10 Januari 2010
46 comments

Sedekah Bumi: Peduli Bumi dengan Cara Membumi

Minggu, Januari 10, 2010
Kemarin saya menerima undangan kerja bakti di lingkungan RT yang dilaksanakan Minggu pagi ini. Tak ada yang istimewa, karena setiap bulan RT saya sudah menjadwalkan kerja bakti rutin. Tapi saat saya cermati undangan itu, disebutkan bahwa kerja bakti dilaksanakan dalam rangka acara “Sedekah Bumi”. Wah, apa ini? Sedekah Bumi? Apakah maksudnya kita menyedekahi bumi, begitu pikir saya.

Saat kerja bakti dilaksanakan pagi tadi, saya mendapatkan jawabannya. Ternyata kerja bakti itu dilakukan serempak dan masal oleh semua RT yang ada di bawah naungan desa/ kelurahan kami, atas instruksi kepala desa. Kabarnya beberapa desa tetangga juga melakukan kegiatan yang sama. Setelah bekerja bakti, warga dijamu di kantor kepala desa –yang lokasinya ada di dalam kompleks perumahan saya- untuk menikmati hidangan dan acara hiburan. Semalam (yaitu malam minggu) sudah diadakan acara wayang kulit semalam suntuk di tempat yang sama, yang juga merupakan rangkaian acara “Sedekah Bumi” itu.

Saya pribadi menyambut positif kegiatan seperti ini. Kita selayaknya memang harus mencoba menyedekahi bumi kita ini. Kasihanilah bumi kita yang sudah tua ini dan sudah banyak rusak akibat tangan-tangan manusia, tangan-tangan kita sendiri. Kita tidak menyadari selama ini kita tidak menghargai bumi yang telah memberikan penghidupan bagi kita. Tanah, air, dan udara yang ada di bumi telah menopang kehidupan kita selama ini. Tapi yang kita lakukan justru merusak bumi. Ada yang bilang bumi bukan makhluk atau benda mati, lho. Kok bisa? Karena bumi juga BERTASBIH kepada Tuhan dengan cara yang tidak kita tahu. Tak heran, banyak bencana alam terjadi. Bumi marah akibat ulah manusia yang membuat kerusakan di muka bumi.

Saya pun salut karena acara “Sedekah Bumi” dilaksanakan oleh ‘hierarki terendah’ dalam struktur negara, yaitu tingkat desa atau kelurahan. Dengan begitu, kegiatan yang dilakukan lebih membumi, tidak semata-mata simbolik maupun wacana. Ternyata menyenangkan lho melihat warga sekelurahan bekerja bakti bersama membersihkan lingkungannya masing-masing.

Apakah tidak rancu dengan Hari Bumi yang biasa diperingati setiap tanggal 22 April oleh seluruh warga bumi? Saya rasa tidak. Sedekah Bumi bisa dijadikan alternatif upaya peduli kepada bumi, karena dilaksanakan oleh warga level RT yang biasanya tidak ikut cawe-cawe dalam peringatan Hari Bumi. Hari Bumi umumnya diperingati oleh para LSM lingkungan seperti Greenpeace, World Wildlife Fund, dan LSM-LSM lokal. Aksi yang mereka lakukan pun biasanya berupa protes kepada pihak yang dianggap telah ‘dzalim’ kepada lingkungan hidup. Jadi lebih ke arah wacana atau tekanan untuk para pembuat kebijakan.

Begitulah opini saya. Omong-omong, saya memang menaruh minat ke masalah lingkungan hidup. Dulu saya membuat skripsi yang mengangkat isu lingkungan hidup, yang saat itu sudah mulai ‘naik level’ dari yang semula dianggap sebagai isu low politics menjadi isu high politics. Selepas kuliah saya aktif di Forum Kota Surabaya dan bersinggungan –salah satunya- dengan masalah lingkungan hidup lokal. Saya sering ‘merapat’ ke bermacam kegiatan yang dilakukan oleh Walhi dan LSM lingkungan lokal lainnya (misalnya MicrO) untuk memperjuangkan ‘hak hidup' bumi Surabaya.

Sekian, sekedar berbagi. Semoga ada manfaatnya, meskipun cuma sedikit ^_^

46 comments:

  1. acara ini khusus untuk bumi kita ya? semacam pesta panen, begitu?

