27 Agustus 2010
73 comments

Menyikapi Euforia THR

Jumat, Agustus 27, 2010
Puasa Ramadhan sudah berjalan setengah bulan. Lebaran tinggal dua minggu lagi. Artinya, kebanyakan di antara kita pasti sudah menerima tunjangan hari raya (THR). Termasuk saya. Menjelang lebaran, THR memang menjadi hal yang paling dinanti oleh masyarakat kita. THR bagaikan pelengkap sempurna dalam memungkasi perjalanan ramadhan selama sebulan penuh.

Semua bersuka cita. Di saat pertengahan Ramadhan dianggap sudah mulai menyurutkan stamina, kehadiran THR dirasa menjadi seteguk air segar yang kembali membuat bersemangat dalam berpuasa (Wah, semangat puasa kok diukur dari THR ya?) Coba lihat iklan sirup yang sering ditayangkan di televisi akhir-akhir ini. Para pegawai restoran begitu ceria usai menerima uang THR mereka. ”THR, mudik... THR, mudik...” Memang itulah potret kita usai menerima THR. Lha wong suasana kantor saya juga heboh begitu deretan angka dipastikan sudah menghiasi rekening :)

Tak salah kok menikmati THR, yang penting jangan sampai larut dalam euforia. Mengapa? Tak lain karena THR tak lebih dari ’kesenangan sesaat’. Bisa dipastikan, begitu lebaran usai, gaung THR pun menghilang. Alias uangnya sudah habis :p

Jadi, supaya THR terasa lebih bermakna dan bermanfaat, ada baiknya kita pandai-pandai mengelolanya. Ada beberapa tips yang saya harap bisa berguna:
  1. Simpan uang THR di rekening yang tidak memiliki ATM atau kartu debit agar THR tidak langsung dibelanjakan. Ini perlu agar kita tidak dapat leluasa menarik uang dari mesin ATM atau belanja dengan kartu debit setiap saat.
  2. Sisihkan 10% untuk ditabung. Makin besar porsi yang ditabung, makin baik. Jika ingin membeli barang, cobalah memilih produk bernilai investasi, seperti emas. Gunakan kesempatan ini untuk menabung lebih banyak dari biasanya.
  3. Susun daftar barang atau keperluan yang harus didahulukan. Sisihkan untuk membayar THR orang yang bekerja di rumah kita, seperti pembantu dan sopir. Alokasikan sebagian lainnya untuk membeli makanan dan kue. Sebaiknya jangan membeli pakaian terlalu banyak.
  4. Jika ingin mudik, sebaiknya susun rencana jauh hari sebelumnya dengan memperhitungkan kenaikan harga tiket. Kurangi belanja yang tidak perlu. Sebaliknya, fokuskan pada biaya yang akan dikeluarkan selama perjalanan mudik, di kampung, dan perjalanan pulang.
  5. Sebagian dana bisa digunakan untuk melunasi atau mencicil hutang. Ketika lebaran mungkin rasanya uang THR tidak menjadi apa-apa, namun dampak positifnya akan terasa di kemudian hari, karena beban hutang menjadi berkurang atau bahkan habis sama sekali.
  6. THR boleh juga digunakan untuk investasi. Jika ingin aman, sebaiknya berkonsultasi dengan pakarnya. Salah satu investasi yang aman adalah untuk membayar premi asuransi pendidikan anak, kesehatan, atau jaminan hari tua.
Jadi, mari kita gunakan uang THR kita sebaik mungkin. Lebaran sebentar lagi...


.

73 comments:

  1. saya belum pernah dapet nih gan, maklum belum pernah kerja :D

    BalasHapus
  2. hiks aku tidak dapat lagi mas hehe, moga barokah THR buat para karyawan ..amin

    BalasHapus
  3. saya malah g pernah dapat THR mas, maklum saya cuma pekerja bangunan

    BalasHapus
  4. Halo Edwin,
    Saran yang sangat bagus dan perlu diikuti.
    Terima kasih atas tip-2nya.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah kemarin THR saya baru saya keluar mas, daftar belanjaan buat lebaran sudah disusun sedemikian rupa. Hitung punya hitung eh rupanya over budget, jadi mesti disesuaikan lagi. Hehehe... Thanks buat sarannya

    BalasHapus
  6. nice tips Pak Edwin, btw kami belum menerima THR ... ha3x

    BalasHapus
  7. wah thr belum dapat tuch..om..

    BalasHapus
  8. THR diberikan bukan untuk pesta ria, tapi THR diberikan agar kita selalu banyak2 bersyukur dan berdoa serta instropeksi diri. THR = Tanyakan Hari Ramadhanmu.

