.... setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  22. Terimakasih banyak atas informasinya.,
    Sungguh luar biasa sekali banyak pelajaran yang saya dapatkan.... setelah saya berkunjung ke blog ini

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top