    BalasHapus
  2. salut dengan kekompakan warganya.
    semoga warga yang lain bisa mencontohnya.

    BalasHapus
  3. setuju, acara2 seperti itu lebih merakyat dan lebih terasa efeknya..tq dah berbagi :)

    BalasHapus
  4. di mulai dari hal kecil aja dulu...
    "Buanglah sampah pada tempatnya"
    tapi kebanyakan orang yang gak bisa,, gak tw kerna buta huruf atau pura2 kagak liat.. hehe

    BalasHapus
  5. Sama gak ya dengan acara "Bersih Desa" ?

    BalasHapus
  6. Semoga masih banyak masyarakat yang peduli dengan lingkungan alam, dengan bumi tempatnya berpijak...

    BalasHapus
  7. coba di tempatku juga kaya gitu

    BalasHapus
  8. kalau d desa q tempatnya ada d per empatan sob desa sob

    BalasHapus
  9. Malem mas edwin. .blakangn jrg BW krn ksbukan jg gr2 kaki ga bs jalan :-(.
    Setuju bgt ma acra sdkah bumi nya. .coba dt4 saya jg ada acr sept tu. .nanti coba sy usulkan dgn pengurus RT. .qt emang hrus pdl dgn lingkungan, t'utama lingkungn sktar qt. Ngomg2 tentg lingkungan sy jd sdh, mengingat sahabt sy sempat msuk jeruji gr2 mempertahankan lingkungan hutan dkaltim, bahkan kasusnya hgga kini blm slsai gr2 7 perusahaan raksasa yg bs kantongi izin tk eksploitasi hutan dkwasan htan lindung TNK. .

    BalasHapus
  10. bersedekahlah dimanapun kita berada tanpa harus memilah atau memilih apa yang hendak kita sedekahkan.

    BalasHapus
  11. kalo ngeliat kekompakkannya, tiap bulan gotong royong, wah dana desa pun ikutan keluar tiap bulan tuh.
    saluuuuttt...
    salam cinta damai...

    BalasHapus
  12. Hallooo Edwin...
    Pa kabar nih??
    Makin keren aja blognya...
    Have a nice day...

    BalasHapus
  13. jadi inget pas d pesantren, hari minggu semua kerja bakti, semua trlhat rapih ... sebab sekitar seribuan santri turun, tanpa kecuali ...

    BalasHapus
  14. baca postingan ini jadi memacu untuk selalu menjaga bumi agar tak parah lagi kerusakannya, dengan dari yang kecil aja

    BalasHapus
  15. ayo kita jaga bumi kita dengan reboisasi...demi regenerasi kita mendatang

    BalasHapus
  16. salam sobat
    wah patut diteladani warga di RT mas Edwin,,
    kompak dan rukun banget ya,,

    BalasHapus
  17. mantap.
    keep up the good work, mas.
    semoga menular ke banyak orang di muka bumi ini

    BalasHapus
  18. Good day, sun shines!
    There have were times of hardship when I felt unhappy missing knowledge about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright stupid person.
    I have never thought that there weren't any need in big starting capital.
    Now, I'm happy and lucky , I begin take up real money.
    It's all about how to select a proper companion who utilizes your funds in a right way - that is incorporate it in real deals, parts and divides the income with me.

    You may get interested, if there are such firms? I'm obliged to answer the truth, YES, there are. Please get to know about one of them:
    [url=http://theblogmoney.com] Online investment blog[/url]

    BalasHapus
  19. Baru denger ada kegiatan sedekah bumi dilakukan di lingkungan perkotaan, biasanya kan berkaitan dengan syukuran hasil panen ya....
    Saya juga cinta lingkungan, Mas, ke manapun saya pergi, pasti di tas ada kantung plastik untuk jaga2 kalo ngga ada tempat sampah...

    BalasHapus
  20. sedekah bumi
    untuk mengingat ciptaan Sang Pencipta
    untuk menjaga ciptaan Sang Pencipta
    menjaga bumi
    menjaga lingkungan
    menyelamatkan anak cucu

    BalasHapus
  21. sedekah bumi?
    hmmm...bener juga mas...
    saya udah lama juga nggak bersedekah ke bumi,,,selama ni cuma ngambil aja dari bumi...