    BalasHapus
  9. nunggu thr dari bisnis online..:) Great tips on saving money

    BalasHapus
  10. menarik sekali tips nya mas...
    berbakat sekali mas edwin jadi penasehat keuangan...
    salam hangat dari saya
    udah lama gak berkunjung kesini...

    BalasHapus
  11. pokoknya jangan laper mata saja lah... walopun saya baru kecipratan dari kakak atau bapak/emak saya, saya lumayan menikmati dan saya tabung tentunya... hheheh... semoga ntar kalo saya mandi THR ga jadi gila deh.... :D

    BalasHapus
  12. Saran yg bagus,tp sayang thrku blom turun hahaha.....

    BalasHapus
  13. aku belum kerja tapi bisa dapet THR juga gag y..:)

    BalasHapus
  14. THRku belom turuun..
    n gak tau juga dapet gak yaa. mengingat sepi proyek. :(

    btw sarannya bagus n saya juga punay rek di bank Syariahyg khusus buat nabung

    BalasHapus
  15. aku juga nggak pernah dapat THR nih,maklum pekerja srabutan.sabet sana sabet sini.

    BalasHapus
  16. wah enak nich dapet THR, kalau aku menanti THR dari kakak - kakak Q aja dech soalnya q belum kerja.

    BalasHapus
  17. yah.. boro-boro membelanjakan THR.. ini aja THR cair apa gak aja masih belum pasti.. hehe...
    semoga aja memang ada THR.. jadi bisa shopping deh.. loh??

    BalasHapus
  18. Mungkin Ada yg membutuhkan software seo :

    http://www.ziddu.com/download/11440799/AlexaBooster_Portable.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/11442518/Traffic-travis.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/11442428/Magic.Traffic.Bot.-.Cracked.by.PutterPlace.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/11446164/Blogdofollowfinder.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/11446165/HideIPEasy4.1.6.8.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/11446166/websitesubmitter.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/11445876/senuke-BHN.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/11443050/ArticleSpinner.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/11442828/PRStorm.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/11442746/MiracleTrafficBot.rar.html

    Just Enjoy

    BalasHapus
  19. rencana yang bagus sih tapi THR kantorku belum pasti tuh
    ''bukti pembayaran dari ptc''

    BalasHapus
  20. yang jelas penggunaan uang thr itu harus sesuai fungsi dan manfaat nya jangan sampai berlebihan dan membelanjakan uangnya hanya berdasarkann keinginan saja bukan kebutuhan yg mendesak :D salam kenal mas edwin :)

    BalasHapus
  21. hallo mas, apa kabar?
    wah bagi-bagi donk THRnya... hehe..
    Lebaran kali ini nggak seperti biasanya mas. Nggak dapet THR coz ud nggak kerja :(

    BalasHapus
  22. Saya menghadapi persoalan THR bagi karyawan yang masa kerjanya kurang dari 1 bulan (alias baru masuk). Dalam hati ada juga rasa kasihan, jadi saya beri mereka parsel lebaran.

    Bagaimana dengan Pak Edwin dalam menyikapinya?

    BalasHapus
  23. kemarin ane juga dapat THR dari Woods...
    Oya.. Besok Kita Sudah Merayakan Kemenangan, sebelumnya Saya Berniat
    Mengucapkan "Mohon Maaf Lahir Dan Bathin" , Maafkan kesalahan2 yang
    terjadi

    BalasHapus
  24. alhamdulillah thr taon ini lbh bnyak dri taon kmren, bisa beli sesuatu yg jdi keinginan dri dlu..

    BalasHapus
  25. hehehe bagi saya itu si sekedar rasa sukur orang untuk mengingat kebersamaan dan pencerahan di hari yang fitri

    BalasHapus
  26. haa,semoga aja memang ada THR lebaran tahun ini,,soalnya skarang saya udah kerja..jdiii kebagian jatah gag yaaa..heee

    BalasHapus
  27. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  28. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  29. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  30. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  31. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  32. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  33. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  34. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  35. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  36. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  37. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info beri.kutnya Terimaksih

    BalasHapus
  38. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  39. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  40. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  41. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  42. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  43. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  44. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  45. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  46. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  47. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  48. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  49. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  50. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  51. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  52. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  53. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  54. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  55. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  56. Thr sangat dinantikan, bahkan bisa menjadi pemicu demo

    BalasHapus
  57. I am excited with the valuable answers that are in your expert articles.I will also bookmark your blog and check out everynew day. I imagine I can learn a lot from them!

    BalasHapus
  58. lumayan, kalau kita dapat THR, buat nambah-nambah gaji

    BalasHapus
  59. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  60. Kembali Ke alam sudah menjadi trend di masa sekarang ini. Obat herbal atau obat alternatif biasanya menjadi pilihan terbaik bagi menderita penyakit.

