19 April 2009
18 comments

Prihatin, Pembobolan Beruntun ATM

Minggu, April 19, 2009
HANYA dalam tempo sepekan, beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dibobol pencuri. Tanggal 9 April lalu, uang sejumlah Rp 480 juta di ATM Bank Mandiri di SPBU Jl. Margonda Raya Depok, amblas. Selanjutnya, tanggal 13 April, ATM Bank Mandiri dibobol lagi. Tepatnya di Jl. Patriot Bekasi. Kerugiannya Rp 200 juta.


Tak cukup, tanggal 18 April kemarin terjadi lagi. Kali ini lokasinya di Surabaya. ATM Bank Mandiri (lagi) dan Bank BCA di kompleks perbelanjaan Carrefour Jl. Panjangjiwo jebol. Masing-masing loss-nya Rp 200 juta dan Rp 100 juta.

Belum lagi kalau kita mundur ke akhir tahun lalu. ATM Bank Permata di Jl. Ngagel Jaya Surabaya juga disatroni pencuri. Dan kalau kita mundur lagi, masih banyak kasus yang sama terjadi.

Kasus-kasus pembobolan ATM hampir semuanya dilakukan dinihari, menggondol brankas ATM, dilakukan secara profesional, dan dalam tempo sesingkat-singkatnya. Kalaupun ada satpam penjaga, tidak masalah. Satpam yang jumlahnya cuma satu orang, atau paling banyak dua orang, bisa dengan mudah dilumpuhkan oleh kawanan penggarong yang jumlahnya paling tidak lima orang.

Kejadian seperti itu tentunya sangat telak memukul para pengelola bank, yang notabene sebagai pemilik mesin ATM. Juga memukul telak pihak kepolisian sebagai penjaga ketertiban dan keamanan publik. Kredibilitas mereka bisa-bisa jatuh di mata para stakeholder mereka masing-masing.

Tapi kenyataannya, belum ada upaya signifikan untuk memerangi kejahatan yang satu ini. Pihak bank dan kepolisian hanya bisa terngaga melihat kasus demi kasus pembobolan ATM terjadi. Kejadian yang sudah terjadi kemarin tidak dijadikan pelajaran dan diambil tindakan antisipasi supaya tidak terjadi hari ini.

Kalau sudah begitu, kita tinggal tunggu saja besok, lusa, minggu depan, atau bulan depan. Pembobolan ATM bisa terjadi lagi…

18 comments:

  1. aku juga melihat nya sangat prihatin gan... hmm

    BalasHapus
  2. jangan sampe terulang kembali lah....

    hihih

    BalasHapus
  3. dan sepertinya belum ditemukan solusi menanggulangi peristiwa pembobolan atm

    BalasHapus
  4. aku juga jdi prihatiiin nih

    BalasHapus
  5. I got what you designate, thanks for putting up. Woh I am glad to make this website finished google. Thanks For Share.

    BalasHapus
  6. seharusnya pengamanan diperketat dan jangan buka atm di tempat sepi :(

    BalasHapus
  7. Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

    BalasHapus
  8. semakin banyak pengangguran jadi banyak yang jahat.

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top