02 November 2009
34 comments

Lunturnya Profesionalisme Guru

Senin, November 02, 2009
Dunia pendidikan di Sidoarjo –kota tempat saya tinggal- heboh. Pasalnya, ada soal berbau pornografi di Ujian Tengah Semester (UTS) Sekolah Dasar (SD) sekabupaten Sidoarjo minggu lalu. Dalam ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 6, ada satu soal cerita yang berjudul “Pengusaha Bandel Dikerangkeng Bareng Mak Erot”. Wah, bisa dibayangkan dong bagaimana isinya. Dan bayangkan juga itu dibaca oleh para siswa SD di seluruh Sidoarjo, bukan hanya di satu sekolah lho.

Tak ayal, begitu kasus itu mencuat ke publik, protes keras datang bertubi-tubi. Ini dianggap sebuah aib bagi dunia pendidikan. Dikuatirkan, soal ujian porno itu mengontaminasi proses pembentukan moralitas anak dan membelokkannya dari jalur yang semestinya. Polres Sidoarjo pun turun tangan, berusaha mengurai bagaimana hal itu bisa terjadi. Tak hanya itu, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengecam habis dan akan menghukum aktor di balik soal ‘luar biasa’ itu.

Kita pasti bertanya-tanya, kok bisa ya itu terjadi? Kok bisa-bisanya seorang guru membuat soal nyeleneh seperti itu? Mengapa bisa lolos sampai diterbitkan? Apakah tidak ada tim pengawasnya?

Mengulas habis tentang pelaku pembuat soal itu saya pikir tidak begitu penting. Yang jelas pelakunya memang seorang guru di salah satu SD negeri di Sidoarjo. Dia sekarang sedang menyendiri entah di mana. Tugasnya sebagai guru pun ditinggalkan. Mungkin dia sedang dalam tekanan sehubungan kasus yang menimpanya ini. Polisi pun belum berhasil menemuinya untuk memberikan penjelasan tentang semuanya. Karena itu sebaiknya kita tidak terburu-buru memvonisnya lebih jauh.

Mengapa? Karena tentu dia tidak sendirian dalam proses pembuatan soal-soal UTS itu. Pasti ada tim panitia. Jika dia memang ‘lalai’ atau ‘tidak sengaja’ memasukkan soal itu, mengapa tidak diketahui oleh anggota tim yang lain? Apakah tidak ada kontrol di sana? Inilah yang perlu dipertanyakan. Jika sudah begitu, saya rasa kasus ini lebih diakibatkan oleh kesalahan KOLEKTIF daripada kesalahan individu si pembuat soal ujian.

Sabotase? Itu juga mungkin terjadi. Kita harus ingat, selain tim perumus, proses pembuatan soal UTS juga melibatkan pihak eksternal, yaitu percetakan. Memang, perusahaan percetakan yang dipercaya mencetak soal UTS pasti sudah melalui prosedur kelayakan yang ditetapkan. Tapi tak ada salahnya juga diinvestigasi. Ini karena materi soal ujian yang sudah siap naik cetak biasanya diserahkan dalam bentuk soft copy yang disimpan dalam compact disk atau flash disk, bukan hard copy. Tidak menutup kemunginan kan kalau seandainya ada ‘tangan jahil’ yang kemudian menyusupkan soal jorok itu.

Bagaimanapun, kasus ini mau tak mau semakin mencoreng citra guru sebagai penyebar ilmu bagi generasi masa depan bangsa. Profesionalisme guru kian dipertanyakan dan digugat. Kasus soal ujian porno ini adalah contoh yang kesekian kali terjadi. Telah banyak kasus yang mencoreng dunia pendidikan kita yang melibatkan mereka, Sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Ya, lagu Hymne Guru ciptaan Pak Sartono semakin digerus kharismanya oleh kasus-kasus demikian. Padahal, seharusnya GURU itu diguGU (dipatuhi) dan ditiRU sebagai teladan yang baik.




Glossary:

Dikerangkeng = Dikurung

34 comments:

  1. wah3... sebelumnya apa emang nggak di cek ya?
    dimana-mana kok berbau pornografi gitu ya? hehe...
    di kediri tempatku ya barusan ramai soal video mesum SMA, sampai masuk TV n di beritain juga di situs2 sepeti OKEZONE, DETIK, dll
    apa emang lagi musim ya? hehe..

    BalasHapus
  2. wah ada yah kasus seperti ini? waktu jaman sekolahanku paling karangannya tentang liburan, mungkin jaman sudah makin canggih atau makin gila nich???

    BalasHapus
  3. duhh parah banget sih yg bikin soal. Totally unacceptable.

    BalasHapus
  4. saya belum bisa komentari hal ini, soalnya saya belum lihat redaksi soalnya seperti apa...
    tapi kalau dari judulnya emang udah berbau itu seh...
    nice post...

    BalasHapus
  5. saya penasaran sama potongan berita yang masuk ujian itu deh...soalnya di tivi di bikin blur terus...

    BalasHapus
  6. aduh kenapa bisa begini?
    benar sekali kita tidak bisa langsung memvonis si pembuat soal, karena melalui beberapa tahap sebelum soal tersebut siap.

    BalasHapus
  7. turut prihatin dengan kejadian ini, semoga tidak terulang di instansi manapun.

