27 Maret 2009
20 comments

Hati-hati Peredaran Cek Palsu

Jumat, Maret 27, 2009
DIAM-diam, pemalsuan cek bank masih tetap ada hingga sekarang. Silakan lihat gambar di samping. Saya ambil gambar itu dari harian Jawa Pos tanggal 21 Maret 2009. Selembar cek palsu ditemukan oleh seorang warga Sidoagung, Kecamatan Sruweng, Kebumen, Jawa Tengah. Jumlahnya cukup fantastis: Rp 3,8 miliar! Cek itu “diterbitkan” oleh Bank BNI.

Bagaimana keberadaan cek palsu itu terbongkar?
Ceritanya begini. Wahyu Kurniawan -warga Sidoagung Kebumen itu- menemukan selembar cek senilai Rp 3,8 miliar dalam sebuah amplop tertutup dengan tulisan PT. Mico Graha Pavindo yang beralamat di Jl. Kertajaya Indah 14 No. C9 Semarang. Selain cek itu, Wahyu juga mendapati surat berharga lain dalam amplop, yaitu Surat Izin Usaha dan Perdagangan (SIUP) yang diterbitkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Disebutkan juga nama seseorang, yaitu Lumaksono Tri Sarjojo, sebagai presiden direktur perusahaan itu.

Kemudian, Wahyu menghubungi nomor telepon yang tercetak pada amplop tempat cek itu. Orang yang menerima telepon mengaku dirinya Lumaksono. Ia juga membenarkan telah kehilangan amplop itu saat perjalanan dinas beberapa hari sebelumnya. Kepada Wahyu, ia berpesan untuk menjaga cek itu baik-baik dan jangan sampai jatuh ke tangan orang lain. Wahyu pun diminta datang ke Semarang, tempat perusahannya berlokasi, untuk mengembalikan cek itu, dan dijanjikan dihadiahi uang Rp 15 juta.

Saat itulah, Wahyu merasa ada yang janggal. Ia kemudian mengecek keaslian cek yang ditemukannya itu. Barulah terlihat bahwa cek itu bukan hasil cetakan, melainkan printout komputer.


Pemalsuan dan Penipuan

Dilihat dari gambar di atas, secara fisik cek BNI palsu itu memang jauh berbeda dengan yang asli. Ada beberapa hal menonjol yang tampak, yaitu:

- Warna cek

Cek BNI yang asli berwarna dasar putih dengan kombinasi warna hijau yang dominan hampir di sebagian besar lembar cek. Sementara pada cek palsu dalam gambar di atas, kombinasi warna hijau hanya terdapat pada kotak tempat menuliskan nominal.

- Format nomor cek

Pada cek palsu di atas, nomor cek yang tertera berupa jajaran angka delapan digit (52239085). Pada cek asli, nomor cek berupa kombinasi dua huruf dan diikuti deretan angka enam digit (misalnya CK 123456).

- Tulisan header

Pada cek palsu, di bagian tengah atas terdapat tulisan “OFFICIAL CHECK”. Seharusnya tulisan itu tidak ada pada cek BNI di manapun juga. Pada cek BNI yang asli, pada bagian itu seharusnya blank (kosong).

Dari contoh kasus di atas, kita layak untuk waspada dan ingat bahwa praktik pemalsuan cek bank diam-diam masih ada. Cek BNI palsu di atas hanyalah satu kasus yang berhasil terbongkar. Tidak menutup kemungkinan praktik penipuan seperti ini juga mengincar cek-cek bank selain BNI. Apalagi dengan nominal yang sangat besar. Ini tentu membuat kita terekspos pada risiko yang tidak kecil. So, always be aware

20 comments:

  1. apa-apa banyak yang dipalasukan ... perlu waspada banget,,,

    BalasHapus
  2. saya suka gan dengan info nya :D

    BalasHapus
  3. Excellent post. I was checking continuously this weblog and I am inspired! Very helpful info particularly the remaining part I maintain such info much. I was seeking this certain info for a very long time. Thank you and best of luck.

    BalasHapus
  4. Teknologi yang semakin canggih, seharusnya dimanfaatkan untuk kebaikan. bukan disalahgunakan seperti pemalsuan cek

    BalasHapus
  5. apapun sekrang bisa dipalsukan, baik uang, cek, surat-surat, ijazah sertifikasi dll, untuk itu waspadalah...waspadalah

    BalasHapus
  6. Wow, marvelous blog format! How lengthy have you ever been blogging for? you make running a blog look easy. The entire glance of your site is magnificent, let alone the content!

    BalasHapus
  7. wah saya termasuk yang paling sering terima cek buat pembayaran adsense

    BalasHapus
  8. semakin banyak penipuan sekarang ini. untuk itu kita harus tetap waspada dan hati hati...

    BalasHapus
  9. makasih atas infonya gqan,jadi semakin berhati-hati nih.

    BalasHapus
  10. sekarang banyak sekali penipuan sehingga kita harus selalu waspada

    BalasHapus
  11. wah sekarang banyak sekali penipuan harus hati2 nih jangan sampai ketipu juga oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab. terima kasih gan infonya

    BalasHapus
  12. wah bahaya tuh, harus waspada.

    BalasHapus
  13. makasih infonya jadi bisa waspada kalau dapat cek

    BalasHapus
  14. untung selama dapat cek semuanya asli..

    BalasHapus
  15. hajir maulana9 Maret 2014 20.56

    saya jg dua hari yg lalu menemukan cek dalam amplop dan berisikan SIUP dengan identitas yang sama.

    BalasHapus
  16. tadi malam sekitar jam 9 beredar cek palsu d merauke di sebar d pnggir jalan raya hingga masuk ke gang" cek dgn nominal 4 milyar 7ratus juta diisi dlm amplop cofee disertai SIUP ..,menyerupai aslinya gan..,

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top