    BalasHapus
  22. Kerja bakti memang cermin budaya bangsa n perlu dilestarikan... sebagai ajang komunikasi antar warga.... kan kumpulnya itu yang penting.. soal bersihin selokanmah sebetulnya bisa nyuruh tukang kerja mungkin hasilnya akan lebih bagus.. tapi ya itu.. kumpul2nya yg bikin seneng.. ya kan.. siip lah

    BalasHapus
  23. Asyik juga n baik bener tuh kepala desanya.. siangnya dah makan2 .. malamnya ada hiburan..

    BalasHapus
  24. Sedekah bumi.. budaya yg patut dilestarikan utk upaya mengembalikan jati diri bangsa hehe.. kayak lagi kontes aja

    BalasHapus
  25. Sedekah bumi.. pastinya punya falsafah yang bagus dari kegiatan ini... salah satunya biar kita menghargai alam mungkin ya mas.. halah sok tahu.. ohya mas edwin.. linknya dah saya pasang khusus di blog dofollow nih.. di linkback ya.. plus bannernya juga saya pasang..

    BalasHapus
  26. salut sob,,acara yang sangat merakyat,,
    tp klo memang ada yang disedekahkan ke 'bumi' sih mungkin hanya kata kiasan yah?
    perasaan bumi g perlu disedekahi,,msh banyak org2 yang hari itu perlu disedekahi ...
    maaf klo salah sob..

    BalasHapus
  27. Datang lagi nih. ambil memfollow.. folllowback ya.. sekalian dg linknya

    BalasHapus
  28. Bagus banget mas acaranya
    moga2 selalu ada acara seperti itu
    kasihan bumi kita sekarang ini :((

    BalasHapus
  29. Hello.This article was extremely interesting, especially because I was looking

    for thoughts on this matter last Monday.

    calgary seo

    BalasHapus
  30. Fantastic site. Lots of useful information here. I am sending it to several friends and also sharing in your information to them. And certainly, thanks for your sweat!
    Canada business directory

    BalasHapus
  31. Asyik juga n baik bener tuh kepala desanya.. siangnya dah makan2 .. malamnya ada hiburan..
    Find a Business

    BalasHapus
  32. The post was very informational and interesting, thank you very much for sharing this.
    Free Listing

    BalasHapus
  33. Good post… Just killing some time at work surfing the interweb and found your post. Great looking website. I will hve to bookmark your blog to come back and see what’s new.
    bioenergoterapeuta new york

    BalasHapus
  34. wow its a very wonderful and intresting site and colour combination very good.i like it.So thanks you
    Free Business Listings

    BalasHapus
  35. "Its impressive Post! I found good knowledge from here. Its a great source of knowledge for me and for my future".


    furniture stores

    BalasHapus
  36. Good post… Just killing some time at work surfing the interweb and found your post. Great looking website. I will hve to bookmark your blog to come back and see what’s new.
    Calgary Herald

    BalasHapus
  37. Its a very good post and i like coments to your site.Thanks for sharing such a vital information, actullay I am looking for information regarding travel services.

    BalasHapus
  38. Good post Just killing some time at work surfing the interweb and

    found your post. Great looking website. I will hve to bookmark your

    blog to come back and see what’s new.
    Business Listing

    BalasHapus
  39. all of them had been used and tested during my many years of advising clients and training recruitment consultants

    BalasHapus
  40. This was so really painful, and we need to take our medicine.Yet I am a strong soandso, and now I need to restore the damage done to my personal team.

    BalasHapus
  41. Sedekah bumi merupakan wujud rasa sukur kita kepada Tuhan akan hasil Bumi, ditempat saya Cilacap biasanya diadakan dengan nanggap wayang kulit.

    BalasHapus
  42. di zaman sekarng ini masih banyak wrga yang percaya dengan mistik, padahal itu tidak boleh dalam agama, mudah-mudahan tradisi bumi ini tidak termasuk didalammnya

    BalasHapus
  43. setuju, acara2 seperti itu lebih merakyat dan lebih terasa efeknya..tq dah berbagi

    BalasHapus
  44. saling berbagi itu perlu....mantap banget

    BalasHapus
  45. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top