18 Juni 2009
26 comments

Spirit dari Balik Kostum Maskot Grizz

Kamis, Juni 18, 2009
DI samping adalah gambar Grizz, maskot tim bola basket NBA Memphis Grizzlies asal Amerika Serikat (AS). Grizz baru saja ‘menggoyang’ kota Surabaya dua pekan lalu di NBA Madness Presented by Jawa Pos, even tahunan NBA (National Basketball Association) AS yang diselenggarakan berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain.

Sebagai maskot, tugasnya adalah memberi hiburan kepada penonton yang sedang menikmati acara. Tegasnya, ia sebagai penghidup suasana. Simpel memang. Tapi apakah anda berpikir Grizz didatangkan dari negeri Paman Sam hanya untuk lucu-lucuan saja? Sama seperti maskot-maskot lain yang sering dipajang di berbagai acara di mal-mal?

Ternyata tidak. Grizz membuktikan kalau tidak percuma ia didatangkan jauh-jauh dari Amerika. Ia tidak ‘kosong’, tidak cuma bergoyang sambil melambai, melainkan sangat skillful. Sebagai maskot tim NBA, ia piawai beratraksi layaknya bintang NBA. Melompat di trampolin, melayang di udara sambil memainkan bola dengan memindahkannya dari tangan kanan ke kiri, dengan melewati di bawah paha, kemudian menghujamkannya ke ring. Wow, slam dunk yang keren!

Tidak hanya itu. Grizz juga bisa melakukan dunk dengan jarak cukup jauh dari ring. Setelah berlari kencang, ia menjejakkan kakinya di trampolin dan melompat menuju ring. Tapi ia harus bisa melakukannya dengan melewati empat orang di depannya. Dan, lagi-lagi ia nge-dunk dengan sukses.

Selain kemahiran teknik bola basket, maskot berwujud beruang yang mengenakan seragam tim Grizzlies itu juga pandai menjalin komunikasi dengan penonton. Tanpa kata-kata. Ia melakukannya dengan bahasa tubuh yang sempurna, yang bisa membuat penonton terpingkal-pingkal dan terhibur.

Tapi omong-omong, siapa sosok di balik kostum Grizz? Ia adalah Eric McMahon, pemuda 29 tahun asal Arizona, AS. Dan seperti Grizz, Eric adalah sosok yang istimewa. Bahkan, dengan berperan sebagai Grizz, Eric membawa misi khusus. Apa itu? Ia ingin mengajak orang-orang yang menderita penyakit kronis untuk bangkit melawan penyakitnya itu, seperti yang telah ia lakukan.

Orang mungkin tak menyangka kalau Eric yang begitu lincah dengan kostum beruangnya saat tampil di depan banyak penonton di berbagai negara ternyata tahun lalu hampir kehilangan peluang hidup. Pria yang bergabung dengan Memphis Grizzlies pada 2006 itu divonis mengidap Hodgkin’s lymphoma stadium 3B pada akhir 2007.

Hodgkin’s lymphoma adalah kanker kelenjar getah bening. Di tubuh Eric, kanker itu sudah menjalar dari leher, bahu, hingga pinggang (stadium 3B). Kondisi itu diperparah dengan infeksi berat di ususnya, yang telah meracuni seluruh darahnya. Padahal, kelenjar getah bening adalah pusat pertahanan tubuh manusia, yang menghasilkan mekanisme untuk melawan virus dan bakteri penyebab infeksi. Dengan kelenjar getah bening yang rusak, maka infeksi menjadi meraja lela.


Parahnya lagi, Hodgkin’s lymphoma tidak hanya menyerang kelenjar getah bening, tapi juga saluran limfa yang menghubungkan kelenjar satu dengan yang lain. Karena kelenjar limfa ada di sekujur tubuh, maka itu sama artinya dengan kanker telah menyerang seluruh tubuh Eric.

Akibatnya, organ-organ vital Eric menjadi rusak, yaitu paru-paru, ginjal, dan liver. Paru-paru Eric bahkan terendam air. Untuk mengeluarkan air dari tubuhnya, dokter memasang selang di dada samping Eric yang masuk ke paru-parunya. Setiap hari dokter ‘nge-tab’ sekitar tiga liter air dari tubuh Eric. Dengan kondisi yang parah itu, fungsi pernafasan Eric tidak berjalan. Ia pun menggantungkan hidupnya kepada respirator.

Tetapi, di luar dugaan manusia, keajaiban terjadi. Kondisi Eric berangsur membaik, dan bahkan ia dinyatakan sembuh total. Pada Agustus 2008 ia bahkan sudah siap menjadi Grizz lagi. Luar biasa…

Apa yang membuat Eric bangkit melawan penyakit dan vonis dokter tentang peluang hidupnya yang tinggal 30 persen itu? Ternyata, dukungan keluarga. Lalu yang tak kalah penting, dukungan rekan kerja di Memphis Grizzlies. Mereka tidak memecat Eric, melainkan menganggapnya sebagai Grizz yang sedang sakit. Kampanye untuk penyembuhan Eric pun digalakkan. Hasilnya, terkumpul donasi atas nama Grizz untuk penelitian dan penyembuhan kanker.

4 Juni 2009. Eric sudah berada di Indonesia untuk menjalankan tugasnya menghibur orang, seperti tak pernah sakit parah sebelumnya. Di Surabaya, ia pun mengundang para penderita kanker untuk bermain basket bersamanya di lapangan. Tampaknya Eric ingin menunjukkan kalau dirinya tak ingin hanya sekadar menghibur, tapi juga menjadi inspirasi bagi orang lain bahwa penyakit separah apapun bisa disembuhkan dengan kemauan dan semangat hidup yang tinggi.

Semoga sharing ini juga bisa menjadi inspirasi bagi anda…



26 comments:

  1. Erik semoga semangat terus karena dengan itu dia bisa mengarungi berbagai rintangan..

    BalasHapus
  2. wah kaloliat langsung kayanya seru banget tuh gan, hehe, makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  3. semangat hidup yang perlu kita tiru untuk kita..

    BalasHapus
  4. gambar nya gan bikin ngakakakakak

    BalasHapus
  5. semangat hidup yang tinggi membuat erick sembuh dan terbebas dari penyakit-penyakit nya.

    BalasHapus
  6. semoga mereka yang senasib dengan erick juga bisa memiliki semangat yang sama seperti nya.

    BalasHapus
  7. semangat memang bisa membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.

    BalasHapus
  8. artikel yang sangat bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  9. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  10. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  11. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  12. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  13. Excellent post. I was checking continuously this weblog and I am inspired! Very helpful info particularly the remaining part I maintain such info much. I was seeking this certain info for a very long time. Thank you and best of luck.

    BalasHapus
  14. Jangan pernah menyerah untuk terus hidup, setiap penyakit ada obatnya

    BalasHapus
  15. You have noted very interesting points ! ps nice web site .

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top