    Mengapa kita harus beralih ke pengobatan Herbal?
    Pandangan masyarakat secara umum, jika kita menggunakan atau mengkonsumsi obat, inginnya begitu minum langsung sembuh. Apakah itu salah? Jawabannya tentu tidak. Memang tidak ada salahnya jika kita sakit, kemudian minum obat dan besoknya sembuh. Semua orang tentunya juga berharap demikian. Tapi permasalahannya adalah, apakah dengan obat yang kita minum itu akan menyelesaikan masalah? Apakah tidak ada effek samping di kemudian hari? Nah, untuk mengantisipasi masalah tersebut, solusinya adalah kita harus mengkonsumsi obat herbal.

    Apa itu Obat Herbal?
    Obat herbal adalah obat yang di gunakan dari bahan-bahan alami dan tidak mempunyai effek samping yang negatif seperti obat-obat paten. Memang, jika kita mengkonsumsi obat berbal, jangka waktu penyembuhannya memang agak lama. Tapi percayalah, justru dengan obat herbal ini anda akan merasakan segudang manfaat. Karena Proses penyembuhan dari obat herbal adalah membangun imunitas atau daya tahan tubuh kita agar mampu melawan penyakit secara alami. Berbeda dengan obat kimia atau obat paten. Memang menyembuhkan, tapi mempunyai eferk yang negatif untuk tubuh kita.

    Solusi Penyembuhan Penyakit
    Kami berusaha menyajikan berbagai obat penyakit dengan pengobatan herbal, dan sudah dibuktikan secara turun temurun dari generasi ke generasi menggunakan obat alami dari alam. Indonesia mempunyai kekayaan alam terbesar no.2 setelah Brazil akan tumbuh-tumbuhan herbal. Oleh karena itu, marilah kita kembali ke alam.

    BalasHapus
  61. Obat Kanker Serviks ~ http://bloggerpurworejo.org/entry.php?151-Pengobatan-Kutil-Kemaluan-Mujarab Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Herbal kadang disebut juga sebagai tanaman obat, Sipilis sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif. http://bloggerpurworejo.org/entry.php?153-Pantangan-Makanan-Untuk-Penderita-Penyakit-Sipilis

    Kencing Sakit ~ Obat herbal http://bloggerpurworejo.org/entry.php?154-Anda-Mengalami-Penis-Sakit-di-Saat-Kencing adalah obat yang bersifat organik atau alami, sama seperti tubuh kita. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan atau hewan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis). Penyebab Gonore Obat Herbal yang berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya jahe, bawang putih, kurma, jintan hitam (Habbatussauda), dsb. Yang berasal dari hewan (hewani) diantaranya Teripang (Gamat), Madu, Propolis, minyak ikan hiu, dsb. http://bloggerpurworejo.org/entry.php?155-Apa-Penyebab-Penyakit-Gonore

    Penyakit Wasir ~ Pada jaman sekarang ini http://bloggerpurworejo.org/entry.php?156-Pantangan-Makanan-Penyakit-Wasir-Atau-Ambeien, dengan berkembangnya teknologi kedokteran yang semakin pesat dan banyaknya riset penelitian berkaitan dengan obat-obatan, maka semakin membuka mata kita bahwa ternyata alam Penyakit Ambeien secara alaminya telah menyediakan obat yang manjur untuk segala penyakit http://bloggerpurworejo.org/entry.php?157-Pengobatan-Untuk-Penyakit-Ambeien-atau-Wasir-Ampuh. Obat-obatan itu tidaklah sulit dicari dan beda dengan obat dari bahan kima sintetis, yang lambat laun akan menimbulkan efek samping pada tubuh kita.

    Tanaman Obat Wasir ~ Penggunaan http://bloggerpurworejo.org/entry.php?158-Tanaman-Obat-Penyakit-Ambeien-dan-Wasir obat tradisional diakui sebagai cara untuk belajar tentang obat potensial di masa depan. Pada tahun 2001, peneliti mengidentifikasi 122 senyawa digunakan dalam pengobatan utama yang berasal dari Obat Wasir Apotik “ethnomedical” sumber tanaman;. 80% dari senyawa-senyawa yang digunakan dalam cara yang sama atau terkait seperti penggunaan ethnomedical tradisional. http://bloggerpurworejo.org/entry.php?159-Nama-Obat-Wasir-di-Apotik-Yang-AMPUH

    Obat Jengger Ayam ~ Demikian Bisul Kutil Kelamin tanaman dan obat telah menyebabkan reaksi merugikan yang kadang-kadang mengancam kehidupan. http://bloggerpurworejo.org/entry.php?167-Bisul-Kutil-Pada-Kelamin-dan-Obatnya

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top