    BalasHapus
  8. wah, koQ bisa ya sampe gitu? khilaf apa sengaja, dan harusnya tim pembuat soal ujian lebih teliti lagi. semoga hal seperti ini tak terulang lagi dan sungguh memprihatinkan.

    BalasHapus
  9. seharusnya ada tim yang pantau disribusi soal ya :)

    BalasHapus
  10. salam sobat
    wah,,Guru (maaf),,bikin soal nyleneh seperti itu,,,bisa lolos dari pengawas,,
    ya sama2 Guru dan Pengawas kurang pendidikan dulunya tuh sobat,,,harusnya sebelum mendidik siswa ,lebih dahulu mendidik diri sendiri .
    siip artikelnya nich,,,

    BalasHapus
  11. Iya yah, Mas Edwin, waktu pertama kali denger berita ini di tv, kayaknya kok terlalu aneh untuk bisa terjadi... Masa sih bisa lolos soal porno kayak gitu, apa mungkin ada sabotase? Harus ditelusuri dan diusut lebih jauh karena ini kesalahan yang sangat fatal dan malu2in bangeett...

    BalasHapus
  12. aduh moga2 jangan kejadian lagi yg kaya gtu
    aku juga prihatin waktu baca beritanya
    ^^ semoga cukup sekali aja ada guru yg seperti itu

    BalasHapus
  13. sebetulnya saya sendiri tidak setuju dengan image guru yg spt pahlawan, karena mereka jg profesional, bahkan kadang mematok pungutan diluar kewajaran, mereka itu hanya bekerja bahkan lebih enak dari pegawai manapun karena sekolah libur mereka jg ikut libur, plus dapat penghormatan dari murid2nya.

    BalasHapus
  14. Beberapa hari yang lalu aku melihat beritanya di TV. Memang sangat disayangkan kenapa bisa terjadi hal spt itu. Semoga hal serupa tak akan pernah terjadi lagi...

    BalasHapus
  15. sistem cek dan re-ceknya ga jalan tuh..

    BalasHapus
  16. Iya, di buku pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD dan SMP (entah kalau mata pelajaran masih ada atau namanya sudah diganti) banyak sekali kata-kata yg dikategorikan sebagai kata porno. Kata-kata yg bahkan di internet pun disensor, tapi bisa ditemukan di buku pelajaran SD SMP.

    BalasHapus
  17. Ya saya juga dah dengar berita ini, tapi kita kan belum tahu juta siapa terasangka utamanya...

    jangan-jangan oknum korban "pasien gagal" mak erot. Makanya dia dendam ckckckkc...

    BalasHapus
  18. sudah susah mencari buku yang bertulis :
    ini budi
    ini wati
    ini ibu budi
    ini bapak budi

    BalasHapus
  19. Untuk kesekian kalinya dunia pendidikan tercoreng oleh orang nya sendiri ..
    Heran.. juga yah .. apa kerjanya tim pengawas dan panitia lainnya???. apa hanya mengejar komisi dari percetakan saja ???

    BalasHapus
  20. mas edwin... bener2 malu ni aye. kalo memang itu ketidaksengajaan ya jgn diulang lagi lah. tp masa sih semua pihak lalai??? kalo disengaja/ada kepentingan, usut tuntas semua pihak yg terkait.

    guru, pahlawan tanpa tanda jasa, msh pantes g y sekarang...???

    BalasHapus
  21. wah sebenarnya soalnya kayak apa sih
    malah jadi penasaran nih

    BalasHapus
  22. hahaha
    ada2 aja, knapa nama mak erot dibawa-bawa
    kasian tidurnya di alam baka jadi ga tenang

    BalasHapus
  23. ada 2 kemungkinan sob..
    1. yg mbuat soal bisa saja mantan pasien mak erot ..
    2. imej mak erot memang sengaja mau dimasukkan ke anak2 yg msh ingusan sedini mungkin (moral porn),,persis cara2 yahudi di palestina ....

    semoga anak2 yg mengerjakan soal tahunya mak erot adalah tukang 'pijet si pengusaha' itu...

    BalasHapus
  24. keteledoran itu jangan sampai terulang....

    sapa sih yang bikin soal, memang tidak ada rupiah yang akan ia dapet dari kerjaan itu dari anak2 SD, tapi jika benar, ia memang benar2 ingin menghancurkan moral pemuda bangsa yang berawaal dari anak ingusan yang bersekolah, yang gak berseklolah mah gampang..

    hajar!

    BalasHapus
  25. Benar-benar gak pake ati dan gak pake otak

    BalasHapus
  26. udah bnyak, pertumbuhan ny tak terkendali..

    BalasHapus
  27. kapan akan bangkit kembali, revolusi seorang guru??

    BalasHapus
  28. ya ampun ko bisa begitu sih? wah harus segera diinvestigasi tuh sebelum merambah ke yg lainnya ckck..

    BalasHapus
  29. I feel this is one of the such a lot vital info for me. And i am satisfied reading your article. But wanna statement on some common issues, The web site taste is perfect, the articles is in point of fact nice : D. Just right process, cheers.

    BalasHapus
  30. payah, gawat, ...... bukan hanya itu gambarnya miyabi pun bisa masuk di buku pelajaran, awasi dong jangan cuma jadi tukang perintah....

    BalasHapus
  31. Wow, fantastic weblog layout! How lengthy have you ever been blogging for? you make running a blog glance easy. The overall look of your web site is fantastic, as well as the content!

    BalasHapus
  32. terima kasih atas informasinya

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top